cover
Contact Name
Widia
Contact Email
widia.fiska09@gmail.com
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
muhammadsalahuddin@habi.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan STKIP Harapan Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 27751856     EISSN : 27751864     DOI : 10.36312
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 01 (2024): April 2024" : 5 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR Purwati, Ika
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 5, No 01 (2024): April 2024
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v5i01.502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh teknologi interaktif terhadap pemahaman konsep matematika siswa di tingkat dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan teknologi interaktif dalam pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi interaktif, seperti alat pembelajaran digital, secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan skor posttest kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, observasi menunjukkan peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa selama pembelajaran. Temuan ini menunjukkan potensi besar teknologi interaktif dalam pendidikan matematika di sekolah dasar, meskipun tantangan dalam implementasinya perlu diperhatikan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari teknologi ini dalam pembelajaran matematika.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA Rahmatyas, Sri
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 5, No 01 (2024): April 2024
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v5i01.510

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media digital interaktif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman konsep matematika di kalangan siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang kontekstual dan tidak interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media digital interaktif dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematika yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Media digital interaktif terbukti meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran kontekstual, dan membantu visualisasi konsep abstrak. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika tidak hanya memperbaiki hasil belajar siswa, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, pemanfaatan media digital interaktif direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di tingkat pendidikan dasar dan menengah.
DAMPAK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD DI LAMBITU Wardatunnissa, Yeni; Suryaningsih, Sri; Supryanto, Try
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 5, No 01 (2024): April 2024
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v5i01.500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran matematika berbasis kolaboratif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok kontrol, yang melibatkan siswa dari sekolah dasar sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mengikuti pembelajaran kolaboratif mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis, dengan skor rata-rata naik dari 65 menjadi 82, serta nilai  yang menunjukkan signifikansi statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif tidak hanya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, tetapi juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran kolaboratif sangat direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar.
TINJAUAN KRITIS TERHADAP KURIKULUM MATEMATIKA INDONESIA: ANTARA KOMPETENSI DAN KEBUTUHAN ABAD 21 Ramdhani, Lisda; Suharti, Suharti
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 5, No 01 (2024): April 2024
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v5i01.513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian kurikulum matematika di Indonesia dengan tuntutan kompetensi abad ke-21, yang mencakup keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Kajian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui studi literatur terhadap berbagai dokumen kebijakan kurikulum, artikel ilmiah, dan laporan hasil implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun kurikulum secara konseptual telah mengakomodasi kompetensi abad ke-21, implementasinya di lapangan masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan guru, serta paradigma pembelajaran yang belum sepenuhnya berubah. Oleh karena itu, diperlukan strategi implementasi yang lebih holistik agar kurikulum benar-benar mampu membekali siswa menghadapi tantangan global melalui penguasaan kompetensi abad ke-21 dalam pembelajaran matematika.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: TANTANGAN DAN SOLUSI UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA Fauzi, Azra
Dikmat: Pendidikan Matematika Vol 5, No 01 (2024): April 2024
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/dikmat.v5i01.501

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika menjadi semakin penting dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika yang kompleks. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan infrastruktur digital dan rendahnya literasi teknologi di kalangan pendidik serta siswa. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengeksplorasi tantangan yang muncul dalam penerapan teknologi dalam pembelajaran matematika dan menyarankan solusi untuk mengatasinya. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang mencakup berbagai penelitian terkait pemanfaatan teknologi dalam pendidikan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar melalui aplikasi interaktif dan pembelajaran berbasis visual, tantangan utama tetap ada pada kesiapan guru dan ketersediaan fasilitas yang mendukung. Kesimpulannya, integrasi teknologi yang tepat dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa jika didukung oleh pelatihan guru yang berkelanjutan dan perbaikan infrastruktur digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 5