cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2013): asas" : 7 Documents clear
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2013/2014 warni atul ulfa
Asas: Jurnal Sastra Vol 2, No 4 (2013): asas
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v2i4.1493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan, yang berjumlah 200 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis teks ekspsosisi. Hasil rata-rata diperoleh setelah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah 75,25. Sedangkan sebelum penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah 64,12. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks eksposisi, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 5,70 > 2,03.Kata Kunci: pengaruh, model, Pembelajaran Berbasis Masalah, teks eksposisi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 DAME YANTI C SILITONGA
Asas: Jurnal Sastra Vol 2, No 4 (2013): asas
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v2i4.1468

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES l terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 14 Medan dengan jumlah 325 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil secara homogen dengan random sampling (acak) kelas. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 wenni rosida silaban
Asas: Jurnal Sastra Vol 2, No 4 (2013): asas
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v2i4.1494

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 34 Medan sebanyak 250 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 dorang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Instruction = 77,5, standar deviasi=9.00, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 26,7%, kategori baik sebanyak 63,3% dan kategori cukup sebanyak 10%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model Konvensional= 69,16, standar deviasi=9,66 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 10%, kategori baik sebanyak 43,3%, kategori cukup sebanyak 46.7%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 3,43, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar = 2,01 pada taraf signifikasn 5% dk=(N1+N2)-2=58. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 3,43>2,01 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata kunci: Pengaruh, Problem Based Instruction, Teks Eksposisi
PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSURE-UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Try anisa lestari
Asas: Jurnal Sastra Vol 2, No 4 (2013): asas
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v2i4.1490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Think-Talk-write terhadap kemampuan menganalisis Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Oleh Siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 214 orang siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 63.125, standar deviasi 7.88, dengan berkategori sangat baik 0%, berkategori baik 16%, berkategori sedang 34%, berkategori kurang 41% dan berkategorikan kurang sekali 9% Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 74.84 , standar deviasi 8.14, dengan berkategori sangat baik 19%, berkategori baik 41%, berkategori sedang 34%, berkategori kurang 6%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 5.8 ; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = N-1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.02. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5.8 > 2.02, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan Metode Think-Talk-write berpengaruh positif terhadap kemampuan menganalisis Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Oleh Siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata Kunci: pengaruh, metode think-talk-write, kemampuan, unsur intrinsik cerpen
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELLING THE WAY (MEMBUAT CONTOH PRAKTIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP N 2 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 vera admadina panggabean
Asas: Jurnal Sastra Vol 2, No 4 (2013): asas
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v2i4.1491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh modelpembelajaran Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik)terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama oleh siswakelas VIII SMP N 2 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 2 Perbaungansebanyak 388 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian iniyaitu metode eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui adanyapengaruh sebelum perlakuan dan setelah dilakukan perlakuan denganmodel yang digunakan yaitu Model Pembelajaran Active LearningTipe Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik) TerhadapKemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Drama. Sampel diambilsecara acak sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tesmenganalisis unsur intrinsik drama. Nilai rata-rata post-test adalah74,62, sedangkan untuk pre-test adalah 62,75. Dengan demikian,dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis unsurintrinsik drama siswa setelah perlakuan (post-test) lebih tinggidaripada sebelum perlakuan (pre-test). Pengujian hipotesis diperolehthitung = 4,56, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada tarafsignifikan 5% = 2,02. Karena thitung = 4,56 > ttabel = 2,02 makahipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa modelpembelajaran Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik)mempengaruhi menganalisi unsur intrinsik drama siswa kelas VIIISMP N 2 Perbaungan.Kata kunci: Active learning tipe modeling the way, menganalisisunsur intrinsik, drama.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BESITANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 rima mawarni siregar
Asas: Jurnal Sastra Vol 2, No 4 (2013): asas
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v2i4.1489

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besitang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Besitang tahun pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 296 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 37 orang, yakni kelas VII-6 untuk kelas pre-test dan post-test. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-Test Post test design yang hanya dilakukan pada satu kelas (kelompok) saja. Kemampuan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah 65,8 sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata 78,1. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata diatas, maka hasil belajar kemampuan menulis teks deskripsi lebih baik setelah menggunakan model pembelajaran daripada sebelum menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan perhitungan dengan uji “t” diperoleh nilai t0 = 5,96 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan dk= ( N1- N2) ternyata t0 yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00 <5,96>2,65 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh dalam kemampuan menulis teks deskripsi siswa.Kata Kunci : pengaruh, model pembelajaran berbasis masalah, teks deskripsi.
PENGARUH STRATEGI READING GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 BADRUL AINI AINI
Asas: Jurnal Sastra Vol 2, No 4 (2013): asas
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v2i4.1467

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh strategi reading guide dan Strategi Inkuiri dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan dengan jumlah  125 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen

Page 1 of 1 | Total Record : 7