cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
E-Journal Graduate
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal elektronik pada Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan media bagi mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian maupun karya pemikiran lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics" : 8 Documents clear
Usulan Alternatif Strategi PT. X Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Oei Venny Febrianti; Marcellia Susan K
E-Journal Graduate Unpar Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics
Publisher : E-Journal Graduate Unpar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.651 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi apa saja yang dapat digunakan PT. X, yakni sebuah perusahaan manufaktur antena, untuk meningkatkan kembali penjualan perusahaan yang menurun drastis selama sepuluh tahun terakhir dengan menganalisis terlebih dahulu lingkungan eksternal dan internal perusahaan guna mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan serta kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Hasil analisis tersebut kemudian diolah menggunakan matrik SWOT, IE, SPACE, dan QSPM guna mengetahui strategi yang tepat bagi PT. X untuk meningkatkan penjualannya kembali.Kata kunci : Strategi, Eksternal, Internal,Metode Deskriptif, Kuesioner,Matrik IE, Matrik SPACE, QSPM.
Pengaruh Harga Emas Dunia, Harga Minyak Dunia dan Nilai Tukar Dolar Amerika/Rupiah Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Pada Periode 2008-2013 Sylvia Handiani
E-Journal Graduate Unpar Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics
Publisher : E-Journal Graduate Unpar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.827 KB)

Abstract

Pada pertengahan tahun 2013, kondisi perekonomian di Indonesia kembali tidak stabil. Nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing melemah, terutama terhadap Dolar Amerika. Harga emas terus mengalami penurunan, sedangkan IHSG mengalami penurunan yang cukup drastis mulai dari Juni 2013 sampai dengan September 2013. IHSG merupakan salah satu indeks yang sering diperhatikan investor ketika berinvestasi di Bursa Efek Indonesia. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti lebih dalam mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap IHSG.Sumber data yang digunakan adalah data mengenai Harga Emas Dunia, Harga Minyak Dunia, Nilai Tukar USD/IDR dan IHSG pada periode 2008-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Analisis Regresi Linier Berganda didukung oleh Uji Kecocokan Model dan Uji Asumsi Klasik.Hasil penelitian ini adalah Harga Emas Dunia berpengaruh secara positif sebesar 2,724 terhadap Indeks Harga Saham Gabungan pada periode 2008-2013, Harga Minyak Dunia berpengaruh secara positif sebesar 16,176 terhadap Indeks Harga Saham Gabungan pada periode 2008-2013, Nilai Tukar USD/IDR berpengaruh secara positif sebesar 0,168 terhadap Indeks Harga Saham Gabungan pada periode 2008-2013 dan Harga Emas Dunia, Harga Minyak Dunia dan Nilai Tukar USD/IDR berpengaruh secara bersama-sama terhadap Indeks Harga Saham Gabungan pada periode 2008 - 2013.Kata Kunci : Harga Emas Dunia, Harga Minyak Dunia, Nilai Tukar USD/IDR, Indeks Harga Saham Gabungan
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Brand Equity Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Kota Bandung Albert Soebianto
E-Journal Graduate Unpar Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics
Publisher : E-Journal Graduate Unpar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.089 KB)

Abstract

Perkembangan dunia otomotif serta pemasarannya pada era globalisasi sekarang ini telah berkembang menjadi begitu kompleks dan begitu penuh dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para pelakunya. Khususnya pada perkembangan industri sepeda motor di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan dengan hadirnya berbagai macam merek yang digunakan oleh perusahaan yang merupakan produsen. PT. Astra Honda Motor selaku produsen sepeda motor Honda terus berupaya memperkuat brand equitynya untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan memproduksi sepeda motor yang mempunyai kualitas, mempunyai pertimbangan ekonomis, dan citra yang ditimbulkan dari produk tersebut yang dinilai dapat menjadikannya berbeda dengan merek para pesaing.Kota Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memiliki masyarakat dengan mobilitas tinggi, adanya mobilitas yang tinggi tersebut mengakibatkan kemacetan di kota Bandung. Untuk menghindari kemacetan masyarakat mencari alternatif kendaraan yang memiliki tingkat kenyamanan dan mampu melewati  kemacetan, kendaraan alternatif yang dipilih masyarakat yaitu sepeda motor. Dengan adanya pilihan sepeda motor yang menjadi kendaraan alternatif oleh masyarakat di kota Bandung menjadi pasar potensial bagi industri sepeda motor dalam memasarkan produk mereka, Honda salah satu dari perusahaan yang ikut andil memasarkan produknya di kota Bandung. Dalam menunjang pemasaran produknya Honda memberikan kualitas produk yang baik pada konsumen untuk meningkatkan ekuitas merek (brand equity) dari merek mereka, untuk memenuhi permintaan konsumen Honda mendirikan dealer – dealer resmi yang ada di kota Bandung.Masalah dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah faktor-faktor brand equity yang terdiri dari kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek dan preferensi merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui metode survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada konsumen sepeda motor merek Honda di kota Bandung dan metode analisis data dilakukan dengan SEM (Structural Equation Model)  menggunakan software Lisrel 8.70.Hasil pengujian menunjukkan bahwa kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek, dan pereferensi merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di kota Bandung. Akan tetapi simultan kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek, dan pereferensi merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di kota Bandung.Kata Kunci : Brand Equity, Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Assosiation, Brand Preference,  Keputusan Pembelian.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN BENGKEL MOBIL SUZUKI NUSANTARA JAYA SENTOSA SOEKARNO-HATTA BANDUNG Agung Budiono
E-Journal Graduate Unpar Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics
Publisher : E-Journal Graduate Unpar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.068 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gap kualitas pelayanan konsumen Bengkel Mobil Suzuki Nusantara Jaya Sentosa Soekarno-Hatta Bandung serta strategi-strategi yang dapat dilakukan perusahaan berdasarkan tingkat kepentingan dan performansinya.Dalam mengukur gap kualitas pelayanan antara harapan dan persepsi konsumen, penelitian ini menggunakan metode SERVQUAL yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml dan Berry (1985), yang mana terdiri dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Penelitian ini terdiri dari 23 atribut pernyataan. Selanjutnya metode yang digunakan dalam menentukan atribut-atribut pernyataan kualitas pelayanan yang perlu diprioritaskan untuk dioptimalkan dengan menggunakan Importance-Performance Analysis melalui diagram kartesius yang dibagi pada empat kuadran.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa nilai rata-rata Total SERVQUAL () menunjukkan angka -0,41, yang mana terdapat gap antara persepsi dengan harapan konsumen Bengkel Mobil Suzuki Nusantara Jaya Sentosa Soekarno-Hatta Bandung. Sedangkan Metode Importance-Performance Analysis menunjukkan bahwa terdapat satu atribut berada di Kuadran A, sembilan atribut berada di Kuadran B, sembilan atribut berada di Kuadran C dan empat atribut berada di Kuadran D. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Importance-Performance Analysis
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI, KOMPETENSI, DAN KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DENGAN KINERJA PEGAWAI PEMERINTAHAN DESA (Studi Kasus : 15 Desa di Kecamatan X Kabupaten Bogor) Handari Pramanitia
E-Journal Graduate Unpar Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics
Publisher : E-Journal Graduate Unpar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.499 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi, kompetensi dan kinerja pegawai pemerintahan desa, serta mengetahui bagaimana kepemimpinan demokratis diterapkan oleh kepala desa di lingkungan kerja. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah  hubungan  antara  motivasi,  kompetensi,  kepemimpinan  demokratis  dengan  kinerja. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pemerintahan desa di Kecamatan X yang berjumlah 103 responden. Data yang dianalisis berasal dari penyebaran kuesioner dan menggunakan analisis deskriptif dan korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki nilai motivasi yang rendah, kompetensi yang sedang, dan kinerja yang rendah. Selain itu, gaya kepemimpinan demokratis yang telah diterapkan termasuk kategori sedang. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara variabel motivasi dengan variabel kinerja sebesar 0.501, dan terdapat hubungan yang lemah dan signifikan antara variabel kompetensi dengan variabel kinerja sebesar 0.353, serta terdapat hubungan yang sedang dan signifikan antara variabel kepemimpinan demokratis dengan variabel kinerja sebesar 0.449. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Keywords : Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan Demokratis, Kinerja
PENGARUH KARAKTER INDIVIDU TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN FRONTLINER DI BCA KCU SOEKARNO-HATTA BANDUNG ERICA GRIFFINIA
E-Journal Graduate Unpar Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics
Publisher : E-Journal Graduate Unpar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.009 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh karakter individu terhadap prestasi kerja karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung. Hal ini dikarenakan, meski semua karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung telah dibekali ilmu pengetahuan yang sama, tetapi prestasi kerja yang dihasilkan berbeda-beda serta pencapaian target yang belum stabil. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) karakter individu karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung, (2) tingkat prestasi kerja karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung, dan (3) pengaruh karakter individu terhadap prestasi kerja karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penjelasan (explanatory) dan survey deskriptif, unit analisis dalam penelitian ini adalah para karyawan frontliner di lingkungan BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung. Sampel diambil sebanyak 30 orang yang terdiri atas 17 orang Teller dan 13 orang Customer Service Officer (CSO).Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa karakter individu karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung beragam, yaitu karakter agreeableness, openness to experience, conscientiousness, extraversion, dan neuroticism dengan kategori tinggi. Tingkat prestasi kerja karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung masih di bawah standar yang telah ditetapkan oleh pihak BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung. Adapun pengaruh karakter individu terhadap prestasi karyawan frontliner di BCA KCU Soekarno-Hatta Bandung yaitu karakter agreeableness, openness to experience, conscientiousness, dan extraversion dengan skor tinggi berpengaruh positif terhadap prestasi kerja, sedangkan karakter neuroticism berskor tinggi berpengaruh negatif terhadap prestasi kerja karyawan.Kata Kunci: Karakter Individu, Prestasi Kerja.
Pemetaan Budaya Organisasi di PT. Wisata Dewa Tour dan Travel tahun 2013 Monica Tanadi
E-Journal Graduate Unpar Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics
Publisher : E-Journal Graduate Unpar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (930.338 KB)

Abstract

Mobilitas yang tinggi dan karakter masyarakat yang dinamis serta didukung sifat manusia yang lebih suka dilayani, maka berdampak pada semakin bermunculannya biro – biro perjalanan. Biro perjalanan atau yang biasa disebut dengan travel agent merupakan jasa pelayanan transportasi yang bertujuan untuk mempermudah konsumen mengurus akomodasi dan tiket selama bepergian.Objek dalam penelitian ini adalah PT. WITA Tour and Travel yang telah berdiri selama 32 tahun dan banyak menuai keberhasilan yang di tandai dengan banyaknya prestasi yang diperoleh. Chatab (2007), menyatakan salah satu keberhasilan perusahaan dapat di sebabkan oleh budaya organisasi. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui tipe budaya organisasi yang paling dominan yang melatarbelakangi keberhasilan perusahaan serta apa yang menjadi harapan anggota organisasi mengenai budaya organisasi kedepannya.Dari hasil penelitian dengan menggunakan instrument OCAI (Organizational Culture Assessment Insturment) menunjukkan bahwa budaya organisasi yang selama ini melatarbelakangi keberhasilan adalah budaya Hierarchy (Hierarchy culture). Hal tersebut ditandai dengan nilai Hierarchy culture sebesar 34,07; Market culture sebesar 26,93; Adhocracy Culture sebesar 21,76 dan Clan Culture sebesar 17,23. Dilain pihak, budaya organisasi yang menjadi harapan anggota di masa depan adalah budaya Market (Market culture). Hal tersebut ditandai dengan nilai Market culture sebesar 33,46; Adhocracy culture sebesar 26,60; Hierarchy Culture sebesar 21,83 dan Clan Culture sebesar 18,10.Rekomendasi yang dimunculkan dari penelitian ini dalam budaya Hierarchy utamanya adalah faktor kepemimpinan yang dapat mengelola koordinasi, mengelola system kontrol, dan mengelola penyesuaian atas kebiasaan baru (Habits). Di lain pihak, apabila kedepaanya perusahaan berubah menjadi budaya Market seperti yang di harapkan bersama maka focus utamanya adalah kepemimpinan yang berorientasi mengelola kompetisi, memberikan motivasi dan dapat membaca panga pasar.Kata Kunci: OCAI (Organizational Culture Assessment Insturment); Hierarchy Culture; Market Culture.
PENGARUH LOKASI, KUALITAS PELAYANAN DAN RETAIL BRAND LOYALTY TERHADAP KESETIAAN PELANGGAN TOKO CV. KAWANI SARANA PETUALANG Broery Andrew Sihombing
E-Journal Graduate Unpar Vol. 1 No. 1 (2014): Part A - Economics
Publisher : E-Journal Graduate Unpar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.898 KB)

Abstract

The objective of this research is to determine the effect of Location, Service Quality through Customer Satisfaction and Retail Brand Loyalty of CV. Kawani Sarana Petualang against Customer Loyalty, and to determine Customer Loyalty Rate of CV. Kawani Sarana Petualang.Primary data is collected from questionnaires spread to 123 customers of CV. Kawani Sarana Petualang as respondents. The writer used purposive sampling technique to choose the respondents.This research has five variables: independent variable (Store Location, Service Quality, and Retail Brand Loyalty), dependent variable (Customer Loyalty), and intervening variable (Customer Satisfaction). The writer used Structural Equation Modelling (SEM) as analytical tool with Lisrel 8.7. program. The result shows that Store Location doesn’t effect to Customer Loyalty significantly with , while Service Quality through Costumer Satisfaction with  and Retail Brand Loyalty  affect to Customer Loyalty significantly. It also shows that the highest t-value againts Customer Loayalty is Retail Brand Loyalty variable with the value of 5,15 compared with Store Location and Service Quality variable.Keywords: Retail Mix, Service Quality, Customer Satisfaction, Brand Equity, Customer Loyalty, Structural Equation Modelling (SEM)

Page 1 of 1 | Total Record : 8