cover
Contact Name
Nur Adyla
Contact Email
nuradyla@unsulbar.ac.id
Phone
+6281355696400
Journal Mail Official
nuradyla@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH., MH., Talumung. Majene
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Bandar: Journal of Civil Engineering
ISSN : 26230135     EISSN : 26567199     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Bandar Journal of Civil Engineering has an area of expertise consisting of Structural Engineering, Construction Engineering & Management, Geotechnical Engineering, Water Resources Engineering, Transportation Engineering and Ocean Engineering
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering" : 5 Documents clear
Perilaku Pejalan Kaki Pada Traffic Light Di Kabupaten Majene Nuraeni N; Nur Adyla
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 1 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i1.193

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor Perilaku Pejalan Kaki pada pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Majene dan untuk menganalisis upaya penanggulangan pelanggaran lalu lintas di Kabupatena Majene. Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Gatot Subroto Kabupaten Majene dengan fokus pengamatan dan penataan yaitu bahu jalan, Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Roll meter untuk mengukur data geometrik jalan seperti lebar jalan dan bahu jalan dan seperangkat alat tulis untuk pencatatan volume lalu lintas. Hasil penelitian yang diperoleh dari pemantauandi Jalan Gatot Subroto memiliki lebar jalan 6,5 m, dengan 1 lajur dalam 1 jalur arah barat, 1 lajur dalam 1 jalur arah timur, dan bahu jalan 1 m serta zebra cross yang sudah tidak jelas.
Typology of Houses for Fishermen Disaster Response to Fishermen’s Settlements in the Rangas Distrrict of Majene, West Sulawesi Sutriani Shafa
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 1 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i1.534

Abstract

The high annual percentage of the population has an impact on the level of population density. The increase in population affects the level of need for shelter that creates new settlement groups. The need for each year has increased with the creation of residential space groups that have made coastal space areas so fast that sometimes ignoring the aspects of security, protection and government regulations that only want space to be able to build a house as a place where they live. The study of the problem in this study is how the typology of houses that are responsive to disasters in the fishing settlement space in Rangas, Majene Regency, West Sulawesi with the approach to the use of space in relation to the typology of the house and the factors that influence. The method used is descriptive qualitative by classifying home typology groups based on a matrix grouping by analyzing factors that are considered influential. The results of this study will be seen by comparing the various typologies of the original form of the fishermen's house and the process of its formation in the settlement space pattern by looking at the effect factors. Then determine several houses that are responsive and prone to disasters. Recommended recommendations from this research will result in proposals for the shape and model of disaster-responsive fishing houses with structural specifications, material use, and appropriate spatial placement in the Fisherman Settlements in Rangas, Majene Regency
ANALISIS PRODUKSI ALAT BERAT TERHADAP PEKERJAAN GALIAN PADA PROYEK JALAN (SUMBERJO-PELITAKAN) Okky Anwar; Milawaty Waris; Nurmiati Zamad
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 1 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i1.637

Abstract

Produksi alat berat adalah kemampuan atau hasil maksimal yang dicapai oleh suatu alat berproduksi dalam satuan jam atau hari, dimana kapasitas produksi yang besar akan mempercepat dan memperlancar penyelesaian proyek, namun sebaliknya apabila produktifitas alat kecil maka pekerjaan akan lambat dan tidak sesuai dengan rencana penyelesaian proyek. Pekerjaan galian tanah (quarry) adalah kegiatan menggali untuk memperoleh bahan material tanah dari sebuah lokasi, material diperoleh dengan cara menggali dengan alat excavator dengan kedalaman dan batas batas yang sudah di sepakati dan ditentukan kemudian volume material diangkut oleh dumptruck dan harus sesuai dengan kapasitas bak dari dumptruck. Produksi alat berat dalam penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisa perhitungan produksi alat berat excavator diperoleh 17,58 m³/per-jam, dengan produksi per-siklus sebesar 0,72 m³, dan waktu siklus digunakan satu putaran selama 54 detik. Sedangkan volume galian tanah yang terbesar pada pekerjaan galian sebesar 79,1 m³, volume galian tanah terkecil sebesar 53,7 m³. Alat berat dump truck diperoleh siklus 9,74 menit dengan persiklus sebanyak 2,56 m³ dengan produksi perjam sebanyak 6,46 m³. Biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan alat berat jenis excavator dan dump truck masing-masing untuk excavator sebesar Rp. 8.005.270,- dan dump truck Rp. 8.322.554,-
ANALISIS VOLUME LALU LINTAS PADA RUAS JALAN ARTERI (BATAS. KABUPATEN. MAJENE-POLEWALI MANDAR) Fitriani Basri; Muhammad Harum
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 1 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i1.638

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Jalan Prof. Dr. Baharuddin Lopa Lutang Majene tepatnya batas Majene – Polewali Mandar.Kebutuhan yang dibutuhkan dalam penelitian ini, khususnya di lokasi penelitian adalah data volume lalu lintas yaitu sepeda motor (MC), kendaraan ringan (LV), kendaraan berat (MHV), Kendaraan truk besar (LT), kendaraan bus besar (LB).Tujuan penelitian dilakukan untuk menganalisis volume Lalu Lintas Harian (LHR) pada ruas jalan arteri trans Sulawesi (Batas Majene- Polewali Mandar). Mengetahui perbandingan volume Lalu Lintas Harian (LHR) dalam dua (2) tahun terakhir. Pengaruh tingkat volume jalan terhadap arus lalu lintas yang paling tinggi pada hari senin pukul 08.00 dan 17.00 WITA yang paling rendah pada hari Minggu pukul 13.00-14.00 wita dengan nilai 0,13 smp/jam, dengan mengacu pada Manual Kapasitasjalan Indonesia.
Analisis Peningkatan Struktur Ruas Jalan Tinggas Pamenggalan, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat Ahmad Yasim
BANDAR: JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING Vol 2 No 1 (2019): Bandar: Journal of Civil Engineering
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/bjce.v2i1.639

Abstract

Secara umum jalan di bangun sebagai sarana untuk memudahkan mobilitas dan aksebilitas kegiatan sosial ekonomi dalam masyarakat. Keberadaan jalan sangatlah di perlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi, pertanian serta sektor lainnya. Mengingat manfaatnya yang begitu penting maka dari itulah sektor pembangunan dan pemeliharaan jalan sangatlah penting. Ruas jalan Tinggas-Pamenggalan Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dengan teknik wawancara atau observasi (kualitatif) secara mendalam pada analisis struktur peningkatan ruas jalan tinggas-pamenggalan kecamatan sendana kabupaten majene provinsi sulawesi barat. Berdasarkan hasil dan pembahasan sebelumnya, peneliti dapat menarik kesimpulan Berdasarkan data yang di ambil pada MC 0 bahwa lebar jalan sebelum pekerjaan hanya 2,5 meter dan kondisi lalulintas harian rata-rata yang melintas hanya sepeda motor dengan kendaraan melintas paling tinggi yaitu pada pukul 08.00-09.00 adalah 21 kendaraan. Penyiapan badan jalan sepanjang sta 0+000 – 2+337 dengan jumlah volume total 11.868,00 m2. Berdasarkan hasil uji tes kuat tekan beton diatas ada 4 sampel dengan dengan umur beton 14 hari menghasilkan sampel A= 273,56 , sampel B= 289,32 , sampel C= 301,32 dan sampel C=282,87 maka mutu beton melebihi standar yang telah di tentukan, maka dapat kami simpulkan bahwa untuk mutu beton tidak ada masalah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5