cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2023): May 2023" : 3 Documents clear
Adaptive Reuse Study On The GKI Taman Cibunut Pastoral’s Room Function Isabella Isthipraya Andreas; Arnold Maximillian
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 2 (2023): May 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.2.1167-1178.2023

Abstract

Bangunan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Taman Cibunut yang didirikan pada tahun 1921 dan kemudian direnovasi pada tahun 1938, telah diakui sebagai bangunan Cagar Budaya kategori B sejak tahun 2018. Bangunan gereja ini memiliki berbagai bangunan pendukung yang terdapat dalam kompleks GKI Taman Cibunut Bandung, salah satunya gedung pastori yang dibangun sejak tahun 1924. Dalam perkembangannya, gedung pastori ini mengalami alih fungsi ruang yang menyebabkan adanya perubahan fungsi ruang yang tujuannya menyesuaikan kebutuhan jemaat di luar kebaktian hari Minggu. Alih fungsi ruang ini dilakukan dengan pendekatan adaptive reuse yang memasukkan fungsi-fungsi baru pada ruang yang akan berdampak pada bangunan. Berdasarkan adanya kebutuhan tambahan tersebut, maka dapat dilihat sejauh mana alih fungsi ruang yang terjadi pada bangunan pastori dalam mengakomodir kebutuhan jemaatnya.
Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Melalui Media Video dan Media Gambar di RA Al Hikmah Ambon Maya Nurfadhillah
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 2 (2023): May 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.2.1409-1420.2023

Abstract

Guru sebagai tenaga pendidik memiliki tanggung jawab penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Dalam prosesnya guru harus mampu mengembangkan segala aspek pada anak. Hal ini mengharuskan seorang guru kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan peserta didik mampu berkonsentrasi dengan baik, mudah memahami materi yang di berikan dan dapat mengenali minat dan bakatnya. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, media pembelajaran yang dapat diberikan yaitu media Gambar dan media Video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar anak melalui Media Video dan Media Gambar anak usia dini. Metode yang di gunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang di lakukan di RA Al-Hikmah Ambon, Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 15 peserta didik. Subjek partisipasi dalam PTK ini adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh guru kelas di RA Al Hikmah. Hasil terdapat penigkatan minat belajar pada media gambar 80% dan media video 85,6%.
Dinamika Istilah Hukum Bidang Korupsi Rosida Tiurma Manurung; Meilani Rohinsa; Maria Yuni Megarini
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 9, No 2 (2023): May 2023
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.9.2.1421-1428.2023

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan Dinamika Istilah Korupsi dalam Berita Hukum. Adapun tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap penggunaan istilah korupsi dalam berita hukum dan dapat dipakai sebagai bahan evaluasi penggunaan bahasa pada berita hukum. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data secara langsung dan sebagaimana adanya, adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada kalangan mahasiswa dengan jenjang umur 17-22 tahun, dalam kuesioner dipaparkan pertanyaanpertanyaan yang perlu dijawab responden secara fakta. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penggunaan istilah korupsi dalam berita hukum diperoleh hasil bahwa mayoritas responden setuju jika istilah korupsi dalam berita hukum menggunakan bahasa Indonesia lebih mudah dipahami dibandingkan dengan menggunakan bahasa asing. Responden juga setuju jika penggunaan peristilahan bahasa baku yang sesuai dengan pedoman umum dan mengacu kepada peristilahan yang baku lebih mudah di pahami dalam peristilahan di bidang hukum. Dari penelitian juga didapatkan bahwa masih sering ditemukan kesalahan ejaan dalam istilah hukum selain itu dari penelitian ditemukan bahwa bahasa asing tidak seharusnya dihindari untuk pemakaian istilah di bidang hukum. Selain itu, dari penelitian juga diketahui bahwa masih banyak responden yang masih belum mengetahui perbedaan dalam dinamika istilah penyuapan, penggelapan, pemerasan dan gratifikasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 3