cover
Contact Name
Nur Adyla
Contact Email
nuradyla@unsulbar.ac.id
Phone
+6281355696400
Journal Mail Official
nuradyla@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH., MH., Talumung. Majene
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Bandar: Journal of Civil Engineering
ISSN : 26230135     EISSN : 26567199     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Bandar Journal of Civil Engineering has an area of expertise consisting of Structural Engineering, Construction Engineering & Management, Geotechnical Engineering, Water Resources Engineering, Transportation Engineering and Ocean Engineering
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering" : 6 Documents clear
Analisis Resiko Gempa Bumi Pada Bangunan Gedung (Studi Kasus: Pembangunan Mall Maleo Town Square Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat) Muhammad Najib; Nurmiati Zamad
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.168

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Resiko Gempa Bumi Pada Bangunan Gedung. Masalah yang dihadapi karena gempa bersifat tidak pasti maka di gunakan data-data historis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bangunan gedung tersebut tahan terhadap gempa bumi dan untuk memperkirakan probabilitas resiko kerusakan akibat gempa pada bangunan gedung di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode expert judgement untuk memperkirakan probabilitas resiko yang ditimbulkan oleh gempa pada bangunan gedung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor resiko yang ditimbulkan oleh gempa dapat di efesiensikan.
STUDY PENERAPAN EVA PADA PROYEK JEMBATAN SUNGAI MANDAR LIMBONG KAIYYANG DI POLEWALI MANDAR sarifuddin sarip
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.185

Abstract

Abstrak:Pengendalian waktu yang baik diharapkan dapat membantu pelaksanaan proyek sesuai waktu yang direncanakan salah satunya dengan mengunakan metode penerapan Eva Nilai Hasil, Penerapan Eva nilai hasil digunakan dengan tujuan dapat memperkirakan sejauh mana proyek yang dilaksanakan sesuai dengan rencana kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Eva (Earned Value Analysis) dalam memperkirakan waktu akhir penyelesaian proyek setiap minggunya, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan durasi pekerjaan proyek selama 36 minggu. Kata Kunci : Proyek Kontruksi, Pengendalian Waktu, Konsep Nilai Hasil
EFEKTIVITAS PELAYANAN ANGKUTAN UMUM PEDESAAN TRAYEK PAMBOANG – PASAR SENTRAL MAJENE Mahmud bibi; Muhammad Harun; Nurmiati Z
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.189

Abstract

ABSTRAK;Beberapa ruas jalan pada Trayek Terminal Majene PP dan Trayek Pamboang PP, pada jam-jam puncak angkutan umum yang ada cenderung digunakan melebihi kapasitas maksimumnya. Keadaan sebaliknya terjadi pada jam non-puncak, kendaraan umum setengah kosong dan harus melakukan kompetisi dengan angkutan umum lainnya untuk mendapatkan penumpang. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui kinerja pelayanan angkutan umum, kebutuhan angkutan umum dan membuat rekomendasi terkait dengan hasil evaluasi kinerja pelayanan pada kedua trayek ini. Dalam penelitian ini indikator kinerja angkutan umum yang dinilai adalah faktor muat, waktu perjalanan, frekuensi pelayanan, waktu antara, waktu tunggu, jumlah kendaraan yang beroperasi, dan waktu pelayanan. Indikator diperoleh dari hasil survey. Hasil anlisis pelayanan angkutan umum menurut Dirjen Perhubungan Darat, kinerja pelayanan angkutan umum pada trayek Trayek Terminal Majene PP dan Trayek Pamboang PP termasuk dalam kategori baik. Kebutuhan jumlah angkutan umum pada trayek Terminal Majene PP dan trayek Pamboang PP Trayek Terminal Majene PP sebanyak 35 unit. Berdasarkan hasil analisis direkomendasi: jumlah angkutan umum yang sudah ada dipertahankan saja atau dikurangi hingga mendekati nilai rata-rata jumlah kendaraan beroperasi setiap hari serta perlunya pembinaan pada pengemudi tentang kesadaran berlalu lintas yang baik di jalan raya. Kata kunci: Analisis, kinerja, angkutan umum, pelayanan ABSTRACT;Sometimes in Oebobo Station-Majene Station route and Pamboang Station- Station route, over capacity for public transportation happened in the peak time especially in several roads. While, in peak off time, most of public transportation have no passanger, so they had to compotate with the other transportation the get the passanger. Service operational planning of public transportation should be evaluate as soon as possible to know how about the performance of public transportation services. The goal of this research are to know about public transportation services performance, fleet necessity of public transportation and make recommendations relating to the results of the performance evaluation of services on this route both. The indicators of this research are public transportation performance, load factor, time journey, frequency, time line, passenger time waiting, the quantity of vehicle operated, and time services. All of these indicators get from dinamyc and statistic survey. From the results of the public transport service standards evaluation by the Directorate General of Land Transportation, the performance of public transport services on the Majene Station Route and Pamboang Route including good categories. The needs of public transport fleet on the Majene Station-Pamboang Route is 35 units, whereas for Majene Station-Pamboang Station Route 35units. Based on the results of the evaluation given recommendations are: for while the number of existing public transport or retained only if necessary, be reduced to close to the average value of the number vehicles in operation each day as well as the need for guidance drivers about traffic awareness good on the highway.
ANALISA FAKTOR- FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN AHMAD YANI KABUPATEN MAJENE samsul anchuk; muhammad harum
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.203

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui lokasi rawan kecelakaan (black spot) di ruas jalan Ahmad yani kabupaten Majene, menganalisa Faktor-faktor penyebab kecelakaan. Pada penelitian ini dibahas masalah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas Jalan Ahmad yani kabupaten Majene. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan antara lain metode tingkat kecelakaan dan metode titik tertentu.. Daerah / lokasi rawan kecelakaan (black spot) adalah suatu lokasi dimana tingkat kecelakaan tinggi dengan kejadian kecelakaan berulang dalam suatu ruang dan rentang waktu yang relatif sama yang diakibatkan oleh suatu penyebab tertentu. Data yang digunakan adalah data jumlah kecelakaan yang terjadi di ruas Jalan Ahmad yani kabupaten Majene yang dikelompokkan berdasarkan karateristik.
ANALISIS HUBUNGAN RASIO KAPASITAS ANGKUT KENDARAAN DENGAN ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI KECAMATAN BANGGAE KABUPATEN MAJENE Muchlis mullis; Muhammad Harum
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.211

Abstract

Terjadinya kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan Trans Sulawesi khususnya Kecamatan Banggae Kabupaten Majene berbeda karakternya di masing-masing kelas jalan. Banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas, salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan di Kecamatan Banggae Kabupaten Majene adalah Kapasitas angkut kendaraan yang melebihi muatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kapasitas angkut kendaraan terhadap angka kecelakaan dikecamatan banggae kabupaten majene. Penelitian dilakukan di ruas jalan Trans sulawesi tepatnya di Kecamatan Banggae Kabupaten Majene yang dibagi menjadi satu lajur dua arah per kecamatan yaitu Kecamatan Banggae, Banggae Timur. Data yang digunakan adalah data-data pada tahun 2012 sampai dengan tahun 2016, yang meliputi data inventori jalan, volume arus lalu lintas dan data kecelakaan/fatalitas. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menganalisis hubungan antara rasio kapasitas angkut kendaraan dengan angka kecelakaan lalu lintas secara umum, menurut jenis kecelakaan dan bobot kecelakaan lalu lintas. Analisis dilakukan dengan mengacu pada data-data yang diambil dari dinas Perhubungan dan Satlantas Kabupaten Majene. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecelakaan di jalan Trans Sulawesi khususnya Kecamatan Banggae Kabupaten Majene yang menghubungkan tiap kelurahan/desa terjadi hubungan antara rasio volume per kapasitas dan angka kecelakaan jenis tunggal dan multi menunjukan hubungan polinomial yang berbeda. Pada kecelakaan tunggal menunjukan hubungan polinomial negatif sedangkan pada kecelakaan multi menunjukan hubungan polinomial positif. Berdasarkan bobot keparahan/fatalitas, kecelakaan dengan rata-rata bobot keparahan tertinggi terjadi pada kendaraan yang melebihi kapasitas angkut dan kendaraan yang dengan kapasitas angkut kendaraan yang rendah rata-rata bobot kecelakaan yang terjadi juga rendah. Rata-rata bobot kecelakaan semakin tinggi seiring kenaikan rasio volume per kapasitas sampai pada rasio volume per kapasitas tertentu. Dan kendaraan yang melebihi kapasitas angkut kendaraan akan menyebabkan terjadinya kecelakaan.
ACTION PLAN SEBAGAI ALAT KETERPADUAN DALAM PENATAAN PERMUKIMAN NELAYAN DIKELURAHAN PONJALE KOTA PALOPO Natser Chalid
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 1 No 2 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v1i2.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Menggali permasalahn dipermukiaman nelayan, (2) Menganalisis peringkat permasalahn permukiman nelayam, (3) Merumuskan model Action Plan Penataan Permukiman Nelayan. Tantangan mendasar pada perencanaan dan pengelolaan permukiman nelayan adalah untuk memfasilitasi pembangunan dan meminimalkan dampak negatif dari semua kegiatan pembangunan serta bencana alam dalam waktu yang bersamaan . Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang selama ini tidak dilaksanakan secara terpadu. Penelitian ini meggunakan Focus Group Discussion (FGD) . Saran penelitian ini untuk menciptakan Action Plan penataan permukiman nelayan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6