cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL BERKALA ILMIAH EFISIENSI
ISSN : 08536708     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, sebagai media informasi, penelitian dan karya ilmiah dalam bidang Ilmu Ekonomi, Ekonomi Perencanaan, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Moneter, Ekonomi Publik, Ekonomi Perusahaan dan Ekonomi Keuangan, yang berasal dari para pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat umum. Jurnal ini terbit minimal tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan Pebruari, Juni, Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7" : 10 Documents clear
PENGARUH PENEMPATAN DAN BEBAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA (DISPORA) MANADO Paat, Christy S. G.
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penempatan dan beban kerja terhadap prestasi kerja pegawai. Peneliti ini dilaksanakan pada Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Manado. Jumlah sampel yang diambil berjumlah 40 orang yang berasal dari pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Manado. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji F dan uji t. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan regresi linier berganda (Multi Regression Test). Perhitungan statistik dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 20. Dari hasil penelitian, dapat diketahui variabel penempatan (X1) dan beban kerja (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi kerja (Y). Hal ini berdasarkan hasil perhitungan analisa regresi berganda Fhitung = 7,032 > Ftable 3,25 dengan tingkat signifikan p-value = 0,000 < 0,05. Variabel penempatan (X1) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap prestasi kerja (Y), yang ditunjukan dengan thitung = 1,465 < 1,68709 dan signifikansi p-value = 0,151 > 0,05. Sedangkan variabel beban kerja (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja (Y), yang ditunjukan dengan thitung=  2,265 > 1,68709 dan signifikansi p-value = 0,029 < 0,05.
THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, SERVICE QUALITY AND PERCEIVED PRICE ON CONSUMER PURCHASE INTENTION (CASE STUDY: PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) MANADO) Terok, Yolanda Laura
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Business in Indonesia is developing rapidly as well as consumers’ demands. The increase of consumers’ demands is a big opportunity for enterprises so they will not waste the chance to offer their products and services to fulfill the increasing demands. Due to the rapid growth of business in Indonesia, service sector also follows the development. The objective of this research is to analyze the influence of brand image, service quality and perceived price on consumer purchase intention of JNE shipping service. The method of analysis used in this research is ordinal regression analysis. The sampling method is simple random sampling and the number of sample of this research is 110 respondents. The results of the analysis are brand image, service quality and perceived price have positive relationship on consumer purchase intention of JNE shipping service. Based on parallel estimates and F test, all independent variables significantly influence the independent variable both simultaneously and partially. JNE should maintain the good relationship with customers and its professional performance to keep the customers’ good perception about the company and also JNE should make the price more compatible with the service and benefits so the purchase intention of consumer will increase.
ANALISIS EFEKTIVITAS DAN STRATEGI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PEDESAAN PERKOTAAN (PBB-P2) DI DINAS PENGELOLA KEUANGAN PENDAPATAN DAN ASET KABUPATEN MINAHASA SELATAN Rumengan, Indah K.
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Pasal 77 mengenai Peralihan Pajak Bumi dan Bangunan dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah. Dengan peralihan tersebut, penerimaan dari PBB 100% akan masuk ke PAD Kabupaten/Kota. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas PBB-P2 dalam pelaksanaan rencana strategi penerimaan PBB-P2 dan SOP penagihan-pembayaran PBB-P2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat induktif dan objektif dimana data yang diperoleh berupa angka-angka pernyataan yang dinilai analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa target realisasi kurang efektif pada tahun 2014 dan bahkan tidak efektif pada tahun 2015, sedangkan rencana strategi dan SOP penagihan-pembayaran sudah diterapkan dengan baik walaupun masih banyak hambatan-hambatan yang terjadi dalam pemungutan PBB-P2. Pemerintah Kabupaten sebaiknya lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang masih kurang mengerti tentang pentingnya membayar pajak, agar supaya pada tahun-tahun selanjutnya penerimaan PAD dapat meningkat.
THE INFLUENCE OF CUSTOMER PERCEPTION AND CUTOMER ATTITUDE ON CUSTOMER PURCHASE INTEN-TION OF ZALORA ONLINE SHOP IN MANADO Tangkere, Imanuela Hana
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The user of the internet has been increasing significantly from year to year. The Internet is, not only, used to find information and communication, but the internet is also used for browsing like fashion products. Many people prefer online goods because of its simplicity, saving time and comfort. The development of E-Commerce in Indonesia at this time is very fast. There are many online shops that can be an option for us in buying and selling goods.The online shop is a medium that allows the customer to purchase goods or services directly from sellers with media on the internet using a web browser.  Nowadays, many online shops are competing to attract the attention of customers. Zalora is one of the online shop site which is very sought by most of the people in Indonesia, especially in Manado city because Zalora sells fashion products for men and women. Zalora Online Shop sells many variants of products from various brands.This research is aimed to analyze simultaneously and partially influence of customer perception and customer attitude on customer purchase intention of Zalora online shop . Theories supporting research are customer perception, customer attitude and customer purchase intention. The population refers to Zalora customers in Manado city with sample size as many as 150 respondents. The sample will be Random Sampling, in order to get results quickly and efficiently obtain the information needed in this research. This research used quantitative analysis by using questionnaires and used Ordinal Regression Analysis. Result and conclusion show customer perception and customer attitude have significant and positive influence on customer purchase intention. Finally, future research should add more variable or interviewing to make a better result for the influence on purchase intention.
ANALYZING THE CUSTOMER DECISION MAKING ON USING KARTU HALO TELKOMSEL IN MANADO BASED ON PSYCHOGRAPHIC SEGMENTATION Rarung, Prischa
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The new inventions in communication technology caused the industries development in telecommunication aspect grows rapidly. Telkomsel is a telecommunication service company that runs in GSM (Global System for Mobile Communication) basis which offer some kind of cellular cards to the consumers. This research is conduct in Manado, North Sulawesi. The objectives of this research are to analyze the customer decision making on using Kartu Halo based on psychographic segmentations, partially and simultaneously. This research is the causal type of research where it will investigate the influence of factors towards decision making on using Kartu Halo. Use multiple regression models to answer the research problem. The population in this study is a consumers of Kartu Halo, whereas samples taken by each respondent 100 respondents. The hypothesis testing, this research conduct a conclusion of there is a significant influence of Attitude, Value and Lifestyle simultaneously and there is a significant influence of Lifestyle partially on customer decision making on using Kartu Halo. This study reveals that customers lifestyle has a strong influence factors in order to use Kartu Halo.
EVALUASI PELAKSANAAN PEKERJAAN TERHADAP KINERJA GURU SERTIFIKASI PADA SMP KATOLIK HATI KUDUS KAROMBASAN MANADO Worotikan, Raymond S.
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap pelaksanaan pekerjaan di SMP Katolik Hati Kudus Karombasan. Metode penelitian kualitatif, di SMP Katolik Hati Kudus Karombasan Manado. bulan April 2016. Populasi: pimpinan, guru, serta murid. Informan penelitian pimpinan 1 orang, guru 2 orang, siswa 2 orang. Analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian evaluasi pelaksanaan pekerjaan terhadap kinerja guru sertifikasi dilihat dari empat kompetensi utama yaitu kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial guru tersebut telah melakukan pekerjaan dengan baik dan sesuai standar pendidikan nasional. Evaluasi pelaksanaan pekerjaan guru sertifikasi telah memenuhi standar pelaksanaan tugas tambahan pada beban kerja guru yaitu memenuhi minimal tatap muka minimal dan maksimal yang disyaratkan dalam undang-undang dan ketentuan yang berlaku, serta memenuhi standar minimal tatap muka untuk guru sertifikasi. Kinerja guru sertifikasi lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran, lebih berani dalam mengambil risiko, mampu menetapkan tujuan mengajar, mampu menetapkan rencana kerja, mampu menerima saran dan kritik, serta cerdas dalam mencari peluang merealisasikan rencana. Saran: guru yang sudah disertifikasi agar terus mempertahankan kinerja dan terus meningkatkan kinerja yang ada sehingga lebih baik. Untuk pemerintah sebagai user agar pencairan tunjangan sertifikasi dapat dilakukan setiap bulan. Dari sisi guru perlu ada peningkatan kompetensi dengan mengikuti pelatihan dan terus mengikuti informasi tentang metode pembelajaran terkini yang efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar dan memahami mata pelajaran yang diajarkan.
PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA PT. NATIONAL NOBU BANK AREA MANADO) Laoh, Chres F. P
JURNAL BERKALA ILMIAH EFISIENSI Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Manajemen Pengetahuan, Kemampuan dan Sikap Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. National Nobu Bank Area Manado. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dan menggunakan metode kuantitatif yang memakai analisis regresi berganda sebagai alat analisis. Kuesioner disebar ke seluruh 61 karyawan di PT. National Nobu Bank Area Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Pengetahuan secara parsial tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan, sementara Kemampuan dan Sikap Kerja secara parsial memberikan pengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Secara simultan, Manajemen Pengetahuan, Kemampuan dan Sikap Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPENSASI DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN SULAWESI UTARA) Faysica, Magdalena
JURNAL BERKALA ILMIAH EFISIENSI Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan faktor yang sangat penting, terutama bagi suatu organisasi atau perusahaan. Mengingat begitu pentingnya peranan Sumber Daya Manusia dalam suatu perusahaan, sudah sepatutnya jika suatu organisasi atau perusahaan memperhatikan aspek-aspek kerja yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia. Dalam meningkatkan kepuasan kerja karyawan berbagai cara dapat dilakukan misalnya, dengan melalui motivasi kerja, pemberian kompensasi yang layak dan promosi jabatan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kompensasi, dan promosi jabatan terhadap kepuasan kerja karyawan pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Utara. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 74 karyawan dengan metode sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan motivasi kerja, kompensasi dan promosi jabatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, secara parsial motivasi kerja berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kepuasan kerja.
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENEMPATAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. INDUSTRI KAPAL INDONESIA, BITUNG Prabowo, Bambang Permadi Saputra
JURNAL BERKALA ILMIAH EFISIENSI Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen sumber daya manusia dipandang sebagai peranan yang cukup penting diranah industri, manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang mencakup evaluasi terhadap kebutuhan, mendapatkan orang-orang untuk memenuhi kebutuhan itu, dan mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang penting tersebut dengan cara melihat latarbelakang pendidikan atau kemampuan dan penugasan yang tepat, agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari organisai tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan penempatan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Industri Kapal Indonesia, Bitung. Sampel yang digunakan hanya pada pegawai tetap pada PT. Industri Kapal Indonesia, Bitung yang berjumlah 53 orang karyawan. Pengambilan data melalui penyebaran kuisioner. Metode Penelitian yang digunakaan adalah metode Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan tingkat pendidikan dan penempata berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Secara parsial tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja, dan penempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja pada PT. Industri Kapal Indonesia, Bitung.
A COMPARISON ANALYSIS OF PURCHASE DECISION OF WOMEN COSMETIC PRODUCTS IN MANADO (CASE STUDY KOREAN COSMETIC AND INDONESIAN COSMETIC BRAND) BURHANUDDIN, HELMY CABRINA
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The lifestyle nowadays has been changing rapidly along with the development of globalization. Every year, the perspective of beauty is always growing, not only as a desire or wants but it has become daily needs for all women and it has been one of the most important beauty hallmarks. It could even be said that women and cosmetic are inseparable. Women are very concerned about skin and beauty and want to always look good and fresh. The objective of this research is to analyze the difference in purchase decision between Korean Cosmetic Brand and Indonesian Cosmetic Brand on Price, Social Influences, Celebrity Endorsement, and Product Packaging. The method analysis on this research is Independent T-Test to compare Korean Cosmetic and Indonesian Cosmetic Brand in Manado. The sampling method is convenience sampling as many as 200 respondents. The result concluded that there is no significant difference in purchase decision on price and social influence between Korean cosmetic brand and Indonesian cosmetic brand, but there is a significant difference in purchase decision on celebrity endorsement and product packaging between Korean cosmetic brand and Indonesian cosmetic brand. The research recommend the marketers of both brands, which are Korean cosmetic brand and Indonesian cosmetic brand, should consider more on the factors that influence the purchase decision.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 25 No. 1 (2025) Vol. 24 No. 7 (2024) Vol. 24 No. 6 (2024) Vol. 24 No. 5 (2024) Vol. 24 No. 4 (2024) Vol. 24 No. 3 (2024) Vol. 24 No. 2 (2024) Vol. 24 No. 1 (2024) Vol. 23 No. 10 (2023) Vol. 23 No. 9 (2023) Vol. 23 No. 8 (2023) Vol. 23 No. 7 (2023) Vol. 23 No. 6 (2023) Vol. 23 No. 5 (2023) Vol. 23 No. 4 (2023) Vol. 23 No. 3 (2023) Vol. 23 No. 2 (2023) Vol. 23 No. 1 (2023) Vol. 22 No. 8 (2022) Vol. 22 No. 7 (2022) Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 7 (2021) Vol 21, No 6 (2021) Vol 21, No 5 (2021) Vol 21, No 4 (2021) Vol 21, No 3 (2021) Vol 21, No 2 (2021) Vol 21, No 1 (2021) Vol 20, No 03 (2020) Vol 20, No 02 (2020) Vol. 20 No. 01 (2020) Vol 19, No 04 (2019) Vol 19, No 03 (2019) Vol 19, No 02 (2019) Vol 19, No 02 (2019) Vol 19, No 01 (2019) Vol 19, No 01 (2019) Vol 18, No 01 (2018) Vol 18, No 01 (2018) Vol 18, No 6 (2018) Vol 18, No 6 (2018) Vol 18, No 5 (2018) Vol 18, No 5 (2018) Vol 18, No 4 (2018) Vol 18, No 4 (2018) Vol 18, No 3 (2018) Vol 18, No 3 (2018) Vol 18, No 2 (2018) Vol 17, No 01 (2017): Jilid 02 Vol 17, No 01 (2017): Jilid 02 Vol 17, No 01 (2017): Jilid 01 Vol 17, No 01 (2017): Jilid 01 Vol 17, No 02 (2017) Vol 17, No 02 (2017) Vol 17, No 3 (2017) Vol 17, No 3 (2017) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 818 - 933) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 649 - 817) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 493 - 648) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 328- 492) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 159 - 327) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 01 - 158) Vol 16, No 4 (2016): Jilid 11 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 11 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 10 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 10 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 9 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 9 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 6 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 6 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 2 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 2 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 1 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 9 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 9 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 8 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 7 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 7 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 6 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 2 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 1 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 1 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 6 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 2 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 1 Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 777-952) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 777-952) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 667 - 817) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 667 - 776) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 496 - 665 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 496 - 634 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 334 - 495) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 334 - 495) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 221-333 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 109 - 220 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 109 - 220 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (page 366 - 516 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (page 366 - 516 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (page 245 - 365 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (page 245 - 365 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 01 - 108 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 01 - 108 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi ( page 01 - 244 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi ( page 01 - 244 ) Vol 15, No 02 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 02 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 01 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 01 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 3 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 3 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14, No 3 (2014): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14 no. 3 - Oktober 2014 Vol 14, No 01 (2014): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14, No 3 (2014): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14, No 2 (2014): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14, No 2 (2014) More Issue