cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@lontaradigitech.com
Phone
+6282191045293
Journal Mail Official
irwanwahyu47@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdullah Dg. Sirua, Kompleks BTN CV Dewi Blok B6 Nomor 12, Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Referensi Islamika : Jurnal Studi Islam
ISSN : 29884888     EISSN : 29886430     DOI : http://doi.org/10.61220/ri
Core Subject : Religion,
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam is a journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian or English in the form of research results (top priority) and or reviews in the field of islamic scope . This journal covers, but is not limited to the following areas: 1. Islamic Education (PAI science, PAI teaching, PAI learning, PAI curriculum development, PAI learning environment, PAI teacher education, PAI education technology, PAI learning assessment, development education). 2. Islamic Thought 3. Islamic Economic 4. Development of Democracy and Moderation of Islam in Indonesia 5. Scientific Development in Islamic Higher Education 6. Science, Social, Technology and Islam Integration 7. Globalization and Contemporary Religious Social Phenomena
Articles 68 Documents
SYAIKH NAWAWI AL-BANTANI; FIGUR, GURU PARA ULAMA, DAN SANTRI TANAH AIR Ismail Rosyid; Irwansyah Suwahyu
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Juni
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.vol1iss1.0231

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang peranan Syaikh Nawawi al-Bantani sebagai seorang tokoh ulama Indonesia yang memiliki peranan penting terhadap perkembangan pendidikan Islam di Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang mana data diperoleh melalui dokumen-dokumen yang dianalisis dengan analisis isi. Hasil studi ini mengemukakan bahwa Syekikh Nawawi Al-bantani merupakan figur umat Islam tanah air yang telah memberikan sumbangan keilmuannya melalui karya dan muridnya. Beliau juga turut berpartisipasi dalam pembaharuan pemikiran Islam, sehingga hal inilah yang menjadikan Syaikh Nawawi al-Bantani sebagai figur sekaligus guru para ulama dan santri Nusantara.
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Jumharis Jumharis; Kamariah Kamariah; Muhammad Ali
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Juni
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.vol1iss1.0232

Abstract

Penelitian ini adalah suatu jenis penelitian lapangan dengan pokok permasalahannya adalah menggambarkan tentang pengaruh lingkungan keluarga terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik di SMA Negeri Bantaeng. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yang didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut: Field Research yaitu mengumpulkan data-data dengan jalan meneliti langsung ke objek yang bersangkutan (turun ke lapangan) Library Research yaitu mengumpulkan data-data dan fakta-fakta dengan meneliti dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantaeng tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah peserta didik sebanyak 178 orang. Hasil penelitian menemukan dan mendeskripsikan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh pada peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik di SMA Negeri 1 Bantaeng.
ISLAM WASATHIYAH SEBAGAI IMPLEMENTASI ISLAM RAHMATAN LIL’ALAMIN Amri rahman
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Juni
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.vol1iss1.0233

Abstract

Islam wasathiyah diartikan dengan cara pandang tengah, adil, hidup harmoni di tengah masyarakat yang beragam serta dinamis. nilai humanis-dialogis senantiasa disajikan dalam Islam wasathiya, sehingga setiap individu memiliki tanggungjawab terhadap individu lain dengan solidaritas, simpati dan empati yang terbangun secara organik. Persaudaraan dan kebersamaan senantiasa dikedepankan daripada ego personal dan kelompok. Islam wasathiyah menjadi tawaran kepada masyarakat agar terhindar dari konflik berkepanjangan baik itu atas nama ideologi, kemanusiaan dan sampai kepada politisasi hukum sehingga misi kehadiran Islam sebagai rahmatan lil’alamin akan dirasakan oleh umat manusia bahkan seluruh makhluk di bumi pada akhirnya ketentram dan kedamaian bisa tercapai dalam kehidupan umat manusia
PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Muhammad Ali; Jumharis; Kamariah
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Juni
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.vol1iss1.0234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran komite sekolah di SMK Negeri 4 Bantaeng, untuk mendeskripsikan dan menganalisis mutu pendidikan agama Islam di SMK Negeri 4 Bantaeng dan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMK Negeri 4 Bantaeng, baik secara parsial maupun simultan di SMK Negeri 4 Bantaeng. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan secara menyeluruh data yang didapat selama proses penelitian. Adapun teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kulitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang ada dilapangan yaitu hasil penelitian dengan dipilah-pilah secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh semua orang. Adapun hasil penelitian yang didapatkan peneliti tetang peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SMK Negeri 4 Bantaeng adalah: (1) Sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), (2) Sebagai badan pendukung (supporting agency, (3) Sebagai badan pengontrol (controling agency) dan (4) Sebagai badan mediator (Executive).
PERANAN GURU QUR’AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ILMU TAJWID Irwansyah Suwahyu; Dedi Faizal Suwahyu; Ayudia Ria Sofiana
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2023): Juni
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.vol1iss1.0235

Abstract

Penelitian ini mengkaji peranan guru Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan belajar ilmu tajwid peserta didik di MTs Madani Alauddin Paopao. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memusatkan kajian pada satu objek tertentu yang diperlakukan sebagai suatu kasus. Data studi kasus dapat diperoleh dari semua pihak yang bersangkutan, dengan kata lain dalam studi ini dikumpulkan dari berbagai sumber. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala sekolah, dan guru bidang studi Qur`an Hadis MTs Madani Pao-pao Gowa. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor-faktor penyebab peserta didik mengalami kesulitan belajar ilmu tajwid adalah: a) Sulitnya peserta didik menghafalkan huruf hijaiyah karena banyaknya muatan jumlah hurufnya. b) Dalam materi nun sukun dan tanwin, hukum bacaan ikhfa peserta didik masih sulit untuk melafalkannya c) Dalam materi hukum bacaan Lam dan Ra peserta didik juga mengalami kesulitan dari segi pemahaman apalagi ketika membaca al qur`an rata-rata peserta didik tidak mampu mengetahui hukum bacaan ini. d) Dalam materi hukum bacaan Mad dengan pembagian hukum bacaan yang banyak peserta didik pada umumnya masih sulit untuk membedakan panjang sebuah bacaan ketika terdapat hukum bacaan Mad di dalammnya. 2)Upaya guru Qur`an Hadis dalam mengatasi kesulitan belajar ilmu tajwid siswa di MTs Madani Pao-pao, dengan melakukan pengelompokkan peserta didik yang telah paham ilmu tajwid dan yang belum paham, sehingga peserta didik yang telah paham tentang ilmu tajwid dapat membantu peserta didik yang lain dalam memahami ilmu tajwid, menerapkan metode pembelajaran Ilmu Tajwid yang berbeda, contohnya metode strip story, dengan metode tersebut guru dapat mengontrol perkembangan peserta didik dalam memahami Ilmu tajwid, memberikan bimbingan, menambah jam pelajaran serta memberikan tugas untuk menambah pengalaman peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid.
KETERTARIKAN SISWA MENGGUNAKAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 3 CIKARANG UTARA KAB BEKASI Adillah Fadiyah; Alifiyah Nursifa; Dzikri Alfarisi; Khairana Sabila Prisari; Nur Aini Farida
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Desember
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.v1i2.0236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis hasil bimbingan dan konseling di sebuah SMP 3 Negeri Cikarang utara dengan fokus pada dampak yang ditimbulkannya pada perkembangan siswa. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data dari interaksi antara konselor dan siswa selama proses bimbingan dan konseling. Hasil observasi ini memberikan wawasan yang berharga tentang efektivitas bimbingan dan konseling dalam membantu siswa mengatasi berbagai masalah, meningkatkan keterampilan interpersonal, serta memperbaiki kinerja akademik mereka. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran konselor sebagai pendukung dan fasilitator perkembangan siswa. Konselor yang berpengalaman dan terlatih dapat memberikan panduan yang berharga bagi siswa dalam mengatasi tantangan dan masalah pribadi mereka. hasil observasi ini memberikan landasan yang kuat untuk mendorong penerapan bimbingan konseling yang lebih luas di sekolah menengah pertama, dengan tujuan membantu siswa mencapai potensi mereka secara maksimal.
AKTUALISASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 2 KARAWANG Adzra Emalis Saputra; Titi Komala; Salma Gania; Salwa Halimatus Sa'diyah; Nur Aini Farida
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Desember
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.v1i2.0237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali aktualisasi pelayanan bimbingan dan konseling di SMPN 2 Karawang Timur.  Dengan jenis penelitian kualitatif,  pendekatan dilakukan melalui teknik observasi dan metode studi pustaka. Data utama diambil dari wawancara dan referensi penulis yang tersebar dalam buku-buku dan jurnal-jurnal, kemudian diolah dan dianalisis untuk merumuskan tujuan penelitian.  Hasilnya menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling di SMPN 2 Karawang Timur memiliki peran krusial dalam pengembangan peserta didik secara pribadi, sosial, belajar dan karir.  Meski layanan tersebut bersifat proaktif dan sistematis, kendala muncul akibat keterbatasan jumlah tenaga bimbingan dan konseling di sekolah. Meskipun sudah optimal, belum maksimal karena adanya keterbatasan personil. Layanan tersebut melibatkan berbagai aspek termasuk orientasi, konsultasi dan konseling kelompok. Program ini Seharusnya disusun secara kolaboratif oleh Guru bimbingan dan konseling dengan melibatkan tenaga pendidik lainnya. Kendala utama dalam pengaktualisasian layanan bimbingan dan konseling di SMPN 2 Karang Timur adalah keterbatasan personil dan minimnya pengetahuan siswa tentang layanan yang tersedia. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang bimbingan dan konseling serta menyoroti Bagaimana pengaktualisasian layanan ini dapat meningkatkan program pendidikan dan pembelajaran secara keseluruhan.
MANUSIA DAN EKSISTENSINYA DALAM PANDANGAN FILSAFAT ISLAM Sitti Muthmainnah; Bahaking Rama; Moh Natsir Mahmud
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Desember
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.v1i2.0238

Abstract

Tulisan berjudul Manusia dan eksistensinya dalam pandangan filsafat islam memberi gambaran bagaimana manusia dalam filsafat islam. Tujuan dari pembuatan makalah ini untuk mengetahui seperti apa definisi manusia dalam pandangan filsafat islam, kemudian memahami eksistensi manusia dan tahap-tahpanya dalam eksistensi filsafat islam serta memahami hubungan fitrah dengan pendidikan islam. Penulisan makalah ini merupakan kajian pustaka dengan menggunakan jenis metode kualitatif, adapun sumber-sumber yang dicantumkan adalah sumber yang kredibel berupa buku dan website resmi. Manusia adalah yang terdiri dari unsur jasad dan roh yang memiliki akal, budi pekerti yang membedakannya dengan makhluk yang lain seperti iblis, malaikat, binatang maupun tumbuhan. Eksistensi manusia bermakna keberadaan manusia sebagai sesuatu yang berada yang berbeda dengan keberdaan makhluk yang lain. Eksistensi dalam pengetahuan barat memiliki beberapa tahap yaitu tahap eksis, etis dan riligius. Sedangkan menurut filsafat pendidikan Islam : Jasad, roh, dan jiwa.Manusia dalam pandangan Islam adalah khalifah Allah di muka bumi. Sebagai duta Tuhan, dia memiliki karakteristik yang multidimensi, yakni pertama, diberi hak untuk mengatur alam ini sesuai kapasitasnya.
PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI Nurmila Nurmila; Khaidir Rahman; Akmal Hidayat
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Desember
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.v1i2.0239

Abstract

Penelitian ini berjudul penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Panaikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dimana metode penelitian ini memiliki kelebihan dan keunggulan yaitu memetivasi siswa dalam belajar mandiri, kreatif dan dapat menemukan sendiri penyelesaian permasalahan yang diberikan, namun tetap dalam bimbingan dan monitoring seoraang guru. Di dalam menerapkan metode ini digunakan metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui siklus 1 dan siklus 2, dan setiap siklus dilakukan 4 tahapan yaitu tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 aktivitas siswa masih dalam kategori rendah yaitu nilai rata yang diperolehnya adalah hasil yang diperoleh pada siklus 1 aktivitas siswa masih dalam kategori rendah namun setelah menerapkan metode pembelajaran discovery learning memperolah hasil yang maksimal. Begitu pula dengan hasil belajarnya, sebelum diterapkan metode discovery learning hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendididkan agama Islam masih dalam ketegori rendah namun setelah diterepakan metode pembelajaran tersebut memperoleh hasil yang tinggi.
Potensi Penuh Optimalisasi Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 2 Klari Ervina Febriyanti; Laelly Nurul Fitri; Milla Aulya; M. Fahmi Abdul Aziz; Nur Aini Farida
REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam Vol. 1 No. 2 (2023): Desember
Publisher : PT. Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/ri.v1i2.0240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelayanan bimbingan konseling di SMAN 2 Klari. Penelitian ini membahas potensi penuh optimalisasi layanan bimbingan dan konseling yang ada di SMAN 2 Klari dengan tujuan untuk mengembangkan praktik terbaik bimbingan dan konseling di sekolah lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Selanjutnya data di analis dengan teknik  mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMAN 2 Klari telah berjalan maksimal dengan melibatkan seluruh pendidik mata Pelajaran dan tenaga kependidikan lainnya. Layanan bimbingan dan konseling di SMAN 2 Klari menekankan pelayanan langsung kepada peserta didik, mencakup berbagai aspek kehidupan peserta didik, seperti masalah belajar, masalah keluarga, masalah pribadi, dan hal-hal lainnya. Program tersebut dirancang berdasarkan analisis kebutuhan teoretis, termasuk analisis lingkungan dan alat seperti ITP (Inventarisasi Tugas Perkembangan).