cover
Contact Name
Rumondang, S.Pi., M.Si
Contact Email
lppmuna123@gmail.com
Phone
+6281262070788
Journal Mail Official
lppmuna123@gmail.com
Editorial Address
Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan Jln. Ahmad Yani Kisaran – 21224 – Sumatera Utara
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PIONIR
Published by Universitas Asahan
ISSN : 25493043     EISSN : 26553201     DOI : 10.36294/pionir.v2i4
Jurnal Pionir merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan yang bertujuan sebagai sarana komunikasi ilmiah dan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian kepada praktisi dan pengamat ilmu pengetahuan. Jurnal Pionir mencakup berbagai bidang kajian ilmu pengetahuan karena jurnal ini bersifat multidisiplin ilmu. Seperti Ilmu Hukum, Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Ilmu Teknologi dan Informatika dan ilmu-ilmu lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023): Januari" : 7 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104218 DESA SIDOMULIYO KECAMATAN BIRU BIRU Irwansyah Irwansyah; Heryanto Heryanto; Pandapotan Tambunan; R.L Holmes Parhusip
JURNAL PIONIR Vol 9, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/pionir.v9i1.3230

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104218 Desa Sidomuliyo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104218 Desa Sidomuliyo sebanyak 30 orang siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA dengan materi Peristiwa Alam di Indonesia di kelas V SD Negeri 104218 Desa Sidomuliyo Tahun Pelajaran 2016/2017. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar Observasi dan Tes.Hasil Penelitian Pada saat siklus I nilai rata-rata siswa 60,60 dan yang tuntas 60,73% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata menjadi 79,10 dan yang tuntas 96,5% . Kata Kunci : Talking stick, Model, IPA
PENGARUH PEMBERIAN NPK MUTIARA DAN POC GEDEBOK PISANG KEPOK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI PAKCOY ( BRASSICA RAPA L.) Syafrizal Hasibuan; Sri Susanti Ningsih
JURNAL PIONIR Vol 9, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/pionir.v9i1.3231

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Sirsak, Sentang, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan November 2022 sampai dengan Januari 2023. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial terdiri atas 2 faktor 3 ulangan. Faktor pertama adalah pemberian pupuk NPK terdiri dari N­0 = 0 gram/plot  ;  N1= 40 gram/plot  N2= 80 gram/plot. Faktor kedua adalah pemberian pupuk Gedebok Pisang yaitu K0 = 0 ml/liter air//plot  ;   K1  = 100 ml/liter air/plot  ;  K2        = 200 ml/liter air/plot   ;  K3 = 300 ml/liter air/plot. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, Jumlah daun (helai), Produksi per tanaman sampel, Produksi per plot. Analisis statistik menunjukkan bahwa pemberian Pemberian pupuk Gedebok Pisang menunjukkan pengaruh sangat berbeda nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun,  produksi per tanaman sampel dan produksi per plot, dimana dosis terbaik terdapat pada perlakuan 300 ml/liter air/plot.  Pemberian pupuk NPK menunjukkan pengaruh sangat berbeda nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun,  produksi per tanaman sampel dan produksi per plot, dimana dosis terbaik terdapat pada perlakuan 80 gram/plot.  Interaksi antara pemberian pupuk Gedebok Pisang dan pupuk NPK menunjukkan pengaruh sangat nyata pada parameter amatan tinggi tanaman namun menunjukkan pengaruh tidak nyata terhadap Parameter amatan Jumlah Daun, Produksi Tanaman Per Sampel, dan Produksi Tanaman Per Plot Kata Kunci :  NPK, Gedebok, Pakcoy
ANALISIS PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP LAPANGAN PEKERJAAN DI INDONESIA Emiel Salim Siregar; Khairani Amalia Simbolon; Pelangi Aulia Zahra; Wahyu solichin Putra Anugrah; Anggi Syahputra Sitorus; Della Julinda Wijaya; Putri Khumaiza Samosir
JURNAL PIONIR Vol 9, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/pionir.v9i1.3241

Abstract

Negara Indonesia pada saat ini guna membuka lapangan pekerjaan di Negara Indonesia permasalahan terbesar di Negara Indonesia pada saat sekarang ini, Sulitnya mencari pekerjaan menjadi salah satu penyebab dari pengangguran, persaingan yang terjadi harus menyisihkan dan mengenyampingkan orang-orang yang memiliki pendidikan yang rendah dan skil yang kurang memadahi, PMA menjadi salah satu hal yang sanggat penting di bagi Indonesia  untuk mendorong majunya perekonomian di Negara Indonesia, Mendorong industri pasokan bahan baku lokal, Proses ahli teknologi serta memanajemen yang baik. Sehingga dapat dikatakan bahwasanya PMA sanggat berpenggaruh dalam perkembangan ekonomi Indonesia.Kata kunci : Pengangguran, PMANegara Indonesia pada saat ini guna membuka lapangan pekerjaan di Negara Indonesia permasalahan terbesar di Negara Indonesia pada saat sekarang ini, Sulitnya mencari pekerjaan menjadi salah satu penyebab dari pengangguran, persaingan yang terjadi harus menyisihkan dan mengenyampingkan orang-orang yang memiliki pendidikan yang rendah dan skil yang kurang memadahi, PMA menjadi salah satu hal yang sanggat penting di bagi Indonesia  untuk mendorong majunya perekonomian di Negara Indonesia, Mendorong industri pasokan bahan baku lokal, Proses ahli teknologi serta memanajemen yang baik. Sehingga dapat dikatakan bahwasanya PMA sanggat berpenggaruh dalam perkembangan ekonomi Indonesia.  Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 9 No.1 Januari 2023   Kata kunci : Pengangguran, PMA
PENGARUH PEMBERIAN TERAPI MADU TERHADAP DIARE AKUT PADA ANAK USIA 13-35 BULAN DI PUSKESMAS DELITUA KECAMATAN DELI SERDANG TAHUN 2022 Adi Arianto1, Khairul Anwar2 , Akhmad Fatikhus Sholikh3
JURNAL PIONIR Vol 9, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/pionir.v9i1.3295

Abstract

Abstract   Diarrhea is a condition of expenditure of the stool that is not normal or not like is usually, marked by increased volume, fluidity, as well as a frequency more than 3 times a day. The Administration of honey can be applied as a complementary therapy to the disease diarrhea. Honey can accelerate the healing in diarrheal diseases, the possibility of honey has a microbial activity of some of the reactions that form the low water activity in honey, the lower the pH and also the content of hydrogen peroxide. Hydrogen peroxide is an antiseptic compound, which makes this honey can be used as a substitute rather than antibiotics. The purpose of this research is to investigate the Effect of therapeutic honey on the frequency of diarrhea at the puskesmas delitua subdistrict Deli Serdang. Sample research as many as 16 people (control group of 8 people and the intervention group of 8 people) with sampling is purposive sampling. The research design used is a quasi-experiment research design with two group pretest and posttest control group design the data were analyzed with univariate analysis and bivariate using the Test-T. And data collected from the respondents by using the observation sheet. The results showed the Influence of the Therapy of Honey On Acute Diarrhea In a Child of Age 13-35 Months In Puskesmas Delitua Subdistrict Deli Serdang with value in the treatment group of p-value = 0.001 or < a 0,05 and the control group amounted to p-value = 0.031 < a 0,05. Advice for the respondents expected to consume honey after getting the therapy is the standard of the health center to accelerate the healing of diarrhea.                                                                                              Keywords: Acute diarrhea, Child, Complementary honey therapy
MENINGKATAN IMPLEMENTASI PROGRAM DI SEKOLAH ADIWIYATA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN ANAK USIA DINI Uranus Zamili ,
JURNAL PIONIR Vol 9, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/pionir.v9i1.3302

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu pendidikan kristen anak usia dini yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada perkembangan seluruh aspek kepribadian anak secara nilai-nilai pendidikan kristen. Oleh karena itu PAUD memberi kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal, atas dasar ini sekolah PKAUD perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti perkembangan  moral, kognitif, bahasa, sosial, emosional, fisik dan motorik. Secara institusional, Pendidikan Anak Usia Dini juga dapat diartikan sebagai salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan baik kordinasi motorik halus dan kasar, kecerdasan emosional, kecerdasan jamak (multiple inteligences) dan kecerdasan spiritual. Pendidikan kristen Anak Usia Dini adalah suatu upaya yang dapat ditunjukan kepada anak sejak mulai lahir sampai dengan dewasa yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan nilai-nilai kristiani untuk membantu perkembangan pertumbuhan jasmani dan spiritualitas agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut atau dimasyarakat luas. Belajar merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi, tempat dan lingkungan belajar yang nyaman akan memudahkan anak untuk berkonsentrasi dalam meraih pendidikan kristen yang layak untuk PKAUD, TK. Dengan mempersiapkan lingkungan belajar yang tepat, anak akan merasa nyaman dan tenang menikmati proses belajar yang dilakukan. Key word: Paud, anak, kristiani
PENERAPAN IDEOLOGI DAN TUJUAN PENDIDIKAN MATEMATIKA SECARA EPISTEMOLOGI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR Arisan Candra Nainggolan Izwita Dewi
JURNAL PIONIR Vol 9, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/pionir.v9i1.3324

Abstract

ABSTRAK Tujuan artikel ini adalah mengetahui penerapan ideolgi dan tujuan pendidikan matematika secara epistemology dalam kurikulum merdeka belajar. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah study kepustakaan. Study kepustakaan, yaitu menelaah sumber-sumber, baik itu buku, artikel, referensi-referensi yang berkaitan dengan landasan ideologi dan tujuan pendidikan secara epistomologi serta kurikulum merdeka belajar yang bisa dijadikan acuan dalam melaksanakan program pendidikan. Kurikulum merdeka belajar jika kita kaji dari dimensi atau elemen, prinsip pembelajaran dan pelaksanaan kurikulum  sangat baik dalam penerpan ideology dan tujuan pendidikan matematika secara epistemology.Kata Kunci: Ideologi Pendididkan Matematika, Tujuan Pendidikan Matematika, Merdeka BelajarABSTRACT The purpose of this article is to find out the epistemological application of ideology and goals of mathematics education in the independent learning curriculum. The method used in this article is library research. Literature study, namely examining sources, be it books, articles, references related to the ideological basis and epistemological goals of education as well as the independent learning curriculum which can be used as a reference in implementing educational programs. The independent learning curriculum, if we examine it from the dimensions or elements, the principles of learning and implementation of the curriculum are very good in implementing ideology and epistemological goals of mathematics education. Keywords: Ideology of Mathematics Education, Objectives of Mathematics Education, Independent Learning 
PENERAPAN SANKSI ADMINISTRASI TERHADAP PEKERJA WARGA NEGARA ASING DI INDONESIA Ismail Ismail
JURNAL PIONIR Vol 9, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/pionir.v9i1.3416

Abstract

Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) (PP 34 Tahun 2021) mengatur tentang tugas dan larangan Pemberi Kerja TKA, permohonan, perpanjangan, dan perubahan Persetujuan RPTKA, pengaturan DKPTKA, penerbitan izin tinggal bagi TKA, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kerja bagi TKA-TKA, pendidikan dan pelatihan bahasa Indonesia bagi tenaga kerja asing, pelaporan, pembinaan, dan pengawasan, serta sanksi administratif atas pelanggaran aturan penggunaan tenaga kerja asing. Kata Kunci : Penerapan, Sanksi, Administrasi, Pekerja, Asing

Page 1 of 1 | Total Record : 7