cover
Contact Name
Mariana Purba
Contact Email
riagalihprosojo@gmail.com
Phone
+6281278681042
Journal Mail Official
riagalihprasojo@gmail.com
Editorial Address
Jl.Kol. H. Burlian KM 7 Kota Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Informanika
ISSN : 24071730     EISSN : 27755762     DOI : 10.52233
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Informanika merupakan jurnal yang berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan pustaka, atau referensi buku baru dalam Bidang Ilmu yang terdiri dari Sub Rumpun Teknik Elektro dan Informatika Seperti Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Perangkat Lunak, Teknik Elektro, Teknik Tenaga Elektrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika
Articles 24 Documents
Search results for , issue "JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022" : 24 Documents clear
OPTIMALISASI TATA KELOLA TI PADA PT. XYZ FINANCE DENGAN FRAMEWORK COBIT 5 Pipin Octavia
JURNAL INFORMANIKA JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.342

Abstract

PT. XYZ Finance adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan yang berlokasi di Palembang. Penelitian ini membahas bagaimana tata kelola teknologi informasi di PT. XYZ Finance Cabang Palembang, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan dan pemanfaatan TI dalam meningkatkan pelayanan di PT. XYZ Finance yang efektif dan efisien dengan menggunakan framework COBIT 5. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, kuisioner, dan observasi. Hasil pengelolaan data disesuaikan dengan COBIT 5 akan dijadikan penilaian evaluasi kapabilitas antar domain dan nilai kappabilitas tertinggi terdapat pada domain APO13 (mengelolah persetujuan dan layanan), sedangkan nilai terendah terdapat pada DSS02 (mengelolah permintaan layanan dan insiden).
PPSB BERBASIS WEBSITE PADA SDN 26 BELINYU Wishu Ariwibowo Probonegoro; Lili Indah Sari; Ade Septryanti
JURNAL INFORMANIKA Vol 8, No 02 (2022): JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.333

Abstract

Pendaftaran dan Penerimaan Siswa Baru merupakan salah satu proses yang ada diinstasi pendidikan seperti sekolah yang berguna untuk menyaring calon siswa yang terpilih sebagai anak didik di sekolah tersebut. SD Negeri 26 Belinyu merupakan salah satu Sekolada Dasar yang berada di daerah Belinyu, Setiap tahun ajaran akademik SDN 26 Belinyu menyelenggarakan PPSB. Permasalahan yang terjadi setiap tahunnya pada saat PPSB yaitu banyaknya orangtua yang daftar dengan berdesak desakan walaupun sudah disediakan nomor antrian, sering terjadi kesalahan pengisian formulir pada saat mendaftar, pengecekan berkas persyaratan yang lama, pencatatat pendaftaran juga masih di catat secara manual. Berdasarkan permasalahan permasalah yan terjadi setiap tahunnya pada PPSB ini, maka penulis penulis ingin mewujudkan suatu sistem guna ketepatan dan kecepatan dalam proses pendaftaran, penyampaian informasi, pendaftaran ulang,dan proses pembuatan laporan Penerimaan Siswa Baru. Tujuannya adalah dengan adanya sistem ppsb berbasis website ini, dapat mengurangi kesalahan sering terjadi dan memudahkan petugas, panitia penerimaan tersebut dalam melakukan pengolahan data PPSB, dan memudahkan orang tua calon siswa untuk mendapatkan informasi mengenai Penerimaan Siswa Baru dan calon siswa, sehingga orang tua calon siswa tidak perlu datang ke SDN 26 Belinyu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis menggunakan metode Waterfall, dengan Objek Orientasi Programming dan menggunakan tools UML (Unified Modelling Languange).
IMPLEMENTASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN DANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY Muhammad Nasir; Raja Tegar Wahyudi
JURNAL INFORMANIKA Vol 8, No 02 (2022): JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.343

Abstract

Pengelolaan data dana bantuan masyarakat yang menggunakan sistem terkomputerisasi dengan baik dan benar dapat memberikan informasi data dengan cepat dan transparan, Tujuan penelitian ini merancang dan membangun sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan data penerima yang tepat seperti pemberian dana bantuan masyarakat  yang memerlukan atau kurang mampu, beasiswa, kegiatan perlombaan, pembangunan masjid atau dana bantuan untuk covid-19 agar dapat mempermudah pendataan maupun pengelolaan data. Saat ini, pada PT Dexa Medica dalam menerapkan CSR (Corporate Social Responsibility) masih menggunakan cara konvensional yang menyebabkan petugas penyeleksi membutuhkan waktu yang panjang dalam mengolah data sehingga menjadi kurang efektif dan banyak terjadi kesalahan. Dalam penelitian ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting), dengan kriteria penilaian sebanyak 14 kriteria yang masing-masing memiliki bobot penilaian yang disesuaikan dengan kepentingan perusahaan. Sistem pendukung keputusan penerima bantuan Dana CSR ini diharapkan bisa menentukan keputusan akhir agar mempermudah penyaluran penerima yang sesuai sasaran. Sistem dibangun berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.
PENGGUNAAN ALGORITMA APRIORI UNTUK PENJUALAN SPAREPART Fitri Purwaningtias; Nadia Elfa Defiyanti
JURNAL INFORMANIKA JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.334

Abstract

Toyota Auto 2000 perusahaan bergerak di bidang service mobil merk Toyota. Selain itu juga menjual produk Saprepart yang dibutuhkan konsumen untuk perbaikan mobilnya. Kegiatan service mobil ini setiap harinya semakin banyak sehingga adanya penumpukan data transaksi penjualan sparepart yang hanya sebagai arsip laporan perperiode. Padahal jika digunakan dengan baik data tersebut bisa menjadi informasi yang berguna untuk perusahaan. Selain itu juga persediaan sparepart yang terkendala adanya penumpukan barang ataupun barang kosong yang dicari konsumen. Untuk itulah diperlukan data mining untuk bisa mencari pola dari data transaksi penjualan yang telah terjadi menggunakan metode algoritma apriori untuk menentukan hubungan asosiatif kombinasi item sparepart yang ada. Pada penelitian ini juga menggunakan tools Rapidminer 9.8 yang menghasilkan dari minimum support 20% dengan kombinasi 2 item set yaitu kebanyakan konsumen jika membeli oli maka membeli juga filter oli dengan tingkat confidence 98%. Dengan minimum support 20% dengan 2 item set terdapat 5 best rules. Sehingga pihak manajemen perusahaan bisa menyediakan sparepart dengan maksimal sesuai kebutuhan konsumen dan yang banyak dibeli secara bersamaan.
SISTEM INFORMASI LAYANAN ONLINE UMROH PADA FAIRUZ TOUR PALEMBANG Bakhtiar K; Mariana Purba
JURNAL INFORMANIKA Vol 8, No 02 (2022): JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.339

Abstract

Pengelolaan data layanan umroh pada PT Dzahabi Fairuz Al-Haris atau Fairuz Tour Pelambang masih dilakukan secara langsung (offline), belum menggunakan sitem layanan pendaftaran melalui internet (online) demikian pula promosi dan informasi layanan umroh dilakukan hanya pada wilayah setempat, dan belum sampai ke daerah-daerah. Metode yang digunakan dalam membangun sistem informasi layanan umroh online adalah metode berorientasi objek dengan menggunakan beberapa alat bantu seperti Uml, dan use case diagram, sedangkan perangkat lunak pendukung yang digunakan adalah Xampp, Visual Studio Code, dan database MySQL. Dengan adanya sistem informasi layanan umroh online ini, tentunya akan mempermudah pengolahan data calon jamaah umroh dan pengelolaan jadwal yang akan sangat membantu sekali dalam hal pendaftaran dan informasi jadwal keberangkatan, karena setiap informasi yang diberikan kepada pengunjung bisa lebih cepat, akurat dan efisien.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN GUNA MENENTUKAN BIAYA PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (ABC) PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA VII Ahmad Mutatkin Bakti
JURNAL INFORMANIKA Vol 8, No 02 (2022): JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.344

Abstract

Sebelum system informasi dikembangkan, maka perlu dihitung kelayakan ekonomisnya. Teknik    ini disebut disebut dengan analisis biaya/keuntungan. Salah satu metode yang digunakan dalam penentuan biaya produksi adalah dengan metode Activity Based Costing (ABC) yang mengarah pada penghematan biaya produksi. Pada awal perkembangan ABC dimanfaatkan untuk memperbaiki kecermatan perhitungan biaya produk dalam perusahaan-perusahaan manufaktur yang menghasilkan banyak jenis produk. ABC  kemudian diterapkan ke semua biaya pada perkembanganyang lebih lanjut, mulai dari biaya desain, biaya produksi, biaya penjualan, biaya pasca jual, sampai biaya administrasi dan umum. PT Perkebunan Nusantara VII adalah sebuah perusahaan umum milik Negara yang bergerak dalam bidang perkebunan dan produksi tanaman industri  seperti karet, kelapa sawit, tebu dan the. Adapun yang menjadi masalah dalam proses produksi terutama proses pengelolaan kelapa sawit. Biaya-biaya tersebut ada yang secara langsung berhubungan dengan proses produksi ada juga biaya yang secara tidak langsung berhubungan dengan proses produksi.
ANALISIS QoS (QUALITY OF SERVICE) PADA JARINGAN KOMPUTER SINKRON DAN ASINKRON (STUDI KASUS : FAKULTAS ILMU KOMPUTER-UNIVERSITAS SJAKHYAKIRTI) Dwi Fitri Brianna
JURNAL INFORMANIKA Vol 8, No 02 (2022): JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.335

Abstract

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sjakhyakirti merupakan fakultas dibidang teknologi infomrasi, untuk mendukung proses belajar mengajar dan pengembangan administrasi fakultas sangat diperlukan sistem informasi berbasis internet. Untuk mengetahui dan monitoring jaringan yang ada di Gedung fakultas, diperlukannya pengukuran jaringan agar dapat memastikan jaringan dalam keadaan baik tanpa kendala dengan menggunakan metode QoS. QoS (Quality Of Service) merupakan metode ukur seberapa baik jaringan dan upaya untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat layanan. QoS mengacu pada kinerja pengiriman paket-paket yang melewati satu atu lebih jaringan. QoS dirancang untuk membantu pengguna menjadi lebih produktif dengan memastikan bahwa pengguna mendapat kinerja jaringan yang baik. QoS mengacu pada kemampuan jaringan untuk memberikan layanan yang lebih baik pada lalu lintas jaringan tertentu melalui teknologi yang berbeda. Performa jaringan komputer dapat bervariasi karena beberapa masalah, seperti masalah bandwidth, latency dan jitter, yang dapat membuat efek besar untuk banyak aplikasi. Fitur Quality of Service (QoS) dapat membuat throughput, packet loss , delay dan jitter diprediksi dan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi di jaringan yang ada.
Membangun Konsep Agility Media Pembelajaran Pada Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 ( Studi Kasus SMK Sekota Palembang ) Istikomah Istikomah; Darius Antoni
JURNAL INFORMANIKA Vol 8, No 02 (2022): JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.340

Abstract

Pembelajaran online dalam pelaksanaannya membutuhkan dukungan perangkat mobile yang dapat digunakan untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja. Agility merupakan suatu konsep perencanaan yang dibuat untuk membantu perencanaan agar berhasil dan sesuai dengan tuntutan pengguna atau user, Agile ini memiliki kelebihan yaitu meningkatkan rasio kepuasan pengguna, mengurangi resiko kegagalan dan biasanya melakukan review dengan faktor-faktor diantaranya infrastruktur . , sarana prasarana dan sumber daya manusia, faktor kelincahan dengan fasilitas adalah bagaimana fasilitas yang digunakan dapat memenuhi pembelajaran online, sarana prasarana kelincahan adalah bagaimana sarana dan prasarana dapat mendukung pembelajaran online dan sumber daya manusia yang memahami cara menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran online dapat dilakukan dengan baik.embelajaran online dalam pelaksanaannya membutuhkan dukungan perangkat mobile yang dapat digunakan untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja. Agility merupakan suatu konsep perencanaan yang dibuat untuk membantu perencanaan agar berhasil dan sesuai dengan tuntutan pengguna atau user, Agile ini memiliki kelebihan yaitu meningkatkan rasio kepuasan pengguna, mengurangi resiko kegagalan dan biasanya melakukan review dengan faktor-faktor diantaranya infrastruktur . , sarana prasarana dan sumber daya manusia, faktor kelincahan dengan fasilitas adalah bagaimana fasilitas yang digunakan dapat memenuhi pembelajaran online, sarana prasarana kelincahan adalah bagaimana sarana dan prasarana dapat mendukung pembelajaran online dan sumber daya manusia yang memahami cara menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran online dapat dilakukan dengan baik.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA KOPERASI SMA NEGERI 1 RAMBANG KUANG DENGAN MENERAPKAN METODE PROTOTYPE Alam Syaputra; Novri Hadinata
JURNAL INFORMANIKA JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.336

Abstract

SMA Negeri 1 Rambang Kuang memiliki koperasi siswa untuk melayani kebutuhan harian siswa. Untuk memenuhi kegiatan operasional sehari-harinya, maka koperasi ini membutuhkan sistem yang dapat mencatatkan semua transaksi yang terjadi. Sistem informasi penjualan dibutuhkan untuk melakukan proses pelaporan transaksi baik transaksi penjualan dan pembelian barang. Permasalahan yang terjadi sulitnya pegawai koperasi membuat laporan transaksi dalam periode-periode tertentu sehingga pengiriman dan penyampaian laporan sering terlambat bukan karena kebodohan dari pegawai tersebut akan tetapi proses rekapitulasi hasil penjualan yang harus dihitung dengan manual. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode prototype dengan pengujian menggunakan metode blackbox testing. Dari penelitian yang disampaikan dapat diambil kesimpulan bahwa pengolahan data penjualan, pembelian, stok barang dan pembuatan laporan dengan cara manual sangat kurang efektif dan sangat memakan waktu, dikarenakan dengan cara tidak terintegrasi atau dengan mendata dengan cara mencatat akan menyulitkan pengelola dalam mengolah data. Dengan adanya sistem yang terintegrasi pada pengolahan data ini dapat memudahkan dalam pemberian informasi yang lebih efektif dan efisien, serta meminimalisir kendala yang dihadapi.
RIP ROUTING PADA TOPOLOGI BCUBE DAN DCELL MENGHASILKAN PERBANDINGAN PERFORMA KECEPATAN TRANSFER DATA Ade Sukma Wati
JURNAL INFORMANIKA Vol 8, No 02 (2022): JURNAL INFORMANIKA, VOL.8 NO.02 JULI-DESEMBER 2022
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v8i02.341

Abstract

Routing RIP merupakan alat bantu untuk mengukur performa pada topologi BCube dan DCell. Pengujian yang akan dilakukan dapat menghasilkan sebuah informasi untuk mengetahui performa mana yang lebih baik dalam mengirimkan data dari masing-masing server ke PC. BCube adalah struktur jaringan server-sentris, sedangkan DCell adalah arsitektur yang didefinisikan secara rekursif. Dengan begitu peneliti dapat melakukan perbandingan terhadap kedua topologi.

Page 1 of 3 | Total Record : 24