cover
Contact Name
Dodi Isran
Contact Email
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Phone
+6285369179919
Journal Mail Official
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) NU Bengkulu Alamat : Jl. Pancormas, Sukarami, Selebar, Kota Bengkulu 38212 Bengkulu, Sumatera Indonesia Telp : 0736 5741906
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Aghniya
ISSN : -     EISSN : 26218348     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Accounting, Islamic Accounting, Management, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, Sharia Financial Banking, Islamic Education.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018)" : 10 Documents clear
PENGARUH PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH IAIN BENGKULU Yenti Sumarni
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perguruan tinggi hendaknya memahami mahasiswa, karena akan dapat mengenal karakteristik sebagai pembeli maupun cara seorang pembeli membuat keputusan dan faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membuat keputusan. Melalui teori penelitian terdahulu  dan penelitian lapangan mempertegas teori mengenai  konsep program pemasaran jasa perguruan tinggi dalam mempengaruhi pemilihan program studi Ekonomi Syariah IAIN Bengkulu. Hasil pengujian Analisis secara  Uji Parsial (Uji t) pengaruh variabel  Promosi secara parsial mempengaruhi terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN sedangkan uji parsial  (uji-t) variabel biaya pendidikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah pada Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN Bengkulu”, artinya biaya pendidikan sebagai salah satu variabel dalam strategi bauran pemasaran yang terpakan tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN Bengkulu Kata Kunci : Pemasaran, Pemilihan
JEJAK SOSIAL DAN EKONOMI BANGSA TAMIL INDIA DI SUMATERA UTARA S Wani Maler
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Keberadaan bangsa India yang datang ke Sumatera Utara dan kemudian menetap telah diketahui sejak awal abad ke sebelas. Berdasarkan tinggalan batu bersurat yang telah di terjemahkan lalu diketahui bahwa terdapat sebuah kumpulan perserikatan dagang yang terbentuk di wilayah Lobu Tua, Sumatera Utara. Berdasarkan penelusuran sejarah keberadaan bangsa India yang masih menyisakan keturunannya hingga sekarang bermula dari abad ke sembilan belas. Bangsa India ini datang karena kebutuhan akan tenaga kerja perkebunan yang baru di buka oleh para pengusaha Belanda. Kehidupan ekonomi di Sumatera Utara yang lebih baik menimbulkan keinginan untuk menetap dibanding kembali ke negara asalnya yang tengah dilanda kekeringan. Migrasi-migrasi pun kemudian mulai berdatangan baik yang secara kontrak dengan perkebunan dan juga datang secara pribadi. Keyword: India, Tamil, Sumatera Utara
PENGARUH PENDIRIAN PERUSAHAAN PERTAMBANGAN EMAS KOLONIAL BELANDA DI LEBONG TAHUN 1897-1930 Siti Rahmana
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lebong was a region that included in the Regency of Bengkulu. In 1897 to 1930, Lebong be one of the areas in the Netherlands East Indies  the productive yield minerals in the form of gold. There are three privately-owned gold mining company Netherlands and two gold mining company owned by the Government of Netherlands East Indies. This research was carried out with the use of historical methods of heuristics, critique of sources, interpretations and historiography. The results obtained from the study shows that there is a significant change for the Lebong, both from the governmental system, city planning, as well as the composition of the society. These changes occurred after the establishment of the colonial Netherlands Gold Mining Corporation. The local government system is limited and got control of regulations enacted by the Government of Netherlands East Indies. In addition, the presence of a gold mining company Colonial Netherlands made of roads, thus facilitating mobility in the Lebong. Netherlands Indies Government built facilities such as offices, factories, residences, places of entertainment, and means of education to support sustainability of gold mining companies. On the other hand, the existence of the colonization program drawn from Java to the region to meet the needs of kuli of contracts for mining companies make Lebong bustling city as population and economic activity will be.Keywords : significant, mobility, colonization
“BUAH NAGA BUKAN SEKEDAR BUAH” DARI EKSISTENSI HINGGA STRATEGI: PENGUATAN BUAH NAGA DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEMISKINAN DAN MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI) Dina Oktavia
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui keberadaan buah naga sebagai pemicu turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi dan menganalisis buah naga sebagai pemicu turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: pertama, bagaimana eksistensi buah naga sebagai pemicu turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi? Kedua, bagaimana analisis eksistensi buah naga sebagai pemicut turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, karena peneliti ingin mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, dan aktivitas sosial pasca terjadinya aktifitas proses penanaman dan penjualan Buah naga. Temuan dalam penelitian ini ialah: pertama, turunnya angka tingkat kemiskinan di kota Banyuwangi, kedua, menigkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi, ketiga, masyarakat menjadi sejahtera dan memperoleh keuntungan yang melimpah. Kegiatan tersebut dianggap masyarakat bisa mensejahterahkan masyarakat Banyuwangi, kegiatan penanaman dan penjualan buah naga tersebut tidak pelak lagi memunculkan persatuan dan saling bekerja sama dalam masyarakat. Ada masyarakat yang setuju (pro) terhadap keberadaan buah naga, Namun tidak sedikit pula yang menolak (kontra). Kata kunci: Buah Naga, Teori Ekonomi Syariah, Makro Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan
PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL DALAM PENGOLAHAN KOPI BUBUK DI KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU Rahmat Alhidayat; Riski Liyanti
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) pada pengembangan industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang, merumuskan strategi pengembangan industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pelaku industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang pada tahun 2015 dan data sekunder yang diperoleh atau dikumpulkan dan disatukan oleh studi- studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain dengan menggunakan alat analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal dalam strategi pengembangan yang digunakan oleh industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang adalah; 1) Faktor Kekuatan (produk yang bernilai ekonomis dan berdaya saing tinggi, sistem kekeluargaan, merk dagang yang sudah terkenal, kualitas produk, akses bahan baku, tenaga kerja); 2) Faktor kelemahan (teknologi produksi, tenaga kerja terampil (sdm), kapasitas produksi, promosi produk, pemasaran, modal usaha), untuk faktor eksternal dalam strategi pengembangan yang digunakan oleh industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang adalah; 1) Faktor peluang (tersediannya akses permodalan, tersedia pembinaan dari instansi dinas terkait, organisasi industri, jumlah penduduk, upah tenaga kerja, stabilitas ekonomi); 2) Faktor ancaman (ketersediaan bahan baku, harga bahan baku, produk sejenis, kopi sachet instant, tarif dasar listrik dan bahan bakar, sertifikasi produk). Hasil penilaian faktor internal didapatkan nilai 0,35. Penilaian faktor eksternal didapatkan nilai -0,11. Dari nilai tersebut dapat diketahui strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi ST (Strenghts- Threats), yaitu; 1) Menetapkan strategi harga pasar untuk menghadapi persaingan; 2) Meningkatkan kegiatan promosi dan periklanan; 3) Inovasi produk; 4) Penerapan standar mutu produk Kata Kunci:    Strategi, Pengembangan, Industri Kecil, Analisis SWOT
PEMBERDAYAAN KOPERASI SEKOLAH MENURUT SYARIAT ISLAM Azwar Rahmat
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cooperative is a type of business entity consisting of persons or legal entities. The cooperative based its activities based on the principle of the people's economic movement based on the principle of kinship. Cooperative according to the 1945 Constitution article 33 paragraph 1 is a family effort with the aim of welfare of its members. Cooperatives are business institutions that are considered suitable to empower the small people. Cooperative values are also noble such as justice, togetherness, kinship, and community welfare. Some scholars regard the cooperative (Syirkah Ta'awuniyah) as a mudaraba agreement, which is a cooperation agreement between two or more people, on the one hand provides business capital, while the other party does business on the basis of profit sharing (sharing profit) according to the agreement, and in between the legitimate requirements of the mudaraba is to fix profits annually with a fixed percentage, for example 1% a year to one of the parties of the mudaraba. Sharia cooperative is a cooperative founded on the basis of Islamic law. The purpose of sharia cooperatives is to improve the welfare of members in particular and society in general and also to build a just economic order in accordance with the principles of Islam in this case is the citizens of the school. Keywords: School Cooperative, Islamic Shari'a.
PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP EKS PENDERITA KUSTA : SATU KAJIAN DI DESA SAMBIROTO KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR INDONESIA Eko Riski Purwo Widodo
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai penerimaan masyarakat terhadap eks penderita kusta di desa Sambiroto kecamatan Baron, kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik informan, pemberian kesempatan, kepercayaan dan pengakuan masyarakat  kepada eks penderita kusta serta upaya pemecahan masalahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menyajikan deskripsi lengkap mengenai fenomena yang diamati berkaitan dengan penerimaan masyarakat terhadap eks penderita kusta. Informan pada penelitian ini terdiri dari dua eks penderita kusta, dua masyarakat umum, dua tokoh masyarakat dan satu petugas kusta dari puskesmas dengan penentuan informan secara purposive, yaitu penentuan informan dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasif, wawancara mendalam (In-dept interview), dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan keterpercayaan penelitian, keteralihan dan triangulasi. Serta analisis data yang digunakan mulai dari pemrosesan satuan, kategorisasi dan penafsiran data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat belum menerima kehadira eks penderita kusta secara baik. Hal tersebut ditandai dengan tidak terjadinya kepercayaan, pemberian kesempatan dan pengakuan  masyarakat terhadap eks penderita kusta. Adapun aspek yang melatarbelakangi hal tersebut adalah pengetahuan masyarakat yang rendah mengenai kusta. Selain hal itu tidak adanya tempat maupun wadah bagi masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai kusta. Kata Kunci:    Penderita, Kusta, Masyarakat
MENEGUHKAN KONSEP ISLAM NUSANTARA SEBAGAI PERSPEKTIF ALTERNATIF KONTRA IDEOLOGI RADIKALISME DAN TERORISME Mahathir Muhammad Iqbal
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kita sangat memerlukan narasi-narasi alternatif yang mampu melumpuhkan propaganda kaum ekstremis dan reproduksi narasi kekerasan. Tema Islam Nusantara ini jadi sangat penting karena dua hal. Pertama, konteks global. Konteks global ini harus jadi keprihatinan bersama karena Islam sebagai agama rahmatan lil alamin telah dicemarkan sedemikian rupa oleh kelompok-kelompok ekstrem, dengan menampilkan wajah Islam yang beringas dan menyeramkan. Mereka menganggap hanya paham dan kelompok mereka yang paling benar, sedangkan paham dan kelompok lain dianggap sesat dan kafir sekalipun sesama Muslim. Kelompok ini kemudian dikenal dengan al-takfiriyyun. Kedua, konteks nasional. Harus diakui konteks global tersebut juga menjalar ke ruang republik. Secara ideologis dan teologis, paradigma "Negara Islam" bukanlah hal yang baru dalam perjalanan sejarah republik. Mereka yang mengamini ideologi tersebut sudah tumbuh benih-benihnya sejak lama dan terus berkembang meskipun secara sembunyi-sembunyi.Kata Kunci: narasi alternatif, islam nusantara, konteks global, konteks nasional
AKTIFITAS EKONOMI GLOBAL KUNO DI ACEH PADA ABAD KE 13 HINGGA 15 MASEHI: SEBUAH STUDI ARKEOLOGI Amir Husni; Husaini Ibrahim; Said Achmad Kabiru Rafiie; Mokhtar Saidin
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan ekonomi global kuno di Aceh mulai tahun 1300an sampai 1500an Masehi melalui pendekatan arkeologi. Penelitian yang dijalankan melalui analisis benda tinggalan budaya di situs Lamreh, Aceh Besar khususnya keramik dagangan. Umumnya, pecahan keramik yang ditemukan berasal dari China, Thailand, Vietnam dan Myanmar. Hasil pertanggalan relatif menunjukkan bahwa keramik tersebut diimpor mulai abad ke-13 sampai 15 Masehi. Analisis morfologi menunjukkan bahwa jenis keramik China yang seladon, Qingbai dan porselin biru-putih. Sementara keramik dari Asia Tenggara adalah jenis Sangkhalok-Thailand, Annam-Vietnam dan Kendi Martaban dari Burma. Umumnya keramik-keramik tersebut adalah barang keperluan rumah tangga seperti mangkuk, piring, teko dan kendi dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Temuan pecahan keramik dalam jumlah yang signifikan di situs Lamreh membuktikan bahwa kawasan ini adalah pusat perdagangan maritim di kawasan Selat Melaka mulai abad ke-13 hingga 15 Masehi. Temuan ini juga berkaitan dengan keberadaan Kerajaan Lamuri sebagai pengontrol kegiatan ekonomi di Aceh sebelum abad ke-16 Masehi. Oleh itu, keramik-keramik di situs Lamreh adalah bukti nyata tentang sebuah aktifitas ekonomi global di Aceh yang telah berlangsung sejak seribu tahun terakhir.  Kata Kunci: Ekonomi Global, Keramik Kuno, Lamuri, Arkeologi.
PENGARUH FAKTOR – FAKTOR MARKETING MIX TERHADAP NIAT BELI DI HYPERMARKET DENGAN PERSEPSI NILAI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Dodi Riatmaja
JURNAL AGHNIYA Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is trying to express the influence of marketing mix which is represented by the variable product, price, place and promotion of consumer spending intentions in the retail industry in Indonesia. Conditions retail Industry is currently entering a very tight competition conditions, where so many businesses in this sector to encourage management develop marketing strategy of what needs to be prioritized and seeded as a competitive advantage. The study began with a pretest and continued to examine the 200 respondents’ customers a modern market outlet in Jakarta. This study answered clearly that in addition the marketing mix, especially products will increase consumer value perception. Obtained from the results, expected future studies will further enrich the study of the marketing mix.  Keywords: marketing mix, retail, competitive, modern market, perception

Page 1 of 1 | Total Record : 10