cover
Contact Name
Nilma Zola
Contact Email
nilmazola@fip.unp.ac.id
Phone
+62751-443450
Journal Mail Official
lp2m@unp.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang , West Sumatera -Indonesia 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Suluah Komunitas
ISSN : 27747271     EISSN : 27744140     DOI : https://doi.org/10.24036/00973828
Jurnal Suluah Komunitas ISSN: 2774-4140 (Electronic) ISSN: 2774-7271 (Print) is a peer-reviewed journal and scientific journal to disseminate the conceptual thoughts, ideas and research results that have been achieved in the area of community services, social sciences, applied science, technology and other relevan field published by Universitas Negeri Padang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Suluah Komunitas" : 5 Documents clear
Nagari Literasi Sebagai Pendukung Sustainable Tourism Sungai Nyalo, Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Jurnal Suluah Komunitas Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Suluah Komunitas
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/00971098

Abstract

Pembinaan Nagari Literasi untuk mendukung Sustainable Tourism merupakan sebuah program yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi generasi muda Sungai Nyalo. Pentingnya program ini tidak terlepas dari menggeliatnya pariwisata Sungai Nyalo beberapa tahun belakangan ini. Namun, pertumbuhan pariwisata tersebut tidak sejalan dengan pertumbuhan Sumber Daya Manusianya. Sebagian besar masyarakat Sungai Nyalo tergolong dalam masyarakat kurang mampu, sehingga salah satu dampaknya yaitu rendahnya tingkat pendidikan masyarakatnya. Padahal untuk mendukung keberlanjutan pariwisata di Sungai Nyalo membutuhkan SDM yangmumpuni.Program Nagari Literasi diharapkan mampu memotivasi generasi muda Sungai Nyalo untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, karena pendidikan adalah jalan terbaik dalam memperbaiki kehidupan masyarakat. Nagari Sungai Nyalo memiliki potensi untuk menjadi daerah pariwisata berkelanjutan atau yang lebih dikenal dengan Sustainable Tourism. Untuk mewujudkannya dibutuhkan pengetahuan literasi yang mumpuni, tidak hanya perihal tata cara pengelolaan pariwisata dan pembenahan manajemen promosi pariwisata di daerahini, tetapi lebih pada penekanannya sebagai upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat Sungai Nyalo dengan membina generasi mudanya untuk kehidupan yang lebih baik dimasa depan.Target yang diharapkan tercapai untuk kelompok sasaran yaitu, membentuk Komunitas Literasi Anak Bahari Sungai Nyalo. Sehingga nanti Nagari Sungai Nyalo menjadi pusat pembelajaran berliterasi bagi komunitas anak-anak bahari yang ada di pesisir pantai barat Sumatera.
PKM Edukasi Fintech bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kerajinan di Desa Naras Kota Pariaman Propinsi Sumatera Barat
Jurnal Suluah Komunitas Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Suluah Komunitas
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/00971078

Abstract

Penerapan teknologi informasi dalam usaha sangat diperlukan agar usaha yang dijalani dapat berkembang dengan baik. Saat ini, banyak pelaku UMKM di pedesaan yang belum cukup melek teknologi digital, dan kurangnya pengetahuan tentang transaksi non tunai sehingga belum banyak yang memahami tentang financial technology (fintech), sehingga penjualan produk UMKM masih sebatas kepada konsumen yang berkunjung ke toko. Untuk itu perlu adanya pembinaan kepada UMKM mengenai digital marketing dan financial technology.  Kegiatan ini memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang bagaimana cara UMKM agar agar dapat memasarkan produknya secara luas dengan biaya yang murah, dan manfaat fintech dalam menunjang transaksi yang dilakukan secara online maupun offline, sehingga kemungkinan risiko yang terjadi dalam transaksi dapat diatasi. Selanjutnya para mitra mampu memahami praktek fintech jenis digital payment dan peer to peer lending, mampu melakukan praktek fintech jenis digital payment, mampu melakukan digital marketing dan dapat meningkatkan Inklusi keuangan
Teknologi Printer 3D untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah dalam Pembentukan Prototipe Media Pembelajaran
Jurnal Suluah Komunitas Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Suluah Komunitas
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/00971088

Abstract

Learning media for Vocational High School students provides deeper understanding toward a subject in the class. Since that, the teachers need to find some ideas in terms of creation real objects for their pupils. The 3D printing technology capable to deliver the requirements in constructing prototype objects for disciples. In this study, Fused Deposition Modelling (FDM) model chosen to build 3D printer with PLA filament material. The microcontroller SKR V1.3 mounted inside the machine as main board to control the operational of device. With a fine level of precision, the printing result shows good geometry and object dimension to create some objects. The conclusion could be drawn are the 3D printer has capability to create prototype objects, and with spend low cost the device is good alternative way for teachers to present their realistic media for disciples.
Pengembangan Souvenir Wisata Minangkabau Berbasis Human Centered Design di Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat
Jurnal Suluah Komunitas Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Suluah Komunitas
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/00971108

Abstract

Nagari Kamang Mudiak merupakan salah satu lokasi objek wisata yang belum terekspos secara nasional, yaitu Tarusan Kamang. Namun, masyarakat Nagari Kamang Mudiak belum terlibat langsung dalam pengembangan objek Tarusan Kamang, sehingga wisatawan yang berkunjung hanya datang untuk melihat objek wisata saja. Padahal penting adanya ekonomi kreatif untuk menyuplai permintaan dan kebutuhan wisatawan, salah satunya souvenir wisata. Solusi yang ditawarkan adalah menjadikan Nagari Kamang Mudiak sebagai Nagari Binaan UNP dengan tema Nagari Souvenir Minangkabau atau nagari yang kaya dengan souvenir khas Minangkabau, dengan menggunakan konsep Human Centered Design (HCD). Program yang ditawarkan tersebut sesuai dengan RIP UNP 2016-2020 dengan bidang Pemberdayaan Ekonomi.Kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan minat wirausaha melalui memberikan pelatihan ketarmpilan souvenir wisata minangkabau berbasis human centered design di nagari Kamang Mudiak       Kegiatan pengabdian ini dilakukan selama 2 tahun, dimana pada tahun 1 dilakukan pelatihan pembuatan yaitu pembuatan souvenir gantungan kunci dan pin, souvenir gelas, souvenir akrilik objek wisata, souvenir hiasan dinding, souvenir miniatur rumah adat, souvenir dari tempurung, souvenir dari songket dan souvenir miniatur jam gadang. Di samping itu untuk mendesain dan memproduksi kemasan semua produk Nagari Souvenir Minangkabau secara menarik dan memiliki karakteristik yang berbeda. Pada tahun 2, dilakukan promosi dan pemasaran produk yang sudah dibuat selama 1 tahun. Hasil dari pelatihan ini adalah 1) Terciptamya tenaga tenaga yang memliki  ketrampilan untuk berwirausaha di bidang souvenir nuansa mingkabau, 2) sebagian peserta pelatihan telah berwirausaha baik melalui online maupun langsung, 3) dibukanya pusat galeri untuk pemasaran produk peserta pelatihan, 4) berdasarkan hasil survey terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan ketrampilan terhadap minat wirausaha peserta pelatihan, 5) berdirinya pusat pelatihan ketrampilan bagi masyarakat Kamang Mudiak yang direncanakan kerjasama LP2M UNP dengan nagari Kamang Mudiak.
Implementasi Pendekatan Saintifik di MGMP PAI Tingkat SMP Kota Payakumbuh
Jurnal Suluah Komunitas Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Suluah Komunitas
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/00971128

Abstract

This research was motivated by the problem of Islamic education teachers at MGMP PAI of Junior High School at Payakumbuh. Most of the teachers feels that they still did not fully understand how to implement the scientific approach in learning procces, which is become the characteristic of the 2013 curriculum in Islamic education learning in schools.The implementation of the 2013 curriculum has entered its 7th year since it was implemented. In the dynamics of its implementation, the 2013 curriculum has undergone renewal and improvement of various things both in terms of policy, substance, and methodology.The 2013 curriculum uses a scientific approach in the learning process, it require some activities include observations,  questioning, process data, present data and conclude. These learning activities can be done inside or outside the classroom. So that the learning process is not only fixed in the classroom. In implementing this scientific approach, students get scientific learning experiences. In strengthening the scientific approach, it is necessary to apply learning models such as Inquiry learning, Discovery learning, Problem Based Learning and Project based learning. This research is a field research study with qualitative methods. The research instrument  was interviews, in addition we use questionnaires to collect some of supporting data.

Page 1 of 1 | Total Record : 5