cover
Contact Name
Syarifuddin
Contact Email
Hidayatullahsyarif05@gmail.com
Phone
+6285253963717
Journal Mail Official
jurnalpgmiiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sultan Hasanuddin, No. 20 , Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
ISSN : 2527578X     EISSN : 27156818     DOI : https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i2.319
Core Subject : Religion,
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan (JPDK) ini dimaksudkan untuk menampung dan mempublikasikan hasil-hasil kajian ilmiah dan penelitian dosen baik dalam internal IAI Muhammadiyah Sinjai maupun peneliti/Dosen dari eksternal IAI Muhammadiyah Sinjai. Disamping itu, dapat pula memuat artikel hasil karya mahasiswa. tulisan-tulisan yang disampaikan dalam jurnal ini tidak terbatas pada bidang pendidikan agama Islam, tetapi juga artikel-artikel hasil kajian pendidikan secara umum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan" : 4 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEPATUHAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL IHSAN LAIYA Megawati Megawati; Hasmiati Hasmiati; Nurjannah Nurjannah
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v7i1.812

Abstract

keluarga dan kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Laiya Sulawesi Selatan. Penelitian inimerupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Laiya menjadi populasi pada penelitian ini. Adapun sampelnya sebanyak 30 orang siswa yang diperoleh dengan menggunakan random sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara lingkungan keluarga dan kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Laiya. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil analisis korelasi diketahui koefisien sebesar 0,583 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,001. Berdasarkan koefisien korelasi diketahui bahwa hubungan antara lingkungan keluarga dengan kepatuhan siswa dalam menerapkan disiplin di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan Laiya berada pada kategori sedang.
Mengukur Perkembangan Bahasa Anak dengan Macarthur-Bates Communicative Development Inventories (MB-CDI) : Sebuah uji Confirmatory Factor Analysis Andi Sri Mardianty Syam
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v7i1.949

Abstract

Era revolusi industri keempat saat ini menempatkan bahasa dan teknologi sebagai keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai dengan baik, hal ini karena semua sumber pengetahuan dan informasi bermediakan bahasa. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa perlu dimaksimalkan sejak dini. Demi memastikan hal tersebut orangtua dan guru dituntut untuk terus melakukan mengevaluasi perkembangan bahasa anak baik di rumah maupun di sekolah. Untuk memudahkan pengukuran terhadap perkembangan bahasa anak, terciptalah sebuah instrumen yang telah tersebar dan digunakan secara global oleh para praktisi pendidikan di dunia, salah satunya adalah MacArthur-Bates Communicative Development Inventories (MAB-CDI).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kesesuaian instrumen untuk mengukur perkembangan bahasa awal peserta didik TK dalam konteks wilayah Bone. Teknik analisis yang digunakan adalah first order confirmatory factor analysis (1st CFA) dengan bantuan software Lisrel 8.80. Dari penelitian ini diperoleh 17 dari 22 butir MAB-CDI dinyatakan valid untuk digunakan dalam mengukur perkembangan bahasa anak usia dini pada peserta didik TK di Bone
KEBIJAKAN KONTROVERSIAL MENGENAI DANA BOS 2021 Niken Ayu Hestina; Dea Melinda
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v7i1.994

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses yang kegiatannya bersifat universal dalam kehidupan manusia, sebab kapan dan dimana pun pasti terjadi sebuah proses Pendidikan. Dan semua manusia berhak mendapatkan Pendidikan dengan sama rata, Pendidikan sendiri merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan generasi dan kemajuan negara. Kebijakan politik pendidikan di Indonesia tentunya diharapkan dapat membantu menangani masalah rakyat kecil. Dana anggaran dalam Pendidikan adalah salah satu dari banyaknya bagian dari masukan fungsional penting pada penyelenggaraan Pendidikan. Berdasarkan hal tersebut pemerintah menciptakan sebuah kebijakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dapat digunakan sebagai suatu bentuk bantuan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Dana BOS Tahun 2021 pada Dana BOS serta kebijakan kontrversial, sebagai kebijakan ke tiga dari konsep merdeka belajar. Kebijakan dana BOS 2021 menimbulkan kebijakan kontroversial yaitu mengenai arahan teknis pengelolaan bantuan operasional sekolah (BOS) reguler yang diteken mendikbud ristek Nadiem Makarim. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan kajian kepustakaan.
PERUBAHAN METODE PEMBELAJARAN PAI DI ERA PANDEMI SDN 25 BORONG UTTIE Muhammad Kadir Kadir; Mawadda Warahma Akhmad; A. Fathul Asdar; Laeli Qadrianti; Diarti Andra Ningsih
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v7i1.1005

Abstract

Abstrak Dalam dunia pendidikan terjadi perubahan metode pembelajaran, khususnya pada tingkat sekolah dasar. Perubahan yang terjadi berdampak pada aktivitas belajar-mengajar, yang dulunya dilakukan di sekolah sekarang dilakukan di rumah. Dalam pembelajaran ada 2 metode yaitu daring dan luring. Kegiatan penelitian yang dilakukan adalah untuk melihat perubahan metode yang digunakan sebelum dan selama pandemi Covid-19 terjadi. Bentuk pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu berupa wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis isi, yaitu melakukan wawancara, mencatat dan menarik kesimpulan dari hasil wawancara dan sumber data yang didapatkan sehingga menjadi data yang ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan jika model pembelajaran selama pandemi telah mengalami perubahan dengan mengandalkan teknologi sebagai salah satu media belajar yang kurang efektif untuk pemahaman siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 4