cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2016)" : 6 Documents clear
Pengaruh Metode Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Anisah Kartika Putri
Asas: Jurnal Sastra Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v5i4.7042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Quantum Writing, lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan metode Quantum Writing dan persen peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Quantum Writing pada pokok pembahasan menulis teks deskripsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampelnya adalah kelas VII-3 SMP Negeri 35 Medan. Sampel penelitian diambil secara random sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah 36  siswa.Data yang digunakan adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menulis teks deskripsi, yang terdiri dari dua penilaian. Yaitu, struktur teks deskripsi, dan ciri-ciri kebahasaannya. Selanjutnya data akan dihitung dengan uji “t” dengan rumus Sudjono (2007:282)to = Setelah diuji normalitas dan homogenitasnya. Dari penelitian diperoleh hasil rata-rata Pre-test sebesar 65.83. sedangkan rata-rata pada Post-test sebesar 81.11.Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 8.93   sedangkan ttabel  = 2.30. Hal ini berarti thitung > ttabel , dengan demikian hipotesis nihil ((Ho)  ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode Quantum Writing berpengaruh positif dalam kemampuan menulis teks deskripsi.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016 lyli Indriani Sihite
Asas: Jurnal Sastra Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v5i4.7047

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 280 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 70 orang, 35 orang dari kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan 35 orang dari kelas X-2 sebagai kelas kontrol.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model Two Group Posttest - Only Control Design. Dari pengolahan data, diperoleh hasil Post-Test (X1) dengan nilai rata-rata = 77,14 dan standard deviasi = 8,30. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik dan cukup yakni 28,6% untuk kategori sangat baik, 51,1% untuk kategori baik dan 14,3% untuk kategori cukup. Hasil Post-Test (X2) dengan nilai rata-rata = 64,85 dan standard deviasi = 8,06. Nilai tersebut tergolong dalam kategori  baik, cukup, dan kurang yakni 40% untuk kategori baik, 51,43% untuk kategori cukup dan 8,57% untuk kategori kurang. Dari uji normalitas data hasil kelas post-test (X1) dan post-test (X2), menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, dapat disimpulkan bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 7,49. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34+35-1=34 dari df = diperoleh taraf signifikasi 5% = 1,99, karena to yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 7,49 > 1,99, maka hipotesis diterima.Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi  siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Hubungan Minat Baca Sastra Dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Tri Wulandari Pasaribu
Asas: Jurnal Sastra Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v5i4.7043

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan minat baca sastra dengan kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas XI SMA Swasta Budisatrya sebanyak 160 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara proposional random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 40 orang.Metode yang digunakan adalah metode deskripsi koresional. Data minat baca sastra dijaring dengan menggunakan  angket sebanyak 25 soal. Data kemampuan cerita pendek dijaring dengan menggunakan tes perbuatan. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal, linier, dan berarti.Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, minat baca sastra siswa tergolong ke dalam kategori baik (). Kedua, kemampuan menulis cerita pendek siswa tergolong ke dalam kategori cukup (). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara minat baca sastra siswa dengan kemampuan menulis cerita pendek siswa (thitung > ttabel). Besaran korelasinya (rxy = 0,66) berada pada rentang 0,600 – 0,799 dan tergolong ke dalam kategori tinggi
Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif dan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Hasil Wawancara Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016 Munawir Sajali Hasibuhuan
Asas: Jurnal Sastra Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v5i4.7044

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan penguasaan kalimat efektif dengan kemampuan menulis hasil wawancara, hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis hasil wawancara serta hubungan penguasaan kalimat efektif dan kosakata dengan kemampuan menulis hasil wawancara siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016.Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun sebanyak 221 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional kuantitatif. Data penguasaan kalimat efektif dan kosakata dengan menggunakan tes objektif yang valid sebanyak 45 soal dan tes essay untuk menjaring kemampuan menulis hasil wawancara siswa. Sebelum melakukan pengujian data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan ananlisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknis analisis regresi ganda.Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hipotesis satu disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kalimat efektif dengan kemampuan menulis hasil wawancara. Hipotesis kedua menujukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis hasil wawancara. Selanjutnya hipotesis ketiga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara penguasaan kalimat efektif dan kosakata dengan kemampuan menulis hasil wawancara kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Katolik Trisakti Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Dewi kantate Siregar
Asas: Jurnal Sastra Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v5i4.7045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visaual terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama pada Siswa kelas XI SMA Swasta Katolik Trisakti Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMP Swasta Katolik Trisakti Medan sebanyak 185 orang. Sampel diambil sebanyak 74 orang, 37 orang dikelas eksperimen dan 37 orang dikelas kontrol.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis naskah drama dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 68. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakaan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,11 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = (N1 + N2) -2 = 72. Pada tabel t dengan df = 72 diperoleh t tabel pada taraf signifikasi 5% = 1,993. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitunng  ttabel  ( 5,11 1,993, maka hipotesis alternatif  diterima yang menyatakan media audio visual lebih baik dari pada media cetak dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa.
Pengaruh Teknik 3M (Mengamati, Meniru, Menambahi) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Putie Mayang Sari
Asas: Jurnal Sastra Vol 5, No 4 (2016)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v5i4.7046

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks berita masih rendah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2015/2016 dengan teknik 3M (Mengamati, Meniru, Menambahi). Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 SMP Budisatrya Medan yang berjumlah 40 Siswa. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model (one group pre-tets dan post-test design). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes sebelum dan sesudah menggunakan teknik 3M.      Sebelum diberikan teknik pembelajaran 3M, dilakukan tes awal terlebih dahulu. Pada tes awal diperoleh skor rata-rata 65,7. Setelah itu melaksanakan tindakan perlakuan pada siswa dengan memberikan teknik 3M dalam menulis berita. Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada sub pokok bahasan menulis teks berita dan guru menyajikan materi tentang menulis teks berita. Kegiatan inti guru mengarahkan siswa dalam menggunakan teknik 3M (Mengamati., Meniru, Menambahi), siswa mengamati teks berita yang diberikan lalu siswa meniru teks berita  yang telah dilihatnya lalu menambahi unsur-unsur berita yang kurang lengkap. Lalu dilakukan test kedua dengan nilai rata-rata 79,9 termasuk kategori baik. Target pelaksanaan tindakan penelitian rata-rata 70 secara individual dan klasikal. Berdasarkan nilai to dan ttabel, maka dapat diketahui bahwa to > ttabel yakni 4,01 > 2,02. Dengan demikian hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa teknik 3M berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks berita. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6