cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL BERKALA ILMIAH EFISIENSI
ISSN : 08536708     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, sebagai media informasi, penelitian dan karya ilmiah dalam bidang Ilmu Ekonomi, Ekonomi Perencanaan, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Moneter, Ekonomi Publik, Ekonomi Perusahaan dan Ekonomi Keuangan, yang berasal dari para pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat umum. Jurnal ini terbit minimal tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan Pebruari, Juni, Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8" : 10 Documents clear
STRES KERJA SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KARYAWAN BERDASARKAN GENDER (STUDI PADA KARYAWAN PT. BANK DANAMON, TBK MANADO) Frichilia, Claudia
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menguji hubungan Stres Kerja dengan Kinerja Karyawan.Metode penelitian ini bersifat penjelasan dengan alat analisis korelasi koefisien peringkat Spearman. Sampel pada penelitian adalah karyawan di PT. Bank Danamon, Tbk Manado. Stres Kerja diukur dengan empat variabel yaitu Peran Individu, Tuntutan Tugas, Hubungan dalam Organisasi, Faktor Luar Organisasi pada sampel pria dan wanita. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara Peran Individu dengan Kinerja Karyawan pada pria dan wanita. Tuntutan Kerja memiliki hubungan yang signifikan pada Kinerja Karyawan wanita dan tidak pada Kinerja Karyawan pria. Hubungan dalam Organisasi tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan pria dan wanita. Faktor Luar Organisasi memiliki hubungan yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan pria dan wanita.  
EVALUATING THE SERVICE QUALITY OF COFFEE SHOP USING IMPORTANCE AND PERFORMANCE ANALYSIS (CASE STUDY: EXCELSO COFFEE MANADO TOWN SQUARE) Kuhon, Christianti Karmelia
JURNAL BERKALA ILMIAH EFISIENSI Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

All company around the world are moving rapidly and concern their service quality, service quality should got an attention and improved to make customer feel satisfied. This research is conducted in order to analyze the importance of service quality and how is the performance of the service quality of Excelso Coffee Manado Town Square using Importance and Performance Analysis.There are 100 consumer of  Excelso Coffee Manado Town Square taken as the sample of this research by using simple random sampling. Result of this research reveals that the Facilities the only attribute that is very important and the performance level is also high while others attributes have high importance but low performance, low importance but high performance and low importance along with low performance.From that Result researcher suggests that the management of Excelso Coffee Manado Town Square should focus to unimportant attributes and make it important attributes.
THE EFFECT OF CONSUMER PSYCHOLOGY TOWARD CONSUMER BEHAVIOR OF SAMSUNG USER Johanis, Natalia Christina
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the influence of consumer psychology factor which are motivation, perception, learning, belief and attitude toward consumer behavior of Samsung Smartphone in Manado. The method used in this research is the qualitative research methodology with narrative approach which will provide a descriptive insight about consumer psychology. The data for this research were gathered from interview, which the sample is random people with different occupation to get impulsive idea about the effect of consumer psychology. In the finding consumer psychology factor can affecting purchase decision toward Samsung Smartphone, Samsung is expected not only creating innovative product but also emotional bound with customer. Which is maintain customer loyalty.
ANALISIS PERAN KUALITAS INTERAKSI ATASAN DAN BAWAHAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR BERDASARKAN PERSEPSI PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN NASIONAL PROVINSI SULAWESI UTARA Lengkong, Jillyati Sthella
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh Interaksi Atasan dan Bawahan terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) berdasarkan persepsi pegawai di Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian mengenai OCB juga menjadi aspek yang hampir jarang terjadi dalam lingkungan aparatur pemerintahan. Tindakan organizational citizenship behavior dari pegawai muncul oleh karena bentuk kesediaan secara sadar dan sukarela untuk bekerja.Metode penelitian ini menggunakan alat analisis hubungan regresi sederhana. Sampel pada penelitian adalah pegawai di Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa interaksi atasan dan bawahan tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, karena interaksi atasan dan bawahan hanya memainkan perananan yang kecil dalam memunculkan tindakan OCB.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA VIXION (STUDI KASUS PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO) Lokas, Trifena
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan desain terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Vixion pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kualitas produk, promosi dan desain berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Vixion pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh langsung dari konsumen motor Yamaha Vixion pada PT. Hasjrat Abadi Manado berupa jawaban atas pertanyaan dalam kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk dan desain berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor Yamaha Vixion, untuk itu perusahaan harus mempertahankan dan meningkatkan kedua variabel tersebut.
Permintaan Dan Penawaran Beras Di Indonesia (Pada Tahun 2003 – Tahun 2013) Pontoh, Raysitho
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara berkembang di kawasan Asia Tenggara dengan konsumsi beras yang dominan oleh masyarakat. Permintaan yang konstan dari hampir semua masyarakat di Indonesia menjadi dasar pemerintah memberikan perhatian yang lebih dalam persediaan utama dan cadangan logistik untuk komoditas pangan penting ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan permintaan masyarakat, penawaran pengusaha di Indonesia dan hubungan Permintaan masyarakat dan Pengawaran pengusaha di Indonesia untuk komoditas beras pada periode Tahun 2003 sampai dengan Tahun 2013. Jenis penelitian dalam studi ini adalah Penelitian Asosiatif dan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa permintaan masyarakat dan penawaran pengusaha di Indonesia untuk komoditas beras mengalami perubahan yang tidak sama dan hubungan permintaan masyarakat dan pengawaran pengusaha di Indonesia di Indonesia untuk komoditas beras, pada periode Tahun 2003 sampai dengan Tahun 2013 tidak selalu sama.         Pemerintah Pusat Negara Kesatuan Republik Indonesia harus mengevaluasi mekanisme penanaman, pemanenan, distribusi dan penjualan komoditas beras di Indonesia dan perusahaan bahan pangan yang menangani distribusi dan penjualan komoditas beras untuk setiap daerah di Indonesia harus memaksimalkan proses pengumpulan beras dan penjualan komoditas tersebut kepada masyarakat di Indonesia.
THE COMPARISON ANALYSIS BETWEEN SHIPPING FEES AND WITHOUT SHIPPING FEES OF ONLINE SHOP CUSTOMER RETENTION IN MANADO Paputungan, Ridzkiyah Ayu Prasty
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The online shop is a place where people can buy goods and services over the internet. Contrast to offline shop, online shop enthusiasts can shop through different cities and countries. With the cheaper price than offline shop, the online shop reaches the top of the world trade in a short time. This study aim to examine the significant difference between Shipping Fees and Without Shipping Fees of Online Shop Customer Retention in Manado. 100 customers of the online shop were surveyed rondomly as samples. Based on the Data Analysis and Discussion, There is a significant difference in Customer Retention between With Shipping Fees and Without Shipping Fees. Customer Retention of Without Shipping Fees is better than With Shipping Fees.
ANALISIS DUKUNGAN LINGKUNGAN STRATEGI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) BITUNG Mamangkey, Melisa
JURNAL BERKALA ILMIAH EFISIENSI Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kawasan Ekonomi Khusus, adalah kawasan-kawasan yang memiliki keunggulan untuk memaksimalkan kegiatan industri, ekspor, import serta kegiatan ekonomi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan value added yang tinggi. Kota Bitung memiliki langka maju dibidang perekonomian khususnya dibidang perdagangan yakni bidang pengelolaan Industri, Logistik dan Eksport dalam penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis dukungan lingkungan strategi kawasan ekonomi khusus di kota bitung Sulawesi utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif, untuk menganalisis dukungan kebutuhan dalam ketercukupan bahan baku, tenaga kerja, serta perdagangan yang di dalamnya merupakan ekspor impor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jumlah produksi kelapa di Sulawesi Utara sebanyak 284.330 ton per tahun dimana industri besar dengan kapasitas produksi 72.000 ton per tahun, industri sedang 54.000 ton per tahun, dan industri kecil 18.000 ton per tahun. Sedangkan untuk kebutuhan produksi dalam Kawasan Ekonomi Khusus berdasarkan hasil analisis data pada tabel 4.5 menunjukkan bahwa KEK memproduksi kelapa sebanyak 200 ton per hari untuk kapling besar, 100 ton per hari untuk kapling sedang, dan 75 ton per hari untuk kapling kecil yang berarti KEK per tahun mampu memproduksi sekitar 837.000 ton dimana industri besar dengan kapasitas produksi 288.000 ton per tahun, industri sedang 252.000 ton per tahun dan industri kecil 297.000 ton per tahun.
QUALITATIVE STUDY ON SERVICE QUALITY OF PT (X) Suratinoyo, Abdulrahman
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to find out what is the service quality of PT (X) Manado from the customer perspective. This study used stratified random sampling method to ensure that the sample was systematically representative as population frame as the researcher need which are 8 different occupations. This study used generic qualitative inquiry approach by using structured interview as data collection method so enable the interviewer to ask each respondent the same questions in the same way. Structured interview was used to find out respondent’s perceptions and expectations on the service quality of PT (X). The result indicates that all of the five dimensions of service quality performed poorly. Furthermore, the service quality had a negative impact on customer satisfaction and concludes that the service quality deserves improvement.
KOORDINASI DISTRIBUSI RANTAI PASOKAN AYAM PEDAGING (STUDI KASUS PADA PETERNAKAN AYAM DESA TOUNELET SATU KECAMATAN SONDER KABUPATEN MINAHASA) Mongilala, Grathya Pearly
Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8
Publisher : Sam Ratulangi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana model dan bentuk koordinasi aliran distribusi rantai pasokan ayam pedaging di peternakan ayam Desa Tounelet Satu Kecamatan Sonder. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan koordinasi aliran distribusi rantai pasokan ayam pedaging di peternakan ayam Desa Tounelet Satu dimulai dari peternak yang menjual seluruh hasil produksi peternakan kepada perusahaan yang merupakan mitra kerja tetap dari peternak, selanjutnya perusahaan menjual hasil produksi peternakan berupa ayam pedaging kepada pemborong. Pada pemborong ayam pedaging hidup diproses menjadi daging ayam lalu disalurkan kepada pedagang pemborong, pedagang pengecer, rumah makan, supermarket/swalayan, serta pemborong menjualnya langsung kepada konsumen. Dari pedagang pemborong, pedagang pengecer, rumah makan, supermarket/swalayan kemudian menjualnya kembali kepada konsumen. Para peternak sebaiknya mengurangi peran perusahaan dengan cara melakukan kerjasama dan penjualan langsung kepada pemborong, sehingga dengan demikian peternak bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan dengan jalur distribusi yang lebih pendek.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 25 No. 1 (2025) Vol. 24 No. 7 (2024) Vol. 24 No. 6 (2024) Vol. 24 No. 5 (2024) Vol. 24 No. 4 (2024) Vol. 24 No. 3 (2024) Vol. 24 No. 2 (2024) Vol. 24 No. 1 (2024) Vol. 23 No. 10 (2023) Vol. 23 No. 9 (2023) Vol. 23 No. 8 (2023) Vol. 23 No. 7 (2023) Vol. 23 No. 6 (2023) Vol. 23 No. 5 (2023) Vol. 23 No. 4 (2023) Vol. 23 No. 3 (2023) Vol. 23 No. 2 (2023) Vol. 23 No. 1 (2023) Vol. 22 No. 8 (2022) Vol. 22 No. 7 (2022) Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 7 (2021) Vol 21, No 6 (2021) Vol 21, No 5 (2021) Vol 21, No 4 (2021) Vol 21, No 3 (2021) Vol 21, No 2 (2021) Vol 21, No 1 (2021) Vol 20, No 03 (2020) Vol 20, No 02 (2020) Vol. 20 No. 01 (2020) Vol 19, No 04 (2019) Vol 19, No 03 (2019) Vol 19, No 02 (2019) Vol 19, No 02 (2019) Vol 19, No 01 (2019) Vol 19, No 01 (2019) Vol 18, No 01 (2018) Vol 18, No 01 (2018) Vol 18, No 6 (2018) Vol 18, No 6 (2018) Vol 18, No 5 (2018) Vol 18, No 5 (2018) Vol 18, No 4 (2018) Vol 18, No 4 (2018) Vol 18, No 3 (2018) Vol 18, No 3 (2018) Vol 18, No 2 (2018) Vol 17, No 01 (2017): Jilid 02 Vol 17, No 01 (2017): Jilid 02 Vol 17, No 01 (2017): Jilid 01 Vol 17, No 01 (2017): Jilid 01 Vol 17, No 02 (2017) Vol 17, No 02 (2017) Vol 17, No 3 (2017) Vol 17, No 3 (2017) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 818 - 933) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 649 - 817) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 493 - 648) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 328- 492) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 159 - 327) Vol 16, No 1 (2016): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 01 - 158) Vol 16, No 4 (2016): Jilid 11 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 11 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 10 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 10 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 9 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 9 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 8 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 7 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 6 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 6 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 2 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 2 Vol 16, No 4 (2016): Jilid 1 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 9 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 9 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 8 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 7 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 7 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 6 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 2 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 1 Vol 16, No 3 (2016): Jilid 1 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 2 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 6 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 5 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 4 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 3 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 2 Vol 16, No 1 (2016): Jilid 1 Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 777-952) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 777-952) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 667 - 817) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 667 - 776) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 496 - 665 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 496 - 634 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 334 - 495) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 334 - 495) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 221-333 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 109 - 220 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 109 - 220 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (page 366 - 516 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (page 366 - 516 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (page 245 - 365 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi (page 245 - 365 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 01 - 108 ) Vol 15, No 5 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah EFISIENSI (page 01 - 108 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi ( page 01 - 244 ) Vol 15, No 4 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi ( page 01 - 244 ) Vol 15, No 02 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 02 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 01 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 01 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 3 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 3 (2015): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14, No 3 (2014): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14 no. 3 - Oktober 2014 Vol 14, No 01 (2014): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14, No 3 (2014): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 14, No 2 (2014) Vol 14, No 2 (2014): Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi More Issue