cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health, Education,
Terbit dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan Nopember , (ISSN 1979 -3103) berisi naskah hasil Penelitian, gagasan konseptual,iptek mengenai pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
Arjuna Subject : -
Articles 59 Documents
APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN MELALUI AKTI VITAS SIRKUIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LONCAT PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 04 BEJEN KARANGANYAR SHOBARI, IKHSAN
Jurnal Phederal Penjas Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Skripsi 2012
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.622 KB)

Abstract

Ikhsan Shobari. APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN MELALUI AKTIVITAS SIRKUIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LONCAT PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI O4 BEJEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012.Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2012.Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatan hasil belajar gerak dasar loncat melalui penerapan pendekatan bermain dengan metode aktifitas sirkuit (MAS) pada siswa kelas III SD Negeri 04 Bejen Karanganyar Tahun Ajaran 2011 / 2012.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 04 Bejen Karanganyar Tahun Ajaran 2011 / 2012 yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Data hasil belajar gerak dasar loncat diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran gerak dasar loncat melalui penerapan pendekatan bermain dan MAS dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerak dasar loncat meningkat dari 33,3 % atau 14 siswa yang mencapai batas tuntas pada kondisi awal menjadi 61,8 % atau 26 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 85, 7% atau 36 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dan MAS dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar loncat siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 04 Bejen Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.Kata kunci : gerak dasar, pendekatan bermain,MAS, hasil belajar.
KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS DITINJAU DARI UNSUR FISIK DOMINAN DALAM BULUTANGKIS PADA PEMAIN TUNGGAL ANAK PUTRA PERSATUAN BULUTANGKIS PURNAMA SURAKARTA FIRMANSYAH, USWAN
Jurnal Phederal Penjas Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.475 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui ada tidaknyahubungan antara power otot tungkai dengan keterampilan bermain bulutangkisdan bila ada seberapa besar hubungan tersebut. (2) Untuk mengetahui adatidaknya hubungan antara kelincahan dengan keterampilan bermain bulutangkisdan bila ada seberapa besar hubungan tersebut. (3) Untuk mengetahui adatidaknya hubungan antara daya tahan kardiovaskular dengan keterampilanbermain bulutangkis dan bila ada seberapa besar hubungan tersebut. (4) Untukmengetahui ada tidaknya hubungan antara power otot tungkai, kelincahan, dandaya tahan kardiovaskular dengan keterampilan bermain bulutangkis dan bila adaseberapa besar hubungan tersebut.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasional.Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh pemain tunggal anak putra diklub PB PURNAMA Surakarta yang berjumlah 20 orang. Teknik sampel yangdigunakan adalah total sampling, yaitu seluruh populasi yang dijadikan sampelpenelitian.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan: : (1) Ada hubunganyang signifikan antara power otot tungkai dengan keterampilan bermainbulutangkis, angka sig = 0.009 < taraf sig = 0.05 dan memberikan sumbanganrelatif sebesar -1.93% dan sumbangan efektif sebesar -1.48%. (2) Ada hubunganyang signifikan antara kelincahan dengan keterampilan bermain bulutangkis,angka sig = 0.000 < taraf sig = 0.05 dan memberikan sumbangan relatif sebesar26.28% dan sumbangan efektif sebesar 20.26%. (3) Ada hubungan yangsignifikan antara daya tahan kardiovaskular dengan keterampilan bermainbulutangkis, angka sig = 0.000 < taraf sig = 0.05 dan memberikan sumbanganrelatif sebesar 75.64% dan sumbangan efektif sebesar 58.31% . (4) Adahubungan yang signifikan antara power otot tungkai, kelincahan dan daya tahankardiovaskular dengan keterampilan bermain bulutangkis, angka sig = 0.000 <taraf sig = 0.05 dan memberikan sumbangan sebesar 77.09%. Besarnya angka Fantara power otot tungkai (X1), kelincahan (X2), dan daya tahan kardiovaskular(X3) dengan keterampilan bermain bulutangkis (Y) adalah 17.943.Kata Kunci : Keterampilan Bermain Bulutangkis, Power Otot Tungkai,Kelincahan, Daya Tahan kardiovaskular
EVALUASI PROGRAM LATIHAN FISIK SEPAKBOLAMENGGUNAKAN METODE CIPP PADA PENDIDIKAN SEPAK BOLA KABUPATEN NGAWI TAHUN AJARAN 2015/2016 Kustiawan, Andri Arif
Jurnal Phederal Penjas Vol 11, No 2 (2015): jurnal Phederal
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.125 KB)

Abstract

This study aims to determine: (1) The form and content of programs of physical exercise in each Education Football entire Ngawi; (2) The physical exercise program in each Education Football whole Ngawi 2015. .Penelitian use descriptive method with survey techniques. Subjects of the research is that there are entire populations throughout the coach of each PSB se Ngawi totaling 14 PSB. Data collection technique used is the instrument which contains a set of questionnaires, to reveal the extent of the coach planned physical exercise as well as the kind of action trainers in the training process. Data analysis techniques used in this study quantitatively with the help of descriptive statistical analysis. Based on the results of this study indicate that the results of the planning exercise program from the coaches menyatakan43,45% is appropriate, 44.075% undecided, and 12.475% is not appropriate. While the results of the implementation of a training field for the attainment of peak condition coach players on measures before the implementation of activities amounted to 61.4%, the creation of conditions in the training of 76.2%, the difference in the players specialization of 71.4%, about the use of methods 76.4% practice, the interaction between the coach and the players in the training process 73.8%, regarding the use of the equipment in the exercise of 64.3%, regarding the provision of guidance in the exercise of 77.5%, regarding the evaluation of training results 69.4%. The conclusion of this study about the plan form of physical exercise program from the coaches to the achievement of peak condition players who have been determined through the stages of periodization of the execution of a physical exercise program, Education Football se Ngawi 2015/2016 school year is already carrying out a physical exercise program good.
PENERAPAN DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMUKUL BOLA DALAM PERMAINAN KASTI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOREJO KECAMATAN BANJARSARISURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/201 Khasanah, Dewi Indah Nur
Jurnal Phederal Penjas Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.977 KB)

Abstract

The purposeof this studywas to determinethe effectiveness ofthe implementation oflearning systemsdesignASSUREtoimprove learning outcomesin the game ofbaseballto hit the ballinthe fourth gradeelementary schoolstudentsPurworejoBanjarsariSurakartadistrictin the school year2011/2012.This study usesclassroom Action ResearchorClassroomActionResearch.The experiment was conductedin two cycles, eachcycleconsisting offourphases: planning, action, observationand reflection. Subjectsin this study weregrade IVElementary SchoolDistrictPurworejoBanjarsariSurakartaacademic year2011/2012, amounting to 30 studentsconsistingof 16boys and14girlsstudents. Data sourcesare fromteachers and students. The data collection techniqueis totestandobservation. The validity ofdata usingtriangulationstechniquemethods. The data wereobtained throughobservationsby researchersand collaboratorsduring the learning processtakes place. The datais the result ofstudent learningin hitting the ballobtainedthroughobservation sheetscoveringthe cognitive,the affectiveandpsychomotordomains. Data analysisin this study useda comparative descriptiveanalysisusingpercentagetechniquetoseetrendsin learning activities.Based on the resultsobtainedthe conclusionthat:1)the application ofsystems designASSURElearningcan improvelearning outcomesto hit the ballinthe fourth gradeelementary schoolstudentsPurworejoDistrictBanjarsariSurakarta, wherelearning outcomesprasiklusthefirst cycleand fromcycle I tocycle IIobtaineda significant improvementthatstudents who passtheprasiklusare11 studentsor 36, 67%later in thecycle increasedthecompletecategoryis 16or 53students, 33%, and on the second cycleincreased to25 studentsor83.33%. 2)Most of thestudents agreedwith the implementation oflearning systemsdesignASSURE.The conclusion of this study show that the implementation design of ASSURE learning system can improve student baseball striking achievement of SDN Purworejo Grade IV Banjarsari, Surakarta, and Academic Year 2011/2012.Keywords:strike ball, baseball, ASSURE learning system design
NILAI: PENIPUAN, SPORTIVITAS, DAN ETIKA DALAM OLAHRAGA DAN PENDIDIKAN JASMANI Sarwono, Sarwono
Jurnal Phederal Penjas Vol 9, No 2 (2014): Jurnal Phedheral
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.3 KB)

Abstract

Kontribusi olahraga dan pendidikan jasmani telah menunjukkan konsistensi dalam mendeskripsikan nilai-nilai pokok kehidupan manusia. Pendidikan adalah segenap upaya yang memengaruhi pembinaan dan pembentukan kepribadian, termasuk perubahan perilaku. Olahraga pada hakikatnya merupakan bagian dari pendidikan keseluruhan.  Dan ternyata olahraga  merupakan sekolah kehidupan terbaik.  Dalam  konteks  pengembangan  definisi  olahraga  biasanya  mencakup kegiatan yang luas dan spektrum kegiatan inklusif yang sesuai bagi orang-orang dari semua usia dan kemampuan, dengan penekanan pada nilai-nilai positif dari olahraga. Untuk kepentingan pembangunan khususnya, The UN Inter-Agency  Task Force  on  Sport  for  Development  and  Peace,  mendefinisikan olahraga   sebagai ?semua bentuk  aktivitas jasmani  yang berkontribusi terhadap kebugaran jasmani,  kesehatan mental dan interaksi sosial, seperti bermain, rekreasi, olahraga kompetitif terorganisasi, olahraga tradisional dan permainan?, sedangkan pendidikan jasmani sebagai ?semua yang mencakup istilah, kebugaran, keterampilan, gerak, tari, rekreasi, kesehatan, permainan dan olahraga ditambah nilai yang sesuai  dan pengetahuan masing-masing?
PENERAPAN MEDIA BANTU PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOT BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI 1 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Kusumawardani, Prima Dewi
Jurnal Phederal Penjas Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.802 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatkan hasil lay up shot bola basket pada siswa kelas XA, SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten, tahun pelajaran 2011 / 2012, dengan penerapan media bantu pembelajaran audio visual.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas XA SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten, tahun pelajaran 2011 / 2012 berjumlah 40 orang yang terdiri atas 14 siswa putra dan 26 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara, dan penilaian hasil belajar lay up shot bola basket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: Penerapan media bantu pembelajaran audio visual, sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar lay up shot bola basket pada siswa kelas XA SMA Negeri 1 Karanganom Kabupaten Klaten. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I hasil belajar lay up shot bola basket pada kategori Baik sekali sebesar 7,50%, baik sebesar 27,50% dan cukup sebesar 17,50%, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa. Pada siklus II hasil belajar lay up shot bola basket dalam kategori baik sekali sebesar 32,50%, baik sebesar 32,50% dan cukup sebesar 12,50%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31 siswa.Simpulan penelitian ini adalah penerapan media bantu pembelajaran audio visual meningkatkan hasil belajar lay up shot bola basket siswa kelas XA SMA Negeri 1 Karanganom kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012Kata kunci : Media Pembelajaran Audio visual, Hasil belajar Lay up shot bola basket
FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA AGRESIVITAS SAAT BERTANDING PADA ATLET SEPAKBOLA PEKAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH (POPDA) KAB SUMENEP Whinata Kardiyanto, Deddy
Jurnal Phederal Penjas Vol 8, No 1 (2014): Jurnal Phederal
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.769 KB)

Abstract

This  study aimed  to  determine  the  occurrence  Causes  Aggressiveness At  Football Athletes  Compete  In Regional Sports Week  (POPDA) Kab Sumenep.  This  study used  a qualitative  methodology with a  phenomenological approach.  The  data  collected  by using observation and semi-structured interviews. Determination of research subjects by using purposive sampling with a reference from your observation. Researchers took four of the 17 athletes that competed POPDA football as a primary Subject and two as secondary subjects, which includes the coach and one player. Data analyzed using an interactive model data reduction, the data display, and verification of conclusions by Miles andHuberman. The results indicate that the factors that caused the aggressiveness of the athletes POPDA Kab Sumenep  is the referee's  leadership, endangering any bodily contact that makes the aggressiveness of football athletes POPDA uncontrolled Kab Sumenep, any negative utterances spoken by the opponent, and the presence of other aggressive that wish to injure an opponent.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 BEJEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Antoni, Yuky
Jurnal Phederal Penjas Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Skripsi 2012
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.387 KB)

Abstract

Yuky Antoni. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPARTANGKAP BOLA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAINPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 BEJEN KARANGANYAR TAHUNAJARAN 2012 / 2013.Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta,oktober 2012.Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatan hasil belajar lempar tangkap bolamelalui penerapan pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Negeri 04 BejenKaranganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dalam penelitian dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswakelas IV SD Negeri 04 Bejen Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013 yangberjumlah 42 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan.Data hasil belajar lempar tangkap bola diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembarobservasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalammengikuti proses pembelajaran gerak dasar lempar tangakap bola melaluipenerapan pendekatan bermain dengan menggunakan teknik prosentase untukmelihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerakan lempartangkap bola meningkat dari 35,8 % atau 15 siswa yang mencapai batas tuntaspada kondisi awal menjadi 64,2 % atau 27 siswa yang mencapai batas tuntas padaakhir siklus I dan meningkat menjadi 83, 4% atau 35 siswa yang mencapai batastuntas pada akhir siklus II.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapatmeningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola siswa kelas IV Sekolah DasarNegeri 04 Bejen Karanganyar tahun ajaran 2012/2013.Kata kunci : gerak dasar, pendekatan bermain, hasil belajar.
PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FOREHAND GROUNDSTROKE DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TONNIS PADA SISWA KELAS IV SD MUJAHIDIN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012 / 2013 Iwan Azhari, Muhammad
Jurnal Phederal Penjas Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.358 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar tonnis dan kemampuan forehand groundstroke serta aktivitas belajar dalam pembelajaran tonnis pada siswa kelas IV SD Mujahidin Surakarta tahun ajaran 2012 / 2013 melalui penerapan pendekatan teaching games for undestanding (TGFU).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Mujahidin Surakarta yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 9 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian kemampuan forehand groundstroke, aktivitas belajar serta hasil belajar permainan bola kecil tonnis. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan TGFU dapat meningkatkan kemampuan forehand groundstroke dan hasil belajar belajar permainan bola kecil tonnis siswa serta aktivitas belajar dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran tonnis belum pernah diajarkan di kelas tersebut seperti yang telah direncanakan dalam silabus sehingga keterampilan bermain tonnis belum didapatkan, oleh karena itu hasil belajar tonnis dan kemampuan forehand groundstroke serta aktivitas belajar sisiwa selama pembelajaran berlangsung masih belum diketahui. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, kemampuan forehand groundstroke dan hasil belajar tonnis siswa mencapai 45,8% atau sebanyak 11 siswa dari 24 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada nilai psikomotor dan kognitif siklus I, siswa yang mencapai kriteria tuntas sama yaitu 45,8%, untuk nilai afektif siswa pada siklus I yang mencapai kriteria tuntas yaitu sebesar 50%, sedangkan untuk aktivitas belajar yang mencapai kriteria tuntas yaitu sebesar 54,2%. Pada siklus II, kemampuan forehand groundstroke dan hasil belajar tonnis siswa meningkat mencapai 79,2% atau sebanyak 19 siswa dari 24 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 54siswa lainnya belum tuntas. Pada nilai psikomotor dan kognitif, siswa yang telah mencapai kriteria tuntas meningkat dari siklus I menjadi 79,2% dengan KKM 75, pada nilai afektif juga terjadi peningkatan dari siklus I menjadi sebesar 91,7% atau 22 siswa telah masuk kriteria tuntas dari 24 siswa dan 2 siswa lainnya belum tuntas, untuk aktivitas belajar pada siklus II yang masuk kriteria tuntas juga meningkat menjadi 87,5% atau 21 siswa masuk pada kriteria tuntas dan 3 lainya belum tuntas. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas.Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan teaching games for understanding (TGFU) dapat meningkatkan kemampuan forehand groundstroke dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Mujahidin Surakarta tahun ajaran 2012 / 2013.Kata Kunci: Pendekatan TGFU, forehand groundstroke, aktivitas belajar
MEMBANGUN KEPRIBADIAN DAN KARAKTER MELALUI AKTIFITAS OLAHRAGA Kardiyanto, Deddy
Jurnal Phederal Penjas Vol 10, No 1 (2015): jurnal Phederal
Publisher : Jurnal Phederal Penjas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.135 KB)

Abstract

Sportmanship is a morality in sport. Good sport activity is a reflection of well sport application. Related to human trait as learning creature, sport activity can be used as a way to develop character or personality. Transfer of morality values can be done through sport activity directly as player, official, supporter or spectator in sport arena, or undirectly through live or replay television broadcast. For the need of personality and character development, can be choosen sport program that reflecting good sportmanship applying.Key Words: Sportmanship, Character, and Sport.