Articles
207 Documents
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM PADA USAHA ROTI ANGET DI KABUPATEN BOGOR
Fhadia Nur Baiti;
Eka Putri Widyawati;
Alfiya Farhah;
Gusti Alif Aprilita;
Nurul Arifin;
Rossi Dwika Heryani
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.81
Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan bisnis masyarakat yang utama dalam kegiatan perekonomian di Indonesia. Terutama pada industri makanan memiliki perkembangannya sangat positif dan memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Roti merupakan salah satu alternatif makanan siap saji yang cukup diminati masyarakat karena tersedia dalam aneka pilihan rasa, praktis penyajiannya, dan dapat dinikmati mulai anak-anak sampai orang tua. Oleh karena itu, konsumsi terhadap roti juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kondisi ini dapat menjadi peluang pasar yang potensial bagi industri roti yang ingin mengembangkan usahanya. Bertambahnya jumlah produsen roti akan berimplikasi terhadap tingkat persaingan yang semakin tinggi diantara perusahaan roti. Salah satunya produsen Usaha Roti Anget roti di Kabupaten Bogor. Tingginya persaingan ini menjadi salah satu faktor bagi Usaha Roti Anget untuk melakukan pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam penguatan ekonomi kerakyatan pada Usaha Roti Anget di Kecamatan Cikaret Cibinong, Kabupaten Bogor. Metode analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, analisis SWOT dan analisi matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha kecil dalam penguatan ekonomi kerakyatan pada usaha Roti Anget di Kabupaten Bogor yang dapat digunakan yaitu pengembangan pasar dan produk, serta penetrasi pasar secara intensif dengan meningkatkan promosi, kualitas, inovasi produk Roti Anget, serta perusahaan harus mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.
ANALISIS PERAN INTERNAL AUDIT DALAM MENGAWAL GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus Pada PT Surabaya Industrial Estate Rungkut)
Bintang Alief Pratama;
Ida Bagus Ketut Bayangkara;
Hananto Hananto
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.82
Internal audit yang modern tidak lagi terbatas fungsinya dalam bidang pemeriksaan keuangan tetapi sudah meluas ke bidang lainnya seperti audit manajemen, audit lingkungan hidup, audit sosial, dan lain-lain. Sejalan dengan berkembangnya profesi internal auditor di era globalisasi, perubahan persepsi dan pergeseran paradigma fungsi internal audit kini menjadi paradigma baru dengan pendekatan berbasis pemberian nilai tambah (value added) bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Internal Audit Dalam Mengawal Good Corporate Governance Pada PT Surabaya Industrial Estate Rungkut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara dan observasi. Kriteria yang digunakan yaitu berdasarkan pada Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN No. SK-16/S.MBU/2012. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan kelemahan atau ketidaksempurnaan atas setiap aspek yang nantinya akan menjadi perhatian dan perbaikan “Area Of Improvement” (AOI) bagi perusahaan di masa yang akan datang.
ANALISIS SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS PADA PENGENDALIAN INTERN (STUDI KASUS PADA SUMBER JAYA MOTOR)
Anggun Veby Saftriana
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.83
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi penjualan dan pembelian yang dilakukan oleh Sumber jaya motor Bojonegoro dalam usaha untuk membantu Sumber jaya motor Bojonegoro meningkatkan pengendalian intern. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini sumber jaya motor Bojonegoro masih ada kelemahan dalam sistem penerimaan kas dan penjualan. Diantaranya fungsi kas dan fungsi akuntansi belum ada pemisahan. Sehingga masih ada ke tidak merataan dalam pembagian tugas. Peneliti menyarankan untuk pemisahan fungsi kas dari fungsi akuntansi. Sehingga fungsi kas hanya menerima pembayaran dari nasabah dan menyimpannya di bank. Sedangkan pegawai lainnya melakukan pencatatan dengan menambah pegawai baru khusus untuk pencatatan dan pembukuan atau menyerahkannya kepada koordinator administrasi dan keuangan.
Pengaruh Sistem Pengarsipan dan Pengawasan Keuangan Terhadap Kinerja Organisasi di CU Dosnitahi Pinangsori Tapanuli Tengah
Eva Delima Situmeang
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.85
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pengarsipan keuangan dan sistem pengawasan keuangan terhadap kinerja organisasi pada CU. Dosnitahi Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 57 orangJenis data yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah jenis kata subjek dan sumber data bersifat primer. Jika terjadi pengaruh variabel terikat (kinerja organisasi) ditentukan oleh variabel bebas (sistem pengarsipan dan sistem pengawasan) dengan koefisien regresi sebesar 0, 166 dan 0, 636 dimana apabila ditambahkan satu satuan variabel X atau nilai tertentu maka variabel Y (kinerja organisasi) akan ikut bertambah dikalikan dengan nilai tertentu tersebut. Dari uji simultan diperoleh nilai F hitung Sebesar 42, 168 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 dan nilai F hitung > F tabel yaitu 74.558 > 3,16 sehingga penelitian ini menolak H. Dari Hasil pengujian data, diperoleh hasil nilai maka Ha diterima dan H0 ditolak, berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Dari uji parsial ( uji t) diperoleh hasil nilai t < t, maka Ha diterima dan H0 ditolak, berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.
Penelitian Jurnal Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Indonesia Yang Diterbitkan Di Google Scholar Periode 2021-2022; Desain Riset Dan Analisis Data
Maghfira Yumna Zalia;
Afrah Junita;
Tuti Meutia
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.86
Kecenderungan Kecurangan Akuntansi menunjukkan adanya indikasi untuk melakukan suatu tindak kecurangan akuntansi atau penipuan yang melibatkan pihak ahli terkait dengan bidang yang ditekuni baik di pemerintahan maupun perusahaan. Telaah literatur ini menggunakan analisis informasi yang tersaji dari beberapa artikel ilmiah di seluruh Indonesia dan telah dipublikasikan di Google Scholar sepanjang tahun 2021-2022, memfokuskan penelitian pada kecenderungan kecurangan akuntansi. Kajian ini menjelaskan jenis penelitian yang lebih banyak digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kuantitatif dengan data primer. Sedangkan untuk instrumen peneliti lebih banyak menggunakan kuesioner dan metode analisis data yang paling umum digunakan yaitu analisis regresilinear berganda.
PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PERSPEKTIF KEBERHASILAN PENERAPAN ERP PADA PT TELKOM INDONESIA
Rulis Setyowati;
Hwihanus Hwihanus
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.87
Enterprise Resource Planning (ERP) systems integrate all organizational functions, integrating inventory management, manufacturing, finance, human resources and accounting into one system. modular ERP systems for businesses can afford any module to suit their specific needs. ERP enables sharing of information between various business functions and improves communication with external parties. One use of the system is called "Enterprise Resource Planning," or ERP. Accounting information in business, and adopted in PT Telkom Indonesia because businesses have to comply with international standards and because it is their job. Best practices, best procedures, and best features in software are sold, costed, and written. In order to achieve the benefits of a more efficient framework that is interconnected and adaptable, this mini-study will examine the views of PT Telkom Indonesia's ERP installation success and make savings and staff reductions. PT Telkom Indonesia has the ability to predict and assess the future of consumers. The level of training and professional experience of the team shows their professionalism.
PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN KEMUDAHAN PELAYANAN KONSUMEN PT KERAMIKA INDONESIA ASSAOSIASI (KIA)
Rulis Setyowati;
Hwihanus Hwihanus
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.88
The emergence of the information age globally has resulted in a dynamic model shift in society. The field of technology is one of the characteristics of a modern society known as the information society. But not everyone is proficient in managing data. In other words, there are still some demographics who don't recognize the value of science. A new concept known as a Management Information System (MIS), which is characterized by the principles and various supporting features necessary to build an enterprise management information system, is developing in the information field as a reaction to this phenomenon. It goes without saying that wanting to expand a business can make it more profitable. A marketing strategy that utilizes electronic media E-commerce in particular is something that needs to be done. a system that makes it easy for users and customers to use services in buying and selling transactions. E-commerce, or electronic commerce as it is known in Indonesia, is the act of distributing, selling, buying and marketing something (goods and services) through the use of telecommunications networks such as the internet, television or other computer networks. E-commerce is the act of buying and selling products online. Over the past few years, e-commerce has expanded and eventually displaced traditional (offline) merchants.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PEMECAHAN MASALAH PENGGAJIAN KARYAWAN BULANAN PADA CV KATHE BEAUTY STORE
Vivi Ade Rivani;
Hwihanus Hwihanus
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.89
This study was made with the aim of finding out how to solve the problem of the payroll accounting system that was implemented by Kathe Beauty Store. Payroll is a form of direct reward offered to workers as payment for the work they have completed. Kathe Beauty Store is a cosmetic store in Surabaya. The research method used is descriptive qualitative method. Analysis of the data used in this research is by analyzing the relevant functions, supporting papers, accounting records used, network procedures, and assessing activities related to problem solving in terms of monthly employee payroll. In this case the payroll information system that is applied is still not in accordance with the accounting records because the greater a business activity is carried out, the more labor is needed. Thus causing problems in terms of managing the management of employee salaries. Then it is necessary to solve problems related to payroll information systems so that they can process data and produce the right information for making decisions. As well as to avoid all forms of possible errors that occur in the implementation of their respective responsibilities.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM STRATEGI E-COMERCE PENJUALAN HYBIRD DAN MAYA PADA STAR SKINCARE
Vivi Ade Rivani;
Hwihanus Hwihanus
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.90
The development of an increasingly sophisticated era creates various kinds of technology. Almost all fields of human work that use information and communication technology that can provide transformation for human life will require a very fast and precise exchange of information. Star Skincare is a skin care sales business located in Surabaya. Currently skin care is something that has a strong appeal in its development in society. In this case the e-commerce strategy has a very influential role in sales rights. The marketing strategy for selling skincare at Star Skincare uses a hybrid sales system and virtual sales. The purpose of this study is to evaluate how the e-commerce sales system at Star Skincare is currently running. Apart from that, it can also help restore the customer's perspective, so that it can create recovery related to the services carried out and can produce customer satisfaction. The method used in this research is qualitative to describe and explain the condition of the topic of study. With the existence of a hybrid and virtual sales system, it can make it easier for people to get information in making transactions.
STUDI LITERATUR PEMAHAMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KEPENGURUSAN MASJID
Budi Dharma;
Lestari Perdana Putri;
Putri Sepfiani
MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2023): Januari : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Jember
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.59246/muqaddimah.v1i1.91
Masjid merupakan bangunan untuk melaksanakan suatu ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Masjid juga termasuk kedalam organisasi nirlaba yaitu yang tidak berorientasi pada laba. Ruang lingkup masjid juga perlu adanya laporan keuangan guna menarik investor. Penelitian ini dengan menggunakan studi literatur, yaitu metode mengumpulkan artikel-artikel pada penelitian terdahulu setidaknya pada 10 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dari kepengurusan masjid dalam mengelola laporan keuangan masjid tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa masjid masih menerapkan laporan keuangan sederhana dan belum menerepakan PSAK 45 yang merupakan standarisasi laporan keuangan organisasi nirlaba. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia kepengurusan mesjid. Kepengurusan masjid memerlukan literasi mengenai laporan keuangan pada pengurus masjid guna keberlangsungan kepengurusan masjid dan efektif.