cover
Contact Name
Januar Eky Pambudi
Contact Email
feb.228@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
feb.228@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Digital Business Journal (DIGIBIS)
ISSN : -     EISSN : 29638585     DOI : 10.31000/digibis
Digital Business Journal (DIGIBIS) at University Of Muhammadiyah Tangerang is published by the Faculty of Economics and Business at University Of Muhammadiyah Tangerang. Digital Business Journal (DIGIBIS) first appeared in June 2022. Digital Business Journal (DIGIBIS) is a national scientific journal that is open to seek innovation, creativity and novelty. Whether letters, research notes, articles, complementary articles, or review articles in the field of: Digital Marketing Digital Platforms Digital Advertising Digital Entrepreneurship and Industrial Revolution 4.0
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal" : 6 Documents clear
DETERMINAN REPURCHASE INTENTION KONSUMEN PRODUK FASHION PADA TIKTOK LIVE STREAM Viky Effendi; Usep Suhud; Shandy Aditya
Digital Business Journal Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.8373

Abstract

ABSTRAKThis study aims to analyze the factors that determine the repurchase intention of consumers of fashion products on TikTok live stream using variables service quality, customer satisfaction, and customer trust. The method of data collection using questionnaires distributed online to 251 respondents. The criteria for respondents in this study are TikTok application users who are domiciled in Greater Jakarta, are at least 17 years old, and have made purchases on TikTok live stream Erigo at least twice in the last six months. Data were processed using software analysis techniques SPSS and SEM AMOS. The results showed that service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, service quality has a positive and significant effect on customer trust, customer satisfaction has a positive and significant effect on customer trust, customer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention, and customer trust has a positive and significant effect on repurchase intention. Keyword: repurchase intention, customer satisfaction, customer trust, service quality, TikTok live stream. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan repurchase intention konsumen produk fashion pada TikTok live stream dengan menggunakan variabel service quality, customer satisfaction, dan customer trust. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 251 responden. Kriteria responden dalam penelitian ini yaitu pengguna aplikasi TikTok yang berdomisili di Jabodetabek, berusia minimal 17 tahun, dan sudah pernah melakukan pembelian di TikTok live stream Erigo minimal dua kali dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis software SPSS dan SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, dan customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. Kata Kunci: repurchase intention, customer satisfaction, customer trust, service quality, TikTok live stream
PERAN CONTENT QUALITY DALAM MENGUATKAN NIAT BERBELANJA KONSUMEN MELALUI TIKTOK MIDNIGHT LIVE Wulan Oktila Sarin; Usep Suhud; Shandy Aditya
Digital Business Journal Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.9156

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 217 responden dengan karakteristik berdomisili atau bertempat tinggal di wilayah Jabodetabek, berusia minimal 17 tahun dan pernah menonton siaran TikTok midnight live dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probality sampling dengan cara convenience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan instrumen berupa kuesioner. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah menggunakan software SPSS dan Amos. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel content quality berpengaruh signifikan terhadap perceived enjoyment dibuktikan dengan skor P value < 0.01, variabel content quality berpengaruh signifikan terhadap trust dibuktikan dengan skor P value sebesar 0.029, variabel content quality berpengaruh signifikan terhadap perceived ease of use dibuktikan dengan skor P value < 0.01, variabel perceived enjoyment berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dibuktikan dengan skor P value sebesar 0.01, variabel trust berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dibuktikan dengan skor P value < 0.01, variabel perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap trust dibuktikan dengan skor P value sebesar 0.039, dan variabel perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dibuktikan dengan skor P value sebesar 0.575.
CITRA MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) CLUB Priyatna, Eka Hendra; Kamilah, Ratih Aulia; Fadhlina, Nurul
Digital Business Journal Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.9322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Citra Merek (X1) dan Kesadaran Merek (X2) Keputusan Pembelian (Y) pada produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Club. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian survei. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Data di peroleh dari penyebaran kuesioner. Pengolahan data primer menggunakan ms. Excel dan Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 26 sebagai evaluasinya. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif,uji kualitas data, uji asumsi klasik,analisis regresi linear,uji korelasi,uji koefisiensi determinasi dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek (X1) dan Kesadaran Merek (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) ditunjukan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 131,991 > 3,09 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.Kata kunci: Citra Merek, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BERINFAQ ONLINE DI JABODETABEK Dafa Aprilia Maharani; Andi Muhammad Sadat; Terrylina Arvinta Monoarfa
Digital Business Journal Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.8921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi masyarakat Jabodetabek berniat melakukan infaq secara online. Adapun tujuh variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu, kepercayaan, keamanan, transparansi, pengaruh sosial, citra merek, dan religiositas. Penelitian ini dilakukan di Jabodetabek dengan menggunakan metode kuantitatif dengan skala likert sebagai pengukuran dengan populasi yang digunakan adalah masyarakat Jabodetabek dengan rentang usia 17-36 keatas. Dalam penelitian ini, Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sebanyak 350 responden. Teknik analisis penelitian dengan SEM (Structural Equation Model). Hasil pada penelitian ini yaitu transparansi secara signifikan berpengaruh langsung terhadap kepercayaan, keamanan secara signifikan berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan, citra merek secara signifikan berpengaruh langsung terhadap kepercayaan, religositas secara signifikan berpengaruh secara langsung terhadap niat berinfaq online, transparansi secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat berinfaq online, keamanan secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat berinfaq online, citra merek secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat infaq online, pengaruh sosial secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat berinfaq online, religiositas secara signifikan berpengaruh langsung terhadap niat infaq online, transparansi secara signfikan berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat berinfaq online melalui kepercayaan, keamanan secara signifikan berpengaruh secara tidak langsung terhadap niat berinfaq online melalui kepercayaan. Kata Kunci: Kepercayaan, Keamanan, Transparansi, Citra Merek, Pengaruh Sosial, Religiositas, Niat Berinfaq Online
FINANCIAL TECHNOLOGY DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA PADA UMKM DI KOTA TANGERANG Anggraeni, Reni; Pratiwi, Yasmin Eka
Digital Business Journal Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.9323

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh financial technology dan literasi keuangan terhadap perkembangan usaha pada UMKM dikota Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang memiliki usaha di kota tangerang. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan memperoleh 96 responden sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda dengan versi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan jika secara parsial variabel financial technology dan variabel literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha. Ditunjukan oleh nilai t hitung > t table (16,571 > 1,985) untuk variabel fintech dan (14,760 > 1,985) untuk variabel liteasi keuangan dengan signifikansi 0,000. Secara simultan financial tecnology dan literasi keuangan memiliki pengaruh positif yang signifikan juga, ditunjukan oleh f hitung > f table (165,956 > 2,70) dengan signifikansi 0,000. Hasil R Square adalah 0,745 menjelaskan jika financial tehnology dan literasi keuangan memiliki pengaruh terhadap perkemangan usaha sebesar 74,5% sedangkan sisanya 25,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model regresi Y = -2,396 + 0,628X1 + 0,338X2 +e. Kata kunci : Financial Tehcnology, Literasi Keuangan dan Perkembangan Usaha UMKM.
MENGUJI NIAT KONSUMEN BERBELANJA MELALUI TIKTOK MIDNIGHT LIVE: BAGAIMANA PERAN TRUST? Zahra Fahriza; Usep Suhud; Shandy Aditya
Digital Business Journal Vol 2, No 1 (2023): Digital Business Journal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/digibis.v2i1.9155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli pada produk fashion melalui TikTok midgnight live. Adapun enam variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya purchase intention, trust, background visual complecity, electronic word of mouth, dan interaction. Penelitian ini dilakukan di daerah Jakarta. Metode penelitian kuantitatif menggunakan skala likert sebagai pengukuran dengan populasi generasi Z yang memiliki akun TikTok dan pernah menonton TikTok midnight live. Teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling sebanyak 237 responden yang diperoleh. Teknik analisis penelitian dengan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian membuktikan bahwa background visual complexity, trust dan interaction berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention, e-wom dan interaction juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap trust.

Page 1 of 1 | Total Record : 6