cover
Contact Name
Nuryasman MN
Contact Email
submisipaper@fe.untar.ac.id
Phone
(021) 5655508-9 ext.0326
Journal Mail Official
submisipaper@fe.untar.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus 2 Universitas Tarumanagara Jln. Tanjung Duren Utara No. 1, Grogol, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11470.
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen
ISSN : 14103583     EISSN : 25498797     DOI : 10.24912
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen [p-ISSN 1410-3583 | e-ISSN 2549-8797] is a peer-reviewed journal published three times a year (February, June, and October) by Faculty of Economics, Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajemen is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on management. Jurnal Manajemen invites manuscripts in the various topics include, but not limited to, functional areas of marketing management, finance management, strategic management, operation management, human resource management, e-business, knowledge management, management accounting, management control system, management information system, international business, business economics, business ethics and suistainable, and entrepreneurship
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015" : 10 Documents clear
UKURAN TOKO DAN HOMOGENITAS BARANG DAGANGAN PENGARUHNYA TERHADAP DAYA TARIK TOKO TERHADAP KONSUMEN Dipa Mulia
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.32

Abstract

Munculnya toko toko baru biasanya menimbulkan “pergerakan konsumen” dari satu toko yang sudah ada kepada toko yang baru muncul. Toko toko yang letaknya saling berdekatan saling mempengaruhi satu sama lain dalam memperebutkan konsumen yang sama sehingga dapat dikatakan bahwa kinerja toko secara keseluruhan menjadi tidak efisisien. Model Elektrostatik atau Model Coulomb yang diperkenalkan oleh ahli Fiska abad 18, Charles Augustine de Coulomb dapat digunakan dalam menganalisis pengaruh toko terhadap konsumennya sehingga dapat dibuatkan desain toko agar kinerjanya menjadi efisien. Makalah ini dibuat melalui riset diskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil sampel 5 buah toko dengan ukuran dan jenis yang berbeda. Responden diambil sebanyak 60 orang per toko  dengan total responden sebanyak 300 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  besar ukuran toko  dan keragaman produk yang dijual mempengaruhi daya tarik toko terhadap konsumen.Introducing new store to customer usually create the “customer shift” from the existing store to the new one. When the new store is located nearby the existing one, the shifting could not be avoided; it means the efficiency of store is becoming less than before. In order to optimize the efficiency of store the distance between stores should be managed. This paper implements theClassic Model of Electrostatic Forces that also known as Model of Coulomb.The Model was promoted by France Physicist, Charles Augustine de Coulomb, in 18th Century. The attractiveness of store to customer is represented by the electrostatic force on the Model. This paper is a descriptive research with a quantitative approach; the object of research is 5 (five) stores with different types in term of size and product offered. There were 60 qualified respondents selected on each store, in total it was 300 respondents. The result of the research tells that the size of store and the homogeneity of product offered are influencing the attractiveness ofthe store to the customer.
MODEL BUDGETARY SLACK DAN KINERJA MANAJERIAL: BERPERSPEKTIF GENDER Dwi Suhartini; Eko Riadi; Rida Perwita Sari
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran manajer yang terlibat dalam proses penganggaran dan kinerja manajerial dengan mempertimbangkan efek dari perilaku budgetary slack  dan karakter individu seperti LOC yang berperspektif gender. Populasi penelitian adalah semua manajer manufaktur yang menduduki posisi manajer fungsional di kota Surabaya. Metode pengambilan sampel adalah convenience sampling, alasan digunakannya teknik ini karena tidak tersedianya data yang lengkap tentang jumlah manajer perempuan dan manajer pria yang pada perusahaan manufaktur di kota Surabaya, sehingga responden yang mudah untuk ditemui dan memiliki karakteristik sampel penelitian akan digunakan sebagai responden. Hipotesis penelitian akan diuji menggunakan alat statistik PLS (Partial Least Square) dalam dua kelompok gender yang berbeda, karena PLS memiliki keunggulan dibandingkan teknik multivariat lainnya untuk mengukur variabel perilaku individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajer pria dan perempuan sama-sama melakukan perilaku budgetary slack dalam mekanisme penganggaran partisipatif dan perilaku tersebut akan  mempengaruhi kinerja manajerial. Kondisi ini memungkinkan dipicu oleh perilaku budgetary slack yang positif. Fenomena ini didukung oleh karakter personal dari manajer perempuan yang memiliki LOC eksternal, sedangkan manajer laki-laki tidak terpengaruh karakter LOC. Manajer melakukan slack didukung adanya tindakan konservatif dalam mengantisipasi ketidakpastian lingkungan di masa depan.This study aims to examine the role of the managers Involved in the budgeting process to managerial performance by considering the effects of budgetary slack behavior and character of individuals such as LOC. The population is all manufacturing managers holding positions of functional managers in the city of Surabaya. The sampling method was convenience sampling, use this technique because of the unavailability of complete the data about the number of female and the man managers who is on manufacturing companies in Surabaya, so respondents are easy to find and has the characteristics of the study sample will be used as respondents. The research hypothesis will be tested using statistical tools PLS in two different gender groups because PLS has advantages over the other multivariate techniques to measure individual behavior variables. The results showed that there was no difference between male and female managers are equally perform budgetary slack in budgetary participation mechanism and this greatly affects managerial performance. It Allows doing positive budgetary slack. This phenomenon is supported by the personal character of female managers who have an external LOC, while the male manager were not affected the character of the LOC. The manager did slack supported, because there are conservative measures in anticipation of future environmental uncertainty. 
KOMITMEN ORGANISASI, AKUNTABILITAS DAN ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR INSTITUSI MILITER, (Studi Empiris Di Angkatan Udara Republik Indonesia) Hadi Mahmudah; Supeni A. Mapuasari
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.34

Abstract

Riset ini mengevaluasi efek dari komitmen organisasi dan akuntabilitas terhadap perilaku organisasi di organisasi militer di Indonesia. Survei disebarkan kepada Tentara Nasional Angkatan Udara Republik Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta. Dari seratus kuesioner yang tersebar, tingkat pengembalian 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi mempengaruhi perilaku kerja. Selain itu, akuntabilitas memediasi hubungan antara komitmen organisasi dan perilaku kerja. Riset ini terinspirasi oleh fenomena sedikitnya riset serupa di dunia kemiliteran yang terkait dengan akuntabilitas, baik di Indonesia maupun di dunia. Oleh sebab itu, riset ini diharapkan dapat memberikan kontribusi literatur yang signifikan, yaitu kontribusi yang berbasiskan bukti empiris yang terjadi di Tentara Nasional Republik Indonesia. This research evaluates the effect of organizational commitment and accountability towards organizational citizenship behavior in Military Institution in Indonesia. Data was collected by survey method in Indonesian Airforce located in Yogyakarta. One hundred questionaires gathered and analized with smart PLS. The result of this research shows that organizational commitment influences organization citizenship behaviour. In addition, accountability mediates the relationship of organizational commitment and organization citizenship behaviour. This research inspired by the phenomenon that there is little research on military area regarding accountability, either in Indonesia or in the world. Thus, this research will give a siginificant literature contribution based on the empirical data analyzes in Military Institution in Indonesia.
DUKUNGAN AKADEMIK DAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI PREDIKTOR NIAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Peminatan Kewirausahaan Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara) Hendra Wiyanto
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.35

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dukungan akademik dan dukungan sosial terhadap niat berwirausaha. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 60 siswa dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara melalui metode purposive sampling dengan kriteria sampel yang siswa mengikuti program spesialisasi kewirausahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) dukungan akademik dan sosial dukungan secara bersama-sama berpengaruh signifikan pada niat berwirausaha (2) dukungan akademis secara parsial tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap niat berwirausaha (3) dukungan sosial secara parsial memiliki dampak signifikan pada niat berwirausaha.This study was conducted to test the support of academic and social support for entrepreneurial intentions. Samples taken in this study were 60 students from the Faculty of Management Department of Economics, University Tarumanagara through purposive sampling method with sample criteria that students follow entrepreneurship specialization program. The analysis technique used in this study is multiple regression. The findings showed that (1) support the academic and social support jointly significant effect on the intention of entrepreneurship (2) academic support partially does not have a significant impact on the intention of entrepreneurship to students (3) social support partially have a significant impact on entrepreneurial intentions.
FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Program Studi Statistika Fakultas MIPA, Fakultas Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi Universitas Mulawarman Dan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda) Ita Merni Patulak
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa berwirausaha. Faktor-faktor tersebut mencakup Materi Perkuliahan Kewirausahaan (X1), Pelatihan/Kursus Kewirausahaan (X2) dan Faktor Demografis (X3). Penelitian ini melibatkan sampel 115 orang dengan perincian sebanyak 50 orang pada Prodi Statistik Fakultas Mipa Unmul, 40 orang pada Fakultas TIK Unmul, dan mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda pada prodi TPHP dan prodi THH sebanyak 25 orang. Responden tersebut adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan pada semester ganjil tahun Akademik 2013 / 2014.Hasil-hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor materi perkuliahan (X1), Pelatihan / Kursus Pelatihan (X2) dan Faktor Demografis (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y) yaitu minat mahasiswa berwirausaha, ini dapat dilihat berdasarkan uji F pada pengujian hipotesis dimana nilai F hitung sebesar 27,688 > F tabel 2,50, dengan signikansi 0,000 lebih kecil daripada 0,05.Berdasarkan uji parsial, nilai t hitung masing-masing variabel diperoleh variabel dominan adalah X1 (Materi Perkuliahan Kewirausahaan) dengan nilai t hitung terbesar, tingkat signifikan terkecil.Hal ini menunjukkan bahwa dengan semakin baiknya materi perkuliahan kewirausahaan yang diajarkan oleh dosen baik dalam bentuk teori maupun praktek, akan memacu semangat mahasiswa untuk bisa berwirausaha atau mempersiapkan diri untuk dapat berwirausaha kelak setelah lulus.This study aims to determine the factors that affect student interest in entrepreneurship. These factors include Entrepreneurship Class Matter (X1), Training / Courses Entrepreneurship (X2) and demographic factors (X3). The study involved a sample of 115 people, comprising as many as 50 people at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences Statistics Mulawarman University, 40 people at the Faculty of ICT Mulawarman University and Samarinda State Agricultural Polytechnic students on study programs Agricultural of Technology many as 25 people. The respondents were students who take courses in Entrepreneurship academic year 2013/2014. The results of the study indicate factors lecture material (X1), Training / Training Course (X2) and Demographic Factors (X3) have a significant effect on the dependent variable (Y) is the interest of students in entrepreneurship, it can be seen by F test at testing the hypothesis that calculated F value of 27.688> F table 2.50, with 0,000 significant smaller than 0.05. Based on the partial test, t value of each variable obtained dominant variables are X1 (Material Class Entrepreneurship) with the largest t value, a smallest level of significant. Shows that the improvements in the lecture material taught by lecturer of entrepreneurship in the form of theory and practice, will be the spirit of students to be self-employed or self-employed can prepare for the future after graduation.   
ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BRAJA MUSTIKA HOTEL & CONVENTION CENTRE, BOGOR Stephanie Alexandra Suwanda; Edward Siregar
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.37

Abstract

Sebagai pengembangan industri pariwisata di Indonesia, ada sejumlah hotel diperlukan sebagai fasilitas akomodasi, karena itu membawa persaingan di antara mereka. Dalam persaingan yang sangat ketat, hotel setiap pengusaha perlu berpikir tentang membuat beberapa ide kreatif dan meningkatkan kualitas layanan mereka akan ditawarkan kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsumen demografi di Hotel brajamustika, untuk menganalisis tingkat signifikansi melalui Braja Mustika Hotel kualitas layanan, dan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan melalui Braja Mustika Hotel kualitas layanan. Analisis ofthe data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Studi ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan yang terjadi pada tingkat puas.As the development on the tourism industry in Indonesia, there are number of hotels required as accomodation facilities, hence it brings rivalry among them. In a very tight competition, every hotel businessmen needs to think about making some creative ideas and increasing the service quality they would offered to the consumers. The purposes of this study are to identify consumers demographic on hotel brajamustika, to analyze the significance rates through Braja Mustika Hotel service quality, and to analyze customers satisfaction rate through Braja Mustika Hotel service quality. Analysis ofthe data used in this research is descriptive analysis, Importance Performance Analysis (IPA), and Customer Satisfaction Index (CSI). This study showed that customers satisfaction rates was occurred on the satisfied rate.
STRATEGI DIVERSIFIKASI DAN KOMITMEN TATAKELOLA PERUSAHAAN BERDASARKAN KINERJA DAN KEBERLANJUTAN PADA PERBANKAN SYARIAH DI KOTA MAKASSAR La Ode Sumail; Mappamiring Mappamiring
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.38

Abstract

Studi ini bertujuan (1) merumuskan strategi diversifikasi terhadap keberlanjutan perusahaan perbankan Syariah; (2) mengungkap tatakelola perusahaan terhadap keberlajuntan keberlajuntan perusahaan perbankan Syariah; (3) mendeskripsikan peran strategi diversifikasi terhadap keberlajuntan melalui kinerja perusahaan perbankan Syariah; dan (4) mendeskripsikan  peran tatakelola perusahaan terhadap keberlajuntan melalui kinerja perusahaan perbankan Syariah. Pendekatan studi ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proporsional yaitu 30 para pimpinan perbankan Syariah di Kota Makassar. Analisis data dilakukan dengan generalized structured component analysis (GSCA). Hasil studi ini menemukan bahwa (1) strategi diversifikasi tidak signifikan terhadap keberlajuntan perusahaan perbankan Syariah; (2) tatakelola perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlajutan perusahaan perbankan Syariah;  (3) kinerja perusahaan berperan positif dan signifikan memediasi pengaruh diversifikasi terhadap keberlajuntan perbankan Syariah; dan (4) kinerja perusahaan berperan positif dan signifikan memediasi pengaruh tatakelola perusahaan terhadap keberlajuntan perbankan Syariah. Keterbaruan studi ini adalah: (1) menggunakan landasan teori keagenan perspektif Islam yakni teori keagenan  mudharabah dan (2) indikator tatakelola perusahaan diukur melalui konsep Syariah. This study aims to (1) formulate the company's strategy of diversification towards sustainability Islamic banking; (2) reveal the corporate governance of the company keberlajuntan keberlajuntan Islamic banking; (3) describe the role of a diversification strategy to keberlajuntan through the performance of Islamic banking companies; and (4) describe the role of corporate governance on corporate performance keberlajuntan through Islamic banking. This study is a quantitative approach. The sampling technique is done in proportion of 30 leaders of Islamic banking in Makassar. Data was analyzed using generalized structured component analysis (GSCA). Results of the study found that (1) the diversification strategy is not significant to the company keberlajuntan Islamic banking; (2) governance, positive and significant impact on the continuity of Islamic banking companies; (3) the company's performance and a significant positive role in mediating the effects of diversification towards keberlajuntan Islamic banking; and (4) the performance of the company and a significant positive role in mediating the effects of corporate governance on Islamic banking keberlajuntan. Freshness of this study are: (1) using the foundation of Islam that agency theory agency theory perspective mudaraba and (2) indicators of corporate governance is measured through the concept of Sharia.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN MENGIKUTI PELATIHAN DI BALAI LATIHAN KERJA KOTA BOGOR Murevta Octaviani; Siti Rahmawati
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.39

Abstract

Balai Latihan Kerja Kota Bogor merupakan sebuah Instansi terkait dari DISNAKERSOSTRAN yang dibentuk untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat Kota Bogor. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah menganalisis karakteristik peserta pelatihan UPTD BLK Kota Bogor, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pencari kerja dalam mengambil keputusan untuk mengikuti pelatihan di UPTD BLK Kota Bogor dan menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen dalam mengikuti pelatihan di UPTD BLK Kota Bogor . Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui karakter responden dan analisis faktor untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan peserta mengikuti pelatihan di UPTD BLK Kota Bogor. Dari hasil penelitian diketahui faktor yang mempengaruhi prilaku peserta dalam mengambil keputusan mengikuti pelatihan di UPTD BLK Kota Bogor adalah faktor pribadi, faktor tangible, faktor pelayanan, faktor internal, faktor eksternal, faktor lokasi dan faktor pendapat keluarga.Vocational training center of Bogor city is a relevant agencies of DISNAKERSOSTRAN established to provide skill training to the people of Bogor. The purpose of this research is to know the trainee UPTD BLK of Bogor characteristics and the factors of job seekers behaviour that affect the decision to determine training at UPTD BLK of Bogor. Analisys tools in this research is descriptive analisys to determine the character of respondent and factor analisys to determine the factors that influence the decision making of participants training in UPDT BLK of Bogor. Result of research knowed factors that influence the behaviour of participants in the decision making training in UPTD BLK of Bogor is  factor of personal, tangible factor, service factor, internal factor, external factor, location factor and factor family opinion.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT BANK UMUM MILIK NEGARA PERIODE TAHUN 2004 - 2012 Renaldo Prima Sutikno; Hermanto Siregar; Muhammad Firdaus
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.40

Abstract

Krisis keuangan global yang terjadi menjelang akhir tahun 2008 berdampak terhadap industri perbankan di Indonesia. Krisis keuangan ikut berperan dalam melambatnya pertumbuhan aktivitas penyaluran kredit perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan dalam mempengaruhi aktivitas penyaluran kredit pada bank-bank BUMN dan merumuskan strategi untuk meningkatkan penyaluran kredit bagi setiap bank-bank BUMN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Vector Error Correction Model (VECM). Variabel mikro keuangan yang diteliti dalam penelitian ini adalah Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), dan Loan to Deposit Ratio (LDR). Variabel makroekonomi yang diteliti dalam penelitian ini adalah BI Rate, Nilai Tukar, dan Produk Domestik Bruto (PDB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya beberapa variabel yang memiliki kontribusi yang signifikan dari masing-masing bank dalam jangka panjang, yaitu DPK pada Bank Mandiri, NPL pada Bank BRI dan Bank BTN, dan PDB pada Bank BNI dan Bank BCA. Setelah mengetahui faktor-faktor dominan tersebut, maka masing-masing bank dapat memilih strategi untuk memberikan hadiah promosi dan cash back dalam periode tertentu, melakukan verifikasi data kredit dengan menggunakan four eyes principles, dan melakukan ekspansi pasar pada daerah potensial.The global financial crisis that occurred towards the end of 2008 have many impact on the banking industry in Indonesia. Financial crisis also had a role in slowing the growth of credit lending activity. The purpose of this study was to describe the most dominant factors that affect lending activity at the government banks and to formulate strategies to increase lending activity by each government bank. The methods used in this research were Vector Error Correction Model (VECM). Micro-financial variables examined in this study were Third Party Fund (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), and Loan to Deposit Ratio (LDR). The macroeconomic variables examined in this study were BI Rate, Exchange Rate, and Gross Domestic Product (PDB). The result of this research indicated that only a few variables that have a significant contribution of each bank in the long run are DPK on Bank Mandiri, NPL on Bank BRI and Bank BTN, and PDB on Bank BNI and Bank BCA. After knowing that dominant factors, each bank can raise capital by giving promotional gifts and cash back in certain periods, verifying credit data by using four eyes principles, doing market expansion in the potential region.
ANTESEDEN DARI WILINGNESS TO PAY A PRICE PREMIUM DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP PURCHASE INTENTION OF GREEN PRODUCT Sri Vandayuli Riorini; Dita Oki Berliyanti
Jurnal Manajemen Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jm.v19i3.41

Abstract

Global warming telah menjadi isu global di seluruh dunia mulai dari negara maju sampai negara yang tergolong miskin dan tertinggal.  Hal ini menyebabkan tuntutan untuk pemasaran hijau semakin meningkat. Secara umum, dalam persepsinyamasyarakat menganggap produk hijau, terutama produk organik berharga mahal sehingga mereka tidak sepenuhnya respek terhadap produk hijau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis anteseden dari Willingness to pay a price premium, serta konsekuensinya terhadap Purchase intention of green product. Responden yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 respondenpembeli sayur-sayuran dan buah-buahan organik pada Hypermarket di Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling danMetode analisa data menggunakan Teknik Structural Equation Model. Hasil penelitian menemukan (1) Awareness of green product, Quality, Social image, Uniqueness, dan Corporate Social Responsibility, merupakan anteseden dari Willingness to pay a price premium. (2)  Awareness of green product merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi Willingness to pay a price premium.(3) terdapat pengaruh positif Willingness to pay a price premium terhadap Purchase intention of green product. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan Concern about green product danKnowledge of green product sebagai anteseden dari Willingness to pay a price premium.Global warming becoming a worldwide issue from advanced country to poor country. It caused by demanding of green marketing is growing up. In general perception, society consider that the green products especially organic product is expensive therefore they are not full respect to green products. The purpose of this study is to analyze antecedents from Willingness to pay a price premium involved its consequence to Purchase intention of green products. In this study, there were 200 respondents used as sample. They are organic vegetables and fruits buyer from Hypermarket in Jakarta. The sample technique used was Purposive sampling and the data analyze method used was Structural Equation Model. The result of this study are (1) Awareness of green product, Quality, Social image, Uniqueness, and  Corporate Social Responsibility, are antecedents of  Willingness to pay a price premium.(2)Awareness of green product is the main factor to influence Willingness to pay a price premium. (3) There is a positive influence of Willingness to pay a price premium towards Purchase intention of green product.  For future research suggested to add a Concern about green product and Knowledge of green productas antecedents from Willingness to pay a price premium.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 29 No. 3 (2025): October 2025 Vol. 29 No. 2 (2025): June 2025 Vol. 29 No. 1 (2025): February 2025 Vol. 28 No. 3 (2024): October 2024 Vol. 28 No. 2 (2024): June 2024 Vol. 28 No. 1 (2024): February 2024 Vol. 27 No. 3 (2023): Ocktober 2023 Vol. 27 No. 2 (2023): June 2023 Vol. 27 No. 1 (2023): February 2023 Vol. 26 No. 3 (2022): October 2022 Vol. 26 No. 2 (2022): June 2022 Vol. 26 No. 1 (2022): February 2022 Vol. 25 No. 3 (2021): October 2021 Vol. 25 No. 2 (2021): June 2021 Vol. 25 No. 1 (2021): February 2021 Vol 25, No 3 (2021): October 2021 Vol 25, No 2 (2021): June 2021 Vol 25, No 1 (2021): February 2021 Vol 24, No 3 (2020): October 2020 Vol. 24 No. 3 (2020): October 2020 Vol. 24 No. 2 (2020): June 2020 Vol 24, No 2 (2020): June 2020 Vol. 24 No. 1 (2020): February 2020 Vol 24, No 1 (2020): February 2020 Vol 23, No 3 (2019): October 2019 Vol. 23 No. 3 (2019): October 2019 Vol. 23 No. 2 (2019): June 2019 Vol 23, No 2 (2019): June 2019 Vol 23, No 1 (2019): February 2019 Vol. 23 No. 1 (2019): February 2019 Vol. 22 No. 3 (2018): October, 2018 Vol 22, No 3 (2018): October, 2018 Vol 22, No 2 (2018): June 2018 Vol. 22 No. 2 (2018): June 2018 Vol. 22 No. 1 (2018): February 2018 Vol 22, No 1 (2018): February 2018 Vol 21, No 3 (2017): October 2017 Vol. 21 No. 3 (2017): October 2017 Vol. 21 No. 2 (2017): June 2017 Vol 21, No 2 (2017): June 2017 Vol 21, No 1 (2017): February 2017 Vol. 21 No. 1 (2017): February 2017 Vol. 20 No. 3 (2016): October 2016 Vol 20, No 3 (2016): October 2016 Vol. 20 No. 2 (2016): June 2016 Vol 20, No 2 (2016): June 2016 Vol. 20 No. 1 (2016): February 2016 Vol 20, No 1 (2016): February 2016 Vol. 19 No. 3 (2015): October 2015 Vol 19, No 3 (2015): October 2015 Vol. 19 No. 2 (2015): June 2015 Vol 19, No 2 (2015): June 2015 Vol 19, No 1 (2015): February 2015 Vol. 19 No. 1 (2015): February 2015 Vol. 18 No. 3 (2014): October 2014 Vol 18, No 3 (2014): October 2014 Vol 18, No 2 (2014): June 2014 Vol. 18 No. 2 (2014): June 2014 Vol. 18 No. 1 (2014): Februari 2014 Vol 18, No 1 (2014): Februari 2014 Vol. 17 No. 3 (2013): October 2013 Vol 17, No 3 (2013): October 2013 Vol. 17 No. 2 (2013): June 2013 Vol 17, No 2 (2013): June 2013 Vol. 17 No. 1 (2013): February 2013 Vol 17, No 1 (2013): February 2013 Vol 16, No 3 (2012): October 2012 Vol. 16 No. 3 (2012): October 2012 Vol 15, No 3 (2011): October 2011 Vol. 15 No. 3 (2011): October 2011 Vol. 15 No. 1 (2011): February 2011 Vol 15, No 1 (2011): February 2011 Vol 14, No 3 (2010): October 2010 Vol. 14 No. 3 (2010): October 2010 Vol. 13 No. 1 (2009): February 2009 Vol 13, No 1 (2009): February 2009 Vol. 12 No. 3 (2008): October 2008 Vol 12, No 3 (2008): October 2008 Vol 10, No 3 (2006): October 2006 Vol. 10 No. 3 (2006): October 2006 Vol. 5 No. 2 (2001): June 2001 Vol 5, No 2 (2001): June 2001 More Issue