cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019" : 21 Documents clear
EFEKTIFITAS PASAL 10 AYAT (3) HURUF c PERATURAN DAERAH KABUPATEN BANYUWANGI NOMOR 10 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN USAHA TEMPAT HIBURAN (Studi Pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuwangi) Annisa Hartono
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Annisa Hartono, Dr. Shinta Hadiyantina, S.H., M.H., Anindita Purnama Ningtyas, S.H., M.H.  ABSTRAK Pengaturan usaha karoke terletak pada Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 10 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Usaha Tempat Hiburan. Namun implementasi dari ketentuan waktu penyelenggaraan usaha sesuai pasal 10 ayat 3 huruf c bahwa “Karaoke keluarga waktu penyelenggaraannya mulai pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 23.00 wib.” Sering dilanggar oleh beberapa tempat Hiburan khususnya Karaoke yang memiliki jam operasional hingga pukul 03.00 seperti SS Live Music, Mendut Sport Center Karaoke, dan Mascot Function Hall and Restaurant memiliki jam operasional yang tidak sesuai. Melalui metode penelitian Yuridis Empiris dengan pendekatan sosiologis, penulis berusaha membuat penelitian yang menjawab permasalahan terkait dengan Efektifitas, Hambatan dalam Pasal 10 Ayat (3) Huruf c Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 10 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Hiburan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi terlihat dalam jumlah total pelanggaran jam operasaional sesuai dalam Pasal 10 ayat (3) huruf c Peraturan Daerah Tempat Hiburan Kabupaten Banyuwangi sebanyak 93,77%. Adapun hambatan yang terjadi seperti tidak adanya peraturan yang menjelaskan terkait dengan hukuman/sanksi dari pelanggaran dalam peraturan daerah, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuwangi hanya mengandalkan fungsi Standart Operational Procedur (SOP) tanpa adanya partisipasi masyarakat. Lebih lanjut Penulis merekomendasikan penerapan prinsip Good Governance yang tidak berdasarkan pada gambaran ideal dan sesuai dengan kerangka dalam Rencana Strategis Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyuwangi Tahun 2016-2021. Kata Kunci: Batas Waktu, Karaoke, Peraturan Daerah   ABSTRACT Running karaoke business is regulated in Local Regulation of Regency of Banyuwangi Number 10 of 2014 concerning Operation of Entertainment Venues. According to Article 10 Paragraph 3 letter c, family karaoke must open from 09.00 to 23.00 local time, but several entertainment venues such as SS Live Music, Mendut Sport Center Karaoke, and Mascot Function Hall and Restaurant seem to have often violated the provision where their opening hours are up to 03.00 in the morning and this is considered inappropriate. With empirical juridical method and sociological approach, this research is aimed to answer the problem regarding the effectiveness of and hampering factor in Article 10 Paragraph (3) Letter c of Local Regulation of Regency of Banyuwangi Number 10 of 2014 concerning Operation of Entertainment Venues. The research result concludes that the violation of opening hours against the Article 10 Paragraph (3) letter c accounts for 93.77%. There is no regulation in the Local Regulation concerning sanctions that should be imposed on the violation, and the Civil Service Police Unit still solely relies on Standard Operational Procedure (SOP) to tackle this issue without any people’s involvement. Furthermore, the author recommends that Good Governance Principle be implemented, not only referring to personal depiction, and is according to the framework of strategic plans of Civil Service Police Unit of the Regency of Banyuwangi 2016-2021. Keywords: deadline, karaoke, Local Regulation
IMPLEMENTАSI PАSАL 378 KUHP TENTАNG PENIPUАN YАNG DILАKUKАN PERUSАHААN TRАVEL PАRIWISАTА (Studi Di Kepolisiаn Resort Bаnyuwаngi) Muh. Iqbаl Bаnu Septyаwаn
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Muh. Iqbаl Bаnu Septyаwаn Hukum Pidаnа, Fаkultаs Hukum Universitаs Brаwijаyа Email: muhiqbalbs@gmail.com ABSTRAK Pаdа skripsi ini, penulis mengаngkаt permаsаlаhаn Implementаsi Pаsаl 378 KUHP terhаdаp penipuаn yаng dilаkukаn oleh biro jаsа trаvel pаriwisаtа. Penulis memilih temа tersebut dilаtаr belаkаngi berdаsаrkаn dаtа rekаpitulаis penаngаnаn kаsus penipuаn pаdа tingkаt dаerаh kаbupаten Bаnyuwаngi, penegаkаn hukum dengаn menggunаkаn sаrаnа hukum pidаnа mаsih belum berhаsil, kаrenа dаpаt dilihаt dаri Tаhun 2017-2019 kаsus penipuаn meningkаt. Sedikitnyа jumlаh kаsus pidаnа penipuаn yаng dаpаt diselesаikаn, menunjukаn penegаkаn hukum pidаnа penipuаn terkаit Pаsаl 378 KUHP mаsih sering terjаdi penipuаn oleh biro jаsа trаvel pаriwisаtа. Berdаsаrkаn hаl tersebut diаtаs, kаryа tulis ini mengаngkаt rumusаn mаsаlаh : (1) Bаgаimаnа Pertаnggungjаwаbаn Biro Jаsа Trаvel Bilа Terjаdi Kerugiаn Yаng Dideritа Penggunа Jаsа Аkibаt Tidаk Terpenuhinyа Klаusulа-Klаusulа Dаlаm Penаwаrаn Yаng Di Perjаnjikаn? (2) Bаgаimаnа Implementаsi Pаsаl 378 KUHP Tentаng Penipuаn Yаng Dilаkukаn Perusаhааn Trаvel Pаriwisаtа di Bаnyuwаngi? Dаlаm rаngkа untuk mengetаhui bаgаimаnа penegаkаn sаnksi pidаnа terhаdаp penipuаn oleh biro jаsа trаvel pаriwisаtа, mаkа metode pendekаtаn yаng digunаkаn penulis yаkni Yuridis Empiris, yаkni dengаn menyelesаikаn permаsаlаhаn yаng аkаn dibаhаs, berdаsаrkаn perаturаn-perаturаn yаng berlаku sertа menguhubungkаn kenyаtааn yаng telаh terjаdi di mаsyаrаkаt. Dаri hаsil penelitiаn dengаn metode diаtаs, penulis memperoleh hаsil penelitiаn аtаs permаsаlаhаn yаng аdа bаhwа reаlisаsi penegаkаn sаnksi pidаnа oleh Kepolisiаn Resort Kаbupаten Bаnyuwаngi terhаdаp penipuаn oleh biro jаsа trаvel pаriwisаtа di Kаbupаten Bаnyuwаngi dаlаm menegаkаn sаnksi pidаnа pihаk Kepolisiаn menggunаkаn 378 KUHP terkаit pidаnа umum penipuаn. Kemudiаn dаlаm penegаkаn sаnksi terhаdаp penipuаn oleh biro jаsа trаvel pаriwisаtа pihаk Kepolisiаn dibаntu oleh Dinаs Pаriwisаtа Bаnyuwаngi dаlаm hаl pengаduаn dаn membаntu pаrа wisаtаwаn yаng terkenа penipuаn. Kаtа Kunci : Penegаkаn Sаnksi Pidаnа, Penipuаn, Biro Jаsа Trаvel Pаriwisаtа   ABSTRACT In this pаper, the аuthor sаid thаt the implementаtion of Аrticle 378 of the Criminаl Code wаs а frаud committed by а tourism trаvel bureаu. The аuthor chose the theme аgаinst the bаckground bаsed on recаpitulаtion dаtа on environmentаl cаse hаndling аt the Bаnyuwаngi District, enforcement of environmentаl lаw using criminаl lаw fаcilities wаs still unsuccessful, becаuse it cаn be seen in 2017-2019 the cаses increаse. Аt leаst the number of environmentаl criminаl cаses thаt cаn be resolved, shows thаt lаw enforcement of frаudulent speeches in 378 of the Criminаl Code hаs often been frаudulent by tourism trаvel service bureаus. Bаsed on the аbove, this pаper rаises the formulаtion of the problem: (1) Whаt is the Responsibility of the Trаvel Service Bureаu if there аre Losses suffered by Users due to the Fаilure of the Clаuses in the Promised Offer? (2) How is the Implementаtion of Аrticle 378 of the Indonesiаn Criminаl Code concerning Frаud for the Tourism Trаvel Compаny in Bаnyuwаngi? In order to find out how to enforce criminаl sаnctions on lаnd cleаring by burning, the аpproаch used by the writer is Juridicаl Empiricаl, nаmely by solving the problems to be discussed, bаsed on аpplicаble regulаtions аnd linking the reаlity thаt hаs occurred in the community. From the results of the reseаrch with the method аbove, the аuthors obtаined the results of reseаrch on the existing problems thаt reаlized the enforcement of criminаl sаnctions by the Bаnyuwаngi District Police Office on frаudulent by tourism trаvel service bureаus in Bаnyuwаngi District in enforcing criminаl sаnctions by the Police using Аrticles 378. Then in the enforcement of criminаl sаnctions аgаinst frаudulent by tourism trаvel service bureаus the Police were аssisted by Government tourism office in terms of conducting investigаtions in а complаint аnd helped the tourists who were exposed to frаud.   Key Points: Civil Service Officers, Frаud, Tourism Trаvel Services Bureа
ANALISIS YURIDIS KEABSAHAN KONTRAK E – COMMERCE DALAM PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI SUBJEK Nabila Intania Puteri Nurenda
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nabila Intania Puteri Nurenda, Dr. Reka Dewantara, S.H., M.H, Ranitya Ganindha, S.H., M.H Email: nabilaintania06@gmail.com   ABSTRAK Perdagangan saat ini sangat pesat kemajuannya, perkembangan tersebut tidak hanya pada apa yang diperdagangkan tetapi juga pada tata cara dari perdagangan itu sendiri. Sekarang dengan adanya internet maka kegiatan perdagangan dapat dilakukan secara elektronik, atau yang lebih dikenal dengan istilah electronic - commerce dan disingkat e - commerce. Transaksi konvensional yang menggunakan kertas seakan telah berubah menjadi bentuk transaksi yang menggunakan sistem elektronik. Transaksi bisnis dari pola konvensional dengan cara tatap muka atau kontrak offline, bergeser ke era kontrak elektronik melalui komputer dengan cara kontrak online. Sekarang Indonesia masuk ke satu tahapan revolusi industri yang dinamakan Revolusi Industri 4.0, era ini akan dimotori dengan Artificial Intelligence yang membuat pekerjaan pun menjadi lebih ringan dan dapat memberikan hasil secara maksimal. Walaupun masyarakat sudah mengaplikasikan E – Commerce dalam perdagangan saat ini, tetapi Pengaturan E – Commerce di Indonesia belum memiliki Undang Undang yang secara khusus membahasnya dan juga pengaturan tentang Artificial Intelligence masih terdapat kekosongan hukum di Indonesia. Manusia sebagai subjek hukum membuat teknologi Artificial Intelligence dengan menanamkan sistem kedalam Artificial Intelligence untuk pengoperasiannya. Kata Kunci : Keabsahan Hukum, E – Commerce, Artificial Intelligence   ABSTRACT Trade has vastly developed in both the goods traded and the way trade takes place. Existence of the Internet allows trade to be performed electronically, and this practice is commonly known as electronic commerce or e-commerce. Conventional way of transaction involving paper has now transformed into electronic system-based one. Business transaction of conventional form carried out face-to-face or offline has also shifted to the electronic era performed online on computer. Indonesia has entered the stage of industrial revolution 4.0, generated by Artificial Intelligence, enabling people to do their task easier and optimally. Although people have applied E-commerce practice in trade, E-commerce has not been specifically regulated in Law and there is legal loophole regarding artificial intelligence in Indonesia. Human being as a legal subject creates this technology by utilising Artificial Intelligence on which the operation is based. Keywords: legality, e-commerce, artificial intelligence
ANALISIS YURIDIS PEMBERIAN GANTI RUGI KEPADA KONSUMEN AKIBAT TINDAKAN ANTI PERSAINGAN DI INDONESIA (Studi Perbandingan di Indonesia dam Amerika Serikat) Ghifari Mardhi Muhammad
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ghifari Mardhi Muhammad, Dr. Sukarmi, S.H., M. Hum., Moch. Zairul Alam, S.H.,MH. Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya Email: ghifarimm@yahoo.com   ABSTRAK Pada penelitian ini penulis mengangkat permasalahan Pemberian Ganti Rugi kepada Konsumen Akibat Tindakan Anti Persaingan di Indonesia. Mengenai penetapan pemberian ganti rugi akibat tindakan anti persaingan yang tidak dapat diberikan kepada konsumen karena dalam regulasi mengenai pemberian sanksi administratif berupa ganti rugi di Indonesia belum mengatur secara khusus akan hal tersebut. Apabila membahas terkait pemberian ganti rugi kepada konsumen akibat tindakan anti persaingan, negara yang telah menerapkannya adalah Amerika Serikat. Pemberian ganti rugi kepada konsumen akibat tindakan anti persaingan merupakan suatu hal yang relevan apabila diterapkan di Indonesia dengan berbagai macam mekanisme yang dapat ditempuh konsumen, yaitu dengan menjadikan konsumen sebagai pihak pelapor, menggunakan lembaga perlindungan konsumen, gugatan class action, dan alternatif penyelesaian sengketa. Sehubungan dengan hal itu, pemberian ganti rugi kepada konsumen akibat tindakan anti persaingan dapat menjadi solusi bagi konsumen yang menderita kerugian apabila adanya pengaturan khusus terkait hal tersebut. Kata Kunci : Persaingan Usaha, Sanksi Administratif, Ganti Rugi, Konsumen   ABSTRACT Principally, compensation triggered by anti-competitive practices in Indonesia cannot be given to consumers simply because there is no regulation specifically regulating this case regarding administrative sanction in the form of compensation. However, the United States has applied the compensation paid due to anti-competitive practices. The compensation paid due to anti-competitive practices is still deemed to be relevant to apply in Indonesia with several mechanisms that the consumers can perform, in which consumers can have their position as whistle blowers, or it can take consumer protection, class action lawsuit, and alternative dispute settlement. Therefore, giving compensation to consumers due to anti-competitive practices can serve as a solution for the disadvantaged consumers in case of specific regulation. Keywords: business competition, administrative sanction, compensation, consumers
IMPLIKASI YURIDIS PENGAKUAN AMERIKA SERIKAT KEPADA JUAN GUAIDO SEBAGAI PRESIDEN SEMENTARA VENEZUELA MENURUT HUKUM INTERNASIONAL Farhan Alex Putra Nasution
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Farhan Alex Putra Nasution, Dr. Setyo Widagdo, S.H., M.Hum., AAA Nanda Saraswati, S.H., M.H. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Email: f.alexputra@gmail.com ABSTRAK Pengakuan yang diberikan oleh Amerika Serikat kepada Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela dan menolak pengakuan terhadap Nicholas Maduro yang merupakan presiden terpilih Venezuela tentu memiliki akibat hukum mengingat pengakuan merupakan dasar dalam hukum internasional untuk dapat melakukan hubungan internasional. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah terkait dengan keabsahan pengakuan Amerika Serikat kepada Juan Guaido sebagai Presiden Sementara Venezuela menurut hukum internasional dan implikasi yuridis pengakuan Amerika Serikat kepada Juan Guaido terhadap hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Venezuela. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengakuan terhadap Juan Guaido oleh Amerika Serikat tidak dapat dibenarkan dalam hukum internasional. Pengakuan Amerika Serikat tersebut merupakan bentuk intervensi terhadap kemerdekaan politik Venezuela yang melanggar Pasal 2 ayat (4) Piagam PBB 1945. Akibat hukum pengakuan Amerika Serikat kepada Juan Guaido terhadap hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Venezuela adalah terjadinya pemutusan hubungan diplomatik kedua Negara. Pemutusan hubungan diplomatik dengan Amerika serikat dapat dibenarkan menurut Konvensi Wina 1961 tentang Hubungan Diplomatik. Kata Kunci : Implikasi Yuridis, Pengakuan, Presiden Sementara, Hukum Internasional ABSTRACT Recognition by the US for Juan Guaido as a temporary president of Venezuela and its rejection to recognise Nicholas Maduro as the elected president will surely spark legal consequence recalling that recognition is the basis of international law allowing international relations to take place. This research is mainly focused on the legality of recognition by the US for Juan Guaido as a temporary president of Venezuela according to international law and juridical implication over the US recognition to Juan Guaido regarding diplomatic relations between the US and Venezuela. This study employed normative juridical method, statute and case approaches. The result of the study concludes that this recognition is unjustified in international law. This recognition is seen as intervention into political independence in Venezuela, which violates Article 2 Paragraph (4) of the Charter of United Nations 1945. The recognition has caused cancellation of any diplomatic relations between the two states, and this discontinuation is justified in Vienna Convention 1961 concerning Diplomatic Relations. Keywords:    juridical    implication,    recognition,    temporary    president,    international    law
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENERIMA PINJAMAN TERKAIT PERUBAHAN SUKU BUNGA SEPIHAK OLEH PENYELENGGARA PEER TO PEER LENDING Sandy Natanagara Heru Putra
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sandy Natanagara Heru Putra, Ratih Dheviana Puru HT, S.H., LL.M., Diah Pawestri Maharani S.H., M.H Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya Email: Foxtrot2w@yahoo.co.uk  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana perlindungan hukum terhadap penerima pinjaman terkait perubahan suku bunga sepihak oleh penyelenggara peer to peer lending. POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang menjadi dasar hukum berlakunya sistem peer to peer lending di Indonesia sudah memiliki berbagai aturan yang bersifat preventif dan represif guna memberikan perlindungan hukum bagi para pihak yang terlibat di dalam perjanjian peer to peer lending. Namun POJK tersebut tidak mengatur mengenai penetapan suku bunga dan pihak penyelenggara peer to peer lending dapat mengubah besaran suku bunga yang sebelumnya telah disepakati secara sepihak. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan penelitian Perundang-undangan dan Pendekatan Analitis yang dilakukan dengan cara mengkaji dan mempelajari semua peraturan dan undang-undang yang terkait dengan isu hukum yang penulis teliti dan dengan menafsirkan bahan hukum yang penulis gunakan dengan menggunakan pendapat para ahli hukum. Jenis dan sumber bahan hukum yang penulis gunakan adalah jenis bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang bersumber dari peraturan perundang-undangan, literatur bahan hukum, jurnal hukum, pendapat para ahli, dan artikel-artikel online yang terkait dengan isu hukum yang penulis teliti, dan kamus besar bahasa Indonesia. Analisis bahan hukum yang akan penulis gunakan adalah dengan teknik intepretasi Gramatikal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat diketahui bahwa belum ada peraturan perundang-undangan yang dapat melindungi hak penerima pinjaman atau borrower terkait dengan perubahan suku bunga sepihak oleh penyelenggara peer to peer lending. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Penerima Pinjaman, Perubahan Suku Bunga, Peer to Peer Lending.   ABSTRACT This research is intended to find out how legal protection for debtors is provided over interest rate change unilaterally controlled by peer-to-peer lending services. Financial Services Authority Regulation Number 77/POJK.01/2016 concerning Information Technology-based money lending services services serves as a fundamental on which peer-to-peer lending services are based in Indonesia. This regulation also holds several preventive and repressive rules to provide legal protection for parties involved in peer-to-peer lending agreement. However, the Financial Services Authority does not regulate arrangement of interest rate and the interest rate is subject to change as agreed unilaterally. This research is conducted based on normative juridical method, statute, and analytical approaches, where all regulations and laws regarding related legal issues were studied and legal materials were interpreted based on experts’ notions. The materials involved primary, secondary, and tertiary data coming from laws and regulations, literature of law, law journal, experts’ notions, and online articles regarding related legal issues, and Kamus Besar Bahasa Indonesia; the analysis employed grammatical interpretation. The research reveals that there are no regulations made to provide legal protection for debtors over interest rate change unilaterally controlled by peer-to-peer lending services. Keywords: legal protection, debtors, interest rate change, peer-to-peer lending.
PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA TENTANG STATUS HUKUM BENDA AGUNAN MILIK PIHAK KETIGA DALAM KEPAILITAN DEBITOR (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 16 PK/Pdt.Sus-Pailit 2015 Jo. Nomor 157 k/Pdt.Sus-Pailit/2014 Jo. Nomor 18/Plw.Pailit/2013/PN- Hamzah Sigi Firmansah
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hamzah Sigi Firmansah, Amelia Sri Kusumadewi, S.H., M.Kn., Shanti Riskawati, S.H., M.Kn. Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya Email : hamzahsigifirmansah46@gmail.com  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ratio decidendi hakim dalam menjatuhkan Putusan Kasasi Nomor 157 k/Pdt.Sus-Pailit/2014 dan Putusan Peninjauan Kembali 16 PK/Pdt.Sus-Pailit 2015 sudah sesuaikah dengan hukum positif yang mengatur tentang status hukum benda agunan milik pihak ketiga dalam kepailitan debitor. Hasil penelitian ini yaitu ratio decidendi hakim dalam tingkat kasasi dengan menempatkan kedudukan hukum benda agunan milik pihak ketiga bukan merupakan harta pailit sudah tepat dengan didasarkan hak separatis yang dimilik kreditor pemegang hak agunan kebendaan tersebut. Ratio decidendi hakim pada tingkat peninjauan kembali dengan menempatkan kedudukan hukum benda agunan milik pihak ketiga termasuk harta pailit tidaklah tepat, didasarkan pada Pasal 21 UUK yang menentukan ruang lingkup harta pailit meliputi seluruh harta kekayaan debitor. Dengan demikian benda agunan milik pihak ketiga bukan merupakan harta pailit debitor. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian yuridis normatif yang dilakukan dengan cara menganalisis fokus penelitian semua bahan hukum. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan analitis, pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Teknik penelusuran bahan hukum menggunakan metode studi dokumen atau penelitian kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum menggunakan teknik analisis deskriptif analitis, yaitu hasil penelitian ini berusaha memberikan suatu gambaran secara utuh, menyeluruh, dan mendalam mengenai objek yang diteliti. Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Agunan, Pihak Ketiga, Status Hukum, Debitor Pailit   ABSTRACT This research is aimed to find out and analyse whether judge’s ratio decidendi to deliver verdict at cassation level Number 157 k/Pdt.Sus-Pailit/2014 and Decision of Judicial Review 16 PK/Pdt.Sus-Pailit 2015 is relevant to positive law that regulates legal status of collateral under the possession of the third party in bankruptcy faced by a debtor. The research result shows that the judge’s ratio decidendi at cassation placing the collateral as bankruptcy estate is deemed appropriate based on the secured right held by the creditor that possesses the control over the collateral. The ratio decidendi at judicial review placing the legal position of the object secured as a collateral owned by the third party including the bankruptcy estate is deemed inappropriate, as in accordance with Article 21 of Law concerning Bankruptcy that states that the scope of bankruptcy estate involves all the assets owned by the debtor. This research employed normative juridical method, conducted by analysing the focus of all research data, supported by analytical, statute, and case approaches. The materials required in the research were obtained from documentation and library research, followed by analytical-descriptive analysis. The result is aimed to provide whole and profound picture about the research conducted. Keywords: judge’s consideration, collateral, third party, legal status, bankrupt debtor
STATUS HUKUM PERUSAHAAN MODAL VENTURA ASING DI INDONESIA DALAM PEMBIAYAAN BAGI PERUSAHAAN STARTUP BERBASIS E-COMMERCE Betty Permatasari Jatmika
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Betty Permatasari Jatmika, Dr. Reka Dewantara S.H, M.H., Ranitya Ganindha  S.H., M.H Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya bettypsj@gmail.com  ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai status hukum perusahaan modal ventura asing terkait dengan kegiatan pembiayaan ke startup berbasis e-commerce yang berdomisili di Indonesia. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik startup dalam melakukan pendanaan, dan mengapa startup berbasis e-commerce memilih pendanaan melalui modal ventura. Berdasarkan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa status hukum perusahaan modal ventura asing yang melakukan pembiayaan ke perusahaan startup berbasis e-commerce adalah lembaga pembiayaan asing yang dikategorikan sebagai penanaman modal asing melalui bentuk kegiatan usaha modal ventura sehingga wajib untuk mendirikan badan hukum di wilayah Republik Indonesia dan harus mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan yang mengawasi lembaga pembiayaan. Sehingga apabila perusahaan modal ventura asing tidak berbentuk badan hukum, tidak dapat melakukan pembiayaan di Indonesia. Selain itu, perbandingan pengaturan dengan Amerika Serikat memperlihatkan bahwa pengaturan yang ada di Indonesia belum mempunyai kekuatan hukum untuk melindungi startup berbasis e-commerce di Indonesia. Kepastian hukum pengaturan penanaman modal asing terhadap produk berbasis teknologi sangat diperlukan, agar tidak ada alasan bagi industri pembiayaan modal ventura maupun investasi asing apapun untuk tidak berbadan hukum sehingga dapat melindungi keamanan nasional. Kata Kunci : Status Hukum, Ketentuan Modal Ventura Asing, Startup, E-Commerce   ABSTRACT This research discusses the legal status of foreign venture capital companies regarding funding for e-commerce-based startup companies in Indonesia. It is also aimed to find out the characteristics of startups in terms of funding and why e-commerce-based startups prefer venture capital-based funding. The research discussion concludes that foreign venture capital companies providing finance for e-commerce-based startups are categorised into foreign capital investors through venture capital practices and they are required to have a legal entities in Indonesia and permit issued by Financial Services Authority authorised to supervise loan companies. For foreign venture companies with no legal entities in Indonesia are not allowed to provide funding in the country. In terms of the comparison between the US and Indonesia, regulations applying in Indonesia do not hold any legal force to protect e-commerce-based startups. Legal certainty for the regulations concerning foreign capital investment related to technology-based products is highly required, giving no space for any foreign venture capital companies to have no legal entities to better protect national security. Keywords: legal status, provisions of foreign venture capital, startup, e-commerce
EFEKTIVITAS PASAL 15 AYAT (1) PERATURAN DAERAH KABUPATEN MOJOKERTO NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN KETERTIBAN UMUM DAN KETENTRAMAN MASYARAKAT TERKAIT LARANGAN PELAJAR BERADA DI LUAR AREA SEKOLAH PADA JAM PELAKSANAAN PELAJARAN Stevan Laksana Putra
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stevan Laksana Putra, Lutfi Effendi S.H., M.Hum dan Amelia Ayu Paramitha S.H., M.H Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Email : stevanlaksana25@gmail.com  ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Pasal 15 Ayat (1) Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 2 Tahun 2013 Tentang penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Terkait larangan pelajar berada di luar area sekolah pada jam pelaksanaan pelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris dan penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Dalam Pasal 15 Ayat (1) tersebut memuat larangan pelajar yang berada di luar area sekolah pada jam pelaksanaan pelajaran akan tetapi pada kenyataannya masih ada pelajar yang melanggar aturan tersebut, dikarenakan dalam penerapan pasal tersebut dari aparat penegak hukumya itu sendiri masih belum dapat melaksanakan sesuai prosedur yang telah di tentukan, adapun hambatan dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto dalam menerapkan Pasal 15 Ayat (1) tersebut yaitu karena kurang dikhususkan lagi peraturan yang mengatur permasalahan tersebut dan tidak ada tempat atau ruang bagi pelajar yang terjaring oleh aparat penegak hukum untuk dilakukan pembinaan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa Pasal 15 Ayat (1) Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 2 tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Terkait larangan pelajar berada di luar area sekolah pada jam pelaksanaan pelajaran masih belum efektif. Jadi dalam menerapkan pasal tersebut harusnya lebih di khususkan dan lebih spesifik terkait permasalahan tersebut dan juga dari aparat penegak hukumnya agar lebih di perjelas dan di lengkapi dengan data-data. Agar tidak terjadi permasalahan tersebut di kemudian hari. Kata Kunci : Efektivitas, Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Pelajar   ABSTRACT This research is aimed to analyse the effectiveness of Article 15 Paragraph (1) of Local Regulation of the Regency of Mojokerto Number 2 of 2013 concerning Enforcement of Public Order and Peace in Society over ban for school children on being in public places during school hours. Empirical juridical method and socio-juridical approach were employed. Article 15 Paragraph (1) bans school children from being outside the school during school hours while in reality several school students fail to comply with the regulation because law enforcers have not implemented the law accordingly. Moreover, the government also faces an issue to implement the law, where the law needs to be more specified over the issue, and there is no available space where school children may be placed for training when they are picked from public places. This research concludes that Article 15 Paragraph (1) of Local Regulation of the Regency of Mojokerto Number 2 of 2013 has not been implemented effectively. The implementation of the Article should be narrowed down and be more specific on the matter. Moreover, law enforcers should also come with more complete supporting data in case of issues in the future. Keywords: effectiveness, government of the Regency of Mojokerto, students.
TANGGUNG JAWAB PIHAK BANK TERHADAP NASABAH YANG MENGALAMI KERUGIAN DALAM PENGGUNAAN INTERNET BANKING (PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. MALANG) Emia Cicioina Sinuraya
Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019
Publisher : Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Emia Cicioina Sinuraya, Dr. Siti Hamidah, S.H., M.M, Ranitya Ganindha,S.H.,M.H. Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Email:cicisinuraya07@gmail.com   ABSTRAK Dаlаm perаturаn hukum indonesiа, belum аdа perаturаn perundаng-undаngаn yаng mengаtur secara khusus tentаng Internet Bаnking di indonesiа, аkаn tetаpi dаpаt menemukаn perаturаn yаng mengаtur tentаng Internet Bаnking di dаlаm Undаng-undаng No. 19 Tаhun 2016 Tentаng Informаsi dаn Trаnsаksi Elektronik dinilаi telаh cukup mаmpu mengаtur permаsаlаhаn-permаsаlаhаn hukum dаri sistem Internet Bаnking, menggunаkаn  Internet Bаnking memiliki  bаnyаk  keuntungаn,  nаmun dаpаt jugа merugikаn nаsаbаh, pada Bank BRI Kantor Cabang Kawi Malang terdapat kasus didalamnya, Rekening terdebet dan Terjаdinyа suаtu trаnsаksi misterisus. Jenis penelitiаn yuridis empiris, dengan pendekаtаn yuridis sosioligi, teknik pengumpulan data studi kepustakaan serta wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa upaya penanganan permasalahan Internet Banking di BRI kantor Cabang Kawi Malang Implementasinya tidak sesuai dengan amanat dari Undang-undang ITE pasal 15 ayat 1 dan 2 serta PBI No. 10/10/pbi/2008Tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah. Upaya yang dilakukan bank BRI untuk meminimalisir risiko yang terjadi dalam layanan internet banking dengan cara melakukan beberapa kebijakan-kebijakan seperti kebijakan privasi dan kebijakan keamanan dan memberitahu kepada nasabah agar selalu menjaga kerahasiaan data. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Internet Banking, Bank, Nasabah.   ABSTRACT There is no regulation specifically governing Internet Banking in Indonesia, but so far Law Number 19 of 2016 on Electronic Information and Transactions is considered sufficient to regulate legal issues concerning Internet Banking. Not only does this facility offer benefits, but several clients also have to face loss from this service. Occasionally, in the case happening in Bank BRI of Kawi Branch Malang, the balance of a bank client was unknowingly deducted from one’s bank account and unknown transaction also takes place. This research employed empirical juridical method and socio-juridical approach. The data was obtained from library research and interviews. This research finds out that the measures taken to resolve banking-related issues taking place in the branch bank office of BRI Malang are not relevant to what is instructed in the Law on Electronic Information and Transactions Article 15 of Paragraph 1 and 2 and Regulation of Bank Indonesia No. 10/10/pbi/2008 on Resolution of Clients’ Grievances. Measures taken by Bank Rakyat Indonesia involve privacy and security policies and the Bank also encourages clients to always keep the confidentiality of their personal data. Keywords: Liability, Internet Banking, Bank, Bank Clients

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2023 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2023 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2023 Sarjana Ilmu Hukum, April 2023 Sarjana Ilmu Hukum, Januari 2023 Sarjana Ilmu Hukum, September 2023 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2023 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2023 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2023 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2023 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2022 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2022 Sarjana Ilmu Hukum, November 2022 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2022 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2022 Sarjana ilmu Hukum, Januari 2022 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2022 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2022 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2022 Sarjana Ilmu Hukum, April 2022 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2022 Sarjana Ilmu Hukum, September 2022 Sarjana Ilmu Hukum, Januari 2021 Sarjana ilmu Hukum, Oktober 2021 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2021 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2021 Sarjana ilmu Hukum, November 2021 Sarjana ilmu Hukum, September 2021 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2021 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2021 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2021 Sarjana Ilmu Hukum, April 2021 Sarjana ilmu Hukum, Desember 2021 Sarjana Ilmu Hukum, April 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Januari 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2020 Sarjana Ilmu Hukum, September 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2020 Sarjana Ilmu Hukum, November 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2020 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2019 Sarjana Ilmu Hukum, September 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2019 Sarjana Ilmu Hukum, April 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Januari 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2019 Sarjana Ilmu Hukum, November 2019 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2018 Sarjana Ilmu Hukum, September 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2018 Sarjana Ilmu Hukum, November 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2018 Sarjana Ilmu Hukum, April 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Januari 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2018 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2017 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2017 Sarjana Ilmu Hukum, November 2017 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2017 Sarjana Ilmu Hukum, Januari 2017 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2017 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2017 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2017 Sarjana Ilmu Hukum, April 2017 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2017 MAGISTER ILMU HUKUM DAN KENOTARIATAN, 2017 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2017 Sarjana Ilmu Hukum, September 2017 Sarjana Ilmu Hukum, April 2016 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2016 Periode II Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2016 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2016 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2016 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2016 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2016 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2016 Periode I Sarjana Ilmu Hukum, Januari 2016 MAGISTER ILMU HUKUM DAN KENOTARIATAN, 2016 Sarjana Ilmu Hukum,September 2016 Sarjana Ilmu Hukum, November 2016 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2016 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2016 Sarjana Ilmu Hukum, April 2015 MAGISTER ILMU HUKUM DAN KENOTARIATAN, 2015 Sarjana Ilmu Hukum, September 2015 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2015 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2015 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2015 MAGISTER ILMU HUKUM DAN KENOTARIATAN, 2015 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2015 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2015 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2015 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2015 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2015 Sarjana Ilmu Hukum, November 2015 Sarjana Ilmu Hukum, September 2014 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2014 Magister Ilmu Hukum dan Kenotariatan, 2014 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2014 Sarjana Ilmu Hukum, November 2014 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2014 Magister Ilmu Hukum dan Kenotariatan, 2014 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2014 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2014 Sarjana Ilmu Hukum, April 2014 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2014 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2014 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2014 Magister Ilmu Hukum dan Kenotariatan 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Januari 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Mei 2013 Doktor Ilmu Hukum 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2013 Magister Ilmu Hukum dan Kenotariatan 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Februari 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Juli 2013 Sarjana Ilmu Hukum, April 2013 Doktor Ilmu Hukum 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Maret 2013 Sarjana Ilmu Hukum, September 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2013 Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2013 Sarjana Ilmu Hukum, September 2012 Sarjana Ilmu Hukum, Oktober 2012 Sarjana Ilmu Hukum, Desember 2012 Sarjana Ilmu Hukum, November 2012 Sarjana Ilmu Hukum, Agustus 2012 More Issue