cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@lontaradigitech.com
Phone
+6285299405170
Journal Mail Official
voice@lontaradigitech.com
Editorial Address
Jalan Abdullah Dg. Sirua, Kompleks BTN CV Dewi Blok B6 Nomor 12, Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education
ISSN : 29884918     EISSN : 29886325     DOI : http://doi.org/10.61220/voice
Core Subject : Science, Education,
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education (VOICE) is a journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian or English in the form of research results (top priority) and or reviews in the field of computers and Informatics in the scope of vocational and early childhood education to higher education both in terms of technological development and education. The field of computers and informatics refers to software and hardware innovations, and more broadly, the application of technological processes in education. This journal covers, but is not limited to the following areas: 1. Vocational Education in the field of Informatics and Computer 2. Technology in computers and informatics 3. Computer and informatics learning 4. Education Method Innovation 5. Education Technology Innovation 6. Learning Innovation 7. Teaching Innovation VOICE publishes original empirical research (e.g., quantitative, qualitative, and mixed methods designs), project descriptions/evaluations, systematic literature reviews (including meta-analyses), methodological reviews, policy analyses, and theoretical or conceptual positions related to the use and innovative applications of technology in education. VOICE publishes the latest research and critical analysis on technology in education for educational theorists, researchers, practitioners, and policy makers.
Articles 44 Documents
Perancangan Sistem Informasi Resep Makanan Berbasis Web dengan Bahan yang Ekonomis Hartini Ramli; Andi Nur Hanifa Rofifah; Saripa; Nur Hafiza; Muh Akmal Jaya; Muh. Rusdiaman; M. Akzan Adam; Anhar Fadilah; Muhammad Fardan
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i1.20233

Abstract

Resepedia merupakan sistem informasi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengolah suatu bahan sesuai yang dimiliki atau budget mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Sistem Informasi Resep Makanan Berbasis Web dengan fokus pada bahan yang ekonomis. Masalah yang dihadapi adalah kurangnya ide dalam memasak dengan bahan-bahan yang dimiliki, serta kekurangan fitur pencarian dan filter pada situs resep yang ada. Sistem informasi Resepedia dibuat untuk membantu masyarakat mencari resep masakan yang sesuai dengan bahan-bahan dan budget mereka. Sistem ini dilengkapi dengan fitur filter dan pencarian berdasarkan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall yang meliputi studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan dan implementasi sistem, serta pengujian sistem. Sistem ini dibangun dengan menggunakan framework NEXT JS dan MongoDB sebagai database. Pengujian sistem dilakukan untuk memastikan kinerja dan fungsionalitas yang sesuai. Hasilnya, aplikasi Resepedia dapat membantu pengguna menemukan resep makanan yang sesuai dengan anggaran mereka, serta memasak makanan yang lezat dan sehat.
Analisis Perilaku Mahasiswa dari Ancaman Keamanan Komputer Akmal Hidayat; Mufti Fathur Rahman; Miftahul Jannah Awaliyah; Ahmad Abdillah Fathur Rachman; Andi Muh Achyar AM
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i1.20235

Abstract

Dalam perkuliahan pastinya mahasiswa pasti memerlukan komputer entah itu untuk membuat  tugas ataupun untuk mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu dalam pemakaian komputer,  mahasiswa harus menjaga keamanan komputer dari Ancaman-ancaman yang akan bisa  merusak suatu sistem di komputer. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku  Mahasiswa dalam menjaga keamanan komputer dari Ancaman-ancaman yang ada. Hasil  penelitian di ambil dari sampel Mahasiswa di Jurusan JTIK di UNM. Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa bahwa 90 % responden menyatakan bahwa mereka paham dan mampu  untuk membedakan serangan yang berupa phising dan lain sebagainya yang dapat  membahayakan privasi dan perangkat mereka.
Perancangan Sistem Informasi GoMontir Berbasis Web Fadhlirrahman Baso; Nur Inayah Idil; Rahmadani Rahmadani; Sri Wahyuni; Wilda Inaya Syafdwi; Ahmad Faris Al Faruq
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i1.20232

Abstract

Artikel ini membahas tentang perancangan sistem informasi GoMontir, sebuah aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam memperoleh jasa montir yang terpercaya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem aplikasi berbasis web dengan modul-modul yang terdiri dari tampilan antarmuka dan keluaran yang dijelaskan secara detail dalam artikel ini. Tujuan dari sistem informasi GoMontir adalah memudahkan masyarakat dalam menemukan jasa montir berkualitas melalui fitur-fitur seperti pemesanan, pemanggilan darurat, dan pembayaran. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, bisnis jasa montir dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan kepuasan kepada pengguna.
Inovasi Jasaku: Pengaruh Website Terhadap Kemudahan Perbaikan Rumah Oleh Tukang Dan Masyarakat Wahyu Hidayat M; Nurul Asia; Noer’ Ain; Rafika Hutami Putri; Rian Mizar Mirdad; Muhammad Alif Leo
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i1.20231

Abstract

JasaKu’ merupakan sebuah website yang memudahkan masyarakat dalam memesan jasa perbaikan rumah dan membantu para tukang dalam mempromosikan jasa mereka. Namun, penggunaan teknologi informasi dalam bisnis ini juga memiliki tantangan, seperti masalah keamanan data dan biaya pengembangan website. Pengembangan website JasaKu’ sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat dalam memesan jasa perbaikan rumah dan membantu tukang dalam mempromosikan jasanya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara untuk memahami pengaruh website terhadap kemudahan perbaikan rumah oleh tukang dan masyarakat. Hasil analisis menunjukkan bahwa website jasa perbaikan rumah memiliki pengaruh yang signifikan dalam mempermudah perbaikan rumah dan meningkatkan kepercayaan antara tukang dan masyarakat.
Perancangan CleanSweep sebagai Sarana Edukasi Berbasis Web dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Sampah Wahyu Hidayat M; Zainab Zainab; Hastuti Hastuti; Nurul Syahputri; Ahmad Miftahurrahman Anwar; Muh Juharman
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 1 (2023): Juni 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i1.20234

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat serta kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang efektif dilingkungan masyarakat mendorong pengembangan solusi yang inovatif untuk mengatasi masalah lingkungan. Salah satu solusi yang diusulkan adalah penggunaan CleanSweep, sebuah sistem edukasi berbasis web yang dirancang untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah melalui pendekatan yang interaktif dan informatif. Artikel ini bertujuan untuk merancang CleanSweep sebagai sarana edukasi berbasis web yang dapat membantu masyarakat dalam memahami pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan memberikan langkah-langkah praktis untuk mengoptimalkan proses tersebut. Melalui platform web yang dapat diakses oleh pengguna secara online, CleanSweep menyediakan informasi lengkap tentang jenis sampah, pemilahan sampah, daur ulang, dan manajemen limbah. Dalam perancangan CleanSweep, aspek interaktivitas menjadi fokus utama. Pengguna dapat mengakses konten edukatif yang disajikan dalam bentuk video, gambar, dan teks yang mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CleanSweep sebagai sarana edukasi berbasis web dapat efektif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik dan memberikan panduan praktis untuk mengoptimalkan proses tersebut.
Analisis Tingkat Berpikir Mahasiswa Terkait Literasi Komputer dalam Konteks Pendidikan Loso Judijanto; Apriani Riyanti; Adelia Angraeni Adel; Andina Maharani; Samsidar
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i2.20241

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah pemanfaatan literasi yang dapat dijadikan menjadi kurikulum sekolah,menganalisis tingkat berpikir siswa terkait literasi komputer bagaimana dampak pada kemapuan berpikir siswa dan mengukur dampak literasi komputer..Pada penelitian sebelumnya dengan pembagian kuesioner,Didapati berbagai macam data tingkat kemampuan literasi komputer, literasi digital dan literasi finansial. Hasil penelitian ini menggunakan hasil pernyataan responden (kuesioner) yang dimasukkan aplikasi microsoft Excel.Data ini diambil dari mahasiswa Universita Negeri Makassar dengan 72 responden sebagai sampel dalam observasi menggunakan angket kuesioner. Hasil Data yang telah di hitung menyatakan bahwa penggunaan media umum dapat menaikkan literasi digital siswa.Media umum bisa sebagai asal belajar yang efektif.Peserta didik merasa mempunyai pemahaman yang relatif perihal etika dan integrasi komputer dalam pendidikan.Upaya pendidikan berhasil dalam memberikan pencerahan perihal nilai etika.Internet sudah memudahkan peserta didik dalam mengakses informasi.Literasi komputer memiliki dampak positif terhadap pemahaman Mahasiswa terhadap materi pembelajaran.Literasi personal komputer memainkan peran krusial dalam menaikkan kemampuan Mahasiswa dalam memahami serta mengaplikasikan materi pembelajaran.
Analisis Penggunaan Chatbot Berbasis AI pada Model Hybrid di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Andika Isma; Rosidah Rosidah; Sigit Sahalik Rahman; Nasrullah Nasrullah; Arif Setiawan Syam; Novita Sari
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i2.20239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Chatbot berbasis AI pada model hybrid di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Dengan adanya penemuan ini, dapat dipastikan bahwa penggunaan chatbots dalam model hybrid memiliki dampak positif yang signifikan dalam mengoptimalkan proses penerimaan informasi di lingkungan pendidikan. Selain itu, temuan ini membuktikan bahwa chatbots mampu meningkatkan kualitas layanan akademik yang diberikan kepada siswa. Dengan menyajikan informasi dengan cepat dan efisien, chatbots membantu memenuhi kebutuhan informasional siswa dengan lebih baik, menciptakan lingkungan akademik yang lebih efektif dan responsif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang peran chatbot dalam konteks pendidikan tinggi, menunjukkan potensi besar teknologi ini dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan akademik. Sebagai bagian dari era kecerdasan buatan, chatbot terbukti menjadi alat yang berharga dalam mendukung proses pembelajaran dan administratif di departemen Ilmu Komputer dan Teknik Komputer.
Analisis Kompetensi Penggunaan E-Learning, Kesiapan dan Penggunaan Teknologi Digital Mahasiswa Retno Dewi Prisusanti; Budi Mardikawati; Loso Judijanto; Dzul Arsyil Majid; Muhammad Haridah Saputra
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i2.20240

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan mendasar dalam sistem pendidikan global, menciptakan dampak yang signifikan pada metode pembelajaran dan pengajaran (Herawati, tanpa tanggal). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif di Universitas Negeri Makassar dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dari 50 responden mahasiswa menunjukkan bahwa pemanfaatan media umum memiliki potensi untuk meningkatkan literasi digital siswa sebagai sumber belajar yang efektif. Peserta didik merasa memiliki pemahaman yang relatif baik terkait etika dan integrasi komputer dalam konteks pendidikan, sementara upaya pendidikan berhasil memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai nilai etika tersebut. Ditemukan bahwa internet telah memudahkan peserta didik dalam mengakses informasi, dan literasi komputer memberikan dampak positif terhadap pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Literasi komputer personal memainkan peran krusial dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi pembelajaran. Temuan ini memberikan wawasan yang penting mengenai peran teknologi dalam meningkatkan literasi digital dan integrasi komputer di lingkungan pendidikan tinggi.
Analisis Determinan Kecemasan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Andika Isma; Juan Veron Ibrani; Dian Arishandy Imansyah; Nurul Husna; Hajar Dewantara
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i2.20236

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2019 telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan global, termasuk sistem pendidikan. Saat itulah mulai diberlakukan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring. deskriptif kuantitatif dengan metode crosssectional untuk mengetahui tingkat kecemasan. Subjek dari penelitian Kuisioner akan dibagikan kepada subjek penelitian dengan menggunakan Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A) yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, ditambahkan dengan pendapat responden mengenai sistem Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan pertanyaan terbuka. Dari hasil yang diperoleh bahwa subjek mengalami kecemasan pada saat pembelajaran daring, yang ditandai dengan setiap subjek mengalami respon pada tubuhnya, baik respon fisik seperti pegal, kesulitan tidur, dan mata terasa pedas. respon emosional seperti merasa ribet, tidak senang dan bosan maupun respon perilaku seperti rasa malas dan capek. Subjek mengatasi respon yang terjadi pada tubuhnya dengan melakukan olahraga, melakukan rutinitas dengan teratur, menerima dan melakukan pembelajaran daring, melakukan refreshing dengan melakukan pembelajaran daring dan lain sebagainya.
Analisis Tingkat Literasi Penggunaan Internet of Things Mahasiswa Indah Wati; Budi Mardikawati; Loso Judijanto; Fadlullah; Fiqrul Mustanir
Journal of Vocational, Informatics and Computer Education Vol 1, No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/voice.v1i2.20242

Abstract

Teknologi semakin berkembang hingga lahir sebuah konsep baru yaitu IoT(Internet of Things) yang mana konsep ini sendiri menghasilkan banyak perangkat canggih yang membantu manusia agar semakin efisien baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan, namun di negara Indonesia pengetahuan dan penggunaan IoT bisa dibilang sangat minim. Kurangnya pengetahuan dan penggunaan IoT menjadi salah satu alasan kenapa masyarakat Indonesia, terutama para mahasiswa tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi, dan cenderung tertinggal, jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang sudah memiliki teknologi yang sangat canggih serta sudah sampai di mana masyarakat umum sangat terbiasa dengan teknologi IoT yang membantu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan mengukur seberapa tinggi pengetahuan dan penggunaan IoT oleh mahasiswa di kota Makassar. Hasil penelitian berasal dari survei yang diberikan ke mahasiswa di berbagai Universitas di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, angket di bagikan ke responden langsung. Hasil penelitian diharapkan memberikan gambaran mengenai tingkat pengetahuan dan penggunaan IoT oleh mahasiswa di daerah kota Makassar sehingga dapat di jadikan landasan untuk penelitian selanjutnya.