cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 74 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): May 2022" : 74 Documents clear
Wastra Kreatif: Sosialisasi Dan Pelatihan Teknik Cabut Warna Ariesa Pandanwangi; Belinda Sukapura Dewi; Dewi Isma Aryani; Tessa Eka Darmayanti; Ismet Zainal Effendi; Dieni Nuraeni
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.1011-1022.2022

Abstract

Teknik cabut warna dalam karya-karya seni banyak dipergunakan oleh masyarakat yang mencintai dunia kreatif. Istilah cabut warna ini awal mulanya dikenal dalam teknik sablon yaitu sebuah istilah yang sama dengan angkat warna. Wastra yang dibutuhkan adalah jenis katun berwarna gelap, apabila di sablon maka tintanya akan berubah sama dengan warna tinta yang disablonkan. Berbagai eksperimen diatas kain terus dikembangkan termasuk dalam pengembangan wastra kreatif, yang membedakan adalah jenis tinta yang dipakainya. Dalam wastra kreatif jenis cairan untuk menghilangkan warna memanfaatkan pemutih yang beredar di pasaran. Pemakaiannya dengan menggunakan benda tumpul yang aman dan dicelupkan ke dalam pemutih, dan torehkan di atas kain. Tapak jejak torehan tersebut akan berganti warna menjadi putih, warna dasar kain tersebut tercabut warnanya. Metode pengabdian yang dipergunakan adalah metode partisipan yang akan dilakukan empat tahapan yaitu persiapan alat dan bahan, kedua untuk pelaksanaan dilakukan sosialisasi, demo dan pelatihan, ketiga tahapan evaluasi peserta melalui diskusi dan tanya jawab. Peserta pengabdian ini adalah Guru Dasyat Nusantara (GDN) dengantarget peserta adalah 40 orang. Pelaksanaannya setiap peserta memperhatikan apa yang diuraikan oleh trainer. Hasil pengabdian dari wastra kreatif cabut warna ini peserta dapat meningkatkan kompetensinya dalam membuat karya wastra kreatif.
The Effectiveness of Adolescent Reproductive Health Education on Attitude in Facing Pre Menstrual Syndrome in Students of Class X OTKP At SMKN 1 Binjai in 2018 Lusiana Gultom
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.1209-1218.2022

Abstract

One of the children's health efforts at community health center, established through the Presidential Instruction, is the Youth Care Health Service (PKPR), specifically aimed at increasing the knowledge and skills of adolescents about the reproductive health. Based on the Indonesian Health Profile, it was known that 11 provinces (32.4%) have not achieved the Strategic Plan target, set at 30%, in 2016, North Sumatra province reached 23.47%. Common problems in adolescents related to menstruation are dysmenorrhea (67.2%) and pre-menstrual syndrome (PMS) 63.1%. Pre-menstrual syndrome (PMS) is a collection of physical, emotional, psychological symptoms experienced by women during the luteal phase of each menstrual cycle (7-14 days before menstruation). This study aims to determine the Effectiveness of Adolescent Reproductive Health Education Against Attitudes in Facing Pre Menstrual Syndrome in Students of Class X OKTP at SMKN 1 Binjai 2018. This study used one group Pretest Postest design. All students of grade 10 OTKP, 83 people, became the population in this study, and the entire population was used as a research sample. The primary data, collected through questionnaire sheets, were analyzed by the Wicolxon Test. Through the research with the wicolxon test, it was found that the p value was 0,000, where the p value was 0,000 <α (0,05), then H0 was rejected which means that this research was meaningful, and this study concluded that adolescent reproductive health education was effective in increasing the attitude of female students in facing the pre menstrual syndrome. The results of the study are expected to be information and literature material for further research, health workers are also expected to provide child health counseling.
Impact of Online Learning On The Personal Development of Students Anik Mufarrihah; Sukmawati Sukmawati; Susanti Susanti; Karmila P. Lamadang
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.1377-1382.2022

Abstract

Online learning has an impact on student development from the aspect of learning enthusiasm, values and even student personality. This is because the learning climate does not support the student learning environment. Online learning can result in students not being able to meet many people and prevent students from being able to directly relate to their friends at school. In this study, an attempt was made to determine the impact of online learning on student personality development. The purpose of this research is to find out how effective the learning process and the use of online learning methods are, so that students still feel happy rather than bored. This research was conducted by reviewing several case studies from several journals and scientific research references.
Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat Febrianti Febrianti; Melizubaida Mahmud; Radia Hifid
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.1535-1552.2022

Abstract

The study aimend to determine the effect of extracurricular activities on the student character building at SMA Negeri 1 Paleleh Barat. It employet a quantitative descriftif method,Quantitatif approach. The data used in this study are primary data obtained from scattering questionnaires to students of SMA Negeri 1 Paleleh Barat who meet the standards set by researchers whit a population of 185 students and samples of 37 students. At the same time, data analysis used simple regression analysis using the SPSS 25 program. The findings denote that the extracurricular activities positively and significantly affect the student character building at SMA Negeri 1 Paleleh Barat,which means that more routine students carry out extracrrucular activities,it will improve student character building. Additionally,the calculation result indicates that the coefficient of determination in this study is 34,4%, meaning that the variable of student character building can be explained by the variable of extracurricular activities for 34,4%. In contrast,the reaming 65,6% is explained by other variables that are not examined in this study.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan karakter siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat.Adapun Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari penyebaran Kuisioner/angket kepada siswa SMA Negeri 1 Paleleh Baratyang memenuhi standar yang sudah ditetapkan peneliti dengan jumlah populasi 185 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 37 siswa. Analisis Data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat, yang dapat diartikan bahwa semakin siswa rutin melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler maka akan meningkat pula pembentukan karakter siswa. Hasil Penelitian perhitungan koefisien determinasi dari penelitian ini yaitu sebesar34,4% yang berarti variable pembentukan karakter siswa dapat dijelasakan oleh variable kegiatan ekstrakurikuler sebesar 34,4% sedangkan sisanya sebesar 65,6% dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Studi Grounded Theory: Pola Penanganan Kejadian Henti Jantung Pada Keluarga Wasis Nugroho; Aminudin Muhammad
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.831-840.2022

Abstract

Henti jantung merupakan keadaan gawat darurat penyakit jantung yang sangat mematikan sehingga membutuhkan penanganan cepat dan tepat. Keluarga sebagai orang pertama (Bystander) yang menemukan individu dengan kejadian henti jantung memiliki posisi sangat penting dalam menyelamatkan jiwa penderita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain rancang bangun sebuah Konsep yang digeneralisasi mengenai Pola penanganan kejadian Henti Jantung dilingkungan keluarga di Provinsi Maluku Utara. Metode penelitian Kualitatif menggunakan pendekatan Grounded Theory yang nantinya dapat menyusun sebuah konsep berupa rancang bangun dari sebuah skema analitik yang kontruktif yang masih berskala regional. Coding data yang dilakukan dengan menggunakan CAQDAS Atlas-ti versi 2019. Data kemudian dideduksi dengan teori yang diperoleh sehingga hasilnya dapat menjadi sebuah rancangan dari sebuah pola konsep yang menggambarkan situasi lokal terkait dengan pola penanganan kejadian henti jantung dilingkungan keluarga. Hasil dari penelitian ini ditemukan sembilan tema dari pola keluarga dalam menangani kejadian henti jantung di lingkungan keluarga antara lain, mengetahui gejala sebelum kejadian, tidak mengetahui gejala sebelum kejadian, menemukan tanda saat kejadian, pemahaman saat menghadapi masalah, keputusan awal, melakukan tindakan, mencari pelayanan kesehatan, menginginkan harapan dan perasaan yang muncul. Instansi Kesehatan terkait perlu memetakan mata rantai penyelamatan yang diketahui ini sebagai perencanaan dalam memberikan sosialisasi dan latihan sebagi upaya pencegahan terjadinya insiden hanti jantung di daerah.
Tinjauan Kualitas Karya Visual, Tema dan Kreativitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Fotografi di Masa Pandemi Ida Susanti; Ayoeningsih Dyah Woelandhary; Mohamad Sajili
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.953-962.2022

Abstract

Pada kondisi pandemic, banyak situasi dan perencanaan yang harus diadaptasi dengan beragam ketentuan dan regulasi, begitu pula dalam bidang penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, dikeluarkan yang berupaya untuk meminimalisir pergerakan masif virus untuk menular kepada manusia dan membawa dampak kematian. Akibat pembatasan pergerakan aktivitas manusia/mobilisasi tersebut maka dampak yang terjadi pada aspek dunia pendidikan adalah tidak adanya rekomendasiuntuk melakukan pembelajaran dengan metode tatap muka yang bersifat berinteraksi secara langsung antara guru, dosen atau disebut fasilitator dengan murid atau siswanya. Hasil kuisioner dari aspek visual yang ditemukan pada karya mahasiwa, dimana mayoritas merasakan adanya penurunan kualitas pada perkuliahan online. Hal ini dirasakan akibat dari peserta yang tidak leluasa melakukan eksplorasi di luar ruangan karena kondisi pandemic. Begitupula terkait dengan keterbatasan eksplorasi objek apakah ada penurunan secara kualitas foto. Hasil karya foto yang dibuat kebanyakan tidak menggunakan teknik fotografi yang benar, komposisi yang tepat dan masih kurangnya pemahaman dalam mengatur pencahayaan (exposure), sehingga foto terlalu terang (over exposure) atau sebaliknya terlalu gelap (under exposure). Hal ini menjadi koreksi dan merupakan bagian dari evaluasi kedepannya untuk dapat diberikan pemahaman yang lebih mendalam hingga dapat dipahami oleh semua mahasiswa juga pihak penyelenggara pendidikan, khususnya Universitas Paramadina dalam situasi pandemic dan pembelajaran online.
Evaluasi Kebijakan Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Nonformal Ahmad Ahmad; Faisal Madani; M. Ishaq; Lasi Purwito; Ratih Permata Sari
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.1143-1154.2022

Abstract

Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan yang terencana dan sistematis dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat secara mandiri untuk mencapai tujuan belajar. Penelitian evaluatif ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi terkait kebijakan merdeka belajar di satuan pendidikan nonformal, dengan mengoptimalkan data sekunder yang berasal dari dokumen Norma, Standar, Prosedur dan Kegiatan serta berbagai referensi yang relevan dikumpulkan dengan pengembangan matriks dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menghadirkan merdeka belajar dalam proses belajar yang berkualitas di satuan Pendidikan nonformal, memerlukan sumber daya tutor yang berkualitas agar proses belajar juga berkualitas. Disinilah pentingnya perhatian pemerintah pada pendidikan tinggi yang menyiapkan tutor. Untuk itu Alternatif rekomendasi yang patut dipertimbangkan oleh pemerintah antara lain: (1) kebijakan proses belajar merdeka, (2) kebijakan tutor berkualitas merdeka, (3) kebijakan peningkatan pembiayaan program pendidikan tutor berasrama dan (4) kebijakan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini masih banyak kekurangan, untuk itu saran dan kritik sangat dibutuhkan dalam penyempurnaan karya selanjutnya.
Analisis Akuntabilitas Laporan Pertanggungjawaban Dalam Pengelolaan Dana Bop Paud Pada Pemerintah Kota Tanjungpinang Nurfitri Zulaika; Mayang Lestari; Budi Zulfachri; Andres Putranta Sitepu; Salihi Salihi
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.1325-1334.2022

Abstract

The purpose of this study is to find out how the management of the Operational Assistance for the Implementation of Early Childhood Education (BOP PAUD) funds and to determine whether the management of the Operational Assistance for the Implementation of Early Childhood Education (BOP PAUD) funds is accountable in accordance with applicable regulations. This research belongs to the type of qualitative research, namely research conducted by analyzing all the data used to determine the accountability of accountability reports in managing PAUD BOP funds at the Tanjungpinang City Government. The data used in this study are primary and secondary data. Data collection techniques used in this research are literature study, observation, interviews, and documentation. The data analysis used is qualitative analysis. The results showed that (1) the provision of PAUD BOP funds was in accordance with the BOP PAUD technical guidelines, (2) there were still some schools that did not follow the requirements in the PAUD BOP technical instructions to upload the number of students at the Dapo of PAUD Dikmas, (3) the allocation and the distribution of BOP PAUD funds is in accordance with the BOP PAUD technical instructions, (4) the use of PAUD BOP funds is in accordance with the BOP PAUD technical guidelines, (5) the reporting of PAUD BOP funds is not in accordance with the technical instructions because there are still PAUD institutions that are late in reporting accountability reports.
Pengaruh Kompensasi Terhadap Turnover Intention Karyawan Pada PT. Bintan Megah Abadi Eka Kurnia Saputra; Zainiyah Zainiyah; Octojaya Abriyoso; M. Rizki
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.1491-1500.2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kompensasi berpengaruh terhadap turnover intention karyawan pada PT. Bintan Megah Abadi. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan kepustakaan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 karyawan di PT. Bintan Megah Abadi. Teknk analisis data dalam penelitian ini menggunkan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik terdiri uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi sederhana, uji hipotesis terdiri dari uji t dan koefisien determinasi (R²). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu kompensasi terhadap variabel terikat yaitu turnover intention, hal ini ditunjukkan dengan t-hitung sebesar -2,984 > nilai t-tabel sebesar -2,02439 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05 arti bahwa hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini variabel kompensasi berpengaruh negatif dan signifikan antara terhadap turnover intention. Besarnya pengaruh variabel kompensasi sebesar 0,190 atau 19% terhadap turnover intention. Sedangkan sisanya 81% dipengaruhi oleh variabelvariabel lain seperti lingkungan kerja, stres kerja dan komitmen organisasi yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan secara parsial variabel kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap turnover intention.
Menulis Kalimat Sederhana Melalui Impelemntasi Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas II SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo Evi Hasim; Meylan Saleh
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 8, No 2 (2022): May 2022
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.8.2.785-794.2022

Abstract

Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal. Salah satu pengetahuan Bahasa Indonesia yang perlu dipelajari oleh siswa sekolah dasar adalah pengetahuan kemampuan awal siswa dalam menulis kalimat sederhana, terutama bagi siswa kelas II. Oleh karena itu dibutuhkan guru yang sangat professional dalam mengenalkan bagaimana menulis kalimat sederhana terutama bagi siswa kelas II sekolah dasar dengan menggunakan berbagai model Pembelajaran inovatif yang ada. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis sederhana siswa kelas II melalui implementasi model Pembelajaran Snowball Throwing di sekolah dasar. Penelitian yang akan dilakukan adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian Kurt Lewin. Kegiatan yang dilakukan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diawali dengan observasi awal sebagai landasan untuk melakukan observasi awal dalam melakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I dan siklus II. Pada setiap tindakan yang dilakukan selalu terjadi peningkatan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana melalui model snowball throwing. Dalam pelaksanaan tindakan yang diperoleh dari siklus I dan siklus II, maka jelas terlihat bahwa adanya peningkatan kemampuan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana melalui model snowball throwing di kelas II SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.