cover
Contact Name
Retno Mumpuni
Contact Email
jurnalscan@upnjatim.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalscan@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, Indonesia.
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 19780087     EISSN : 26866099     DOI : https://doi.org/10.33005/scan
Core Subject : Science,
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2022): Juni 2022" : 6 Documents clear
Pembuatan Game Edukasi ”Garbage Sorter” Berbasis Android Untuk Mengenal Jenis-Jenis Sampah Menggunakan Unity
Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 17, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v17i2.3299

Abstract

Sampah merupakan material atau barang hasil sisa dari kegiatan masyarakat yang tidak digunakan, tidak diinginkan dan yang dibuang. Sebelum dibuang ke pembuangan akhir sampah-sampah tersebut akan dipilah sesuai dengan jenisnya seperti sampah organik, anorganik, kertas, dan lain sebagainya. Akan tetapi, masih banyak masyarakat khususnya anak-anak yang masih membuang sampah sembarangan dan tidak sesuai dengan jenisnya. Dari permasalahan ini, peneliti membuat suatu aplikasi game yang mana dapat dimainkan sekaligus mengedukasi pemain dalam pengenalan jenis sampah dan cara membuang sampah sesuai dengan jenisnya. Game edukasi “Garbage Sorter” ini dibuat dengan maksud memberikan edukasi kepada pemain mengenai pentingnya mengenal jenis-jenis sampah dan membuangnya sesuai dengan jenisnya. Game “Garbage Sorter” ini didesain dengan gameplay yang cukup sederhana sehingga pemain dapat memainkan dengan mudah. Hasil dari penelitian ini akan berupa dalam sebuah aplikasi game smartphone android yang dapat memberikan edukasi kepada pemain mengenai pentingnya mengenal jenis-jenis sampah dan membuangnya sesuai dengan jenisnya.
IMPLEMENTASI CLEAN ARCHITECTURE MVVM DAN REPOSITORY PATTERN UNTUK PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID JUAL BELI BARANG BEKAS “SECONDHAND”
Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 17, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v17i2.3317

Abstract

Model View ViewModel atau yang biasa disingkat MVVM merupakan salah satu desain arsitektur yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile khususnya android. MVVM memiliki beberapa tujuan, dari segi penulisan kode arsitektur ini bertujuan untuk mempermudah dalam penulisan kode dan melakukan testing, dari segi fitur arsitektur ini dibuat untuk bisa bertahan dalam perubahan konfigurasi pada aplikasi. Penerapan MVVM terkadang juga diikuti dengan penerapan repository pattern, repository pattern adalah sebuah desain arsitektur dalam pengembangan software, di mana repository pattern bertujuan untuk memisahkan data layer dari keseluruhan aplikasi, sehingga bagian lain akan ‘buta’ terhadap sumber data yang diberikan. Aplikasi SecondHand mengimplementasikan dua arsitektur ini dengan tujuan agar bisa membangun sebuah aplikasi yang bersih dari segi kode, dan kokoh dari segi fitur.
OPTIMASI REKOMENDASI RANGKING HOTEL MENGGUNAKAN RETRIEVAL MODEL TENSORFLOW
Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 17, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v17i2.3314

Abstract

Beberapa orang memilih hotel untuk liburan mereka namun beberapa diantara mereka kesulitan untuk menentukan hotel mana yang cocok dan bagus untuknya, ada banyak rekomendasi hotel yang merekomendasikan berdasarkan harga termurah atau hotel terpopuler. Namun, faktanya tidak semua orang menginginkan hotel hanya berdasarkan harga termurah atau bahkan berdasarkan popularitas dari sebuah hotel. Beberapa orang ada yang memilih hotel berdasarkan user preferences nya atau berdasarkan lokasi terdekat user dengan sebuah hotel. Optimasi rekomendasi rangking hotel ini menggunakan Retrieval Model dan package TensorFlow untuk memberikan rekomendasi hotel yang sesuai dengan preferences user sehingga output dari rekomendasi hotel setiap user dapat berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini akan memudahkan user untuk memilih hotel yang cocok untuknya. Sehingga memudahkan user untuk mengambil keputusan saat memilih hotel untuk liburannya
PEMBUATAN GIM “PENCAK SILAT: ART OF FIGHT” MENGGUNAKAN UNITY
Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 17, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v17i2.3303

Abstract

Perkembangan game mobile di Indonesia merupakan salah satu perkembangan platform game yang sedang besar-besarnya, bahkan dapat menghasilkan dari memainkan game mobile tersebut. game bertema fighting merupakan salah satu tema pada game yang lumayan populer dikalangan dunia, yang mempertarungwkan karakter 1 lawan 1 pada sebuah arena bertarungnya. Tentunya industri pengembang game di Indonesia juga tidak mau kalah dipersaingan dunia, maka dari itu terciptalah game “Pencak Silat: Art of Fight” karya anak bangsa yang memiliki konsep Pencak Silat sebagai karakter utama dan bertema game fighting melawan 1 lawan 1 dengan pengguna beladiri lain seperti karate dan taekwondo. Game ini dibangun menggunakan aplikasi bantuan bernama Unity Game Engine, yang sudah lumrah digunakan para pengembang game yang sedang merintis sebagai aplikasi penunjang pembuatan game.
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERAKITAN KOMPUTER DASAR UNTUK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 17, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v17i2.3392

Abstract

Saat ini, sarana dan prasarana sudah disediakan oleh lembaga pendidikan seperti fasilitas lab komputer memang sudah ada namun peralatan praktikum masih kurang sehingga perlu alat media pembelajaran untuk belajar dasar-dasar contohnya pada perakitan dasar komputer di SMK. Hal ini perlu dilakukan agar proses belajar jadi lebih menarik dan tidak membosankan, dapat dilakukan kapan, dan dimana saja, serta meningkatkan kualitas belajar dari siswa. Media pembelajaran ini diharapkan menjadi alat bantu dapat siswa dan guru. Dalam pembuatan media interaktif, metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle(MDLC). Software yang digunakan untuk membuat simulasi ini adalah Adobe Flash. Seperti animasi kartun, animasi interaktif, aplikasi permainan, profil sekolah, media presentasi, video tutorial, dan bentuk informasi interaktif lainnya. Hasil akhir berupa aplikasi yang memiliki ukuran 92,22MB dengan format APK, yang sudah diuji dengan materi dan black box dengan hasil 88,73% sehingga layak untuk dipulikasikan.
PENGUKURAN TINGKAT KAPABILITAS MANAJEMEN SDM PADA LEMBAGA XYZ MENGGUNAKAN COBIT 5
Scan : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 17, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v17i2.3246

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) termasuk salah satu faktor yang menunjang kesuksesan proses bisnis. Adanya sumber daya manusia yang memadai harus dikelola dengan baik agar hasilnya maksimal. Salah satu cara mengukur keberhasilan dalam manajemen sumber daya manusia ini adalah melalui audit. Salah satu penilaian audit yang terkait dengan hal ini adalah domain Align, Plan and Organise pada COBIT 5. Beberapa kebijakan dan aturan yang terkait manajemen sumber daya manusia telah tercatat, terproses, dan terdokumentasikan dengan cukup baik di lembaga XYZ, terutama yang berkaitan dengan evaluasi performa kinerja pegawainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas manajemen sumber daya manusia yang telah diterapkan di lembaga XYZ menggunakan domain APO07 pada COBIT 5. APO07 dipilih karena merupakan domain yang paling sesuai dengan IT-Related Goals nomor 16 yaitu Competent and motivated business and IT personnel. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan pengumpulan bukti berupa dokumen pendukung audit. Penelitian ini menghasilkan tingkat kapabilitas pada manajemen sumber daya manusia di lembaga XYZ yang diukur menggunakan domain APO07 berada pada tingkat kapabilitas 1 dengan nilai sebesar 65,28%. Hal tersebut menjadi bahan yang dapat dipertimbangkan dalam meningkatkan manajemen sumber daya manusia kedepannya agar pengelolaan sumber daya manusia dapat berjalan dengan optimal pada lembaga XYZ.

Page 1 of 1 | Total Record : 6