cover
Contact Name
Purbo Suwandono
Contact Email
purbo@widyagama.ac.id
Phone
+6282132697144
Journal Mail Official
purbo@widyagama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin Widyagama University of Malang Jl. Taman Borobudur Indah No 3, Malang 65128, INDONESIA
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
PROTON : Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik Mesin
Published by Universitas Widyagama
ISSN : 20862962     EISSN : 27212874     DOI : 10.31328/jp
Ruang lingkup jurnal ini mencakup, tetapi tidak terbatas pada, bidang-bidang berikut: 1. Konversi Energi 2. Rekayasa dan Konstruksi Mesin 3. Ilmu dan Rekayasa Material 4. Proses dan Teknologi Manufaktur 5. Teknik Industri dan Sistem Produksi
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2: Oktober 2010" : 8 Documents clear
EFISIENSI WAKTU PENGEREMAN DENGAN PEMAKAIAN BOOSTER PADA TWO LEADING SYSTEM Gatot Soebiyakto
PROTON Vol. 2 No. 2: Oktober 2010
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v2i2.224

Abstract

Salah satu faktor penting dalam sistem pengereman adalah waktu pengereman yang efisien. Untuk itu diperlukan suatu penelitian yang dapat menghasilkan waktu pengereman yang efisien, dalam hal ini waktu tersebut relatif singkat tetapi tetap mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan pengendara. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan sistem rem standard dan sistem yang di modifikasi dengan penambahan booster. Hal ini dilakukan dengan cara eksperimen pada sistem rem kendaraan Daihatsu FR 50. Variabel penelitian meliputi variasi volume minyak rem 100 cc, 200 cc, 300 cc, 400 cc, 500 cc dan variasi bukaan pedal ¼, ½, ¾, dan 1. Percobaan dilakukan pada putaran 3000 rpm. Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran waktu pengereman yaitu waktu saat mulai injakan pedal sampai putaran tromol roda berhenti. Hasil pengukuran diuji statistik menggunakan uji ANOVA desain faktorial dan uji perbandingan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penambahan booster tidak banyak memberikan pengaruh terhadap waktu pengereman.   Kata kunci : Booster, rem, waktu pengereman, minyak rem.
PENGARUH FILTER UDARA PADA KARBURATOR TERHADAP UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR Naif Fuhaid
PROTON Vol. 2 No. 2: Oktober 2010
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v2i2.225

Abstract

Sepeda motor merupakan produk otomotif yang banyak diminati saat ini. Salah satu komponennya adalah karburator sebagai komponen penyuplai bahan bakar untuk pembakaran di dalam mesin yang dilengkapi dengan filter. Filter ini berfungsi untuk menyaring udara yang diperlukan untuk proses pembakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh filter karburator terhadap unjuk kerja mesin sepeda motor. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan sepeda motor Yahama Vega R tahun 2007. Filter karburator divariasi yaitu filter standar, filter modifikasi dan pengujian tanpa filter. Selain itu dilakukan 5 variasi putaran mesin yang diatur dengan penyetelan stang gas. Percobaan dilakukan dengan menggunakan alat uji dynotest. Pengukuran putaran mesin dan putaran rol dynotest dilakukan dengan tachometer. Pengukuran pemakaian bahan bakar dilakukan dengan sistem saluran berskala dan stopwatch. Data hasil pengukuran diolah untuk mendapatkan torsi, daya, tekanan, pemakaian bahan bakar dan effisiensi thermal. Hasil perhitungan ini ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik serta dianalisa sesuai teori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filter karburator mempengaruhi unjuk kerja mesin sepeda motor meliputi daya indikasi, tekanan indikasi, pemakaian bahan bakar dan effisiensinya. Variasi filter modifikasi memberikan pengaruh lebih baik dibanding variasi tanpa filter dan variasi filter standar. Semua variabel ini semakin naik jika putaran mesin bertambah besar. Variasi filter modifikasi menghasilkan variabel yang lebih besar dibandingkan variasi tanpa filter dan selanjutnya variasi filter standar. Kata kunci : karburator, filter, daya, tekanan, pemakaian bahan bakar, efisiensi
ALAT PENGHEMAT BAHAN BAKAR BERBASIS ELEKTROMAGNET Toni Dwi Putra
PROTON Vol. 2 No. 2: Oktober 2010
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v2i2.226

Abstract

Alat penghemat bahan bakar premium yang berupa medan elektromagnet yang di beri kumparan di letakan setelah filter bahan bakar sebelum bahan bakar masuk ke karburator. Elektromagnet dapat memecah ion-ion yang mengumpal dalam bahan bakar. Percobaan dilakukan 4 kali dalam waktu 60 menit dengan interval pengukuran konsumsi bahan bakar setiap 5 menit. Setelah semua data diperoleh, dengan menggunakan uji F di peroleh hasil bahwa Alat dapat di pasang pada semua jenis kendaraan berbahan bakar premium dengan aman dan pembuatan sangat murah. Bila pemakaian kendaraan sesuai dengan standart operasi maka penghematan bahan bakar dapat mencapai 20,3 %.Kata kunci : Elektromagnet, Penghematan, Premium
PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR BENSIN DAN ALKOHOL DENGAN MENGGUNAKAN ELEKTROMAGNET TERHADAP PERFORMANCE MESIN Indah Dwi Endyani; Toni Dwi Putra
PROTON Vol. 2 No. 2: Oktober 2010
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v2i2.227

Abstract

Transportasi darat, laut dan udara semakin bertumbuh kepadatan semakin meningkat sehingga timbul permasalahan kebutuhan bahan bakar untuk kendaraan, perlu adanya sumber energi selain bensin. Alkohol adalah salah satu sumber energi yang dapat diperbaharui untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. modifikasi sistem pada motor bakar bensin diperlukan untuk menghemat bahan bakar, salah satunya dengan metode elektromagnet yang dipasang pada saluran bahan bakar. Tujuanya untuk mengetahui pengaruh campuran bahan bakar bensin dan alkohol terhadap kinerja motor bakar bensin dengan menggunakan elektromagnet. Dengan variasi campuran bahan bakar bensin dan alkohol menggunakan elektromagnet dapat menghemat bahan bakar pada komposisi campuran bensin 90:10 sebesar 19.167 ml/menit, sedangkan kenaikan daya terjadi pada campuran bahan bakar 90:10 sebesar 13.96 hp. Tekanan pada setiap campuran bahan bakar sama, sedangkan kenaikan efisiensi paling tinggi terjadi pada komposisi 90:10 sebesar 13.39%. Kata kunci : bensin, alkohol, elektromagnet, daya
PENGARUH PEMANASAN BAHAN BAKAR DENGAN RADIATOR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA MESIN BENSIN Agus Suyatno
PROTON Vol. 2 No. 2: Oktober 2010
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v2i2.228

Abstract

Proses pembakaran bahan bakar di dalam silinder dipengaruhi oleh: temperatur, kerapatan campuran, komposisi, dan turbulensi yang ada pada campuran. Apabila temperatur campuran bahan bakar dengan udara naik, maka semakin mudah campuran bahan bakar dengan udara tersebut untuk terbakar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanasan bahan bakar dengan media radiator terhadap konsumsi bahan bakar dan kinerja Motor bakar bensin jenis daihatsu hijet 1000. Bahan bakar yang telah dipanaskan lewat radiator mempunyai keuntungan yaitu menghemat bahan bakar, sebelum dipanaskan sebesar 42 ml/s setelah dipanaskan menjadi 25.8 ml/s pada putaran 2000 rpm. daya efektif yang dihasilkan juga meningkat,sebelum dipanaskan sebesar 18.521 kg/cm2 setelah dipanaskan sebesar 20.949 kg/cm2 pada putaran 2500 rpm. Kata kunci: Konsumsi Bahan Bakar, Kinerja Radiator
PENGARUH KOMBINASI BAHAN BAKAR BIOPREMIUM DAN OLI SAMPING TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 2 TAK JENIS VESPA 81 Suriansyah - -
PROTON Vol. 2 No. 2: Oktober 2010
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v2i2.229

Abstract

Salah satu permasalahan dalam industri automotive adalah dampak gas buang yang dihasilkan dari proses pembakaran yang terjadi pada mesin. Pada kendaraan sepeda motor 2 tak jenis vespa yang menggunakan oli samping sebagai campuran bahan bakarnya, tentu gas buang yang ditimbulkan sangat berpengaruh terhadap udara sekitar. Untuk mengurangi / memperkecil dampak polusi udara yang ditimbulkannya, untuk itu dari hasil pengujian dan penelitian terhadap kombinasi bahan bakar dan oli samping pada sepeda motor 2 tak jenis vespa 81, maka didapat campuran bahan bakar 97% biopremium dan 3% oli Evalube 2T prosynthetic, pada putaran mesin 3000 rpm, dengan Torsi 0.05 kg.m. Menghasilkan gas buang CO2 meningkat, sedang gas buang CO dan HC kadarnya menurun. Tingginya kadar Carbon dioksida (CO2) dan rendahnya kadar Hidro Carbon (HC) menunjukkan bahwa proses pembakaran dalam ruang bakar hampir sempurna, Rendahnya kadar Carbon monoksida (CO) tersebut akan mengurangi dampat gas buang yang bersifat racun bagi kehidupan, sehingga masalah pencemaran udara dapat dikurangi atau teratasi.. Kata kunci : Sepeda motor vespa, mesin 2 Tak, kombinasi Campuran bahan bakar
PENGARUH KOMPOSISI KOLEKTOR BETON COR TERHADAP EFISIENSI PENYERAPAN PANAS Nova Risdiyanto Ismail; Candra Aditya
PROTON Vol. 2 No. 2: Oktober 2010
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v2i2.230

Abstract

Telah banyak dilakukan usaha meningkatkan kinerja kolektor, diantaranya dengan menambahkan batu kerikil, melakukan pelapisan, kolektor model gelombang dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi kolektor beton cor terhadap efisiensi penyerapan panas. Dalam penelitian menggunakan metode eksperimen yaitu menguji komposisi kolektor. Kinerja yang dicari adalah efisiensi penyerapan panas kolektor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi kolektor beton cor terbaik adalah komposisi 223, karena menghasilkan efisiensi tertinggi dibandingkan dengan komposisi yang lain, yaitu sebesar 24,4 %. Kata kunci: pelat penyerap, komposisi beton cor, efisiensi.
PENGGUNAAN CAPTCHA PADA FORM PENDAFTARAN ONLINE PENGGUNAAN CAPTCHA PADA FORM PENDAFTARAN ONLINE Muhammad Sholeh
PROTON Vol. 2 No. 2: Oktober 2010
Publisher : Widyagama University of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31328/jp.v2i2.231

Abstract

Salah satu kelemahan pada form online yang harus benar-benar diperhatikan adalah bagaimana sistem dapat mengetahui yang mengakses form adalah mesin (program) atau pengguna sebenarnya (manusia). Saat ini banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses suatu form secara otomatis, akibat dari pengaksesan ini sistem seolah-olah mendapatkan kiriman dari banyak pengguna padahal pengiriman tersebut dilakukan dengan sistem aplikasi. Agar form dapat membedakan yang mengakses pengguna (manusia) atau mesin (spam), perlu adanya mekanisme untuk melakukan proses filtering. Salah satu filtering yang dapat digunakan adalah mengimplementasikan  captcha (Completely Automatic Turing Test To Tell Computer and Human Apart). Dengan captcha setiap form akan dilengkapi dengan suatu karakter yang unik dan acak. Dengan tampilan teks yang unik dan acak diharapkan mesin tidak dapat melakukan proses pendeteksian sehingga mesin tidak bisa melakukan proses pengiriman data. Hanya pengguna (manusia) yang dapat membaca karakter tersebut sehingga sistem akan meneruskan dalam pengiriman data.   Kata kunci : form, pengguna, captcha 

Page 1 of 1 | Total Record : 8