cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2015)" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW)TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Sri Lestari Siregar; Tiur Asi Siburian
Asas: Jurnal Sastra Vol 4, No 4 (2015)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v4i4.3817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah  two group post-test design dengan populasi penelitian sebanyak 315 siswa, dan dijadikan sample sebanyak 70 orang siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW)dan model konvensionalmasing-masing 71,28 dan 80. Berdasarkan uji normalitas data variabel eksperimen diperoleh < yaitu 0,12<0,14, sedangkan pada variabel kontrol diperoleh < yaitu 0,11<0,14 sehingga data variabel eksperimen dan kontrol dapat dinyatakan bahwa sampel berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai < pada taraf nyata ???? = 0,05 yakni 1,13<1,78 sehingga dinyatakan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang kelompok homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diketahui to sebesar 4,21, kemudian dikonsultasikan dengan  pada taraf signifikan 95%  dengan dk = +–2) = 35+35–2= 68, dari dk 68 diperoleh > yaitu 4,21>1,66. Dengan demikian, hipotesis dapat diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Think Talk Write (TTW) berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen. Kata Kunci: model Think Talk Write (TTW), unsur-unsur Intrinsik, cerpen
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2014/2015. Untuk penelitia Sri Mahyuni Hasibuan; Malan Lubis
Asas: Jurnal Sastra Vol 4, No 4 (2015)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v4i4.3822

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2014/2015. Untuk penelitian tersebut diambil kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa. Sampel diambil dari pupulasi yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan data dilakukan dengan penarikan sampel secara purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design one group pre-test and post-test. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre-test memiliki rata-rata 60,3 dengan standar deviasi 9.17; dan 2) kelompok post-test memiliki rata-rata 77.6 dengan standar deviasi sebesar 6.79. Hasil perhitungan uji normalitas pre-test memperoleh harga Lhitung < Ltabel (0.084 < 0.161). kelompok post-test memperoleh harga Lhitung < Ltabel (0.154 < 0.161). Hal ini membuktikan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas  memperoleh harga Fhitung < Ftabel (1,82 < 1,84). Hal ini membuktikan sampel berasal dari populasi yang homogen.  Perhitungan uji hipotesis dengan Tabel t pada taraf signifikan  =0,05 dengan df = N-1, df= 30-1 = 29 pada taraf nyata α = 5% = 2,04. Karena Thitung > Ttabel, yaitu 10,13 > 2,045, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh dalam menggunakan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2014/2015.   Kata Kunci : Model pembelajaran Picture and Picture, menulis puisi.
HUBUNGAN PENGUASAAN TEORI DRAMA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DARI TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Siti Zahara; T. R. Pangaribuan
Asas: Jurnal Sastra Vol 4, No 4 (2015)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v4i4.3812

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan teori drama siswa dan kemampuan menulis naskah drama dari teks cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam tahun tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi  penelitian ini berjumlah 303 siswa. Dari 303 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 33 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda dan uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan product moment. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam penguasaan teori drama masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 70,32. Sedangkan kemampuan siswa menulis naskah drama dari teks cerpen masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 73,48. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (0,706) > ttabel (0,344) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan teori drama dengan kemampuan menulis naskah drama dari teks cerpen siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2014/2015.   Kata kunci: Teori drama, Menulis Naskah Drama
PENGARUH MEDIA TAYANGAN TALK SHOW KICK ANDY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HASIL WAWANCARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Syahrina Fadhilah; Khairil Ansari
Asas: Jurnal Sastra Vol 4, No 4 (2015)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v4i4.3824

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tayangan Talk Show Kick Andy terhadap kemampuan menulis hasil wawancara siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 356 siswa SMA Negeri 8 Medan . sampel diambil secara random, yaitu siswa eksperimen 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan dalam menjaring data adalah tes essay. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis hasil wawancara sebelum menggunakan media tayangan Talk Show Kick Andy termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 70,75, sedang kemampuan siswa menulis hasil wawancara sesudah menggunakan media tayangan Talk Show Kick Andy dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 81,63. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (19,78) > ttabel (2,022) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh media tayangan Talk Show Kick Andy terhadap kemampuan menulis hasil wawancara siswa kelas X SMA negeri 8 Medan Tahun Pembelajarn 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis hasil wawancara sesudah menggunakan media tayangan Talk Show Kick Andy lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan media tayangan Talk Show Kick Andy, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan media tayangan Talk Show Kick Andy berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis hasil wawancara.   Kata Kunci : Media, Talk Show Kick Andy, Menulis Hasil Wawancara
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Sorta Maria Reski BR Hutabarat; H. Sigalingging
Asas: Jurnal Sastra Vol 4, No 4 (2015)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v4i4.3814

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film dokumenter dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi. Populasi penelitian ini berjumlah 256 orang siswa dan berjumlah 24 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test andpost-test design yang dilakukan pada satu kelas (kelomok) saja dengan dua kali tes. Tes pertama disebut pre-test, yakni sebelum menggunakan media film dokumenter dan tes kedua disebut post-test, yakni setelah menggunakan media film dokumenter.Dari hasil pengolahan data yang didapat dari lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 63,96 dan standar deviasi adalah 7,51. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 82,29 dan standar deviasi dalah 7,77. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  = 8,15 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 23. Pada tabel t dengan dk=23 diperoleh =2,07. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika >  yaitu 8,15 > 2,07, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis aternatif) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media film dokumenter berpengaruh positif secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2014/2015.   Kata Kunci: Media Film Dokumenter, Teks Deskripsi.
PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Sri Haryanti Siahaan; Sanggup Barus
Asas: Jurnal Sastra Vol 4, No 4 (2015)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v4i4.3816

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul tahun pembelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan menggunakan rumus uji “t”. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 71,87 dengan standar deviasi = 7,47. Nilai rata-rata post-test = 76,75, standar deviasi = 7,54. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homegenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 6,82. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N-1, yakni 40-1, dari dk = 39 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,00. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 6,82 < 2,00, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homegenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 6,82. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N-1, yakni 40-1, dari dk = 39 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,00. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 6,82 < 2,00  , maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan atas pengggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dolok Masihul Tahun Pembelajaran 2014/2015. Kata Kunci : Media Audiovisual, Kemampuan Menulis, Teks Negosiasi

Page 1 of 1 | Total Record : 6