cover
Contact Name
Destiarini
Contact Email
informatika@unbara.ac.id
Phone
+6281310745870
Journal Mail Official
informatika@unbara.ac.id
Editorial Address
Jl. Ratu Penghulu No.2301 Karang Sari, Baturaja OKU Sumatera Selatan 32115
Location
Kab. ogan komering ulu,
Sumatera selatan
INDONESIA
INTECH (Informatika dan Teknologi)
Published by Universitas Baturaja
ISSN : 27227367     EISSN : 27227367     DOI : https://doi.org/10.54895/intech
Core Subject : Science,
INTECH - Informatika Dan Teknologi diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Baturaja yang telah terbit pertama kali pada tahun 2020. Tujuan Jurnal INTECH adalah sebagai sarana untuk menerbitkan makalah/artikel dalam bidang Sains dan Teknologi Informasi pada bidang penggunaan komputer, internet, perangkat lunak dan perangkat keras dibidang teknologi informasi. Selain itu jurnal INTECH juga meliputi daerah yang mendukung integrasi dan pengembangan teknologi pada bidang lainnya. INTECH menerima makalah/artikel yang belum pernah diterbitkan oleh media lain atau sedang dalam proses (under review) untuk diterbitkan oleh media lainnya. Review akan dilakukan terhadap semua naskah yang masuk. Hasil dari review akan disampaikan kepada setiap penulis dalam kurun waktu 1 (satu) bulan sejak naskah dikirim ke editor. Bahasa pada Jurnal INTECH adalah Bahasa Indonesia. Hak Cipta dan Orisinalitas dari setiap makalah/artikel yang akan diterbitkan akan diminta kepada seluruh penulis dengan menyertakan “Surat Pernyataan Etika Publikasi” yang telah kami sediakan. Makalah yang sebelumnya telah dipresentasikan pada sebuah conference/seminar tetapi telah mengalami proses editing yang cukup besar akan dipertimbangkan untuk diterbitkan pada Jurnal INTECH. Kami mengundang Anda untuk mengirimkan makalah ke INTECH. Makalah yang akan disubmit dapat mengikuti template INTECH dan harus mengikuti pedoman penulisan yang kami sediakan. dalam bentuk softcopy dapat dikirim melalui laman Submission dalam bentuk file dengan ekstensi .docx (Mircrosoft Word) dan BUKAN dalam bentuk Portable Document File (PDF). Editor berhak mengedit naskah untuk keperluan perbaikan dan layout setting, tanpa mengubah intisari dari tulisan. Untuk perbaikan yang sangat mendasar, editor akan meminta perbaikan kepada penulis.
Articles 108 Documents
Perancangan Display Led Dot Matrix Via Wi-Fi Menggunakan Aplikasi Mobile Android Alvy Suhandi Nataprawira; Achmad Rizal; Agung Surya Wibowo
INTECH Vol 1 No 1 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.797 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i1.240

Abstract

Display LED Dot Matriks adalah media penyampaian informasi elektronik yang terdiri atas Light Emitting diode (LED) yang terhubung secara matriks dengan perpaduan antara baris dan kolomnya. Dengan adanya media digital tersebut, hal ini merupakan solusi jika pengumuman/berita yang selalu berubah setiap dapat di kontrol melalui smartphone android sehingga penggunaan nya akan sangat praktis yaitu dapat dikontrol dari jarak jauh. Pada penelitian ini dirancang sebuah prototipe sistem kontrol Display LED Dot Matriks dengan menggunakan algoritma penjadwalan non-preemptive dan mikrokontroller NodeMCU yang terintegrasi dengan smartphone android menggunakan fitur IoT. Pengujian keberhasilan pengiriman teks dilakukan dengan pengiriman teks sebanyak 30 kali percobaan masing-masing pada pagi, siang dan malam hari. Hasil pengujian pada siang hari rentan terhadap gangguan karena sinyal wifi akan kurang stabil dibandingkan dengan pagi dan malam hari. Waktu pengiriman teks pada sistem kurang dari 1 detik.
Analisa SWOT Pengembangan Media Belajar Sejarah Di Sekolah Menengah Pertama Kelas IX Semester Ganjil Asruddin Asruddin; Abdul Rahman; Jefri Kusuma Rambe
INTECH Vol 1 No 1 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.515 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i1.241

Abstract

Kemajuan teknologi yang berkembang, teknologi informasi khusus, mendorong orang untuk mengembangkan media yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, metode pembelajaran klasik memerlukan guru untuk menggunakan media yang lebih relevan dengan zaman, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar sejarah. Media adalah media pembelajaran yang memberikan sejarah bagi Media Interaktif. Teknik mengumpulkan data, disesuaikan dengan kebutuhan para peneliti itu sendiri. Analisis survei digunakan untuk memverifikasi data yang diperlukan. Tujuan penelitian adalah: (a) membuat sejarah pengembangan media pembelajaran interaktif Media Interaktif untuk siswa kelas IX SMP Semester Ganjil, (b) menggunakan langkah-langkah pembelajaran berbasis media pembelajaran interaktif sejarah media untuk siswa kelas IX di SMP Semester Ganjil, (c) mengembangkan bahan yang digunakan dalam pengembangan sejarah menggunakan Media Interaktif untuk siswa kelas IX SMP Semester Ganjil. Hasilnya media pembelajaran sejarah bisa diterapkan dengan baik pada Sekolah Menengah Pertama Semester Ganjil.
Sistem Pakar Kerusakan Hardware Komputer Ismawati .; Joko Kuswanto
INTECH Vol 1 No 1 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.477 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i1.242

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi sistem pakar untuk menangani kerusakan hardware komputer. Sistem pakar ini dapat digunakan dan membantu ahli komputer dan pengguna komputer proses diagnosa kerusakan komputer dengan cara memasukkan gejala-gejala kerusakan yang terjadi pada komputer serta mampu memberikan informasi pengetahuan tentang jenis kerusakan sehingga didapatkan solusi berupa pengendalian dari kerusakan tersebut. Sistem ini dikembangkan untuk menyimpan pengetahuan keahlian seorang pakar komputer, sehingga nantinya sistem yang dikembangkan ini dapat dijadikan asisten pandai untuk membantu memecahkan permasalahan pada hardware komputer.
Pengembangan E-Learning Pada Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia Semester IV dengan menggunakan EDMODO Vico ,; Anggraeni Agustin Muris
INTECH Vol 1 No 1 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.173 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i1.243

Abstract

e-Learning merupakan sistem pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik sebagai alat untuk membantu kegiatan pembelajaran, sebagian besar berasumsi bahwa elektronik yang dimaksud disini lebih diarahkan pada penggunaan komputer dan internet. Melalui komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet, mahasiswa/ mahasiswi dapat melakukan pembelajaran secara individual, baik secara terprogram maupun tidak terprogram, mahasiswa/ mahasiswi dapat mengakses berbagai informasi dan bahan ajar dengan menggunakan fasilitas mesin pencari data (search engine) sesuai dengan minat mahasiswa/ mahasiswi tanpa ada intervensi dari pihak lain. Penggunaan internet dan E-learning khususnya di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja masih kurang hal ini di latar belakangi oleh belum maksimalnya peran dosen dalam penggunaan media pembelajaran berbasis TIK khusunya internet pada matau kuliah teori. Dengan adanya e-learning di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja , diharapkan dosen dapat berinteraksi dengan peserta didik tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga bisa memacu jiwa kemandirian terhadap peserta didik. Peserta didik juga dapat lebih mudah untuk mendapatkan sumber belajar yang lebih luas, kegiatan pembelajaran, presentasi materi pembelajaran sebagai pengayaan untuk memungkinkan mahasiswa/ mahasiswi dapat menggunakan perangkat teknologi informasi seperti simulasi. Hal ini terlihat dari metode pembelajaran yang belum menggunakan pembelajaran berbasis komputer.
Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Research and Development Yunita Trimarsiah; Jum Dapi Okta
INTECH Vol 1 No 1 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.485 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i1.244

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Multimedia sering sekali di pakai di dalam proses belajar sebagai alat bantu untuk menyajikan suatu materi, seperti multimedia interaktif yang di lengkapi dengan alat pengontrol yang dapat di operasikan oleh pengguna sehingga penguna dapat memilih apa yang di kehendaki untuk proses selanjutnya. Oleh karena itu multimedia interaktif sangatlah penting di dalam proses belajar mengajar agar meningkatkan minat siswa dan membentuk proses belajar mengajar lebih aktif partisipatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan rumus persentase. Uji validasi produk Ahli Media diperoleh dengan nilai rata-rata 80,15 dengan kriteria baik, uji validasi produk Ahli Desain dengan nilai rata-rata 73,11 dengan kriteria baik, dan yang terakhir uji validasi produk dilakukan oleh Ahli Materi dengan nilai rata-rata 78,33 dengan kriteria baik. Setelah itu di lakukan Uji coba perorangan sebanyak 3 orang yang memiliki nilai tertinggi dan nilai terendah, nilai sedang setelah di uji coba produk mendapatkan prsentase 85, 41 % dengan kriteria baik. Pada uji coba produk skala kecil dengan objek penelitian sebagai responden sebanyak 5 (Lima) orang, hasil perolehan data uji coba produk skala kecil didapat persentase rata-rata keseluruhan dengan jumlah nilai 85,18 memiliki kriteria baik. Uji coba produk skala besar dengan nilai rata-rata 87,79 dengan kriteria baik sekali, karena produk multimedia sesuai dengan materi mata pelajaran. Keunggulan produk ini adalah menarik, mengefektifkan tatap muka antara guru dengan siswa, serta memberikan kemudahan bagi siswa.
yunita trimarsiah m.kom yunita Trimarsiah; Fernando Harahab; Dian Sri Agustina
INTECH Vol 1 No 2 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.691 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i2.561

Abstract

ABSTRAK Keamanan merupkan salah satu faktor penting di dalam kehidupan manusia. Pecuri adalah salah satu hal yang tidak sangat tidak disukai oleh semua orang. Karna hal tersebut dapat merenggut korban jiwa dan harta, kondisi ini sering terjadi di lingkungan kita. Pada tugas akhir ini penulis tertarik untuk merancang dan melestarikan sebua sistem yang dapat membantu manusia untuk menciptakan suasana keamanan kendaraan. Telah di rancang sebuah alat keamanan kendaraan bermotor roda dua berbasis mikrokontroller mengunakan RFID. Secara garis besar rancangan ini terdiri beberapa bagian yaitu, RFID reader, Tag RFID, mikrokontroller, relay dan microkontroller, relay dan LCD untuk menampilkan hasil. Tujuan dari rancangan ini adalah untuk membuat suatu sistem pengamanan kendaraan bermotor roda dua secara elektronik. Cara kerja alat ini adalah jika tag RFID di dekatkan pada RFID reader yang telah diinisialisasi terlebih dahulu maka sistem akan merespon secara otomatis akan membuka kunci motor dan mesin motor akan hidup maka kendaraan siap di jalankan. Namun jika tag RFID reader tidak kompatibel dengan RFID reader maka sistem tidak aktif. Kata kunci : Mikrokontroller Arduino Uno
Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada SD Negeri 43 OKU Ocka Dharma Putra; Jum Dapiokta
INTECH Vol 1 No 2 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.28 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i2.629

Abstract

Sistem penerimaan siswa baru yang berjalan pada SD Negeri 43 OKU saat ini masih menggunakan sistem manual. Calon siswa harus datang langsung ke sekolah untuk mengetahui informasi pendaftaran, melakukan proses pendaftaran hingga melihat pengumuman hasil seleksi. Hal ini mengakibatkan seringnya terjadi antrian disekolah pada saat jadwal penerimaan. Dari permasalahan tersebut peneliti menawarkan solusi berupa sistem infromasi penerimaan siswa baru yang dibangun menggunakan bahasa pemograman berbasis web sehingga dapat diakses oleh calon siswa melalui jaringan internet. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Dengan adanya sistem penerimaan berbasis web proses penerimaan akan menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu laporan dapat dibuat secara otomatis oleh sistem.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Pesantren Lukmanul Hakim Batumarta II Fira Suci Andini; Diko Apandi; Anggraeni Agustin Muris
INTECH Vol 1 No 2 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.712 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i2.637

Abstract

Sejalan dengan perkembangan teknologi, pengelolaan perpustakaan telah berubah dari cara manual menjadi pengelolaan berbasis teknologi. Dengan penggunaan pengelolaan sistem informasi perpustakaan, pengelolaan data akan menjadi lebih mudah, kesalahan penginputan data dan terjadinya data rangkap dapat diminimalisasi. Namun hasil observasi lapangan ditemukan bahwa dalam pengelolaan perpustakaan masih menerapkan cara manual, untuk itu perlu adanya analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan dengan tujuan untuk memperbaiki dan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat sehingga tidak terjadi hambatan dan kendala dalam pencarian buku, peminjaman buku, pengembalian buku, dan lain-lain.
Sistem Pendukung Keputusan Kemampuan Akademik Mahasiswa Menggunakan Metode Logika Fuzzy Erich Erich; Abdul Rahman; Destiarini Destiarini
INTECH Vol 1 No 2 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.756 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i2.638

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada era 4.0 memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, kecepatan, kemudahan menjadi dasar didalam mengembangkan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan dalam dalam kegiatan sehari-hari. Didalam pengambilan keputusan kemampuan akademik mahasiswa yaitu pengajar atau pembimbing mengalami kesulitan untuk menentukan mahasiswa yang berkemampuan tinggi dari banyaknya mahasiswa di kelas berdasarkan nilai Indeks Komulatif (IPK), Absensi, dan Nilai Tugas Akhir. Oleh karenanya diperlukan metode logika fuzzy untuk menentukan kemampuan akademik mahasiswa dengan rule keputusan yang akan dihasikan guna menentukan mahasiswa yang berkemampuan tinggi yang tepat. Teknik pengumpulan data, disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dengan metode observasi dan wawancara. Tujuan penelitian adalah: (a) membuat Sistem Pendukung Keputusan Kemampuan Akademik Mahasiswa Mengunakan Metode Logika Fuzzy (b) membantu kemampuan analisa dan pembuatan aplikasi menggunakan komputerisasi yang baik (c) untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menempuh perkuliahan pada Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja.
Rapid Application Development Sistem Pembelajaran Daring Berbasis Android Abdul Rahman
INTECH Vol 1 No 2 (2020): INTECH (Informatika Dan Teknologi)
Publisher : Program Studi Informatika Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (838.737 KB) | DOI: 10.54895/intech.v1i2.639

Abstract

Solusi belajar saat ini sangat diperlukan dalam mempermudah mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran. Program studi informatika fakultas teknik dan komputer universitas baturaja akan mengembangkn aplikasi pembelajaran daring. Aplikasi ini mampu untuk menampilkan semua modul belajar dari masing-masing dosen sesuai dengan pertemuan yang sedang berlangsung dan fitur yang lainnya. Dengan demikian aplikasi ini dapat mempermudah dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar tanpa melakukan tatap muka langsung. Untuk menyelesaikan penelitian ini pengembangan sistem menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Dan hasil penerimaan sistem ini adalah 91% dengan mengunakan metode User Acceptance Testing (UAT).

Page 1 of 11 | Total Record : 108