cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): May 2019" : 10 Documents clear
Analisis Penguasaan Santri Terhadap Kitab Kuning Berdasarkan Pola Pembinaan (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Huda Provinsi Gorontalo) Abd. Rasyid Kamaru
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.157-162.2019

Abstract

Pondok pesantren al-Huda provinsi Gorontalo yang didirikan pada tahun 1961 sampai dengan sekarang tetap eksis dalam kajian kitab kuning dan menggunakan sistem klasikal. Penelitian ini mengambil lokasi di pondok pesantren al-Huda provinsi Gorontalo. Data yang diuraikan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, adapun metode yang digunakan berupa observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif. Teknik pengolahan data yaitu menggunakan tiga metode yaitu: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan santri terhadap kitab kuning belum maksimal, maka pola yang dilaksanakan adalah memaksimalkan penguasaan santri pada mata pelajaran nahwu dan sharaf sebagai alat untuk menguasai kitab kuning. Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antar pihak pondok pesantren, pemerintah, masyarakat yang tampak dari sikap, perilaku, pemikiran maupun kerja sama antar pondok pesantren yang terkesan vakum selama ini.
Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Pengawas di SD Binaan Wilayah Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna Tahun Pelajaran 2013/2014 La Omi
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.111-118.2019

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi klinis Pengawas di SD Binaan Wilayah Kecamatan Napabalano Tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 67,40 % pada Siklus l, dapat meningkat menjadi 86,50 % pada siklus II.Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan Pengawas melalui supervisi klinis efektif untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran di SD Binaan Wilayah Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna.
Pengaruh Lama Penyimpanan Telur Ayam Ras Pada Suhu Refrigerator Terhadap Jumlah Bakteri Syam S. Kumaji
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.119-128.2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan telur ayam ras pada suhu refrigerator terhadap jumlah bakteri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rancangan acak lengkap dengan 5 (lima) perlakuan dan 5 (lima) ulangan. Perlakuan yang dimaksud adalah perlakuan tanpa penyimpanan pada suhu refrigerator, perlakuan dengan penyimpanan selama 7 hari, 14 hari, 21 hari dan 28 hari pada suhu refrigerator. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata jumlah bakteri pada telur ayam ras selama masa penyimpanan pada suhu refrigrator. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 65,53. Harga ini lebih besar bila dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan  = 0,05 dengan derajat bebas pembilang (1) = 4 dan derajat luas penyebut (2) = 20 atau Fo = 0,05 (4,20) = 2,87. Dengan demikian hipotesis tentang terdapat pengaruh lama penyimpanan telur ayam ras pada suhu refrigerator terhadap jumlah bakteri diterima.
Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Pengawas Lisnawaty Dukalang
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.81-88.2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh kepemimpinan kepalamadrasah dan motivasi guru terhadap kinerja pengawas di kota Gorontalo baik secara simultan maupunparsial. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan pada penelitian adalah purposive sample yaitu pengambilan subjek didasarkan atas adanya tujuantertentu dan teknik pengumpulan data melalui kuisioner, observasi, wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Variabel kepemimpinan madrasah (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabeldependen kinerja pengawas (Y) dengan arah koefisien positif sebesar 0,298. Nilai tersebut bermakna setiappenambahan 1% leadership function, maka kinerja karyawan meningkat sebesar 0,298 atau 29,80%.Variabel motivasi guru (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Kinerja (Y) dengan arahkoefisien positif sebesar 0,530. Nilai tersebut bermakna setiap penambahan 1% motivasi guru, maka kinerjameningkat sebesar 0,530 atau 53,00%. pengujian nilai R2 sebesar 0,586 (58,60%) menunjukkan bahwabesarnya kontribusi variabel independen yang terdiri dari pengaruh kepemimpinan kepala madrasah danmotivasi guru terhadap kinerja pengawas di kota Gorontalo.
Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bola Basket Zulkifli Lamusu; Syarifudin Syarifudin
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.129-138.2019

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian eksperimen. Dengan desain terdiri atas 2 variabel penelitian yaituVariabel X (Model Cooperative Learning tipe Jigsaw) denganVariabel Y (HasilBelajarSiswa), dengan prosedur penelitian “Pre Test (X₁),Treatmen (T), dan Post Test (X₂). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Telaga Biru yang berjumlah 26 siswa. Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah keseluruhan dari populasi sebanyak 26 siswa Kelas VII-1 yang diambil secara Total Sampling. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji t, dan berdasarkan hasil analisis diperoleh harga ????ℎ???????????????????? sebesar 31,77, Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 1% diperoleh harga tdaftaratau t(0,995(25) = 2,79. Ternyata harga ????ℎ????????????????????telah berada di dalam daerah penerimaan HA.atau diluar penerimaan ????0.
Penerapan Model Pembelajaran PKBP (Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Pengalaman) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bisnis Batsir Podungge
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.89-92.2019

Abstract

Learning model that not only provides insight into the knowledge of concepts only. However, it also provides a real experience that will build skills through a real assignment of entrepreneurship. The result of this research is after applying the Learning Model PKBP (Experience-Based Entrepreneurship Education), students' interest in business learning can increase. While on the second cycle consisting of planning, observation, and reflection action. In this second cycle, the implementation of learning model of PKBP (Experience-Based Entrepreneurship Education), similar to that applied in cycle I, there is only slight difference in this cycle 2 on teaching materials. And the results of the learning model that has been implemented shows an increase in Student Learning Interest of Class XII ATR SMK Negeri Model Gorontalo Tahun Teaching 2016/2017.
Analisis Implementasi Penyaluran Dana Zakat dan Infak di Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Gorontalo Santoso, Ivan Rahmat
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.149-156.2019

Abstract

Penyaluran zakat dan infak yang berasal dari umat Islam harus sedini mungkin disalurkan secara efektif sebagai suatu sisi ikhtiar pemberdayaan ekonomi umat, ini karena dana zakat dan infak merupakan modal dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan umat, di mana dalam ini penyaluran zakat dan infak membutuhkan suatu pedoman dalam penyalurannya agar dana zakat dan infak dapat terealisasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian penyaluran zakat di Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Gorontalo dengan Pedoman Pengelolaan Zakat Tahun 2004. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu analisis yang dilakukan melalui studi lapangan dengan pengumpulan data mengenai penyaluran dana zakat dan infak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impementasi penyaluran dana zakat dan infak di Badan Amil Zakat Daerah Kota Gorontalo sesuai dengan pedoman pengelolaan zakat Departemen Agama Republik Indonesia Tahun 2004, dimana dalam pendayagunaan zakat secara prinsip dana tersebut diberikan kepada delapan asnaf, manfaat zakat dan infak dapat diterima dan dirasakan manfaatnya serta sesuai dengan keperluan mustahiq (konsumtif dan produktif), dan pendayagunaan zakat tersebut ditujukan untuk program jangka panjang untuk perbaikan kesejahteraan dan meningkatkan status mustahiq menjadi muzakki.
Kontribusi Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Tinggal di Desa Terpencil Husain, Samiun
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.103-110.2019

Abstract

Hadirnya Universitas Terbuka dengan sistim belajar jarak jauh dapat menjawab masalah pemerataan pendidikan nasional, dapat menjangkau dan dijangkau oleh masyarakat yang tinggal di desa terpencil. Guru yang tinggal di desa terpencil yang sebelumnya tidak dapat melanjutkan pendidikan karena alasan jarak, waktu dan biaya, kini sudah dapat melanjutkan pendidikan program S1 PGSD di UPBJJ-Universitas Terbuka Gorontalo. Mahasiswa sudah dapat belajar mandiri melalui media cetak dan non cetak yaitu media yang sudah dirancang khusus untuk dapat dipelajari sendiri sebagai media utama yang digunakan dalam proses belajar jarak jauh di Universitas Terbuka.Mahasiswa yang mengajar didesa terpencil dapat melanjutkan pendidikan tanpa meninggalkan tugas pokok dan keluarga. Mendapat layanan bantuan belajar melalui tutorial tatap muka sehingga mereka belajar dapat berdiskusi dengan sesama teman dan antar kelompok yang dibimbing oleh seorang dosen atau tutor sebagai fasilitator, sehingga mahasiswa dalam belajar tidak merasa kesepian dan terisolir.
Tinjauan Sosio-Yuridis Penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Candra Cuga
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.139-148.2019

Abstract

Pembangunan perumahan Rusunawa kec. Mariso kota Makassar untuk masyarakat kota saat ini, tentu selain memiliki dampak positif dapat pula menimbulkan dampak negatif bagi penataan ruang kota begitupula bagi penghuni itu sendiri. Tentu banyak aspek yang harus ditinjau dari pembangunan Rumah Susun tersebut, termasuk aspek sosio-yuridisnya. Rumah Susun dalam bentuk bagaimana pun bukan masalah, tetapi Rumah Susun sebagai tempat hunian masyarakat punya masalah sosial, ekonomi, dan budaya serta norma hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi sosial penghuni, dan bagaimana persepsi, pemahaman dan pelaksanaan aturan hunian Rusunawa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan populasi sebanyak 288 kepala keluarga kemudian menggunakan teknik random sampling untuk menentukan sampel yakni 15% sehingga 43 responden. Semua data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan analisis deskriptif dan tabulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi sosial penghuni cenderung lebih lama dibandingkan dengan adaptasi fisik bangunan. Penghuni sudah mampu melakukan komunuikasi dengan baik dan telah melakukan kerjasama dengan sesama penghuni dalam menjaga kebersihan lingkungan Rusunawa sebagaimana gaya hidup komunal. Aturan hunian Rusunawa sudah dipahami oleh penghuni, hanya saja masih banyak pelanggaran yang dilakukan oleh penghuni terutama mengenai tata tertib. Persepsi penghuni terhadap aturan hunian sudah diapresiasi dengan baik oleh penghuni. Namun masih ada sebagian penghuni yang merasa berat atau sulit menjalankan aturan tersebut terutama mengenai biaya sewa.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 Melalui Media Gambar Djuita Kadir
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 5, No 2 (2019): May 2019
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.5.2.93-102.2019

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penggunaan media gambar pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya kelas I SDN 05 Wanggarasi dalam kemampuan membaca permulaan, pada pelaksanaan siklus I menunjukan bahwa siswa masih kurang memiliki keberanian untuk tampil di depan kelas dan siswa pasif dalam pembelajaran sehingga kemampuan membaca siswa belum meningkat. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus II, aktivitas belajar siswa menunjukkan hasil yang sangat baik. Sebagian besar siswa telah memiliki keberanian untuk tampil di depan kelas, serta menyimpulkan hasil kegiatan secara lisan. Untuk hasil membaca permulaan sudah terlihat peningkatan dari segi membacanya sesuai dengan lafal, ketepatan. kejelasan suara dan intonasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui media gambar dapat meningkatkan hasil membaca permulaan siswa. Hal tersebut ditunjukkan pada pelaksanaan siklus I masih ada 6 orang atau 42,86% yang tuntas dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 orang atau 57,14%, sedangkan hasil pelaksanaan Siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas sudah mencapai 85,71% atau 12 orang. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 dalam membaca permulaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10