cover
Contact Name
Isti Riana Dewi
Contact Email
isti.riana@cic.ac.id
Phone
+62231-200418
Journal Mail Official
jurnal.ebi@cic.ac.id
Editorial Address
Jl. Kesambi No. 202, Kota Cirebon, 45133, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Industri (EBI)
ISSN : 26858622     EISSN : 27460290     DOI : -
Jurnal Ekonomi Bisnis dan Industri (EBI) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC). Jurnal ini memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Ekonomi dan Bisnis. Jurnal ini dijadikan media informasi tentang karya ilmiah dibidang Ekonomi dan Bisnis baik hasil penelitian, kajian empiris maupun teoritis bagi setiap akademisi terutama dosen, mahasiswa dan alumni baik di lingkungan Universitas Catur Insan Cendekia Cirebon. Penyunting juga menerima tulisan dari penulis di luar lingkungan Universitas. Fokus dan cakupan terkait bisnis, akuntansi, manajemen, perpajakan, UMKM, ekonomi, ekonomi pembangunan,ekspor impor, kebijakan publik terkait perdagangan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Industri" : 5 Documents clear
PENGARUH KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN TRANSAKASI MENGGUNAKAN E-COMMERCE DENGAN NIAT TRANSAKSI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Dewi Anggun Puspitarini
Jurnal EBI Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Industri
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52061/ebi.v2i2.20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan transaksi   melalui e-commerce. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengumpulan kuesioner sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah melakukan transaksi melalui situs e-commerce. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model pengukuran (Outer Model) dan model struktural (Inner Model) dengan aplikasi Partial Least Square (PLS). Program PLS yang digunakan adalah SmartPLS versi 3.02.8. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepercayaan bepengaruh positif terhadap niat transaksi dan niat transaksi berpengaruh terhadap keputusan transaksi melalui e-commerce. Niat transaksi terbukti menjadi variabel mediasi yang memediasi kepercayaan terhadap keputusan transaksi. Kata kunci: kepercayaan, niat membeli, transakasi  e-commerce
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN Titik Eva Avelia; Prita Esita
Jurnal EBI Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Industri
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52061/ebi.v2i2.21

Abstract

Kinerja perusahaan merupakan hasil dari semua kegiatan atau aktivitas perusahaan yang menjadi tolak ukur dari keberhasilan perusahaan. Informasi kinerja perusahaan dapat dlihat melalui laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh corporate governance dan umur perusahaan terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia peiode 2017 - 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 perusahaan dalam sektor otomotif dan sektor barang konsumsi yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2017 – 2018, hasilnya terdapat sebanyak 26 observasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id .Untuk menguji hipotesis dan penelitian ini digunakan statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi dewan komisaris independen, debt equity ratio dan umur perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor otomotif dan sektor barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2017 – 2018 Kata kunci : kinerja perusahaan, proporsi dewan komisaris independen, debt equity rati, umur perusahaan.
ANALISIS PERENCANAAN AGREGATE DENGAN METODE TRANSPORTASI UNTUK OPTIMALISASI BIAYA (STUDI PADA UKM PRODUK TAS WANITA) Ari Soeti Yani
Jurnal EBI Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Industri
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52061/ebi.v2i2.17

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merekomendasikan cara-cara alternatif untuk membantu meminimalisir biaya dalam proses produksi dengan metode peramalan produksi di periode yang akan datang. UKM tersebut harus menyesuaikan dengan baik tingkat produksi yang akan dilakukan dengan tingkat permintaan yang diminta oleh konsumen agar tidak menimbulkan pemborosan yang berupa meningkatnya/tingginya biaya penyimpanan yang diakibatkan oleh menumpuknya persediaan. Data yang digunakan adalah data sekunder bersumber dan UKM produk Tas Wanita yang berupa data produksi dan data penjualan produk Tas Wanita.Menggunakan metode peramalan yaitu metode Last Square untuk mengetahui peramalan produksi di periode yang akan datang. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa UKM tersebut dapat menerapkan perencanaan produksi aggregate metode transportasi dengan tenaga kerja berubah untuk mengetahui perlu atau tidaknya penambahan dan pengurangan karyawan serta perlu atau tidaknya jam lembur guna meminimalkan biaya produksi diperiode yang akan datang.Kata kunci: perencanaan aggregate, metode transportasi, peramalan dengan metode last square, meminimalkan biaya.
ANALISIS PENGARUH PANDEMI DAN PEMBELAJARAN SECARA DARING TERHADAP PRESTASI MELALUI VARIABEL INTERVENING KEADAAN EKONOMI MAHASISWA UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG Fuad Hardi Nugroho; Indah Widiya Ningsih; Eny Wahyuni; Iskandar Ahmaddien
Jurnal EBI Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Industri
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52061/ebi.v2i2.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pandemi dan pembelajaran secara daring terhadap prestasi melalui variabel intervening keadaan ekonomi mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Dengan model regresi linier berganda dan sistem spss 26. Untuk pengambilan data, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 88 responden di lingkungan universitas sangga buana ypkp bandung. Untuk metode uji penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas kolmogorov-smirnov regresi model 1 dan 2 serta uji analisa jalur. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Pandemi (X1), Pembelajaran Secara Daring (X2), Keadaan Ekonomi Mahasiswa sebagai variabel intervening (X3) dan Prestasi (Y). Dimana total pengaruh langsung variabel Pandemi (X1), Pembelajaran Secara Daring (X2) dan Keadaan Ekonomi (X3) terhadap Prestasi (Y) Mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung sebesar 87,7% dan memiliki pengaruh yang signifikan sedangkan pengaruh tidak langsung Pandemi (X1) dan Pembelajaran Secara Daring (X2) terhadap Prestasi (Y) melalui variabel Intervening Keadaan Ekonomi (X3) Mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung sebesar 15,5% dan berpengaruh signifikan secara tidak langsung. Kata kunci: Pandemi, Pembelajaran Secara Daring, Keadaan Ekonomi Mahsiswa, Prestasi
APAKAH WIRAUSAHA WANITA SIAP DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL? Nurul Retno Hapsari; Sitta Nurhajijah
Jurnal EBI Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Industri
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Catur Insan Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52061/ebi.v2i2.19

Abstract

Era digitalisasi telah merubah kehidupan, tidak terkecuali sektor bisnis. Wirausaha wanita di era ini bebas mempromosikan produknya melalui berbagai platform digital . Adanya kesenjangan gender digital mengharuskan mereka memiliki kompetensi literasi media digital agar bisnis dapat bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi literasi media digital pada wirausaha perempuan di sector  batik. Berdasarkan penelitian deskripftif dengan menggunakan metode wawancara ditemukan bahwa kompetensi literasi media digital yaitu akses, menganalisa mengevaluasi, membuat, mencerminkan, dan bertindak tetap rendah karena kurangnya kesempatan dalam pelatihan pemasaran digital.Kata kunci: Digital Era, Digital Media Literasi Kompetensi, Wirausaha Wanita

Page 1 of 1 | Total Record : 5