cover
Contact Name
ADITYA RACHMAN
Contact Email
aditya_rchmn@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
adityamprac@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
DINAMIKA Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20858817     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Dinamika Teknik Mesin diterbitkan 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November dan telah diterbitkan sejak tahun 2009. Redaksi menerima karangan ilmiah tentang hasil penelitian, survei, dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan bidang keteknikkan khususnya bidang Teknik Mesin.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2023):" : 8 Documents clear
PERANCANGAN MICRO-HYDRO POWER PLANT DESA NUNUKAN KALIMANTAN UTARA Simbolon, Robinsar
Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2023):
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/djitm.v15i1.43325

Abstract

Energi merupakan penggerak utama dalam kehidupan, terutama di masa modern sekarang ini. Akses terhadap energi akan memberikan kepastian untuk melakukan berbagai aktivitas yang bukan hanya bermanfaat melainkan juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Desa Nunukan Kalimantan Utara memiliki letak geografis yang berada didekat pesisir pantai, dan desa tersebut juga memiliki beberapa sungai yang berpotensi dijadikan tempat untuk merancang bangun micro-hydro power plant. Dengan adanya micro-hydro power plant ini semoga dapat membantu sedikit dari permasalahan yang terjadi di desa tersebut yaitu permasalahan sumber daya listrik. Penelitian ini dilakukan dengan berdasarkan data geografis lokasi yang berada di sungai sembakung tepatnya di Nunukan provinsi Kalimantan Utara, Indonesia, sekitar 1600 km di timur laut ibu kota jakarta. Data yang diambil merupakan data curah hujan dan data hari hujan yang merupakan parameter terpenting dalam menentukan debit air. Oleh karena itu data-data ini diambil dari stasiun terdekat dengan lokasi aliran sungai Sembakung. Listrik yang diperuntukkan oleh konsumen dibuat 900 Watt/rumah. Daya/tahun 200,124 kW . 24 jam . 365 hari 1753086,24 kWh/tahun Daya perumah/tahun 0,9 kW . 24 jam . 365 hari 7884 kWh/tahun Maka dari itu listrik yang dapat dialirkan sebesar: (Daya/tahun)/(Daya/rumah) 1753086,24/7884 222,36 Sehingga, daya listrik yang dapat dipakai sekitar 200 rumah. Sumber aliran sungai Sembakung, Nunukan, Kalimantan Utara memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak PLTMH diperoleh tinggi jatuh air efektif 21 meter yang mampu menghasilkan potensi daya air 200.124 kW dan memproduksi daya listrik sebesar 100.86kW.
ANALISIS SIFAT MEKANIK PADA KOMPOSIT EPOXY SERAT BATANG WIDURI DENGAN MENGGUNAKAN PENGUJIAN TARIK DAN BENDING Handika, Handika
Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2023):
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/djitm.v15i1.42084

Abstract

Komposit adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material pembentuknya melalui campuran yang tidak homogen, dimana sifat mekanik dari masing-masing material pembentuknya berbeda (Arisontae M. Mengga, 2015). Bahan komposit pada umumnya terdiri dari dua unsur, yaitu serat (Fiber) sebagai bahan pengisi dan matriks sebagai bahan pengikat serat. Serat widuri adalah serat yang berasal dari tanaman widuri, yang dapat diambil dari kulit batang widuri. peneliti terdahulu yang meneliti tentang serat kulit batang widuri yaitu menyimpulkan bahwa serat kulit batang widuri berpotensi sebagai penguat komposit (Muhamad Muhajir, 2016). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sifat mekanik pada komposit serat batang widuri dengan menggunakan pengujian taraik dan bending. Pembuatan komposit ini menggunakan bahan dasar resin dicampur serat bantang widuri yang sudah direndam cairan kimia NaOH 30 menit dengan dimensi sesuai standar ASTM. Pengujian Tarik mengacu pada standar ASTM D638. Hasil pengujian Tarik memiliki kekuatan Tarik sebesar 4.66 N/mm2 dan kekuatan bending 22,02 N/mm2.
MENURUNKAN LEADTIME PADA PROSES REMOVE AND INSTALL TIRE FORKLIFT DIESEL KOMATSU 3 - 5 TON DENGAN ALAT BANTU WHEEL JACK HIDRAULIC DI PT. XYZ Abikusna, Setia Abikusna
Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2023):
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/djitm.v15i1.43462

Abstract

XYZ's unit sales in the 2022 period reached 651 units from all sectors. Overall sales of PT. XYZ was dominated by sales of 247 units of Komatsu Forklift products. In the process of removing and installing tires for Komatsu forklifts, there is a problem of a high lead time for removing and installing tires, which is 50 minutes, not according to the task list (Standard) of 40 minutes, due to the absence of assistive devices and heavy tire loads reaching 60 kg. To solve this problem, the DMAIC method is used. Improvements made by a tool called the Hydraulic Wheel Jack and SOP for how to use the tool This tool can reduce non-standard lead time, increase as much as 88% in the ease of removal and installation, increase 96% safety for mechanics, and increase 100% morale for mechanics.
PERAWATAN PADA MESIN EXTRUDER DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI CV. MARSUFEB GODONG JATI Ardhana, Ari Arya
Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2023):
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/djitm.v15i1.42406

Abstract

Scheduling in the production process is one factor that is quite important, scheduling can determine the time needed for the production process and predict the amount of production that will be produced by the company in a certain period. This study aims to identify and understand the maintenance process for Extruder machines using the Reliability Centered Maintenance (RCM) method. From the research results, it was found that the application of RCM focuses on the use of qualitative analysis for components that can cause failure of a system. With the highest maintenance costs found in the heating cylinder component II with 8.90%. The maintenance interval for the proposed total cost was obtained for the smallest cost found in the seal component, namely Rp. 133.43 of the actual total Rp. 138.60
PENGARUH KOMPOSISI FILLER TERHADAP NILAI MODULUS ELASTIS MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT CANGKANG KERANG DAN SERAT PINANG Aksar, Prinob
Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2023):
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/djitm.v15i1.45372

Abstract

The aim of this research is to analyze the influence of filler composition on the elastic modulus of composite materials reinforced with seashell powder and betel nut fibers. The study employs a manual mixing method with varying proportions of seashell powder and betel nut fibers. Following the mixing process, samples are subjected to a tensile test to measure their elastic modulus. The research results indicate varying elastic modulus values for the composite materials. The highest elastic modulus value is achieved in the composition of 70% seashell powder, 20% betel nut fibers, and 10% resin, measuring 0.836 GPa. Meanwhile, the lowest elastic modulus value is obtained in the composition of 70% seashell powder, 10% betel nut fibers, and 20% resin, measuring 0.465 GPa. This variation is influenced by the fact that betel nut fibers generally possess greater mechanical stiffness than the matrix and seashell powder. The stiffness of these fibers significantly enhances the elastic modulus of the composite material. When these stiff fibers are embedded in a less rigid matrix, their stiffness is transferred to the composite. The quality of adhesion also plays a crucial role in ensuring effective load transfer from the matrix to the fibers, which in turn enhances the composite's stiffness and elastic modulus. The quantity and distribution of fibers in the matrix (polyester resin) and seashell powder also affect the elastic modulus. The more fibers present in the composite, the higher the elastic modulus.
DESIGN OF SHAFT, PULL AND V-BELT ON THE REAR WHEEL OF YAMAHA XEON GT 125CC MOTORCYCLE 2014 Abdul Barr, Putranda Yedi
Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2023):
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/djitm.v15i1.42531

Abstract

Transportation is now a necessity for every human being. Therefore developments in the automotive sector, especially transportation, are increasing rapidly. Motorcycles are a combination of components whose number can reach more than a thousand parts. Motorcycles can run perfectly if all the components are in good condition. The components that are important on a motorcycle include wheels, tires and chains. For this reason, there are many things that must be considered by a designer in designing a motorcycle component, including adjusting a component according to its actual function, the safety factor of the planned component. , efficiency and cost factors. This study aims to identify and apply theoretical studies and compare the results of calculations with data from specifications in the form of designs, especially for transmission shafts, pulleys and v-belts on motorcycles. Based on the calculation results, it was found that the shaft diameter was 16.4 mm, the pulley diameter was 116.42 mm and the v-belt speed was 10.97 m/s and the v-belt length was 1073.32 mm. Keyword : Motorcycle, Design, Shaft, Pulley, V-belt
OPTIMALISASI PRODUKSI BATAKO: MENINGKATKAN KUAT TEKAN DAN DURABILITAS DENGAN ABU SEKAM PADI Ngii, Edward; Aksar, Prinob
Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2023):
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/djitm.v15i1.47640

Abstract

Batako merupakan salah satu bahan utama dalam konstruksi, sering digunakan untuk dinding karena pemasangannya yang cepat dan harga yang terjangkau, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya dan mempercepat proyek konstruksi. Namun, permintaan akan batako semakin meningkat seiring dengan pembangunan gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, apartemen, dan rumah. Tantangannya adalah ketersediaan material utama seperti pasir alam yang semakin sulit, sementara sumber daya pasir alam tidak dapat diperbaharui. Kekuatan batako sangat dipengaruhi oleh perbandingan air semen dan pasir semen. Abu sekam padi (ASP) telah diidentifikasi sebagai bahan tambahan yang berpotensi untuk meningkatkan kekuatan batako. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ASP belum optimal dalam meningkatkan kuat tekan batu bata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan ASP dalam pembuatan batako agar memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Penelitian ini mencakup evaluasi kinerja batako dari UD. Airin Mandiri Batako, penggunaan ASP dalam mix design batako, dan perbandingan kinerja batako tanpa ASP dengan yang menggunakan ASP. Langkah-langkah tersebut bertujuan untuk mencapai kuat tekan minimal 20 kg/cm2 sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi optimal batako menggunakan ASP adalah 30% semen, 35% pasir, dan 35% ASP dengan nilai fas 0,5. Penggunaan komposisi ini mampu meningkatkan kuat tekan batu bata hingga 150% dan memenuhi standar penyerapan air yang ditetapkan dalam SNI. Kata kunci: batako, pasir, abu sekam padi, kuat tekan, penyerapan air
Perancangan poros pada roda depan sepeda motor CB150R Ferdinand, Ryan Ramos
Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2023):
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/djitm.v15i1.42993

Abstract

Sepeda motor pada zaman sekarang adalah alat transportasi yang paling banyak digunakan saat ini. Ini dikarenakan harga sepeda motor saat ini relatif murah bagi orang-orang dibandingkan mobil dan juga biaya bahan bakar termasuk operasional cukup terjangkau. Sepeda motor merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari berbagai komponen yang terintegrasi, yang disebut kendaraan. Salah satu yang dapat menunjang jalannya sepeda adalah poros, poros ini berfungsi untuk menopang beban kendaraan itu sendiri serta muatan luar seperti manusia atau muatan pada sepeda motor. Begitu juga dengan penelitian ini yang bertujuan untuk merancang desain poros pada sepeda motor honda CB150R tahun 2012 agar memenuhi kriteria yang dibutuhkan dan standar yang berlaku. Metode perancangan yang digunakan adalah Research, pengumpulan data yang dilakukan secara langsung. Dari analisa perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh hasil; Momen lentur poros = 42,57 Nm, Tegangan maksimal poros = 257,44 MPa, Tegangan normal poros = 198,27 MPa, Diameter poros yang diizinkan = 0,013 m

Page 1 of 1 | Total Record : 8