cover
Contact Name
NUR CHOIRUL AFIF
Contact Email
nur.choirul.afif@unsoed.ac.id
Phone
+6282281788840
Journal Mail Official
ijibe@unsoed.ac.id
Editorial Address
Laboratory Building First Floor Center of Islamic Economics and Halal Product Faculty of Economics and Business Universitas Jenderal Soedirman Jalan Prof. Boenyamin 708, Purwokerto
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics (IJIBE)
ISSN : 27235831     EISSN : 27228002     DOI : https://doi.org/10.20884/1.ijibe
Journal of Islamic Business and Economics is journal organized by Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman. This journal focuses and and scopes are 1. Islamic Finance 2. Zakat Management 3. Shariah Based Human Resources 4. Islamic Based Strategic Management 5. Islamic Marketing 6. Halal Brand Image 7. Halal Tourism 8. Wakaf Management 9. Reducing Poverty in Islamic Perspective 10. Islamic Political Economy 11. Islamic Banking 12. Islamic Capital Market 13. Islamic Monetary System 15. Islamic Economic Thought 16. Islamic Financial Institution 17. Baitul Maal 18. Shariah Based Management 19. Islamic Micro Finance 20. Syariah accounting
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019): IJIBE" : 10 Documents clear
PEMBIAYAAN IBADAH UMRAH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH Anggita Isty Intansari; Fitri Hidayatuz Zahroh
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Center of Islamic Economics and Halal Business, Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.ijibe.2019.1.1.2205

Abstract

Munculnya lembaga keuanga syariah di Indonesia memberikan dampak kemunculan produk baru yang memberikan fasilitaas kepada umat muslim di Indonesia untuk mendaftarkan dirinya berhaji, dengan adanya fasilitas dana talangan ibadah umrohyang disediakan oleh lembaga keuangan syariah baik yang berbentuk bank maupun non bank. Produk dana talangan ibadah umrohmenjadi salah satu solusi bagi sebagian muslim yang tidak mampu mencukupi biaya keberangkatan ke tanah suci secara tunai dengan menggunakan prinsip Ijarah, dimana dalam akad ini bank memberikan pinjaman kepada nasabah dengan menyertakan tugas kepada bank agar menjaga barang jaminan yang diserahkan oleh nasabahnya.Karnanya penting menurut hemat penulis dalam memahami aspek hukum islam terhadap pembiayaan dana ibadah umroh serta mengenai fee ujrah pada akad dana talangan Ibadah Umroh.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PRODUK HALAL ONLINE PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOKERTO Sulasih Sulasih; Rima Dwi Oktiana
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Center of Islamic Economics and Halal Business, Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.ijibe.2019.1.1.2207

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan setelah pembelian online yang dilakukan oleh Pondok Pesantren di Purwokerto dengan variabel yang mempengaruhi diantaranya kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini secara primer dan sekunder. Jumlah Sampel sebanyak 71 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji realibilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 2.529 + 0,386X1 – 0,047X2 + 0,149X3. Uji parsial (uji T) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan faktor emosional tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan . Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0.428, hal ini berarti 42.8% kepuasan pelanggan setelah pembelian onlineadalah dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional. Sedangkan sisanya 57,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti.
PERBANKAN SYARIAH DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN Sarpini Sarpini
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Center of Islamic Economics and Halal Business, Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.ijibe.2019.1.1.2209

Abstract

Karakteristik sistem perbankan syariah yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil memberikan alternatif sistem perbankan yang saling menguntungkan bagi masyarakat dan bank, serta menonjolkan aspek keadilan dalam bertransaksi, investasi yang beretika, mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan dalam berproduksi, dan menghindari kegiatan spekulatif dalam bertransaksi keuangan. Dengan menyediakan beragam produk serta layanan jasa perbankan yang beragam dengan skema keuangan yang lebih bervariatif, perbankan syariah menjadi alternatif sistem perbankan yang kredibel dan dapat dinimati oleh seluruh golongan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif yaitu memaparkan semua data kemudian melakukan analisis terhadap data untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan telah diberlakukannya Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang terbit tanggal 16 Juli 2008, maka pengembangan industri perbankan syariah nasional semakin memiliki landasan hukum yang memadai dan akan mendorong pertumbuhannya secara lebih cepat lagi. Dengan progres perkembangannya yang impresif, yang mencapai rata-rata pertumbuhan aset lebih dari 65% pertahun dalam lima tahun terakhir, maka diharapkan peran industri perbankan syariah dalam mendukung perekonomian nasional akan semakin signifikan.
ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMENGARUHI PERTUMBUHAN ASET BANK SYARIAH DI INDONESIA Alif Chandra Indura; Abdul Aziz Ahmad; Suprapto Suprapto; Arintoko Arintoko
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Center of Islamic Economics and Halal Business, Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.ijibe.2019.1.1.2212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel internal (NPF, ROA, FDR, CAR dan BOPO) serta variabel ekstrernal (inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan BI rate) terhadap pertumbuhan aset bank syariah di Indonesia. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis tren pertumbuhan aset bank syariah di Indonesia sejak Tahun 2009 sampai dengan tahun 2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menganalisis pengaruh variabel NPF, ROA, FDR, CAR, BOPO, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan BI rate terhadap pertumbuhan aset bank syariah di Indonesia. Analisis tren dengan metode kuadrat terkecil digunakan untuk me nganalisis tren pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia Periode penelitian dimulai sejak bulan Maret 2009 sampai dengan bulan Desember 2017. Hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa variabel ROA, CAR serta pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia. Variabel FDR, BOPO serta inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia. Sedangkan variabel NPF dan BI rate memiliki pengaruh yang negatif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia. Nilai adjusted R2 sebesar 0,565 menunjukkan bahwa variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini telah menjelaskan variasi variabel pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia sebesar 56,5 persen, sedangkan sisanya sebesar 43,5 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Hasil analisis tren menunjukkan bahwa pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia memiliki tren yang negatif dan signifikan.
THE EFFECTS OF ISLAMIC ETHICAL IDENTITY INDEX ON FINANCIAL PEPRFORMANCE Indah Setia Utami; Eko Suyono; Bambang Agus Pramuka
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Center of Islamic Economics and Halal Business, Faculty of Economics and Business, Universitas Jenderal Soedirman,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.ijibe.2019.1.1.2208

Abstract

This study examines,firstly, the influence of Islamic Ethical Identity disclosure on Return on Asset, Return on Equity, and Economic Value Added of Islamic Bank in Indonesia, Malaysia, and Gulf Cooperation Council (GCC) Countries, and secondly,this study also examines the differences of Islamic Ethical Identity disclosure and Financial Performance between Islamic Bank in Indonesia-Malaysia and GCC Countries. This study uses panel data from 2008-2013 which published in website of each Islamic Bank selected as a sample in this study.The result of regression shows that the disclosure of Islamic Ethical Identity hasa signifficant effect on ROA, ROE, and EVA. Meanwhile, the result of independent T-test shows that there is no differences on Islamic Ethical Identity Disclosure and Financial Performance between Islamic Bank in Indonesia-Malaysia and GCC Countries.
PEMBIAYAAN IBADAH UMRAH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH Intansari, Anggita Isty; Zahroh, Fitri Hidayatuz
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics (IJIBE) Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Islamic Economic Scholar Association and Faculty of Economics and Business Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/1.ijibe.2019.1.1.2205

Abstract

Munculnya lembaga keuanga syariah di Indonesia memberikan dampak kemunculan produk baru yang memberikan fasilitaas kepada umat muslim di Indonesia untuk mendaftarkan dirinya berhaji, dengan adanya fasilitas dana talangan ibadah umrohyang disediakan oleh lembaga keuangan syariah baik yang berbentuk bank maupun non bank. Produk dana talangan ibadah umrohmenjadi salah satu solusi bagi sebagian muslim yang tidak mampu mencukupi biaya keberangkatan ke tanah suci secara tunai dengan menggunakan prinsip Ijarah, dimana dalam akad ini bank memberikan pinjaman kepada nasabah dengan menyertakan tugas kepada bank agar menjaga barang jaminan yang diserahkan oleh nasabahnya.Karnanya penting menurut hemat penulis dalam memahami aspek hukum islam terhadap pembiayaan dana ibadah umroh serta mengenai fee ujrah pada akad dana talangan Ibadah Umroh.
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PRODUK HALAL ONLINE PADA PONDOK PESANTREN DI PURWOKERTO Sulasih, Sulasih; Oktiana, Rima Dwi
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics (IJIBE) Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Islamic Economic Scholar Association and Faculty of Economics and Business Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/1.ijibe.2019.1.1.2207

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan setelah pembelian online yang dilakukan oleh Pondok Pesantren di Purwokerto dengan variabel yang mempengaruhi diantaranya kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini secara primer dan sekunder. Jumlah Sampel sebanyak 71 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji realibilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 2.529 + 0,386X1 – 0,047X2 + 0,149X3. Uji parsial (uji T) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan faktor emosional tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan . Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0.428, hal ini berarti 42.8% kepuasan pelanggan setelah pembelian onlineadalah dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan faktor emosional. Sedangkan sisanya 57,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti.
THE EFFECTS OF ISLAMIC ETHICAL IDENTITY INDEX ON FINANCIAL PEPRFORMANCE Utami, Indah Setia; Suyono, Eko; Pramuka, Bambang Agus
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics (IJIBE) Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Islamic Economic Scholar Association and Faculty of Economics and Business Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/1.ijibe.2019.1.1.2208

Abstract

This study examines,firstly, the influence of Islamic Ethical Identity disclosure on Return on Asset, Return on Equity, and Economic Value Added of Islamic Bank in Indonesia, Malaysia, and Gulf Cooperation Council (GCC) Countries, and secondly,this study also examines the differences of Islamic Ethical Identity disclosure and Financial Performance between Islamic Bank in Indonesia-Malaysia and GCC Countries. This study uses panel data from 2008-2013 which published in website of each Islamic Bank selected as a sample in this study.The result of regression shows that the disclosure of Islamic Ethical Identity hasa signifficant effect on ROA, ROE, and EVA. Meanwhile, the result of independent T-test shows that there is no differences on Islamic Ethical Identity Disclosure and Financial Performance between Islamic Bank in Indonesia-Malaysia and GCC Countries.
PERBANKAN SYARIAH DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN Sarpini, Sarpini
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics (IJIBE) Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Islamic Economic Scholar Association and Faculty of Economics and Business Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/1.ijibe.2019.1.1.2209

Abstract

Karakteristik sistem perbankan syariah yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil memberikan alternatif sistem perbankan yang saling menguntungkan bagi masyarakat dan bank, serta menonjolkan aspek keadilan dalam bertransaksi, investasi yang beretika, mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan dalam berproduksi, dan menghindari kegiatan spekulatif dalam bertransaksi keuangan. Dengan menyediakan beragam produk serta layanan jasa perbankan yang beragam dengan skema keuangan yang lebih bervariatif, perbankan syariah menjadi alternatif sistem perbankan yang kredibel dan dapat dinimati oleh seluruh golongan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif yaitu memaparkan semua data kemudian melakukan analisis terhadap data untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan telah diberlakukannya Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang terbit tanggal 16 Juli 2008, maka pengembangan industri perbankan syariah nasional semakin memiliki landasan hukum yang memadai dan akan mendorong pertumbuhannya secara lebih cepat lagi. Dengan progres perkembangannya yang impresif, yang mencapai rata-rata pertumbuhan aset lebih dari 65% pertahun dalam lima tahun terakhir, maka diharapkan peran industri perbankan syariah dalam mendukung perekonomian nasional akan semakin signifikan.
ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMENGARUHI PERTUMBUHAN ASET BANK SYARIAH DI INDONESIA Indura, Alif Chandra; Ahmad, Abdul Aziz; Suprapto, Suprapto; Arintoko, Arintoko
Indonesian Journal of Islamic Business and Economics (IJIBE) Vol 1 No 1 (2019): IJIBE
Publisher : Islamic Economic Scholar Association and Faculty of Economics and Business Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32424/1.ijibe.2019.1.1.2212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel internal (NPF, ROA, FDR, CAR dan BOPO) serta variabel ekstrernal (inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan BI rate) terhadap pertumbuhan aset bank syariah di Indonesia. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis tren pertumbuhan aset bank syariah di Indonesia sejak Tahun 2009 sampai dengan tahun 2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menganalisis pengaruh variabel NPF, ROA, FDR, CAR, BOPO, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan BI rate terhadap pertumbuhan aset bank syariah di Indonesia. Analisis tren dengan metode kuadrat terkecil digunakan untuk me nganalisis tren pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia Periode penelitian dimulai sejak bulan Maret 2009 sampai dengan bulan Desember 2017. Hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa variabel ROA, CAR serta pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia. Variabel FDR, BOPO serta inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia. Sedangkan variabel NPF dan BI rate memiliki pengaruh yang negatif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia. Nilai adjusted R2 sebesar 0,565 menunjukkan bahwa variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini telah menjelaskan variasi variabel pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia sebesar 56,5 persen, sedangkan sisanya sebesar 43,5 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Hasil analisis tren menunjukkan bahwa pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia memiliki tren yang negatif dan signifikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10