Articles
30 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 7 No. 2 (2025): Februari"
:
30 Documents
clear
Pengaruh Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perumdam Tirta Kencana Jombang
Revinda, Della Candra;
Anah, Lik
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.5604
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja. Objek pada penelitian ini adalah karyawan Perumdam Tirta Kencana Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 karyawan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus slovin dan diperoleh sampel sejumlah 69 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Keselamatan Kesehatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Di Perumdam Tirta Kencana Jombang. (2) Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Di Perumdam Tirta Kencana Jombang. (3) Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Di Perumdam Tirta Kencana Jombang.
PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP PURCHASE INTENTION DI GERAI SMARTPHONE GARDEN CELL MOJOKERTO
Alfarid, Mochamd Lutfi;
Ningsih, Lilis Sugi Rahayu
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.6988
Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak citra merek dan penetapan harga terhadap niat pembelian di gerai smartphone Garden Cell Mojokerto. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling Metode yang digunakan adalah pengambilan sampel non-probabilitas. teknik insidental. Jumlah contoh yang diambil adalah 60 konsumen. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisis data melibatkan Pengujian keabsahan, pengujian konsistensi, pemeriksaan asumsi dasar, analisis regresi dengan banyak variabel, evaluasi t, evaluasi F, dan evaluasi faktor penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi merek berpengaruh terhadap keinginan untuk membeli di gerai smartphone Garden Cell Mojokerto, (2) variabel harga mempengaruhi niat untuk membeli di gerai smartphone Garden Cell Mojokerto, dan (3) variabel Brand Image dan harga secara bersamaan berdampak pada Purchase Intention di gerai smartphone Garden Cell Mojokerto.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI UD. SUMBER REZEKI LECES PROBOLINGGO
oktavia, nuraini;
Mahfudiyanto
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.7340
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di UD. Sumber Rezeki Leces Probolinggo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Popuilasi pada penelitian ini ialah karyawan UD. Sumber Rezeki Leces Probolinggo sejumlah 35 orang. Jumlah sampel pada Penelitian ini didapatkan dari teknik sampel jenuh yang menjadikan seluruh popolasi menjadi sample. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap Produktivitas Kerja karyawan di UD. Sumber Rezeki Leces Probolinggo. 2) Motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di UD. Sumber Rezeki Leces Probolinggo. 3). Adanya pengaruh yang signifikan antara variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap Produktivitas Kerja karyawan di UD. Sumber Rezeki Leces Probolinggo.
Pengaruh Kompensasi dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan CV. Wahana Karya Jaya
Sa’adah , Nurul Khoiriyatis;
Anah, Lik
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.7353
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan K3 (keselamatan dan Kesehatan kerja) terhadap kepuasan kerja karyawan CV. Wahana Karya Jaya. Jenis riset ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan kausal, teknik non probability sampling dengan sampling jenuh dimana dengan varian ini diperoleh 42 responden sebagai informan riset. Tahapan -Tahapan analisis data yang dipergunakan: statistic deskriptif, pengujian kualitas data, pengujian asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda serta pengujian hipotesis. Hasil riset ini menunjukkan bahwa: Kompensasi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. K3 mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Kompensasi dan K3 mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bagian Tenaga Medis Rumah Sakit Umum Daerah Kepohbaru Bojonegoro
Rohmah, Shintia Minkhatur;
Laili, Choirun Nisful
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.7359
Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berdampak pada kinerja pegawai bagian tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kepohbaru BojonegorPendekatan kuantitatif dan pendekatan kausal (sebab-akibat) digunakan. Sebagai sampel, teknik pengambilan sampel jenuh ini mengambil 49 responden, yang berarti semua karyawan tenaga medis. Analisis regresi linier berganda juga digunakan. Studi ini menemukan bahwa: (1) Gaya Kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai bagian tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah Kpeohbaru Bojonegoro. (2) Motivasi Kerja secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Pegawai bagian tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah Kepohbaru Bojonegoro. (3) Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap Kinerja Pegawai bagian tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah Kepohbaru Bojonegoro.
Pengaruh E-WOM dan Customer experience dalam meningkatkan Brand Trust (studi kasus PT An Namiroh Travelindo Cab.Jombang)
Saniyah, Habibatus;
Ningsih, Lilis Sugi Rahayu
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.7399
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh e-wom dan customer experience dalam meningkatkan brand trust pada PT. An Namiroh Travelindo Cab.Jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 60 responden menggunakan Teknik sampling jenuh. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F, uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Variabel E-wom berpengaruh dalam meningkatkan Brand Trust pada PT. An Namiroh Travelindo Cab.Jombang, (2) Variabel Customer Experience berpengaruh dalam meningkatkan Brand Trust pada PT. An Namiroh Travelindo Cab.Jombang, (3) Variabel e-wom dan customer experience secara simultan (sama – sama) berpengaruh dalam meningkatkan brand trust pada PT. An Namiroh Travelindo Cab.Jombang
Pengaruh Pelatihan Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Instruktur Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) di Kabupaten Jombang (Studi Pada LKP Bidang Industri Kreatif)
Juwantin;
Anah, Lik
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.7400
Keterbatasan jumlah instruktur yang kompeten dan ahli di bidangnya adalah masalah umum yang sering ditemukan di lembaga kursus dan pelatihan di Kabupaten Jombang. Selain itu, kualitas instruktur merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan program pelatihan. Oleh karena itu, peran instruktur dalam lembaga pelatihan industri kreatif menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Kinerja optimal dari para instruktur akan memberikan dampak positif bagi lembaganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan kualitas sumber daya manusia terhadap kinerja instruktur di Lembaga Kursus dan Pelatihan industri kreatif di Kabupaten Jombang, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 42 instruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelatihan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja instruktur, (2) kualitas SDM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja instruktur, (3) pelatihan dan kualitas SDM secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja instruktur di LKP di Kabupaten Jombang, dengan kontribusi sebesar 59,3%, sedangkan 40,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PANAL KREASI NUSANTARA SIDOARJO
Maslukha, Maslukha;
Prio Santoso, Rohmad
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.7411
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Panal Kreasi Nusantara Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Tools Robot SEO APO BOT (All New Page One Robot) dengan jumlah sampel 30 pelanggan/pengguna tools. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling incidental pada teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data berupa uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisienn determinasi (R2). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) Inovasi produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). (2) Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). (3) Inovasi produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Kepuasan pelanggan menjadi tolak ukur berhasilnya suatu usaha karena meningkatkan performance dan memperluas pasang pasar dimana perasaan puas yang akan menimbulkan rencana pembelian ulang atau kesediaan merekomendasikan kepada orang lain. Kepuasan pelanggan pada PT. Panal Kreasi Nusantara dinilai memiliki tingkat kepuasan tinggi, namun perusahaan masih perlu meningkatkan lagi inovasi dan kualitas pelayanan agar pelanggan selain membeli ulang mereka juga bisa merekomendasikan kepada orang lain.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Artugo Cabang Kediri
Rozzaqi, Dimas Bagus;
Santoso , Rohmad Prio
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.7462
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen. Penelitian ini mengambil objek di Artugo Cabang Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu teknik sampel slovin. Penelitian ini menggunakan teknik sampel slovin terhadap 109 Konsumen Artugo Cabang Kediri. Hasil penelitian menunjukan (1) kualitas produk berpengaruh secara parsial positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Artugo cabang Kediri (2) Kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada Artugo cabang Kediri (3) Kualitas produk dan Kualitas pelayanan berpengaruh secara simultandan positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada Artugo cabang Kediri.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS KANTOR BADAN PUSAT STATISTIK JOMBANG)
Indallah, Fiyani;
Laili, Choirun Nisful
BIMA : Journal of Business and Innovation Management Vol. 7 No. 2 (2025): Februari
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33752/bima.v7i2.7488
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan studi kasus kantor badan pusat statistik jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 33 karyawan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji hipotesis meingguinakan uiji t, uiji F dan uiji R. Hasil peineilitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1) Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Kantor Badan Pusat Statistik Jombang, 2) Motivasi kerja mempunya pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Kantor Badan Pusat Statistik Jombang, 3) Lingkungan kerja dan Motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruih positif dan signifikan terhadap keipuiasan kerja karyawan pada Kantor Badan Pusat Statistik Jombang, (4) Berdasarkan hasil uiji koefisien determinasi variabel lingkungan kerja dan motivasi kerja mempengaruhi kepuasan kerja karyawan sebesar 58,8% di kantor badan pusat statistik jombang.