cover
Contact Name
Samanoi Halowo Fau
Contact Email
pareto@uniraya.ac.id
Phone
+6282286352622
Journal Mail Official
pareto@uniraya.ac.id
Editorial Address
Jln. Pramuka, Nari-nari, Kelurahan Pasar Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara
Location
Kab. nias selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Pareto : Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Published by Universitas Nias Raya
ISSN : 26229811     EISSN : 28280423     DOI : 10.57094
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal PARETO (Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen) adalah jurnal peer-review. Jurnal PARETO (Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen) menyediakan forum khusus untuk publikasi penelitian di bidang ekonomi keuangan dan teori perusahaan, menempatkan penekanan utama pada kontribusi analitis, empiris, dan klinis berkualitas tinggi di bidang-bidang penting seperti Ilmu Manajemen, Kewirausahaan, Sumber Daya Manusia, Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2019): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis" : 7 Documents clear
Carlo Perosi Fau ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT. GARUDA INDONESIA Tbk. TAHUN 2014- admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 No 1 (2019): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.19 KB)

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah analisis kinerja keuangan dengan menggunakan laporan keuangan pada PT. Garuda Indonesia Tbk Tahun 2014-2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kinerja keuangan PT. Garuda Indonesia Tbk Tahun 2014-2018 ditinjau dari rasio likuiditas (current ratio dan cash ratio) dan rasio profitabilitas (ROI dan ROE). Berdasarkan hasil perhitungan rasio likuiditas (current ratio dan cash ratio) diperoleh informasi bahwa PT. Garuda Indonesia Tbk Tahun 2014-2018 tidak memenuhi kriteria rasio likuiditas (kurang baik) dan berdasarkan rasio profitabilitas (ROI dan ROE) diperoleh informasi bahwa PT. Garuda Indonesia Tbk Tahun 2014-2018 tidak memenuhi kriteria rasio profitabilitas (kurang baik). Dijelaskan dalam penelitian ini bahwa terdapat banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa baik secara rasio likuditas maupun rasio profitabilitas PT. Garuda Indonesia Tbk Tahun 2014-2018 belum dapat memenuhi kriteria rasio yang ditentukan.
Delimawati Buulolo PENGARUH PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA UD. CINTA KECAMATAN LAHUSA admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 No 1 (2019): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.883 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada UD. Cinta Kecamatan Lahusa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudian melalui penelitian ini diperoleh persamaan regresi linea Y = 11,146 + 0,520X. Persamaan ini memberikan makna bahwa nilai konstanta (a) sebesar 11,146, ketika variabel pelayanan (X) bernilai 0 (nol), maka variabel loyalitas konsumen (Y) memiliki nilai yang tetap sebesar nilai konstanta adalah 11,146. Nilai koefisien (b) variabel bebas (pelayanan) sebesar 0,520, artinya apabila variabel pelayanan (X) mengalami peningkatan sebesar satu-satuan atau 1%, maka akan dapat meningkatkan variabel loyalitas konsumen sebesar 0,520 atau 52%, dengan asumsi tidak dipengaruhi oleh variabel yang tidak disebut dalam model.
Ernawati Dachi PENGARUH KOORDINASI KERJA DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT TELUKDALAM KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 No 1 (2019): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.381 KB)

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh koordinasi kerja dan pengawasan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Populasi dan sampel penelitian dengan jumlah 30 orang pegawai Kantor Camat Telukdalam dengan menggunakan metode analisis data regresi berganda dimana nilai = 1.069 + 0.436 X1+ 0.544 X2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koordinasi kerja dan pengawasan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai secara simultan diperoleh dengan nilai Fhitung (32.912) >Ftabel (3.340) dan tingkat signifikan sebesar 0,000<0,05 artinya variabel koordinasi kerja dan pengawasan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, yang ditunjukan oleh nilai koefesien determinasi ( ) sebesar 0,709 (70,9%)) sehingga dapat ditunjukan bahwa 0,709 keragaman variabel terikat (Kinerja pegawai) dapat dijelaskan variabel-variabel bebas (koordinasi kerja dan pengawasan) sedangkan sisanya 29,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara Koordinasi Kerja dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.
Faogohuku Ndruru PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT O’O’U KABUPATEN NIAS SELATAN admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 No 1 (2019): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.089 KB)

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja pada Kantor Camat O’ou Kabupaten Nias Selatan (2) untuk mengetahui adakah pengaruh[1] kompetensi terhadap prestasi kerja pada Kantor Camat O’ou Kabupaten Nias Selatan (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh positif dan signifikan motivasi dan kompetensi terhadap prestasi kerja pada Kantor Camat O’ou Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat asosiatif dengan unit kerja yang diteliti adalah pegawai Kantor Camat O’ou Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 32 orang. Kuesioner di uji validitas dan reliabilitasnya sebelum melakukan pengumpulan data penelitian. Alat uji yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi berpengaruh terhadap prestasi kerja yang ditunjukkan dengan nilai thitung (17.800) > ttabel (1.697) dan tingkat signifikan 0,00 < (0,05), (2) kompetensi tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja yang ditunjukkan dengan nilai thitung 0,833 < ttabel 1.697 dan tingkat signifikan sebesar 0.412 > 0.05, (3) motivasi dan kompetensi berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi kerja yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 9,397 > Ftabel sebesar 3.316. Saran yang diajukan untuk meningkatkan prestasi kerja yaitu hendaknya pimpinan Kantor camat O’Ou memperhatikan dan memprioritaskan masalah motivasi dan selalu memperhatikan faktor Kompetensi terhadap pegawai untuk dapat meningkatkan Prestasi Kerja.
Reni Listin Lahagu PENGARUH LOKASI, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP PEMBELIAN ULANG KONSUMEN (STUDI KASUS DI SWLAYAN BERKAT KASIH TELUKDALAM ) admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 No 1 (2019): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.387 KB)

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah pengaruh lokasi, kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen (studi kasus di Swalayan Berkat Kasih Telukdalam). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lokasi, kelengkapan produk dan harga terhadap pembelian ulang konsumen (studi kasus di Swalayan Berkat Kasih Telukdalam). Metode penelitian yang digunakan alah adalah analisis regresi linar berganda . jenis data yang digunakan berdasarkan sumbernya adalah data primer, berdasarkan sifatnya adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data bersifat kuesioner tertutup . hasil menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang konsumen, sedangkan kelengkapan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang kosumen dan harga berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang konsumen secara parsial namun apabila secara simultan lokasi, kelengkapan produk dan harga mampu mempengaruhi pembelian ulang konsumen. Dimana R2 sebesar 0,732 (73,2%) artinya 72,2 % variabel lokasi, kelengkapan produk dan harga dapat mempengaruhi pembelian ulang konsumen sisanya sebesar 26,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam model. Demikian juga hasil thitung untuk lokasi sebesar 9,084 dengan signifikan 0,000 untuk kelengkapan produk -1,762 dengan signifikan sebesar 0,082 dan untuk harga sebesar 6,127 denga signifikan 0,000.
Niat Hati Fau PENGARUH SUASANA TOKO DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD. OMAZIHONO IDALA JAYA HILISIMAETANO admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 No 1 (2019): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.885 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana toko dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD. Omazihono Idala Jaya Hilisimaetano. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perolehan nilai thitung untuk variabel X1 sebesar (6.812) > ttabel (1.668) dan tingkat signifikan 0.000 <0.05 dan untuk variabel X2 sebesar (6.175) > ttabel (1.668) dan tingkat signifikan 0.000 <0.05, artinya secara parsial variabel suasana toko X1 dan Variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (Y). Pengaruh simultan Fhitung untuk variabel bebas ( suasana toko dan kualitas pelayanan) sebesar 23.319 dengan tingkat signifikan pada 0.000. Sedangkan nilai Ftabel pada a = 0,05 sebesar 3.14, sehingga secara simultan variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) . Saran-saran yang dapat diberikan oleh peneliti berdasarkan temuan peneltian yaitu sebaiknya UD. Omazihono memperhatikan suasana toko dan meningkatkan kualitas pelayanan agar tercapai kepuasan bagi konsumen.
Sepintas Daya ANALISIS RISIKO OPERSIONAL DENGAN PENDEKATAN METODE ERM PADA JNE TELUKDALAM admin admin
Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 No 1 (2019): Pareto: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.184 KB)

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini yaitu studi tentang risiko operasional diakibatkan oleh kegagalan proses manusia (human Error) pada JNE Telukdalam dengan menggunakan pendekatan Entreprise risk management (ERM). Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi peristiwa risiko terjadi dan mungkin terjadi di JNE Telukdalam, melakukan penilaian risiko berdasarkan tingkat keparahan dan kemungkinan terjadinya risiko, membuat risk matriks, melakukan penanganan pada setiap level peristiwa risiko serta mengontrol risiko pada level high dan moderate. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan mengumpulkan data melalui hasil observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Dari hasil identifikasi peristiwa (risiko) operasioanal pada penelitian, diperoleh 10 (sepuluh) penyebab kegagalan proses manusia (humar error) di JNE Telukdalam. Berdasarkan hal tersebut, penulis menyarankan kepada pihak perusahaan untuk melakukan pengelolaan risiko melalui metode Entreprise risk management (ERM) agar setiap peristiwa risiko yang terjadi dan mungkin akan terjadi dapat diminimal dan dikelolah dengan efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 7