cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Perpustakaan
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021): Januari 2021" : 5 Documents clear
Kajian variasi konten tiktok brentwood public library (@brenlibny) sebagai media promosi perpustakaan Fadilla Annisa Dewanti
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 10, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi khususnya teknologi komunikasi massa mulai mengalami berbagai perkembangan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi yang terus berkembang. Teknologi komunikasi massa membantu masyarakat dalam berbagai hal, terutama promosi melalui online. Media promosi perpustakaan semakin beragam, salah satunya adalah penggunaan media sosial yaitu Instagram sebagai sarana promosi. Penggunaan Instagram merupakan salah satu media promosi perpustakaan yang efektif terkait dengan bagaimana konten dibagikan oleh perpustakaan UDINUS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten Instagram sebagai promosi perpustakaan berdasarkan teori bauran pemasaran menurut Philip Kotler sehingga diperoleh hasil bahwa Instagram dapat digunakan sebagai media promosi perpustakaan yang menjangkau masyarakat luas.
Pemanfaatan fitur reels di Instagram sebagai media promosi di Perpustakaan Kabupaten Semarang Itmamul Chabibah
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 10, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Instagram merupakan salah satu social media yang sedang disukai oleh banyak orang di era sekarang ini. Instagram memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Salah satunya adalah reel. Perpustakaan Kabupaten Semarang memanfaatkan fitur reel yang ada di Instagram untuk mempromosikan perpustakaan. Maka dari itu, peneliti akan mengamati bagaimana pemanfaatan fitur reel yang dilakukan oleh pustakawan Perpustakaan Kabupaten Semarang sebagai media promosi Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Pengambilan data menggunakan cara observasi pada akun Instagram Perpustakaan Kabupaten Semarang serta menggunakan literatur dari jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Perpustakaan Kabupaten Semarang memanfaatkan fitur reel Instagram dengan meng upload video-video kegiatan yang dilakukan di Perpustakaan lalu, ada video Pendidikan Pemakai dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan atau bahan evaluasi bagi pihak Perpustakaan khususnya pustakawan yang mengelola akun social media Perpustakaan agar kegiatan promosi yang dilakukan kedepannya menjadi lebih baik
Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Hapsari Dewi Saraswati
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 10, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi khususnya teknologi komunikasi massa mulai mengalami berbagai perkembangan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat akan informasi dan komunikasi yang terus berkembang. Teknologi komunikasi massa membantu masyarakat dalam berbagai hal, terutama promosi melalui online. Media promosi perpustakaan semakin beragam, salah satunya adalah penggunaan media sosial yaitu Instagram sebagai sarana promosi. Penggunaan Instagram merupakan salah satu media promosi perpustakaan yang efektif terkait dengan bagaimana konten dibagikan oleh perpustakaan UDINUS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten Instagram sebagai promosi perpustakaan berdasarkan teori bauran pemasaran menurut Philip Kotler sehingga diperoleh hasil bahwa Instagram dapat digunakan sebagai media promosi perpustakaan yang menjangkau masyarakat luas.
Bauran Pemasaran pada Media Sosial dan Website Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta Rani Amanda Febriyanti
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 10, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi menyebabkan eksistensi perpustakaan terancam apabila tidak dapat mengikuti kebutuhan masyarakat, terutama perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi berfungsi untuk membantu perguruan tinggi tersebut dalam mencapai tujuan Tri Dharma Pendidikan sehingga berbagai bahan pustaka dan layanan yang ada harus menyesuaikan kebutuhan civitas akademika. Apabila perpustakaan perguruan tinggi telah dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut, cara selanjutnya agar eksistensi perpustakaan tetap terjaga yaitu dengan memasarkan fasilitas berupa layanan dan bahan pustaka kepada masyarakat akademik perguruan tinggi. Perpustakaan merupakan organisasi nirlaba sehingga keuntungan dari dilakukannya pemasaran tersebut bukan menarik biaya dari pemustaka, tetapi kegiatan bermanfaat berupa pemenuhan kebutuhan informasi yang diinginkan. Dengan berkembangnya zaman, pemasaran mudah diakses dimana saja, terutama pada sosial media sehingga perpustakaan perguruan tinggi sedang gencar-gencarnya mengelola sosial media dan website sebagai sarana promosi perpustakaan. Pemasaran tersebut membutuhkan suatu strategi pemasaran (marketing mix) supaya promosi dapat berjalan lancer. Pada artikel ini akan membahas mengenai bauran pemasaran pada media sosial dan website Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui promosi yang dilakukan terhadap perpustakaan yang dimiliki agar ekstensinya tetap terjaga. Metode penelitian dilakukan melalui literature review dari berbagai jurnal sejenis sebelumnya serta observasi online melalui internet
Promosi Perpustakaan Sebagai Teknik Marketing Pada Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka Aldina Anjani
Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 10, No 1 (2021): Januari 2021
Publisher : Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebuah instansi atau lembaga tentunya memiliki visi dan misi tertentu. Dalam menjalankan visi dan misi yang sudah ada dalam Rencana Strategis yang sudah disusun diperlukan proses marketing. Marketing perlu dijalankan sebab berguna bagi kelangsungan perpustakaan maupun dampakanya dapat dirasakan oleh pemustaka itu sendiri. Ada berbagai strategi Marketing yang dapat diterapkan, salah satunya adalah dengan melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan dengan cara offline  maupun online. Terlebih lagi pada saat ini kebanyakan pemustaka sudah menggunakan kecanggihan teknologi yang ada. Sehingga promosi online dirasa menjadi pilihan yang tepat dalam melakukan promosi dari pihak Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka. Maka dari itu artikel ini hadir untuk mengetahui strategi marketing seperti apa yang sudah dilakukan oleh Balai Layanan Perpustakaan Grhatama Pustaka.

Page 1 of 1 | Total Record : 5