cover
Contact Name
Mohammad Fatikhul Khusaini
Contact Email
Khusainif2@gmail.com
Phone
+6285736369841
Journal Mail Official
khusainif2@gmail.com
Editorial Address
Jln. Raya Trawas Mojosari, Dsn. Madyopuro, Ds. Kalipuro, Kec. Pungging, Kab. Mojokerto, Prov. Jawa Timur
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajamen Pendidikan Islam
ISSN : 30637910     EISSN : -     DOI : -
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian MP baik kajian literatur maupun kajian lapangan yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk naskah penelitian teorisitis dan empiris tentang Manajemen Pendidikan Islam FOKUS DAN RUANG LINGKUP Perencanaan Pendidikan Manajemen Organisasi Pendidikan Manajemen Kurikulum Manajemen Peserta Didik Manajemen Keuangan Pendidikan Supervisi Pendidikan Evaluasi Pendidikan Manajemen Kelas Manajemen sarana dan prasarana Pendidikan Manajemen Kebijakan Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Implementasi Model Manajemen Kelas Efektif dalam Konteks Pendidikan Islam (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muttaqin Pungging Mojokerto): Implementation of Effective Classroom Management Models in the Context of Islamic Education (A Case Study at Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muttaqin Pungging Mojokerto) syafa'at, wahyu
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i01.143

Abstract

This study aims to investigate the implementation of effective classroom management models in the context of Islamic education, focusing on Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muttaqin in Pungging, Mojokerto. This madrasah is a formal institution based on pesantren, which integrates educational activities with pesantren activities. The research method used is a case study with a qualitative approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation studies. The results of the study indicate that the implementation of effective classroom management models at Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muttaqin has improved the conditions of learning, created a conducive environment, and enhanced the quality of education. The conclusion of this study is that an effective classroom management model is crucial in improving the quality of education in pesantren-based madrasahs.
Perencanaan Pendidikan Islam Berbasis Alquran Di Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Tahfidzul Quran Jombang: Perencanaan Pendidikan Islam Berbasis Alquran Di Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Tahfidzul Quran Jombang firdaus, luluk
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i01.170

Abstract

Pendidikan merupakan aset utama dalam mensuksesan di kehidupan. Maka, perlu adanya persiapan dan perencanaan yang matang. Pendidikan berbasis Alquran, artinya serangkaian kegiatan yang dirancang dalam suatu pendidikan didasarkan Alquran sebagai pedoman hidup yang nyata. Artikel ini sebagai upaya menjelaskan bagaimana melakukan perencanaan pendidikan Islam di lembaga pendidikan dengan bercirikan Alquran yang kokoh. Sehingga nantinya lembaga-lembaga pendidikan berbasis Alquran baik yang sudah ada maupun yang sedang akan dibangun tidak sekedar asal banguan saja dengan membawa label Alquran tanpa ada pengaplikasiannya secara nyata. Tanpa ada perencanaan yang bagus. Mengingat lembaga-lambaga pendidikan itu sendiri merupakan jembatan yang membangun baik secara jasmani dan rohani secara bersamaan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan sumber data melalui wawancara, dokumentasi. Hasilnya bahwa menghafal Alquran dibutuhkan tekad yang kuat, dibutuhkan keseimbangan antara menghafal dan memurajaah (mengulang-ulang hafalan) agar target cepat tercapai dengan hafalan yang berkualitas. Jika kita membaca Alquran, hendaknya memperhatikan ulumul Quran dan kaidah-kaidah lainnya, seperti kaidah tajwid. lembaga pendidikan Islam berbasis Al-Qur’an yaitu memiliki 3 konsep: penanaman iman, pendidikan agama melalui sholat, amar ma’ruf nahi munkar dan pendidikan etika sosial.
PENGELOLAHAN MANAJEMEN YANG SISTEMATIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN AN-NUR PUNGGING Khusaini, Mohammad Fatikhul
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i01.171

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai upaya peningkatan hasil belajar santri melalui pengelolahan manejemen yang sistemasis. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pengelolaan manajemen di Pondok Pesantren An-Nur Pungging menerapkan metode PDCA (Planing, Do, Check, Art) dimana dalam teori tersebut fokus utama adalah pengembangan mutu pembelajaran santri yang kemudian dapat dinilai melalui beberapa proses penilaian Pendidikan. Indikator keberhasilan belajar dinilai melalu tiga ranah antara lain: Ranah Kognitif, diantaranya pengetahuan, pemahaman, pengaplikasian, pengkajian, pembuatan, serta evaluasi. Ranah Afektif, meliputi penerimaan, menjawab, dan menentukan nilai. Ranah Psikomotorik, meliputi gerak fundamental, gerak generik, gerak ordinatif, gerak kreatif.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR ANTAWIRYA ISLAMIC JAVANESE SCHOOL JUNWANGI KRIAN SIDOARJO Mahfudz, Abdul Kholid
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i01.172

Abstract

Kepala sekolah merupakan contoh yang sangat baik dan berperan penting dalam lembaga yang dipimpinnya. Peran kepala sekolah adalah membimbing dan melatih guru dan seluruh staf berperan penting dalam proses pembelajaran, meningkatkan dan mengembangkan keterampilan guru untuk menciptakan situasi belajar yang menyenangkan, menantang dan berinovasi guna mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksud. Kepala sekolah harus secara aktif membiarkan pelatihan guru untuk meningkatkan kemajuan kinerjanya dan meningkat secara bertahap untuk menghasilkan guru yang berkualitas.Tujuan dari penelitian ini adalah(1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja di SD Junwangi Krian-Sidoarjo di Antawirya, sebuah sekolah Muslim Jawa. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat motivasi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SD Islam Jawa Antawirya Sekolah Junwangi Krian-Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan beberapa guru. Metode pengumpulan data meliputi wawancara terstruktur dan tidak terstruktur serta dokumen. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, pengumpulan, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah melakukan kegiatan pelatihan di dalam dan di luar sekolah. Pelatihan di dalam kampus melibatkan pertemuan rutin, wawancara tatap muka, penilaian, dan kunjungan kelas, sedangkan pelatihan di luar kampus melibatkan keterlibatan guru dalam seminar pelatihan dan kelompok kerja sekolah guru. (2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dorongan pimpinan sekolah untuk meningkatkan kualitas kinerja guru adalah: a) faktor pendukung, perbaikan sarana dan prasarana, semangat guru terhadap pendidikan, b) faktor penghambat, beberapa guru yang lebih tua mengalami kesulitan memahami teknologi karena faktor usia
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP ISLAM BRAWIJAYA PUNGGING MOJOKERTO Rofik, Muhammad Ainur
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 01 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i01.175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Impelentasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMPI Brawijaya Pungging Mojokerto. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisa data dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan pada SMPI Brawijaya Pungging sudah berjalan sangat baik, mulai dari tahap kepala sekolah memberikan arahan sebelum melaksanakan tugas, menghargai pendapat bawahan yang dalam hal ini pendidik dan tenaga kependidikan, dan melibatkan pendidik dan tenaga kependidikan dalam penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Begitupun untuk Pengawasan pada SMPI Brawijaya Pungging juga sudah berjalan baik, dari kegiatan yang perlu di awasi dalam kegiatan pembiayaan, kordinasi antara pihak sekolah dan tim pengawas pemerintah daerah.
Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pendidikan Kesetaraan Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Diknas Kota Malang Siswanto, Heru
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i02.202

Abstract

ABSTRACT This research aims to 1. Find out how School Based Management (MBS) is implemented in the Malang City National Education Learning Activity Studio (SKB). 2. Know what factors hinder its implementation. And 3. Know what efforts have been carried out to overcome these inhibiting factors. This research is included in qualitative research, therefore the approach used is a qualitative descriptive approach. Meanwhile, the type of research is a case study. The results of this research show that the implementation of MBS in the Learning Activities Studio (SKB) of the Malang City National Education Office takes into account the seven basic school components that must be managed well. In relation to efforts to overcome the factors that hinder its implementation by implementing the Independent Curriculum development program on an ongoing basis, the development of teaching and education staff is carried out by encouraging teachers/tutors and business staff to develop their academic abilities, in the program for the development and fulfillment of facilities and infrastructure is carried out by utilizing funds APBD, APBN, DIPA, explore sources of funds originating from community participation through Committees, besides that programs are also determined based on a priority scale. Keywords: School Based Management
Strategi Lembaga Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Fadal, Muhammad Fadali Amar
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i02.207

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo berfokus pada strategi yang dilakukan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menyoroti pentingnya peningkatan kualitas layanan, optimalisasi peran hubungan masyarakat (HUMAS), dan peningkatan kinerja pendidik sebagai strategi utama untuk membangun kepercayaan masyarakat. Pendekatan sekolah melibatkan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan dalam merencanakan peningkatan kualitas layanan, mengukur kualitas layanan dari berbagai aspek, dan memastikan layanan terbaik kepada orang tua dan siswa. Selain itu, penelitian ini menekankan peran penting kepala sekolah dalam menggerakkan strategi kelembagaan dan meningkatkan kinerja guru melalui pengawasan, pelatihan, dan komunikasi yang efektif. Secara keseluruhan, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya strategi ini dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan.
Manajemen Layanan Bimbingan Konseling di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo Triana Rosalina Noor; Putri Purwanti
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i02.209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang manajemen layanan bimbingan konseling di SMA Insan Cendekia Boarding School Sidoarjo. Metode penelitian yang dipilih adalah kualitatof studi kasus dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen sebagai metode pengambikan data. Wawancara dilakukans secara purposive kepada dua orang subyek yakni kepala sekolah dan guru BK. Data yang telah digali tersebut dianalisis dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penyusunan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa manajemen layanan bimbingan konseling di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo telah menerapkan tahapan-tahapan dalam manajemen yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, dilakukan penyusunan program-program kerja semester dan tahunan dengan terlebih dahulu disepakati oleh semua komponen sekolah. Pada tahap pelaksanaan, diberikan layanan bimbingan pribadi, sosial, karir dan belajar bagi siswa. Untuk giat evaluasi layanan dilakukan melalui evaluasi proses yaitu melalui meminta feedback setelah pelayanan dilakukan dan evaluasi hasil yakni . melalui menyandingkan hasil capaian dengan target capaian yang telah ditentukan pada rencana.
IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI PADA MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL (MBI) AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO munawaroh, mas'ulil
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i02.216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari di Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto. KH. Hasyim Asy’ari dikenal sebagai salah satu ulama besar yang memiliki kontribusi besar dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia, terutama dalam pembentukan karakter melalui pendekatan religius yang mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBI Amanatul Ummah menerapkan strategi pendidikan karakter yang diilhami dari ajaran KH. Hasyim Asy’ari melalui penguatan nilai-nilai keislaman, disiplin, dan kebersamaan dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendidikan karakter di madrasah ini juga diintegrasikan dalam kurikulum formal dan kegiatan ekstrakurikuler, yang bertujuan untuk membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia dan memiliki kecerdasan spiritual. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model pendidikan karakter di lembaga pendidikan Islam di Indonesia.
KEPEMIMPINAN DR.KH.ABDUL ROKHIM,SH.MH. DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN SABILUL MUTTAQIN PUNGGING – MOJOKERTO Ersyad, Acmad Indra Kusuma
An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 02 (2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63230/annajmu.v1i02.217

Abstract

Tujuan dilakukannya penulisan ini yaitu untuk mengetahui kepemimpinan Dr.KH.Abdul Rokhim,SH.MH. dan upaya Beliau membangun pondok pesantren sabilul muttaqin pungging-mojokerto, dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dengan pendekatan ini penulis melakukan penelitian untuk menghasilkan data deskriptif yang terkait dengan kepemimpinan Kiai Dalam Strategi Pengembangan Pondok Pesantren. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara atau interview, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penulis di lapangan menunjukkan bahwa pimpinan di pondok pesantren tersebut memiliki kemampuan yang istimewa dalam hal memimpin lembaga nya. Hal ini dapat terlihat dari hasil perkembangan bangunan infrastruktur yang ada saat ini berupa gedung-gedung yang berdiri dengan kokoh dan bertambahnya jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren tersebut. Dalam menjawab persoalan di dalam lembaga yang di pimpinnya, maka pimpinan pondok pesantren Sabilul Muttaqin melakukan suatu upaya sebagai sebuah kebijakan yaitu mengkombinasikan pendidikan yang berbasis salafiyah dengan pendidikan modern, serta menambah sarana dan prasarana di pondok pesantren.

Page 1 of 3 | Total Record : 22