cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016)" : 6 Documents clear
Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek “Samsung” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Budi Luhur) Periode Bulan Maret - Mei 2015 Elizabeth Ginting
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.271 KB) | DOI: 10.36080/jem.v5i2.333

Abstract

Perilaku konsumen merupakan perilaku yang diperlihatkan untuk membeli, memilih, menggunakan dan mengevaluasi produk serta jasa yang diharapkan mampu memuaskan kebutuhan dari konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah budaya, sosial, pribadi, psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah budaya, sosial, pribadi dan psikologis mempengaruhi keputusan pembelian smarphone merek SAMSUNG di kalangan mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta. Sampel penelitian terdiri dari 100 orang mahasiswa dan data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian faktor budaya, pribadi dan psikologis mempengaruhi keputusan pembelian smartphone SAMSUNG secara parsial dengan signifikan. Dengan kata lain keputusan pembelian smartphone SAMSUNG dapat dijelaskan oleh masing masing faktor budaya, Pribadi dan psikologis secara signifikan. Faktor sosial tidak mempengaruhi keputusan pembelian smartphone SAMSUNG. Dengan kata lain keputusan pembelian smartphone SAMSUNG tidak dapat dijelaskan oleh faktor sosial secara parsial. Namun secara keseluruhan keempat variabel independen tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone SAMSUNG. Dengan hasil ini diharapkan perusahaan memperhatikan budaya, pribadi dan psikologis dalam memberikan layanan kepada konsumen.
Menentukan Besarnya Nilai Sewa Pinjam Pakai Kawasan Hutan M Suparmoko; Silvana Silvana
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.388 KB) | DOI: 10.36080/jem.v5i2.328

Abstract

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan sektor di luar kehutanan yang berperan meningkatkan produksi barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang jumlahnya semakin banyak serta penghasilan dan kebutuhannya juga semakin meningkat, maka kebutuhan untuk menggunakan kawasan hutan sebagai ajang kegiatan ekonomi di luar sektor kehutanan juga terus meningkat. Pemerintah menyadari bahwa kebutuhan untuk menggunakan kawasan hutan yang selalu meningkat itu sangatlah penting, tetapi mempertahankan kawasan hutan pada luasan tertentu (minimum 30% luas pulau atau luas Daerah Aliran Sungai) merupakan suatu keharusan demi menjaga keberlanjutan fungsi hutan sebagai penyangga kehidupan.Dengan analisis yang telah dilakukan, maka layak kalau tarif pinjam pakai kawasan hutan ditigkatkan dari nilainya sekarang yang sekitar Rp.1.500/Ha/tahun. Kalau dianggap 30% dari rente ekonomi dapat ditangkap oleh Pemerintah sebagai sumber penerimaan negara bukan pajak, maka nilai pinjam pakai kawasan dapat ditentukan sekitar 30% dari harga kayu gergajian per meter kubik (m3).
Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online Yugi Setyarko
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.091 KB) | DOI: 10.36080/jem.v5i2.329

Abstract

Penjualan produk online di Indonesia terus berkembang pesat dari tahun ke tahun dan mampu memberikan tambahan devisa yang tidak sedikit pada negara. Penelitian ini merupakan studi eksplanatori yang menitikberatkan pada penjualan produk barang dan jasa yang dilakukan secara online melalui dukungan internet, yang selanjutnya dikenal dengan istilah e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan produk secara online yang meliputi persepsi harga, promosi, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis statistik parametrik, dimana sampel penelitian diperoleh dari para responden yang pernah melakukan pembelian produk secara online. Pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuisioner secara online kepada responden dengan bantuan google form. Hasil pengolahan data regresi linear berganda menunjukkan persamaan: Y = -1,893+ 0,088 X1 + 0,269 X2 + 0,205 X3+ 0,271 X4, dimana persepsi harga konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi, kualitas layanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk online. Kemudahan penggunaan merupakan variabel paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online. Keterbatasan penelitian ini terdapat pada waktu penelitian yang relatif pendek dan jumlah sampel yang tidak banyak dibandingkan dengan populasi yang ada.
Pengaruh Kinerja Keuangan Berdasarkan Teori Kebangrutan Springate Terhadap Harga Saham Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Indeks Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 - 2013 Yuwono Yuwono
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.212 KB) | DOI: 10.36080/jem.v5i2.330

Abstract

Kinerja perusahaan merupakan informasi yang dapat digunakan oleh calon investor atau investor di pasar modal untuk memutuskan investasi. Dalam mengambil keputusan investasi pelaku pasar atau investor dapat menghitung rasio dari setiap laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan. Rasio rasio tersebut merupakan rasio yang menunjukkan kinerja keuangan suatu perusahaan. Dengan mengetahui rasio keuangan perusahaan, maka dapat diketahui kondisi keuangan perusahaan dari tahun ke tahun, mengalami peningkatan atau penurunan kinerja. Jika perusahaan selalu mengalami penurunan kinerja, maka perlunya dilakukan prediksi terhadap estimasi kebangkrutan. Prediksi terhadap estimasi kebangkrutan hendaknya dilakukan oleh setiap perusahaan. Dalam penelitian ini akan digunakan teori kebangkutan yang lazim digunakan yaitu Springate Model.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan berdasarkan teori kebangkrutan Springate Model terhadap harga saham yang tergabung dalam Jakarta Islamic Indeks.Metode yang digunakan untuk melakukan analisis adalah regresi linier berganda dengan jumlah perusahaan yang digunakan sebagai sampel sebanyak lima belas perusahaan dan laporan keuangan yang dianalisis mulai periode 2009 sampai dengan 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi  tingkat Harga Saham adalah Earning Before Interest Tax to Total Assets, Earning Before Tax to Current Liability dan Sales To Total Assets. Sedangkan variabel yang tidak mempengaruhi tingkat Harga Saham adalah Working Capital to Total Asset. Namun secara simultan pengaruh kinerja keuangan sangat kecil hanya sekitar 1 % sedang 99 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. Saran kepada calon investor, dalam pengambilan keputusan investasi selain memperhatikan kinerja keuangan emiten juga harus memperhatikan variabel makro ekonomi.
Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone Di Jakarta Agus Sriyanto; Desty Albaity Utami
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.18 KB) | DOI: 10.36080/jem.v5i2.331

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk (X1), citra merek (X2) dan kualitas layanan (X3) terhadap Keputusan pembelian (Y) produk Dadone di PT Super Safe Sejati Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT Super Safe Sejati Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah67 responden yang diambil dengan menggunakan Simplerandom sampling. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini berbentuk kuesioner dan dibantu dengan skala likert. Penelitian ini merupakanpenelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan objek-objekyang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Penelitian tersebut digunakan untuk menganalisis hasil jawaban responden atas kuesioner yang diberikan. Kemudian data tersebut diolah menggunakan software SPSS 22. Hasil analisis regresi berganda, Y = 2,740 + 0,244 X1 + 0,114 X2 + 0,335 X3+ e. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian yaitu menurut konsumen, ketiga variabel independen (kualitas produk, citra merek dan kualitas layanan) dianggap penting sebagai penentu terhadap keputusan pembelian produk Dadone di PT. Super Safe Sejati Jakarta.
Analisa Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara Chainar Elli Ria
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.112 KB) | DOI: 10.36080/jem.v5i2.332

Abstract

Otonomi daerah setiap organisasi pemerintah dituntut untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia dan beradaptasi dengan macam perubahan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sumber daya manusia merupakan elemen yang sangat strategis dalam organisasi. Objek dari penelitian ini adalah Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara. Hasil faktor utama analisis eksploratori dari 20 variabel awal diperoleh 16 variabel yang valid, 4 variabel yang tidak valid, selanjutnya direduksi 14 variabel yang menghasilkan 3 faktor utama yang mempengaruhi kinerja pegawai Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara yaitu, faktor 1 terdiri atas X6 (Aktualisasi Diri , X5 (Pemberian Tugas), X3 (Ketegasan Pimpinan), faktor ini dinamakan variabel motivasi kerja. Faktor 2 terdiri atas X20 (Sistem Informasi Kepegawaian), X12 (Jaminan Hari Tua), X10 (Kompensasi), dinamakan menjadi variabel pemeliharaan pegawai. Faktor 3 terdiri atas X7 (Peningkatan Karir), X6 (Realisasi Pendidika dan Pelatihan), maka faktor digunakan variabel pendidikan dan pelatihan.Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hanya 7,2% variabel motivasi kerja, pemeliharaan pegawai dan pendidikan dan pelatihan mempengaruhi kinerja pegawai 93,8% dipengaruhi variable yang lain. Hasil uji F dan uji T terhadap model regresi dan Y = 12.485 + 0,046 X1 + 0,616 X2 + 0,622 X3 dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan pada populasi sampel di Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara. Kebijakan yang diambil oleh Dinas Bina Marga Sumatera Utara adalah menciptakan sesuatu yang membangun motivasi kerja Pegawai, pemeliharaan pegawai yang diperhatikan dan pengadaan pendidikan dan pelatihan sehingga nantinya membawa pengaruh positif terhadap kinerja pegawai di instansi tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6