cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 52 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2021): May 2021" : 52 Documents clear
Challenges In Developing A Digital Educational Environment Abdulxakimov Zuhrali Tursunalievich; Abdul Rahmat
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.247-254.2021

Abstract

The article discusses the factors that effectively shape the digital learning environment. In addition, the article details the need for the digital learning environment of the education system to be a single communication space for all participants in educational relations, an effective tool for managing the quality of educational programs, teacher performance.
Fixed Term Work Agreement in Law No.11/2020 Concerning Job Creation : A Juridical Analysis Yoshi Erlina; Ramlani Lina Sinaulan
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.395-404.2021

Abstract

Pusat perhatian dalam penelitian ini adalah pengaturan tentang pengaturan tentangperjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) dalam UU No.: 13/2003 tentangKetenagakerjaan dan UU No.: 11/2020 tentang Cipta Kerja. Tema ini menarikuntuk diteliti untuk mengetahui sejauhmana UU No.: 11/2020 tentang Cipta Kerja,---produk legislasi dengan metode omnibus law yang pertama di Indonesia---,memberikan perlindungan hukum yang lebih baik kepada kaum pekerja (buruh)dibandingkan dengan UU No.: 13/2003. Asumsinya adalah bahwa adanyapengaturan dan pembatasan yang jelas tentang penggunaan PKWTT, kita dapatmengetahui sejauhmana hak-hak pekerja mendapat perlindungan yang memadaidalam suatu sistem hukum dalam berhadapan dengan hak-hak majikan(perusahaan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif,yakni penelitian hukum yang mencakup: 1). Penelitian terhadap asas-asas hukum;2). Penelitian terhadap sistematik hukum; 3). Penelitian terhadap taraf sinkronisasivertikal dan horisontal; 4). Perbandingan hukum; 5). Sejarah hukum. Metodepenelitian hukum normatif tersebut dikombinasikan dengan gagasan Lon L. Fullertentang sistem hukum yang dikenal dengan principles of legality-nya.
Analisis Kinerja Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat Daniel Cliverson Marlissa; Sri Murni; Ivonne S. Saerang
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.597-604.2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Keuangan DaerahPemerintahan Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat Tahun 2016-2019.Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan rumus: RasioKeuangan Daerah. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kinerja Keuangan DaerahKota Bitung dilihat dari (1) Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, PemdaKabupaten Tambrauw sudah baik dalam memenuhi kebutuhan daerah denganpendapatan daerah itu sendiri. Hutang Pemda Kab Tambrauw dinilai sudah sangatbaik dalam mengontrol arus pertumbuhan utang, Ekuitas yang dimiliki masihsangat minim Pendapatan Pendapatan yang didapatkan sudah sangat mendekatidengan Anggaran yang dibuat, belanja Pemda Kabupaten Tambrauw sudahberusaha cukup baik dalam mengontrol penyesuaian anggaran, surplus/defisitPemda Kab Tambrauw dinilai baik karena dalam tahun penelitian lebih seringmengalami Surplus daripada Defisit, Silpa Pemda Kab Tambrauw dinilai mampuuntuk menutupi defisit anggaran.
Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Fisika Dalam Membuat Kisi-Kisi Soal Melalui Teknik Kelompok SMA Se-Kabupaten Pohuwato Minarsih Minarsih
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.191-200.2021

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam kegiatan pembelajaran. Dengan penilaian, guruakan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, bakat khusus, minat, hubungan sosial, sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik. Evaluasi memiliki beberapa tujuan, antara lain (a) untuk mengetahui kemajuan belajar siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu, (b) untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran yang digunakan, (c)untuk mengetahui kedudukan siswa dalam kelompoknya, dan (d) untuk memperoleh masukan atau umpan balik bagi guru dan siswa dalam rangka perbaikan. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai alat evaluasi, antara lain, kuesioner, tes, skala, format observasi, dan lain-lain. Dari sekian banyak alat evaluasi, secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni alat tes dan nontes. Penilaian Berbasis Kelas (PBK) merupakan salah satu model dalam kegiatan evaluasi untuk menilai kemajuan belajar siswa. Dalam konteks ini Penilaian Berbasis Kelas (PBK) merupakan suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian berkelanjutan, otentik, akurat, dan konsisten dalam kegiatan pembelajaran di bawah kewenangan guru di kelas.
Sheep Breeder Empowerment inParticipatory Model of Koperasi Mitra Subur at Bondowoso Regency East Java Tanti Kustiari; Anita Yuliana; Fredy Eka Ardhi Pratama
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.347-354.2021

Abstract

Program pemberdayaan mitra pada koperasi Ternak Tani Syariah Mitra Suburpolakemitraansistem bagihasil Syariah dan investasi. Tujuan meningkaktan kemampuanusaha ternak domba peternak mitra. Metode pemberdayaan yaitu FGD, wawancaramendalam untuk diperoleh prioritas masalah dan kesepakatan pemecahan masalah serta penyuluhan. Masalah utama mitra adalah ketersediaan pakan alternatif yang optimal dalam rangka peningkatan produktivitas hasil. Stakeholder yang terlibat adalah fasilitator dari akademisi, penyuluh, pengelola dan mitra peternak domba. Program pelatihan pembuatan pakan hijauan dan pakan berbasis limbah potensial lokal. Pakan hijauan rumput jagung dihasilkan dari budidaya jagung dengan cara hidroponik. Pelatihan pembuaant pakan alternatif dari limbah jerami padi yang banyak tersedia di lahan. Jerami padi difermentasi. Berdasarkan hasil pre test dan post test diperoleh hasil bahwa pengetahuan dan ketrampilan peternak domba menunjukkan peningkatan.
Analisis Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Berita Tribun Manado di Kota Manado Budi Nurgianto; Fredrik G. Worang; Bode Lumanauw
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.537-550.2021

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metodeRegresi Linier Berganda untuk menjelaskan hubungan langsung dan tidak langsungserta faktor psikologis secara simultan dan parsial dari variabel Motivasi, Persepsi,Pembelajaran, Keyakinan, dan Sikap Terhadap Keputusan Konsumen untukmembeli Tribun Manado. koran di Kota Manado, Sulawesi Utara. Objek penelitianyang dipilih adalah Koran Harian Tribun Manado dengan jumlah sampel 120responden. Teknik analisis data dengan bantuan software SPSS v.22.0 untukWindows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi (X1) berpengaruhterhadap Keputusan Pembelian (Y). Persepsi (X2) berpengaruh signifikan terhadapKeputusan Pembelian (Y), Pembelajaran (X3) berpengaruh signifikan terhadapKeputusan Pembelian (Y), Keyakinan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadapKeputusan Pembelian (Y)), dan Sikap (X5) berpengaruh positif dan signifikanterhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara simultan semua variabel X berpengaruhsignifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Manajemen Kultur Lembaga Pendidikan Islam Fahrina Yustiasari Liriwati; Armizi Armizi; Muhammad Yani
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.747-756.2021

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia merupakan warisan peradaban Islam, sekaligusaset bagi pembangunan pendidikan Nasional. Sebagai warisan, kita harus memilikikesadaran untuk bisa mempertahankan dan melestarikan keberadaannya sertameningkatkan kualitas yang di miliki pendidikan Islam. Sebagai aset yang kita miliki, kita memiliki ruang dan kesempatan untuk mengepakkan sayap untuk bisa mengelola dan menatanya sesuai dengan sistem pendidikan nasional yang ada di Indonesia. Upaya mengelola dan menata lembaga pendidikan Islam harus memiliki teknik serta keterampilan, pengelolaan yang baik akan mampu memberikan kita tempat yang baik di hati masyarakat dan kita tidak akan kalah dengan sekolah pada umumnya, dari itu kita perlu untuk membuat suatu lembaga yang menaungi pendidikan Islam demi mewujudkan tujuan pendidikan Islam yang diinginkan.
Analysis of the Effect of Psychological Factors on Consumer Decisions for Purchase of Tribun Manado News in Manado City Budi Nurgianto; Fredrik G. Worang; Bode Lumanauw
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.293-306.2021

Abstract

This type of research is research conducted using the Multiple Linear Regressionmethod to explain the direct and indirect relationship as well as simultaneously andpartially psychological factors from the variables of Motivation, Perception,Learning, Beliefs, and Attitudes Toward Consumer Decisions to Buy the ManadoTribune newspaper in Manado City, North Sulawesi. The research object chosenwas the Manado Tribune Daily Newspaper with a sample of 120 respondents. Dataanalysis techniques with the help of SPSS v.22.0 software for Windows. The resultsshowed that motivation (X1) has a significant effect on Purchasing Decisions (Y).Perception (X2) has a substantial effect on Purchasing Decisions (Y), Learning(X3) has a significant effect on Purchasing Decisions (Y), Belief (X4) has nosignificant effect on Purchasing Decisions (Y) ), and Attitude (X5) has a positiveand significant effect on Purchasing Decisions (Y). Simultaneously all X variableshave a significant effect on Purchasing Decisions (Y).
Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Hestu Tansil La'ia; Darmawan Harefa
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah ada hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dengan jumlah 67 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling yang artinya semua populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji prasyarat model regresi linier, uji koefisien korelasi rumus Product Moment, uji t koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, dimana r = 0,40 dan thitung = 3,5043 > ttabel = 1,9971. Sehinggga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, karena kemampuan komunikasi matematika dapat membantu menghasilkan model matematika yang diperlukan dalam pemecahan masalah baik dalam berbagai ilmu pengetahuan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
The Work Creation Law Legislation Process Petrus Yakobus Bapa; Efrizal HS; Hedwig Adianto Mau; Ramlani Lina Sinaulan
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 7, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.7.2.667-680.2021

Abstract

Problem hukum termuat dalam proses pembentukan Pembentukan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Kritikdari masyarakat bermunculan pasca draft rencana undang-undang itu diusulkan keDewan Perwakilan Rakyat dan telah diundangkan, karena ada beberapakekeliruan didalam proses pembentukan. Penelitian ini akan mengkaji prosespembentukan Undang-Undang Cipta Kerja dilihat dari Asas-Asas PembentukanPeraturan Perundang-undangan Yang Baik sebagaimana dimaksud dalamUndang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 tentang PembentukanPeraturan Perundang-undangan. Adapun metode yang digunakan adalah normatifdan pendekatan kasus. Hasil penelitian ditemukan dalam proses pembentukanUndang-Undang Cipta Kerja tidak sesuai dengan asas-asas sebagaimana diaturdalam undang-undang Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.