cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 74 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023): January 2023" : 74 Documents clear
Design Based Research: Pengembangan Bahan Ajar Etnoandragogi Rufran Zulkarnain; Ari Putra; Dwi Ismawati; Ririn Gusti
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.269-282.2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dari pengembangan bahan ajar etnoandragogi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode design-based research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penilaian para ahli, dan kuisioner. Output dari penelitian ini adalah  referensi pembelajaran Pendidikan nonformal berupa bahan ajar pendidikan orang dewasa (andragogi).  Muatan bahan ajar ini berupa kajian ilmu pendidikan bagi orang dewasa yang ada pada masyarakat suku lembak di Bengkulu Tengah, seperti nilai-nilai kearifan lokal masyarakat suku lembak, prinsip belajar masyarakat berbasis nilai-nilai kearifan lokal.
Potret Keluarga Kecil Indonesia - Jepang dalam Keluarga Somat dan Crayon Shinchan Bertha Nursari; Zainur Fitri; Herlina Sunarti; Renata Dosi Agustin
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.459-472.2023

Abstract

Keluarga Somat dan Crayon Shinchan menampilkan potret keluarga kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan dua orang anak. Kedua keluarga kecil ini memiliki kesamaan dalam bentuk nuclear family, di mana mereka merupakan keluarga inti yang hidup bersama. Penelitian ini akan membahas tentang potret kehidupan kedua keluarga dalam dua animasi ini. Selain membahas mengenai persamaan dan perbedaan antar kedua keluarga ini, penelitian ini juga akan membahas mengenai fungsi keluarga yang tergambar di dalamnya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan literature research. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Keluarga Somat dan Crayon Shinchan adalah gambaran keluarga kelas menengah dengan problematikanya masing-masing, tetapi memiliki kesamaan dengan adanya anak pertama laki-laki yang sering kali menimbulkan masalah bagi kedua orangtuanya.
English teacher empowerment: The contribution of professionalism and work ethic in a non-formal education Somariah Fitriani; Hery Muljono
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.637-646.2023

Abstract

Since empowerment significantly contributes to the development of organizations and individuals, including schools and teachers, the issues of empowerment have drawn a lot of attention from all different types of organizations. Thus, the study set out to investigate the effects of professionalism and teacher empowerment on the work ethic of those who teach in non-formal education. This survey's cross-sectional study methodology was used, and the respondents were non-formal teachers who were employed as permanent English teachers in English language institutions. In this study, a causal survey method and a path analysis technique were both employed. The study indicated that professionalism and empowerment both considerably affect work ethics, and professionalism greatly affects empowerment. It also showed how professionalism has a substantial indirect impact on empowerment in terms of work ethic.
Implementasi Teori Pembelajaran Behavioristik dan Humanistik dalam Pendidikan Keluarga Novi Widiastuti; Ansori Ansori; Ihat Hatimah
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.83-88.2023

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan mengenai implementasi teori pembelajaran behavioristik dan humanistik dalam pendidikan keluarga. Teori belajar seringkali dipandang hanya diterapkan pada pendidikan formal maupun nonformal, namun pendidikan keluarga merupakan salah satu unit pendidikan yang tidak bisa dipandang sebelah mata karena peran dan fungsinya yang juga memberikan kontribusi yang sangat besar pada perkembangan generasi bangsa. Beberapa penelitian terdahulu melihat implementasi teori belajar dalam satuan pendidikan baik formal maupun non formal, namun secara tidak sadar pada pendidikan keluarga pun sudah diimplementasikan namun dengan porsi dan teknik yang disesuaikan dengan iklim pendidikan keluarga. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai (1) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip teori belajar behavioristik dalam pendidikan keluarga?; (2) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip teori belajar humanistik dalam pendidikan keluarga? Penelitian ini dilakukan pada keluarga di RT 02 Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung sebanyak 10 keluarga yang memiliki anak dibawah umur 18 tahun dengan karakteristik keluarga yang beragam dari aspek pekerjaan dan usia. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.
Upacara Metatah Massal dalam upaya membantu keluarga yang tidak mampu melaksanakan ajaran Agama di Desa Kerta Bhuana Kecamatan Tenggarong Seberang Ni Luh Suparni Asih; Suryaningsi Suryaningsi; Mustangin Mustangin
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.219-230.2023

Abstract

Perwujudan sradha dan bhakti kepada Sang Pencipta, Umat Hindu melaksanakan kewajibannya untuk beryadnya salah satunya adalah melaksanakan prosesi metatah. Metatah merupakan Upacara potong gigi yang dalam bahasa Bali disebut Metatah, Mepandes, atau Mesangih. Upacara keagamaan Hindu-Bali ini dilaksanakan apabila seorang anak sudah beranjak dewasa dan diartikan juga sebagai pembayaran hutang oleh orang tua kepada anaknya karena sudah bisa menghilangkan keenam sifat buruk dari diri manusia atau yang disebut dengan Sad Ripu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami makna serta manfaat dilaksanakannya metatah massal bagi masyarakat  Desa Kerta Bhuana Kecamatan Tenggarong Seberang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, dokumentasi dan wawancara ke pihak-pihak yang  mengikuti upacara metatah massal di Desa Kerta Bhuana. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masih cukup banyak masyarakat yang belum menjalankan salah satu syarat ajaran agama Hindu yakni upacara Manusa Yadnya “Metatah”  yang dilakukan secara massal pada masyarakat Hindu Desa Kerta Bhuana. Oleh karena itu, dilaksanakannya metatah massal ini yang bertujuan agar memudahkan masyarakatnya terutama bagi keluarga yang tidak mampu untuk melaksanakan ajaran agama dengan salah satu upacara penyucian diri yaitu upacara potong gigi atau yang disebut Metatah.
Evaluasi Program Bimbingan Belajar Melalui Model Cipp (Context – Input – Process – Product) di Bimbel Ahe Q-Course Kaliwungu Kudus Zalva Farhana; Liliek Desmawati
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.397-408.2023

Abstract

Permasalah yang diakibatkan Covid-19 menyebabkan perubahan sistem Pendidikan dilaksanakan dengan daring menyebabkan kualitas Pendidikan di Indonesia mengalami penurunan, selain itu peran orang tua yang kurang maksimal dalam mendidik anaknya. Program bimbingan belajar dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, tidak semua program bimbingan belajar dapat berjalan dengan maksimal, banyak keluhan yang dialami peserta bimbingan belajar maupun orang tua peserta bimbingan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Program Bimbel AHE Q-Course Kaliwungu kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat empat subjek dan dua informan dalam penelitian ini. Subjeknya yaitu kepala bimbingan belajar Q-Course, tiga tutor, dan informannya yaitu dua orang tua peserta bimbingan belajar. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian meliputi: (1) Context: kebutuhan bimbingan belajar dan tujuan bimbingan belajar (2) Input: ketersediaan tutor yang berkompeten dan sumber dana yang diperoleh dari SPP peserta bimbingan belajar (3) Process: proses bimbingan belajar dilaksanakan dengan metode privat disertai dengan game diakhir proses bimbingan belajar, pelaksanaan bimbingan belajar sesuai dengan jadwal namun terkadang ada beberapa peserta bimbel berangkat tidak sesuai jadwal. (4) Product: peserta bimbingan belajar dapat menguasai materi, yaitu pada program AHE peserta bimbingan belajar sudah bisa membaca. Simpulan penelitian meliputi (1) Context: tujuan utama belum tercapai secara maksimal dan analisis kebutuhan dilaksanakan setiap satu bulan sekali (2) Input: ketersediaan tutor yang berkompeten karena terdapat training sebelum ditetapkannya menjadi tutor (3) Process: tutor melaksanakan program bimbingan belajar dengan efektif dan terarah, metode bimbingan yang privat disertai game diakhir proses bimbingan belajar, namun ada hambatan yaitu kondisi ruangan yang kurang memadai (4) product: Peserta bimbingan belajar dapat menguasai materi. Saran Penelitian (1) context: ditinjau kembali tujuan utama agar dapat terlaksana (2) Input: lebih ditekannya pembayaran SPP sesuai dengan jatuh tempo agar administrasi lebih tertata (3) Process: memperbaiki fasilitas dan menambah ruang belajar, selain itu lebih ditekankan peserta untuk hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan (4) Product: menerapkan hasil dari evaluasi CIPP yang telah dilaksanakan guna untuk memperbaiki program bimbingan belajar. 
Studi Kasus : Personal Brand Dalam Desain Media Informasi Yayasan Rumah Sinergi Indonesia Ayoeningsih Dyah Woelandhary; Agoes Joesoef; Ida Susanti; Rian Dwi Antoro; Novandy Ananta Ady
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.589-598.2023

Abstract

Yayasan adalah satu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan yang umumnya bergerak di bidang sosial, bidang keagamaan dan juga bidang kemanusiaan dan dapat dikategorikan sebagai unit usaha/perusahaan. Kredibilitas perusahaan, antara lain ditentukan oleh kualitas penampilan dari corporate identity, yang terdiri dua nilai, yang pertama adalah tangible values dan kedua adalah intangible values. Dalam membangun kredibilitas perusahaan, kedua nilai ini harus dilaksanakan secara terintegrasi dan berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya corporate identity harus dipatuhi oleh seluruh stake holder, penyelenggara perusahaan, mulai dari level puncak, sampai pada tingkat paling bawah dalam organisasi dan salah satu bentuknya adalah media informasi dalam bentuk social media, web banner dan lainnya. Studi kasus pada kegiatan penelitian ini adalah media informasi yang digunakan oleh Yayasan Rumah Sinergi Indonesia (YRSI) yang berlokasi Kota Tangerang Selatan-Banten. Dalam upaya memenuhi aktivitas donasi maka dipelukan media informasi yang dapat mengikat atau engagement kepada para donator para calon donator, yang disalurkan oleh para donator. Metoda yang digunakan dalam kegiatan ini adalah tahap wawancara, analisa deskpriptif kualitatif, dengan pendekatan ilmu desakin komunikasi visual, konsep branding, dan kaitanya dengan korporasi, dan saran bagaimana sebuah media informasi dapat menjadi sarana pengikat para para calon donator dan donatur tetap. Hasil analisa deskriptif diurai dan dibuat simpulan sebagai bahan masukan pada YRSI yang akan menjadi masukan pada pimpinan, volunteer.
Konsep Eflok Education (Pendidikan Seumur Hidup) Prespektif abad 21 Analisis Hasil Pendidikan menurut Ibnu Khladun Moh. Faizin; Dewi Chintia Cahya Ningrum; Mega Silviya Putri
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.769-778.2023

Abstract

Konsep yang ada dalam pendidikan ialah suatu proses seseorang belajar suatu hal baru baginya dan proses ini berlangsung seumur hidup selama seseorang itu meiliki keinginan untuk belajar. Pendidikan seumur hidup ini dibagi menjadi tiga lingkungan, yaitu pendidikan pada lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat. Ketiga lingkungan tersebut berhubungan satu sama lain. Metode yang digunakan dalam artikel ini ialah menggunakan metode Studi Kepustakaan, yaitu dengan menggunakan data yang telah ada untuk membuat sebuah penemuan baru. Selain itu terdapat tokoh yang sangat berpengaruh pada sistem pendidikan ini beliau adalah Ibnu Khaldun, beliau merupakan sosok yang sangat terpandang dan juga ahli filosof soiologi yang berarti pandangan beliau tentang pendidikan sangat sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini. Termasuk pada abad-21 ini, pada abad ini dapat dikenal sebagai abad teknologi karena kemajuan teknologi yang sangat banyak dan hampir semua sudah terbantu oleh teknologi yang ada dan juga terdapat sebutan revolusi industri 4.0 dikarekan kemajuan yang sangat pesat.
Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tihu Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango Inggred Raliandy Sako; Frahmawati Bumolo; Agil Bahsoan; Usman Moonti; Melizubaida Mahmud; Maya Novrita Dama
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.45-52.2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tihu Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Masyarakat Desa Tihu . Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 57 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tihu Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. Besaran pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap Kesejahteraan Masyarakat 33,2% sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
The Application Of Group Investigation In Speaking Class At University of Nusantara PGRI Kediri Jatmiko Jatmiko; Agung Wicaksono; Pamadya Vitasmoro
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 1 (2023): January 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.1.153-158.2023

Abstract

Teaching is an interactive process, mostly involving classroom talk which takes place between teacher and students in certain definable activity. Speaking is one of the skills must be mastered by students as a foreign language. And teaching speaking is a process of giving help to the students to expressing their idea, taught, feeling, or practicing communication by using English. Teaching speaking is activity carried out by teachers and useful to train students to speak. Speaking is one tool to communicate with others people. Group Investigation is one of method that uses to learn speaking. The purpose of the research is (1) to describe the application group investigation (GI) in speaking class by an English lecturer, (2) to describe the students’ response to the application of group Investigation (GI). The research design applied in this research is descriptive qualitative research. The subject of this research is fourth semester students at English education department of UNP Kediri, consists of 22 students. The data used is questionnaire. This research is about the application of Group Investigation in speaking class. The teacher divided into small groups, choose sub-topic, investigation and discussion, and then presentation and evaluation. The result of questionnaire shows that 75% almost all of students answer strongly agree. It means that the application of group investigation in speaking class is very useful and helpful for the students to learn speaking. It can be concluded that the application of group investigation in speaking class was successful and it supports the theory.