cover
Contact Name
Mokh. Yahya
Contact Email
myahyaiainska@gmail.com
Phone
+6285726965279
Journal Mail Official
tabasajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pandawa, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
ISSN : 27460789     EISSN : 27460770     DOI : https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3351
Core Subject : Education,
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya memfasilitasi dan mendiseminasikan artikel ilmiah dari para akademikus, pengajar, dan pemerhati bahasa dan sastra Indonesia yang mencakup fokus dan bidang sebagai berikut : 1. Kebahasaan Indonesia dan pengembangannya 2. Kesastraan Indonesia dan pengembangannya 3. Pengajaran bahasa Indonesia 4. Pengajaran sastra Indonesia 5. Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)
Articles 37 Documents
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN AUTOBIOGRAFI KARYA MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA IAIN SURAKARTA Nurrahmi, Nazilla Isni
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v2i1.3265

Abstract

ABSTRACTThis study aims to describe language errors in autobiographical writing as well as the factors behind the occurrence of language errors by Indonesian Language Tadris students 2018 IAIN Surakarta.This type of research uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques in this study were reading, interviewing and taking notes. The validity of the data used theoretical triangulation. This study uses the theory of Setyawati, Matanggui, Zaenal Arifin and Tarigan. The data analysis technique used is an interactive model. The results of the research and data analysis on Language Errors in Autobiographical Writing by Students of the IAIN Surakarta Language Study Program, the researcher found 483 error cases including 54 morphological errors, 25 phonological errors, 463 syntactic errors, 8 semantic errors and 5 discourse errors. Whereas in the data analysis, 50 data were taken and 10 errors were found in the morphological level of the prefix removal, 11 errors in the phonological level in the addition of consonant phonemes, 36 syntactic errors in the use of excessive or redundant words, 4 errors in semantic level in incorrect word selection and cases of errors in the level of discourse in the word order or sentence patterns that are not right. The factors underlying the occurrence of language errors include (1) being affected by the language that was mastered first, (2) the speaker's lack of understanding of the language, (3) the lack of proper language teaching.Keywords: language errors, autobiography, TBI  ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam penulisan autobiografi serta faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan berbahasa oleh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Tahun 2018 IAIN Surakarta.Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah membaca, wawancara dan mencatat. Keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Penelitian ini menggunakan teori dari Setyawati, Matanggui, Zaenal Arifin dan Tarigan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian dan analisis data terhadap Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Autobiografi Karya Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa IAIN Surakarta, peneliti menemukan 483 kasus kesalahan yang meliputi 54 kesalahan morfologi, 25 kesalahan fonologi, 463 kesalahan sintaksis, 8 kesalahan semantik dan 5 kesalahan wacana. Sedangkan pada analisis data diambil sebanyak 50 data dan ditemukan 10 kesalahan tataran morfologi pada penghilangan prefiks, 11 kesalahan tataran fonologi pada penambahan fonem konsonan, 36 kesalahan sintaksis pada penggunaan kata yang berlebihan atau mubadzir, 4  kesalahan tataran semantik pada pemilihan kata yang tidak tepat dan 1 kasus kesalahan tataran wacana pada susunan kata atau pola kalimat yang tidak tepat. Adapun faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan berbahasa antara lain (1) terpengaruh bahasa yang dikuasai lebih dulu, (2) kurangnya pemahaman penutur terhadap bahasa, (3) kurang tepatnya pengajaran bahasa.Kata Kunci : kesalahan berbahasa, autobiografi, TBI.
PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA Widiatmoko, Dian Anggoro; Arwansyah, Yanuar Bagas; Widyaningsih, Nina
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i1.2618

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan produk media pembelajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita; 2) mengetahui kualitas media pembeajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita berdasarkan penilaian ahli; 3) mengetahui daya tarik media pembelajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita; dan 4) mengetahui efektifitas kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menuulis teks berita. Hasil penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran kartu bergambar tiga dimennsi untuk pembelajaran menulis teks berita. Kualitas kartu bergambar tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis teks berita berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor 71 dengan rata-rata 3,73  pada kualifikasi sangat baik, penilaian ahli materi mendapat skor 68 dengan rata-rata 4 pada kualifikasi sangat baik. Daya tarik respon siswa mendapatkan nilai 53,7 dengan nilai presentase  94 % pada kualifikasi sangat baik. Hasil tes siswa menggunakan media kartu bergambar tiga dimensi efektif dengan hasil menunjukkan rata-rata yang berbeda dan signifikan.
SEMIOTIK ROLAND BARTHES PADA CERPEN TUNAS KARYA EKO TUNAS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Putri, Nurul Panca
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i2.2648

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari tulisan ini adalah mengetahui tanda kode semiotik yang  dikemukakan oleh Roland Barthes pada kumpulan cerpen karya Eko Tunas. Cerpen karya Eko Tunas sarat akan penggunaan kode-kode yang berupa kode teka-teki, kode konotasi, kode simbolik, kode aksian dan kode budaya. Teori mengenai semiotik dapat diimplikkasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI di SMA pada KD 3.8 dan 4.8. cerpen yang diteliti meliputi 21 judul. Keduapuluh satu cerpen dianalisis secara semiotik untuk dapat mengetahui kode. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah deksriptif kualitatif yang memaparkan tulisan berdasarkan isi karya sastra, teknik pengumpulan data dengan metode membaca dan mencatat, teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen yang ditulis Eko Tunas mempunyai tanda semiotik yang meliputi 5 kode. Jumlah data mencapai  60 data.
FLIPPED CLASSROOM DAN APLIKASI SCHOOLOGY: ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI Arianti, Fitria Febri; Sutrimah, Sutrimah; Hasanudin, Cahyo
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i2.2591

Abstract

AbstractThis study aimed to investigate the students' skill in writing biography text in flipped classroom learning by using schoology apps at SMA Muhamadiyah 3 kedungadem. This study was qualitative research in form of case study in which twenty two students acted as the research subjects. Four students were chosen to be interviewed because their biography texts were appropriate with the indicators. Techniques in colleting data were observation, test, interview, and documentation. The data was validated by using triangulations of data source and method. Technique in analysing data used content analysis method that was started from data reduction, data presentation, drawing conclusion and verification. The result of study showed that the students' skills in writing biography texts were in line with the textbooks of Indonesian language subject for Senior and Vocational High School students. The conclusion stated that flipped classroom learning by using schoology apps was very appropriate to be implemented because it was able to make students to be more active and creative in the classroom learning. Besides, it made them understood that online learning was interesting.Keywords: flipped classroom learning, schoology apps, biography textAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem dengan menggunakan flipped classroom dan aplikasi schoology. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan jumlah subjek 22 siswa. Dari 22 siswa kemdian peneliti mengambil 4 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks biografi sesuai dengan indikator. Teknik pengumplan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divaliditaskan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode contact analysis yang dimulai dari 1). reduksi data, 2). penyajian data, 3). penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem sesuai dengan pedoman buku siswa bahasa Indonesia SMA/MA/SMK revisi 2017 dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah flipped classroom dan aplikasi schoology sangat tepat digunakan karena dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dan memberi pemahaman siswa jika situs online bisa digunakan sebagai pembelajaran yang menarik.Kata Kunci: flipped classroom, aplikasi schoology, teks biografi.
ANALISIS STRUKTURALIS PADA IKLAN M-BANKING BCA MOBILE DI TELEVISI Santhi, Dhika
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v2i1.3351

Abstract

Tulisan ini berjudul “Analisis Strukturalis pada iklan M-Banking BCA Mobile di Televisi”. Tujuan tulisan ini untuk mengetahui bagaimana perspektif structural terhadap fenomena kebahasaan dalam konsep kekinian. Iklan televisi merupakan media yang dapat mempengaruhi masyarakat yang melihat tayangannya. Iklan yang sangat banyak ditampilkan di televisi menuntut para pembuat iklan harus lebih kreatif dan inovatif agar dapat bersaing. Iklan yang menjadi subjek penelitian pada tulisan ini adalah iklan Analisis Strukturalis pada iklan M-Banking BCA Mobile di Televisi yang berdurasi 59 detik. Dalam tulisan ini penulis menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu : Strukturalis, Iklan, M-Banking. Hasil tulisan ini menemukan bahwa iklan M-Banking BCA Mobile memudahkan masyarakat dalam hal bertransaksi. Iklan yang dikemas dengan apik terbukti menarik banyak minat masyarakat untuk menggunakan M-Banking dijaman digital seperti ini. Iklan yang berdurasi sekitar 59 detik ini ditampilkan dalam bentuk yang menarik dan inovatif.Kata kunci: Strukturalis, Iklan, M-Banking
REGISTER KESEHATAN ERA PANDEMI COVID-19 DALAM KOMUNIKASI DI BERBAGAI MEDIA ONLINE Junieles, Rose; Arindita N, Sarifah Firda
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i1.2569

Abstract

This research aims to decribe the use of pandemic covid-19 register in communication in various online media. This study uses descriptive qualitative research methods with a sosiolinguistic approach. The technique used is listen, note and screenshot. Based on the result of the analysis that has been done, the data is found in the form, function and use of language in the use of the pandemic covid-19 register in communication in various online media. The form of the use of registers is classified into three parts, namely lingua, limited environment and open environment. The function of using registers is classified as instrumental, regulatory and representational functions. Whereas the use of register usage language is classified as code switching and code mixing.
KARAKTER TOKOH PADA NOVEL “MIDAH SI MANIS BERGIGI EMAS” KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER Desy, Hidayati; Sri, Rahmawati
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v2i1.2654

Abstract

AbstractThe specificity of novel "Sweet Midah the Gold Teeth" Pramoedya Ananta Toer's work located in the characters displayed each character. Of main character that comes from a religious family, but has the opposite character with his family background. Accordingly, this study raised the issue about the character. Based on data analysis, the results of this study it can be concluded that the figure could in the novel "Sweet Midah the Gold Teeth" Pramoedya Ananta Toer's work amounted to 14 people with varying character. Like, the main character of Midah the firm establishment, unruly, unyielding, not nimble, easily offended, like saving liver pain, and faithful. Keywords: figure, character, novelAbstrakKekhasan novel “Midah si Manis Bergigi Emas” karya Pramoedya Ananta Toer terletak pada karakter yang ditampilkan tiap tokoh. Karakter tokoh utama yang berasal dari keluarga yang taat beragama tetapi mempunyai karakter yang berkebalikan dengan latar belakang keluarganya. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat masalah mengenai karakter tokoh. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh yang terdapat dalam novel “Midah si Manis Bergigi Emas” Karya Pramoedya Ananta Toer berjumlah 14 orang dengan karakter yang bervariasi. Seperti, karakter tokoh utama Midah yaitu, teguh pendirian, tegar, pantang menyerah, tidak cekatan, mudah tersinggung, suka menyimpan rasa sakit hati, dan setia. Kata kunci: tokoh, karakter tokoh, dan novel
POLA KARAKTERISTIK RAGAM BAHASA ISTILAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 (CORONAVIRUS DISEASE 2019) Oktavia, Wahyu; Hayati, Nur
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i1.2607

Abstract

The term is a form of words or a combination of words used to express a concept to get a certain meaning. This study aims to describe the characteristic patterns of various language terms during the Covid pandemic 19. This research uses a qualitative descriptive approach where the results of the analysis are described in words but not in numerical form. The subjects in this study used new terms that existed during the Covid pandemic 19. While the object in this study was a characteristic pattern focused on the variety of Covid term languages 19. The technique used was observation and data collection techniques. The results showed that there were 38 data patterns of language characteristics of Covid 19 terms analyzed and then classified into 14 data in English form, 9 data in synonym form, 10 data in abbreviated form and 5 data in acronym form.
SEMIOTIKA DALAM SYAIR AHO SEGALA KITA YANG BERNAMA INSAN KARYA HAMZAH FANSURI Mutianingtyas, Imarafsah
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i2.2655

Abstract

Abstract This study aims to reveal the meaning of the poetry Aho All We Called Insan by Hamzah Fansuri with a semiotic approach. The poem is included in Ruba’i Hamzah Fansuri. Hamzah Fansuri was known as a figure of Sufism scholars during his lifetime, which he later expressed his Sufi ideas with literature. He wrote many poems that contain elements of spirituality. The poems he wrote became the pioneers of classical Malay literature, namely at the end of the 16th century when the kingdom of Aceh Darussalam reached its heyday. Poem Aho All We Named People, from the title that calls Insan, which means human. It is said that humans as living things in the world always have a relationship with the Creator. This poem also reminds us that humans are turned on and will die at the appointed time by the Creator. Thus, the poem contains advice and guidance on how to become a civilized human being. So to achieve the objectives of the study, the poem will be examined and its significance revealed by the heuristic and hermeneutic reading method. This research is qualitative. The data source of this research is the poetry Aho All We Named People and references literature related to literature, semiotics, hermeneutics, and Sufism. The results of data analysis in this study are then presented in a descriptive narrative.Keywords: Hamzah Fansuri, Poetry, Semiotics  AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan makna syair Aho Segala Kita yang Bernama Insan karya Hamzah Fansuri dengan pendekatan semiotika. Syair tersebut termasuk dalam Ruba’i Hamzah Fansuri. Hamzah Fansuri dikenal sebagai tokoh ulama tasawuf semasa hidupnya, yang kemudian ia mengekspresikan gagasan tasawuf tersebut dengan bersastra. Ia menuliskan banyak syair yang mengandung unsur kerohanian. Syair-syair yang ditulisnya menjadi pelopor kesusastraan Melayu klasik, yaitu pada penghujung abad ke-16 ketika kerajaan Aceh Darussalam mencapai masa kejayaannya. Syair Aho Segala Kita yang Bernama Insan ini, dari judulnya yang menyebut Insan, yang artinya menusia. Dikisahkan bahwa manusia sebagai makhluk hidup di dunia selalu memiliki hubungan dengan Sang Pencipta. Syair ini juga mengingatkan bahwa manusia dihidupkan kemudian akan mati di waktu yang telah ditentukan Sang Pencipta. Dengan demikian, syair tersebut mengandung nasihat dan tuntunan bagaimana seharusnya menjadi manusia yang beradab. Maka untuk mencapai tujuan penelitian, syair tersebut akan diteliti dan diungkapkan maknanya dengan metode pembacaan secara heuristik dan hermenutik. Penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah syair Aho Segala Kita yang Bernama Insan dan refrensi kepustakaan yang berkaitan dengan sastra, semiotika, hermeneutika, dan tasawuf. Hasil analisis data dalam penelitian ini kemudian disajikan secara naratif deskriptif.Kata Kunci: Hamzah Fansuri, Syair, Semiotika
Relevansi pada Iklan Produk Perawatan Bayi: Sebuah Analisis Pragmatik Hidayanti, Isnain; Nurjanah, Neneng
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v2i1.3490

Abstract

Sebuah iklan hadir untuk memperkenalkan produknya kepada kawan tutur (pangsa pasar) dengan memanfaatkan bahasa dan komunikasi yang melibatkan efek kontekstual dan stimulus ostentif. Hal itu pulalah yang digunakan pada iklan produk Johnson's. Untuk mengetahui bentuk komunikasi dalam iklan produk bayi Johnson's, maka akan dipakai teori relevansi Sperber dan Wilson. Digunakan pula teori iklan dalam kajian pragmatik menurut Tanaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi dan makna tuturan dalam iklan produk J and J, yaitu The New Johnson's Cotton Touch 2in1 Hair and Body Baby Bath. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, iklan Johnson's CottonTouch 2in1 Hair and Body Baby Bath memiliki derajat relevansi yang tinggi karena memanfaatkan efek kontekstual yang banyak dan tidak membutuhkan proses yang lama dalam memproses iklan tersebut. Kedua, makna penutur disampaikan oleh agensi iklan adalah produk ini merupakan produk yang lembut, sesuai dengan standar kesehatan dan halal sehingga produk bayi tersebut dapat digunakan oleh beragam lapisan masyarakat.

Page 1 of 4 | Total Record : 37