cover
Contact Name
Mita Yuniati
Contact Email
mitayuniati@unesa.ac.id
Phone
+6285736219539
Journal Mail Official
mitayuniati@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Gedung A3 Lt. 2, Fakultas Teknik - Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Online Tata Busana
Jurnal Online Tata Busana berisi hasil penelitian bidang Fesyen baik di kependidikan maupun non kependidikan. Focus and Scope: - Pendidikan Tata Busana - Fesyen - Tekstil - Kriya tekstil - Teknologi menjahit - Pola Busana - Manajemen dan Kewirusahaan Fesyen
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017" : 5 Documents clear
Karakteristik Produk Busana Muslim yang Diminati Konsumen di Sakinah Bordir Maharani Putri, Indira
Jurnal Online Tata Busana Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v6i1.17350

Abstract

Abstrak Karakteristik produk adalah ciri khusus dari suatu produk yang dapat dibandingkan dengan produk lainnya. Busana muslim adalah busana yang longgar menutup seluruh tubuh kecuali tangan dan wajah sebagai sarana mengamalkan ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk busana muslim yang diminati konsumen di Sakinah Bordir berdasarkan personal order dan sistem produksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan akan menghasilkan data yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik produk busana muslim yang diminati konsumen berdasarkan personal order dan sistem produksi ditinjau dari desain produk dengan ide/ gagasan selalu mengikuti tren dan bukan untuk diproduksi secara masal serta fitur produk terletak pada penerapan desain hiasan pada produk busana muslim. Kata Kunci: Karakteristik produk, busana muslim, minat konsumen. Abstract The Characteristic of the product is a trade from a product that can be compared with other products. And muslims are clothes that loosely cover the body except the hands and face as a means of practicing Islam. The study aims to know the characteristic of the product the muslim fashion of interest of consumers based on personal order and the production system. This type of research that is used is the research descriptive and will produce data that are qualitative. The gathering data with the method of observation and interviews with the use of the instrument of research that are used in the form of instrument observations and the instrument interview. The results showed that the characteristics of the product in muslim fashion of interest of consumers based on personal order and production system is viewed from the product design with the idea that always follow the trend and not to be produced in mass grave and the features of a product which is on the implementation of the design ornaments in the muslim fashion. The key word: The characteristics of the product, the muslim fashion, consumer interest.
Studi Deskriptif Pelatihan Pembuatan Rok Upcycling Celana Jeans di Panti Asuhan Nurul Falah Mojokerto PRASETYANINGSIH, ELOK
Jurnal Online Tata Busana Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v6i1.17583

Abstract

Abstrak Pelatihan pembuatan rok upcycling celana jeans di panti asuhan Nurul Falah Mojokerto diadakan untuk memberikan keterampilan menjahit rok upcycling celana jeans. Tujuan penelitian adalah mengetahui : 1) aktivitas instruktur, 2) aktivitas peserta pelatihan, 3) hasil pelatihan, 4) respon peserta pelatihan pembuatan rok upcycling celana jeans di panti asuhan Nurul Falah Mojokerto. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian 12 remaja putri yang bisa menjahit. Objek penelitian aktivitas instruktur, aktivitas peserta pelatihan, hasil pelatihan, respon peserta pelatihan pembuatan rok upcycling celana jeans di panti asuhan Nurul Falah Mojokerto. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas instruktur selama pelaksanaan pelatihan, persentase 100% dengan kategori sangat baik, 2) aktivitas peserta pelatihan selama pelaksanaan pelatihan, persentase 100% dengan kategori sangat baik, 3) hasil pelatihan memperoleh nilai rata-rata (66-79) sebanyak 67% dengan kategori baik, (80-100) sebanyak 33% dengan kategori sangat baik, 4) respon peserta pelatihan, yang menyatakan “Ya” yaitu 84%, yang menyatakan “Tidak” yaitu 16%. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa seluruh aktivitas instruktur, aktivitas peserta, respon peserta dalam pelatihan pembuatan rok upcycling celana jeans di panti asuhan Nurul Falah Mojokerto diperoleh hasil dengan kategori sangat baik. Hasil pelatihan diperoleh hasil dengan kategori baik. Kata kunci: Pelatihan, pembuatan rok, upcycling celana jeans. Abstract Making upcycling jeans skirt training at Nurul Falah orphanages Mojokerto is aimed to give skirt sewing skills made from upcycling jeans. the purposes of this study are to know: 1) the instructor’s activity, 2) the trainees’ activity, 3) the training result, and 4) the trainees’ response of the making upcycling jeans skirt training at Nurul Falah orphanages Mojokerto. This research used descriptive quantitative. The subject of the study were 12 girls. The object of the study is the instructor’s activity, the trainees’ activity, the training result, and the trainees’ response. The data collection method used observation and questionnaires. The data analysis used the percentage of the instructor’s activity, trainees’ activity, results of the activity and the response of the training. The results of the study shows that 1) the instructor’s activity during the implementation of the training was 100%, categorized as very good, 2) the trainees’ activity during the implementation of the training was 100%, categorized as very good, 3) the averaged value of the training result was (66-79) , or 67 % categorized as good, (80-100) or 33%, categorized as very good, 4) the average renponse of trainees stating “Yes” of response ststatement was 84 %, while stating “No” of response ststatement was 16 %. From the result above, it can be conclude that all of the insturtor’s activity, trainees’ activity, trainees’ response of the making upcycling jeans skirt training at Nurul Falah orphanages Mojokerto could be says in good category. The training result is also in good category. Keywords: Training, making skirt, upcycling jeans.
Pembuatan Media Interaktif Pada Materi Grading Pola Dasar SAADAH, MUNIROTUS
Jurnal Online Tata Busana Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v6i1.17664

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif pada materi grading pola dasar berbasis software articulate studio’13. Selain itu penelitian ini juga bertujuan mengetahui kelayakan media interaktif pada materi grading pola dasar dan mengetahui respon mahasiswa terhadap media interaktif pada materi grading pola dasar. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa DIII Tata Busana angkatan 2015 yang sedang menempuh mata kuliah grading. Metode penelitian yang digunakan adalah Four-D Model yang terdiri dari tiga fase, yaitu : Define, Design, Develop, Desseminate. Namun dalam penelitian ini desseminate tidak digunakan karena penelitian ini masih dalam ruang lingkup yang kecil. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kelayakan media dan angket respon mahasiswa. Analisis data dilakukan dengan penyajian data, analisis tingkat rating, rerata, persentase skor, tabulasi tabel dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kelayakan media interaktif pada materi grading pola dasar yang telah divalidasi dan dengan hasil rating rerata sebesar 95,58% yang termasuk kategori sangat layak, dan berdasarkan hasil angket respon mahasiswa diperoleh hasil rating rerata sebesar 90,97% yang termasuk kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif pada materi grading pola dasar sangat layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah grading. Kata kunci : Media Pembelajaran, Software Articulate Studio’13, Grading Pola Dasar Abstract This research aims to produce a product media interactive of basic pattern grading based software articulate studio’13. In addition, this research also aims to know advisability media interactive of basic pattern grading and see students response about advisability from media interactive of basic pattern grading. The subject research is students of Diploma Fashion design 2015 are taking grading lesson. The method which use four-D model consist of four phases: Define, Design, Develop and Desseminate. But in this research desseminate has not use because this research is still on small range. Technique of accumulation data uses the advisability media questionnaire and students response questionnaire. Analysis method used presentation data, rating level analysis, average, score precentage, tabel of tabulation and conclusion. This result is advisability of media interactive of basic pattern grading has been validated with the average rating 95,58% that included in very advisability category, and result of students response get average rating 90,58% that included in very advisability category. This conclusion of media interactive of basic pattern grading is very advisability to use in grading lesson. Keyword: Learning, Media, Articulate Studio, Pattern, Grading.
Pelatihan Teknik Ikat Celup Padat-Shirt Bagi Siswa di SMALB-B Karya Mulia Surabaya MARTA MONIKA, CHONILA
Jurnal Online Tata Busana Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v6i1.18041

Abstract

Abstrak Sekolah Luar Biasa Bagian B adalah lembaga pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena mengalami gangguan pendengaran dan komunikasi. Mereka perlu dibekali keterampilan agar kelak setelah lulus sekolah mereka dapat hidup mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Kegiatan tersebut diupayakan bagi siswa di SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Karya seni budaya siswa di SMALB-B tersebut meliputi lukisan dan batik, namun faktanya pembuatan motif atau membatik dapat juga dilakukan dengan teknik ikat celup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pelatih, hasil jadi teknik ikat celup pada t-shirt dan respon peserta. Jenis penelitianiniadalahpre-experimental design dengan rancangan penelitian One Shoot Case Study. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa di SMALB-B tersebut. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan metode angket. Metode analisis data yang digunakan adalah mean untuk aktivitas peserta dan hasil jadi teknik ikat celup, dan persentase untuk respon peserta.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pelatih diperoleh meanrata-rata 3,7 dengan kategori baik. Hasil jadi teknik ikat celup pada t-shirt ditinjau dari 3 aspek yaitu, 1) Ketepatan teknik pembuatan diperoleh nilai rata-rata 91,8 dengan kategori sangat baik, 2) Ketepatan peletakkan motif diperolehnilai rata-rata 92,3 dengan kategori sangat baik, 3) Kesesuaian warna diperoleh nilai rata-rata 90,5 dengan kategori baik. Pada respon peserta pelatihan diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Pelatihan, Teknik Ikat Celup, T-Shirt Abstract Extraordinary school part B is an educational institution for students had the difficulty in following the learning procces because hearing impaiments and communication. They need get other skills, so that one day after they graduate from school they can live independent and not depen on others people. That activty to attain a certain aim for students in Extraordinary Senior High School-B Karya Mulia Surabaya. The culture art work of students in Extraordinary Senior High School-B are painting and batik, but in fact making a motive or membatik can also making tie-dying. The purpose of this study was to determine the activity of the trenee, and how the result of tie-dying on t-shirt and the response of the paticipants. The type of this research use pre-experimental design with one shoot case study. The subject were 15 students in Extraordinary Senior High School-B. The methode of collecting data by observation and questionarie. The methode of analysis data used in the form of an average for the trenee activity and result of tie-dying on t-shirt and percentage to response of the participants.The result of this research is the trenee activity an average score of 3,7 in good categories. There are three aspects of result tie-dying on t-shirt, such as 1) Accurary making techniques obtained average score 91,8 with very good category, 2) Accurary laying motive obtained average score 92,3 with very good category, 3) Compatibility colour obtained average score 90,5 with good category. And response of participants obtioned a percentage of 94% with very good category. Keyword: Training, Tie-dying, T-Shirt
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Sub Kompetensi Membuat Pola Rok Sesuai Ukuran Standar di Kelas XI Busana Butik 5 SMK Negeri 6 Surabaya HASANAH, NUR
Jurnal Online Tata Busana Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jurnal-online-tata-busana.v6i1.18341

Abstract

Abstrak Model pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah model pembelajaran yang disusun dengan menggabungkan pembelajaran secara berkelompok dan individu. Tujuan penelitian model pembelajaran kooperatif tipe TAI ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa pada sub kompetensi membuat pola rok dengan menggunakan ukuran standar. Penelitian ini mencakup enam fase, yaitu menyampaikan tujuan, menyajikan informasi, mengorganisasi siswa ke dalam kelompok belajar, membimbing kelompok belajar, evaluasi, dan refleksi, serta memberikan penghargaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental Design, dengan menggunakan desain penelitian The One Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digu-nakan adalah metode tes dengan instrumen penelitian yaitu lembar soal untuk, lembar soal yaitu tes kognitif dan psikomotor yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji Chi Square dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar siswa pada sub kompetensi membuat pola rok dengan menggunakan ukuran standar. Terbukti dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada pre-test dan post test. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar siswa siswa di kelas XI Busana Butik 5 SMK Negeri 6 Surabaya. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, hasil belajar siswa, sub kompetensi membuat pola rok dengan menggunakan ukuran standar Abstract Team assisted individualization cooperative learning is a learning model which is arranged by combining groups and individuals instruction. The purpose of the study is to find out the impact of TAI cooperative learning towards the students’ learning achievement in the making of used standardized skirt pattern sub competency. This study has six phases, those are conveying the purpose, delivering information, organizing students in study groups, guiding study groups, evaluating, reflecting, and giving rewards. The type of this research is Pre Experimental Design using The One Group Pretest-Posttest design. The data collection used in this study is test method, and the instruments used are cognitive and psychomotor test worksheets to find out the students’ learning achievement. The data analysis used is quanttative analysis Chi Square, and data analysis by SPSS 18 series. The result shows that there is influence towards the implementation of team assisted individualization cooperative learning in the sub competency of standardized skirt pattern making. It is proven by the different results of students’ learning between pre-test and post-test. Therefore, it can be stated that there is significant influence towards the implementtation of team assisted individualization cooperative learning in the sub competency of used standardized skirt pattern making to the XI fashion boutique 5 graders of SMK Negeri 6 Surabaya. Keywords: Team assisted individualization cooperative learning, student’s learning achievement, sub competency of used standardized skirt pattern making

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Online Tata Busana Juli 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Online Tata Busana Maret 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Online Tata Busana November 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Online Tata Busana Juli 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Online Tata Busana Maret 2024 Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Online Tata Busana November 2023 Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Online Tata Busana Juli 2023 Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Online Tata Busana Maret 2023 Vol. 11 No. 3 (2022): Jurnal Online Tata Busana November 2022 Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Online Tata Busana Juli 2022 Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Online Tata Busana Maret 2022 Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Online Tata Busana Juli 2021 Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Online Tata Busana Maret 2021 Vol. 10 No. 3 (2021): Jurnal Online Tata Busana November 2021 Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Online Tata Busana Desember 2020 Vol. 9 No. 2 (2020) Vol. 9 No. 1 (2020) Vol. 8 No. 3 (2019) Vol. 8 No. 2 (2019) Vol. 8 No. 1 (2019) Vol. 7 No. 1 (2018): Volume 7, Nomor 1, Edisi Yudisium Februari 2018 Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Online Tata Busana Maret 2018 Vol. 7 No. 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2017): Volume 6, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2017 Vol. 6 No. 2 (2017): Volume 6, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2017 Vol. 6 No. 1 (2017): Volume 6, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2017 Vol. 5 No. 3 (2016): Volume 5, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2016 Vol. 5 No. 2 (2016): Volume 5, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2016 Vol. 5 No. 1 (2016): Volume 5, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2016 Vol. 4 No. 3 (2015): Volume 4, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2015 Vol. 4 No. 2 (2015): Volume 4, Nomor 2, Edisi Yudisium Mei 2015 Vol. 4 No. 1 (2015): Volume 4, Nomor 1, Edisi Yudisium Pebruari 2015 Vol. 3 No. 3 (2014): Volume 3, Nomor 3, Edisi Yudisium Agustus 2014 Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Online Tata Busana Mei 2014 Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2014 Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Online Tata Busana Agustus 2013 Vol. 2 No. 2 (2013): Jurnal Online Tata Busana Mei 2013 Vol. 2 No. 1 (2013): Jurnal Online Tata Busana Pebruari 2013 More Issue