cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Pendidikan Tata Niaga
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 134 Documents
PENGARUH PENGUASAAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 -, Wahyu Ariyanti -; -, Baedhowi -; -, Sunarto -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.913 KB)

Abstract

ABSTRACTThis research aims 1) the effect of productive subject mastery and industrial work practice toward working readiness; 2) the effect of productive subject mastery toward working readiness; 3) the effect of industrial work practice toward working readiness. This research uses descriptive quantitative. The population of research is the student of XI grade of SMK Kristen Surakarta with 125 students. The sample research is 56 students uses proportional random sampling. The technique of collecting data through questionnaire, and documentation. The research also uses multiple linear regression analysis as the technique of analyzing data. The results showed; 1) there is effect of productive subject mastery and industrial work practice toward working readiness of 29,4%; 2) there is effect of productive subject mastery toward working readiness of 13,69%; 3) there is effect of industrial work practice toward working readiness of 16,65%.ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh penguasaan mata pelajaran produktif dan praktik kerja industri (Prakerin) terhadap kesiapan kerja. 2) Pengaruh penguasaan mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja, dan 3) Pengaruh prakerin terhadap kesiapan kerja. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta yaitu berjumlah 125 siswa. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dengan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya 1) Pengaruh penguasaan mata pelajaran produktif dan prakerin terhadap kesiapan kerja secara simultan sebesar 29,4%, 2) Pengaruh penguasaan mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja sebesar 13,69%, dan 3) Pengaruh prakerin terhadap kesiapan kerja sebesar 16,65%.
KESUKSESAN IMPLEMETASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SYARIAH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) DI KABUPATEN KLATEN -, Sohidin -; -, Nurhasan Hamidi -; -, Muh. Sabandi -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 3, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BISNIS DAN EKONOMI
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.106 KB)

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk melatihkan penggunaan sistem informasi akuntansi. Pelatihan dilaksanakan pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Ta?awun dan BMT Barepan. Keduanya BMT terletak di Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Sistem informasi akuntansi yang dilatihkan dikembangkan dengan mengacu pada regulasi yang tertuang pada Prinsip-prinsip Standar Akuntansi Syariah (PSAK No. 59) dan Pedoman Akuntansi Perbankan Syariah Indonesia (PAPSI) yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Setelah pelatihan dilaksanakan, kemudian dilakukan evaluasi untuk mengetahui dampak dari implementasi sistem informasi tersebut terhadap kinerja. Instrumen untuk mengetahui kesuksesan implementasi sistem informasi dikembangkan berdasarkan penelitian DeLone & McLean (2004), yaitu dengan mengamati kualitas sistem yang digunakan dan informasi yang dihasilkan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi dari para pegawai BMT sistem informasi yang dilatihkan cukup berdampak terhadap kinerja.   This activity aims to trace the use of accounting information systems. The training was held at Sharia Financial Services Cooperative (KJKS) Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Ta'awun and BMT Barepan. Both BMTs are located in Klaten District of Central Java Province. The accounting information system was developed based on the regulations set forth in the Principles of Sharia Accounting Standards (PSAK No. 59) and Accounting Guidelines for Indonesian Sharia Banking (PAPSI) issued by Bank Indonesia. The evaluation to determine the impact of the implementation of the information system on performance was done after the training is conducted. Instruments to determine the success of information system implementation developed based on the research from DeLone & McLean (2004), by observing the quality of the system used and the information generated. Evaluation results show that based on the perceptions of BMT employees, the information system that had been trained to them, had impact on performance.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA -, Farah Azizzah -; -, Bambang Wasito Adi -; -, Sunarto -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.366 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Al-Islam 1 Surakarta, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Al-Islam 1 Tahun 2016, dan (3) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Al-Islam 1Surakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan seluruh guru   di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel  yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik  angket/kuesioner  untuk  mengetahui  data  berkaitan  dengan  gaya kepemimpinan   transformasional   kepala   sekolah   dan   motivasi   kerja.   Try   out dilakukan  terhadap  30  responden  di  luar  sampel,  dalam  penelitian  ini  try  out dilakukan di SMK Batik 1 Surakarta dengan hasil pada kuesioner untuk guru 32 item soal dinyatakan valid dan reliabel dari 43 soal yang diberikan, sedangkan pada kuesioner untuk kepala sekolah seluruh item soal (20 soal) dinyatakan telah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan  motivasi  kerja  guru  terhadap  kinerja  guru.  Kedua,  Ho  diterima  Ha  ditolak artinya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, maka dapat disimpulkan apabila motivasi kerja tinggi maka akan meningkatkan kinerja guru, begitupun sebaliknya.  The purposes of this study are to figure out (1) the effect of transformational leadership headmasters and motivation to work on the performance of teachers in SMA Al Islam 1 Surakarta, (2) the effect of work motivation on teacher performance in SMA Al Islam 1 2016, and ( 3) the effect of transformational leadership style of headmasters on teacher performance in SMA Al-Islam 1Surakarta. The population in this study are all teachers who teach in SMA Al Islam 1 Surakarta. The  sampling  technique  used  is  convenience  sample  is  all  population  research sample. This research uses descriptive quantitative method. The collection of data carried out by engineering a questionnaire to find out the data related to the headmaster's transformational leadership and motivation. Try out done on 30 respondents outside the sample, in this study try out to do in SMK Batik 1 Surakarta with the results of the questionnaire for teachers 32 items about the declared valid and reliable of 35 questions given, whereas in the questionnaire for school headmasters  across  an  item  about  (  20  questions)  declared  to  have  valid  and reliable. Data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis. The results of this study are as follows. First, there is positive and significant correlation between transformational leadership style of headmasters and motivation to work simultaneously on student learning outcomes. Second, Ho is accepted and Ha rejected meaning, there are significant positive and significant correlation between transformational leadership style of the headmaster and motivation. Third, there are significant positive and significant correlation between transformational leadership style of the headmaster and motivation, it can be concluded if either school infrastructure, student learning outcomes can be increased, and vice versa. Based on data from the results of this study concluded that transformational leadership style variable (X1) gives a greater influence on teacher performance compared to variable work motivation (X2.) 
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 -, Dewi Maulia Setyaningsih -; -, Mintasih Indriayu -; -, Salman Alfarisy Totalia -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.212 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara gaya belajar dan minat belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 62 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  secara signifikan antara gaya belajar dan minat belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 7 Surakarta. Besarnya pengaruh variabel gaya belajar dan minat belajar belajar terhadap prestasi belajar secara simultan diperoleh dari perhitungan R square sebesar 49,9%. The objective of research were to find out the effect of learning styles and learning interest simultaneously towards economic lesson achievement in XI grade in SMA Negeri 7 Surakarta academic year 2015/2016. The method used desciptive quantitative method . The sample were 62 students of XI grade in SMA Negeri 7 Surakarta academic year 2015/2016. The data collection techniques used questionnaires. The data were analyzed by using multiple regression analysis. The results showed that there was a significant positive effect of of learning styles and learning interest variables simultaneously towards economic lesson achievement in XI grade in SMA Negeri 7 Surakarta academic year 2015/2016. The magnitude of the effect of learning styles and learning interest toward economic lesson achievement simultaneously obtained from the calculation of the R- square of 49,9%.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELUARGA MISKIN KELAS X DAN XI SMA NEGERI 1 SURAKARTA -, Pelangi Atha Amalya -; -, Kristiani -; -, Budi Wahyono -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 4, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BISNIS DAN EKONOMI VOL 4 NO 2
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.793 KB)

Abstract

The aims of this research are to determine: 1) the influence of teacher?s pedagogic competence toward the learning achievement of students of poor family of Class X and XI in SMA Negeri 1 Surakarta, 2) the influence of peer group environment toward the learning achievement of students of poor family of Class X and XI in SMA Negeri 1 Surakarta, and 3) the simultaneous influence of the teacher?s pedagogic competence and peer group environment toward the learning achievement of students of poor family of Class X and XI in SMA Negeri 1 Surakarta. This research is a quantitative research. The population of the research was the poor students of Class X and XI in SMA Negeri 1 Surakarta in the academic year of 2017/2018. The sampling technique used was Census Sampling. The number of samples was 105 respondents. The data collection methods used were interview, questionnaire, and documentation. The data analysis technique used was multiple linear regression.             The result of the research shows that the equity of the multiple regression is Y= 24.760 + 0.605 X1 + 0.905 X2. The regression coefficient is positive which means that the teacher?s pedagogic competence is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students of poor family and peer group environment is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students of poor family. It means that the better the teacher?s pedagogic competence is, the higher the students? learning achievement will be and the higher the influence of peer group environment is, the higher the students? learning achievement will be. Based on the result of the research, it can be concluded that: 1) the teacher?s pedagogic competence is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students of poor family which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05), 2) peer group environment is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students of poor family which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05), 3) teacher?s pedagogic competence and peer group environment simultaneously is positively and significantly influential toward the learning achievement of the students of poor family which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05) and R square value of 58.9%. It is shown that 58.9% of the learning achievement of the students of poor family is influenced by the teacher?s pedagogic competence and peer group environment, while the rest which is 41.1% is influenced by other factors not mentioned in this research
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 MAGELANG -, Annisaa Rahmawati -; -, Dewi Kusuma Wardani -; -, Leny Noviani -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.802 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen dengan teknik analisis data analisis interaktif Miles & Huberman. Berdasarkan penelitian diperoleh simpulan bahwa, perencanaan yang dilakukan yaitu dengan menyusun RPP berkarakter, pelaksanaan dilakukan dengan pembiasaan, keteladanan, dan intervensi nilai-nilai karakter yang diinternalisasi dalam pembelajaran ekonomi, penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran ekonomi dievaluasi dalam aspek afektif melalui lembar pengamatan sikap dengan indikator jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan kerja keras, kendala yang dihadapi guru yaitu guru masih merasa kesulitan dalam memasukkan nilai-nilai karakter sesuai dengan materi pembelajaran, kondisi dan minat belajar peserta didik yang masih kurang, guru masih kesulitan dalam menggunakan model pembelajaran yang cocok dengan materi ekonomi, dan guru masih kesulitan dalam menilai karakter siswa. The research aims to describe of planning, implementation, and evaluation problems that facting by the economic teachers on the implementation of integrated character education in economics learning at the SMA Negeri 2 Magelang. This study used a qualitative descriptive method with  a case study approach.Sampling technique used were purposive sampling and snowball sampling. Data collection techniques used were observation, interviews, and analysis of data validity test document with data analysis techniques interactive analysis Miles & Huberman. Based on the research obtained conclusions that, planning by drafting character from of lesson, implementation is done by habituation, exemplary, and intervention of character values are internalized to the economics learning, cultivation of character values in the economics learning through the affective aspects evaluated in observation sheet with indicators of honest attitude, discipline, responsibility, caring, and hard work, constraints faced by economic teachers that teachers still find it difficult to incorporate the values of the characters according to instructional materials, conditions and interests of learners that are still lacking, teachers are still difficulties in using learning model matching the economy's material, and teachers are still difficulties in assessing the student's character.
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015 -, Rosiana Rahmawati -; -, Trisno Martono -; -, Mintasih Indriayu -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.082 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, (2) ada tidaknya pengaruh variabel lingkungan keluarga secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta, (3) ada tidaknya pengaruh variabel motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta, (2) terdapat pengaruh yang signifikan variabel lingkungan keluarga secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta, (3) terdapat pengaruh yang signifikan variabel motivasi belajar secara parsial antara terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Batik 1 Surakarta, (4) Koefisien determinasi sebesar 45,5%. Hal ini menunjukkan bahwa 45,5% hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan motivasi belajar, sedangkan sisanya sebesar 54,5%  dipengaruhi oleh faktor lain selain yang diteliti dalam penelitian ini. The purpose of this research were to determine: (1) whether there is effect of family environment variables and learning motivation variables simultaneously towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta, (2) whether there is effect of family environment variables partially towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta, (3) whether there is effect of learning motivation variable partially towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta. The type of this research is desciptive quantitative with survey method. The sampling techniques used in this research was Proportionate Random Sampling.Based on research results can be concluded that: (1) there is significant effect of family environment variables and learning motivation variables simultaneously towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta, (2) there is significant effect of environment family variables partially towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta, (3) there is significant effect of learning motivation variable partially towards economic lesson achievement in X grade in SMA Batik 1 Surakarta academic year 2014/ 2015, (4) the coefficient of determination of 45.5%. It means that 45.5% of student learning achievement on economic lesson were influenced by family environment and learning motivation, while the remaining 54.5% influenced by other factors that not examined in this study.
PENGARUH BEASISWA PPA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UNS PENERIMA BEASISWA PPA PERIODE JANUARI – JUNI 2017 -, Diyah Tri Hapsari -; -, Harini -; -, Jonet Ariyanto Nugroho -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 4, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BISNIS DAN EKONOMI VOL 4 NO 1
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.299 KB)

Abstract

This study aims toidetermine the presence or absence of (1) positive and significant influence between PPA scholarship and study habits toward student achievement of FKIPaUNSaPPA scholarshiparecipient period January - June 2017; (2) positive and significant influence between PPA scholarship on student achievement of FKIPiUNSiPPAischolarship recipient period January - Junei2017; (3) positive and significant influence between learning habits on student achievement of FKIP UNS PPA scholarship recipient period January - June 2017.Population in this research is student of FKIP UNS campus Kentingan who get PPA scholarship period January - June 2017 as many as 273 students. The sample selected by proportional random sampling sampling technique is 74 students. The research method used in this research is quantitative method with ex post facto research type. Data collection was conducted with questionnaires documentation. Data analysis used in this research is multiple linear regression.The result of research shows that: Firstly, there is a positive and significant influence between PPA scholarship and study habits on student achievement. This is indicated by the value of F count of 60.362 (p <0.05). Secondly, there is a positive and significant influence between PPA scholarship on student achievement. This is indicated by the value of t count of 3.268 (p <0.05). Third, there is a positive and significant influence between learning habits on student achievement. This is indicated by the value of t arithmetic of 6,038 (p <0.05).
PENGARUH KOLABORASI PBL DENGAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA KARTIKATAMA METRO LAMPUNG -, Effy Irmawati -; -, Trisno Martono -; -, Wiedy Murtini -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 3, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BISNIS DAN EKONOMI
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.034 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkan kolaborasi model pembelajaran PBL dengan model kooperatif tipe STAD di kelas X SMA Kartikatama Metro;(2). Mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan kolaborasi model PBL dengan model  kooperatif tipe STAD di kelas X SMA Kartikatama Metro;(3). Mengetahui pengaruh penerapan kolaborasi model PBL dengan model kooperatif tipe STAD. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasi eksperimen. Penerapan model PBL yang dikolaborasikan dengan model kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jika dibandingkan dengan kelas X-A yang hanya menggunakan model PBL dalam proses pembelajarannya, kelas X-D jauh lebih baik dari segi peningkatan hasil belajar. Seperti yang diketahui dari perolehan nilai pretest dimana X-A memperoleh nilai 46,3 sedangkan kelas X-D memperoleh nilai 51,4 dimana kedua kelas tersebut masuk kategori hasil belajar yang rendah dan jauh dari nilai KBM (75). Namun, setelah berlangsungnya proses pembelajaran, memperoleh hasil belajar yang jauh lebih baik. Dapat diketahui dari perolehan hasil belajar kedua kelas tersebut , kelas X-A memperoleh nilai 68,04 sedangkan kelas X-D memperoleh nilai 80. Dari kedua perolehan hasil belajar tersebut jelas terlihat perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.  This study aims to find out : (1) students' learning outcome before the collaboration of PBL instractional model and STAD cooperative instructional model being applied for 10th grade students of SMA Kartikatama Metro ;(2)  students' learning outcome after the application of the method and technique;(3) the influence of collaboration application of PBL instructional model and STAD cooperatice instructional model.  This was quantitative research with a quasi-experimental design.  Application of PBL teaching method collaborated with STAD cooperative instructional model is able to improve students' learning outcome and give significant influence towards the improvement of students' learning outcome at economics subject.  Compared to the class X-A of social program that only applies PBL instructional model, class X-D is better in case of learning outcome improvement.  Given that the result of pre-test, class X-A and X-D get 46.3 and 51.4 respectively. Those two scores are categorized into less than or far from the Minimum Mastery Criteria (KBM) by 75.  But, after the implementation of PBL instructional model and STAD cooperative instructional model, outcome learning rises.  The result of learnig outcome of those two classes shows that class X-A gets 68.04 while class X-D gets 80.  Those two learning outcomes indicate a significant difference on students' learning outcome in economics subject. 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016 -, Wahyu Istuningsih -; -, Mintasih Indriayu -; -, Muhammad Sabandi -
Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Tata Niaga FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.212 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antarapenggunaan concept attainment model dan model mind mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang lebih efektif antara pembelajaran yang menggunakan concept attainment model dengan pembelajaran yang menggunakan mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata posttest kedua kelompok memiliki perbedaan dan dibuktikan dengan hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,003 lebih besar dari  t tabel 1,992 (df ke-75 dengan signifikansi 5%), (2) hasil perhitungan nilai gain dengan t-test diperoleh t hitung 2,182 lebih besar dari   t tabel 1,992 (df ke-75 dengan signifikansi5%).  Simpulan  berdasarkan  hasil  penelitian  adalah  kedua  model  yang  digunakan menunjukkan perbedaan yang signifikan dan concept attainment model lebih efektif dibandingkan  dengan  model  mind  mapping  terhadap  hasil  belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Kata  The purpose of this research is (1) to find a significant difference between the use ofconcept attainment model and mind mapping model to student learning outcomes, (2) to determine differences in learning outcomes students more effectively between learning by using  the  concept  attainment  instructional  models  with  learning  by using  mind mapping. This type of research is a kind of quasi-experimental research with study design nonequivalent control group pretest-posttest design. Data analysis technique was used the t test. The results of research showed that: (1) the average value of the two groups have different posttest and evidenced by t-test calculation results obtained tcalculate 2,003 bigger than t table 1.992 (df 75th  with a 5% significance), (2) the calculation of the value of the gain by t-test obtained t calculate 2,182 bigger than t table 1.992 (df 75th  with a 5% significance). Conclusions based on the results of theresearch are the two models used show a significant difference and concept attainmentmodel is more effective than the model of mind mapping to student learning outcomes on economic subjects class XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar school year 2015/2016. 

Page 1 of 14 | Total Record : 134