cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
REZ PUBLICA
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 2460058X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Rez Publica sebagai jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo mempublikasikan berbagai karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian sebagai penunjang bagi segenap civitas akademika dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu sosial. Hasil penelitian yang di publikasikan di fokuskan pada kajian ilmu administrasi negara (publik), manajemen dan kebijakan publik, politik dan pemerintahan, hubungan internasional, community development, serta kajian ilmu sosial yang secara umum mengarah pada pengembangan ilmu administrasi publik.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2023):" : 10 Documents clear
KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAIAM MENDUKUNG PEIAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BUTON UTARA Kartika, Devi; Bake, Jamal; Liwaul, Liwaul; Nurhayati, Siti
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sumber daya manusia daIam mendukung pelayanan pubIik berbasis digital pada Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model interaktif yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas sumber daya manusia dalam mendukung pelayanan pubIik berbasis digital pada dinas pendidikan kabupaten buton utara dari aspek knowledge, skill dan abilities dalam kondisi yang relatif cukup baik, namun masih terdapat kesenjangan liberasi digital di internet organisasi di berbagai bidang, jabatan, posisi yang ada untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, gap tersebut sebagian besar berada pada back office atau computer operation terkhusus bagi kalangan asn senior, kurangnya literasi digital pegawai tidak hanya disebabkan keterbatasan kemampuan personal ASN tapi juga berkaitan dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki pegawai maupun keinginan untuk mengupgrade kemampuan.
INOVASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN MELALUI APLIKASI SIMANTAP PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KOTA KENDARI Sriani, Nita; Basri, Muhammad; Jopang, Jopang
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46348

Abstract

Tujuan keseluruhan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menilai Inovasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian pada Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Kendari dengan menggunakan aplikasi SIMANTAP. Dalam melakukan penelitian semacam ini, peneliti menggunakan metodologi kualitatif dan pendekatan fenomenologi, yang menekankan pada subjektivitas pengalaman hidup manusia untuk mengungkap peristiwa, fakta, dan kondisi lain yang muncul saat melakukan penelitian. Pendekatan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan digunakan dalam analisis data. Penerapan inovasi informasi kepegawaian melalui aplikasi SIMANTAP di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari sudah cukup berhasil dilihat dari hasil wawancara yang ada, namun masih belum efektif karena terdapat dua dari lima indikator karakteristik inovasi yaitu kerumitan (complexity) dan kemungkinan untuk dicoba (Triability). Berdasarkan temuan penelitian ini, terlihat jelas bahwa hal tersebut terjadi.
EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM E-TILANG DALAM MEWUJUDKAN PENEGAKKAN HUKUM LALU LINTAS DI POLDA SULTRA Armadani, Mila; Kambolong, Makmur; Elwan, La Ode Muhammad
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46339

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui upaya penegakan hukum berlalu lintas melalui program e-tilang di Wilayah Hukum Polda sultra,serta Untuk mengetahui efektifitas penerapan program e-tilang dalam mewujudkan penegakan hukum lalu lintas di Wilayah Hukum Polda sultra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,Pendekatan kualitatif ini digunakan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang efektivitas program E-Tilang dalam penindakan pelanggaran lalu lintas di Polda Sultra.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Observasi,wawancara dan dokumentasi.kemudian di analisis menggukan model analisis data dari Miles, Huberman & SaldaƱa (Milles et al., 2014). Hasil penelitian ini menunjukan penerapan program E-tilang sudah cukup efektiv dapat di lihat dari perbandingan tahun 2020-2022 jumlah pelanggaran yang di lakukan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat relativ mengalami penurunan jumlah pelanggaran setiap tahunnya.Sehingga aplikasi E-Tilang. dapat dikatakan mampun dan efektif untuk membangun kasadaran hukum masyarakat berlalu lintasKemudian Upaya dari penegak hukum dalam menangani pelanggaran lalu lintas di wilaya Polda Sultra adalah dengan Satuan Lalu Lintas Polda Sultra memberikan program sosialisasi atau penyuluhan memberi penjelasan kepada masyarakat terkait tentang pelaksanaan dan tujuan diterapkannya E- tilang.
IMPLEMENTASI PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DI DESA TIRONGKOTUA KECAMATAN KABAENA KABUPATEN BOMBANA Aksal, Harsun; Sartono, Sartono; Taufik, Taufik
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46349

Abstract

Penelitian ini Berjudul Implementasi Pengelolaan Dan Desa Di Desa Tirongkotua Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana dibawah bimbingan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai Implementasi Pengelolaan Dana Desa Di Desa Tirongkotua Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskr dina iptif dengan informan sebanyak 7 orang yang terdiri dari kepala Desa Tirongkotua, Sekdes, Ketua BPD dan Anggota BPD 3 Orang dan Bendahara Desa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi pengelolaan alokasi dana Desa di Desa Tirongkotua Kecamatan Kabaena Kepulauan Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara telah dijalankan dengan baik. Kondisi ini terdeskripsikan melalui tahapan-tahapan dalam pengelolaan keuangan dari tahapan perencanaan yang dijalankan dengan baik, pelaksanaan pengelolaan keuangan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban yang telah sesuai dengan peraturan perudang-undangan dalam pengelolaan keuangan desa dalam mewujudkan pembangunan desa dan peningkatan kesejahtraan masyarakat desa. 2) Faktor yang mempengaruhi implementasi pengelolaan keuangan desa di Desa Tirongkotua Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara mencangkup aspek komunikasi yang dijalankan oleh kepala desa dan perangkat desa, sumber daya yang meliputi sumber daya manusia dan sumber daya pendapatan desa dan kecenderungan perilaku aparatur desa dalam menjalankan kebijakan pengelolaan keuangan yang transparan serta struktur organisasi yang telah terbentuk menjadi factor utama yang mempengaruhi pengelolaan keuangan desa di Desa Tirongkotua Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara telah berjalan dengan baik.
Efektivitas Kepemimpinan Lurah Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Lurah Wali Kecamatan Watopute Kabupaten Muna Sulfiana, Novi; Qomariah, Erni; Nurjannah, Nurjannah
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46297

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas manajemen terhadap hasil kerja pegawai kantor desa pengarah masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, informan dalam penelitian ini berjumlah delapan orang. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kepemimpinan Lurah Wali Kecamatan Watopute Kabupaten Muna ditunjukkan dengan baik dengan adanya manajer yang selalu memberikan instruksi dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya kepada bawahannya, namun mampu memberikan arahan dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya kepada bawahannya, menyelesaikan pekerjaan agar dapat bekerja dengan baik dan tepat waktu.
PENERAPAN LINGKUNGAN KERJA DALAM MENUNJANG KINERJA PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI SULAWESI TENGGARA Khadijah, Siti; Sartono, Sartono; Elwan, La Ode Muh; Azizah, Nur
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46341

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan lingkungan kerja dan kinerja pegawai pada Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara. Lokasi penelitian ini di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode yang di gunakan ialah deskriptif kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi lapangan, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan lingkungan kerja pegawai Rumah Sakit jiwa Provinsi Sulawesi tenggara baik lingkungan kerja fisik maupun nonfisik telah memberikan kontibusi positif dalam mencapai keberhasilan dalam melaksanakan suatu pekerjaan oleh seluruh pegawai. Hal ini sesuai dengan kondisi lingkungan kerja fisik yang didukung oleh tersedianya sarana dan prasarana pada Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara. Demikian halnya dengan kondisi lingkungan kerja nonfisik yang menunjang hubungan kerja yang harmonis melalui komunikasi yang baik antar pegawai di lingkungan Ruma Sakit Jiwa Provinsi Sulawesi Tenggara. Kinerja pegawai Rumah Sakit Jiwa Sulawesi Tenggara dapat dinilai dengan baik berdasarkan indikator kinerja pegawai yaitu ketepatan waktu kerja, kepatuhan terhadap tata tertib kerja, kuantitas dan kualitas kerja yang memuaskan, prestasi kerja dan suasana hati yang baik. Hubungan dan komunikasi yang efektif, kemampuan untuk berkontribusi dan menambah nilai dan tanggung jawab untuk aset organisasi.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PARIWISATA PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN KOLAKA Masdin, Andi Rendy Faudzan; Basri, Muhammad; Aminuddin, Aminuddin
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46334

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pariwisata di Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka dan faktor apa saja yang mempengaruhi kebijakan Pariwisata. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yang bersifat uraian dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dari lima informan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Pariwisata Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka sudah berjalan dengan baik. Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka telah menjalankan program peningkatan daya tarik destinasi wisata, program pemasaran wisata dan program pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2020-2022 khususnya pada bidang pariwisata. Implementasi kebijakan pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka sudah efektif dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mulai dari memaksimalkan sosialisasi, melaksanakan beberapa program dan melibatkan semua stakeholder untuk bekerja sama, mengoptimalkan destinasi wisata sebagai wadah pelaksanaan program Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka juga memberikan tenaga pariwisata edukasi dan pelatihan terkait program yang dijalankan dan menetapkan aturan bagi setiap destinasi wisata untuk melakukan pencatatan dan pelaporan terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun, masih ada program yang penerapannya belum optimal karena adanya kendala yaitu kurangnya anggaran sehingga kurang lengkapnya sarana dan prasarana yang ada di Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka ataupun pada destinasi wisata, serta kurangnya komunikasi antara Dinas Pariwisata dengan masyarakat sehingga membuat beberapa destinasi wisata yang bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi tidak bisa terealisasikan.
EFEKTIVITAS PENERAPAN ETIKA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI KENDARI Sari, Retno Wulan; Justawan, Justawan; Suriyani, Suriyani
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan etika Aparatur Sipil Negara pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 3 orang yang terdiri dari Ketua Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Pengelola Data Keimigrasian dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Data yang telah diperoleh dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan etika aparatur sipil Negara pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari dilihat dari Persamaan, kesetiaan, keadilan dan tanggung jawab sudah dikatakan cukup baik dalam memberikan pelayanan.namun dari segi keadilan masih kurang, karena masih adanya sikap diskriminatif. Pelayanan publik yang dilakukan dapat dilihat dari bukti fisik dimana fasilitas sarana yang sudah memadai memudahkan dalam pengurusan paspor. Namun terdapat kekurangan yaitu kurangnya lahan parkir. Empati pegawai sudah dikatakan maksimal karena dalam melayani masyarakat pegawai memiliki sifat yang peduli.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA (STUDI PADA KANWIL DITJEN PERBENDAHARAAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA) Nella, Clara; Aminuddin, Aminuddin; Abdullah, Akhyar
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46333

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen dalam pengelolaan keuangan negara dan pengelolaan keuangan pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang terintegrasi dalam aplikasi SAKTI berdampak pada penghematan waktu untuk proses pengelolaan keuangan. Aplikasi SAKTI juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena menggunakan One Time Password (OTP). Meskipun aplikasi SAKTI masih tergolong aplikasi yang baru tetapi dalam penerapannya sangat efektif dan optimal serta mempermudah proses pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara sangat efisien dan aplikasi SAKTI digunakan untuk semua proses pengelolaan mulai dari perencanaan, pencatatan hingga pertanggungjawaban.
REFORMASI BIROKRASI DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA KENDARI PADA ASPEK PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT Elantara, Yves Icasia; Kadir, Abdul; Liwaul, Liwaul
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 3 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33772/rzp.v9i3.46347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek Penataan Sumber Daya Manusia, Penataan Tata Laksana, Penataan Kelembagan, dan Akuntabilitas, pelaksanaan reformasi birokrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kendari dapat disimpulkan bahwa : 1). Pelaksanaan reformasi birokrasi dilihat dari aspek penataan Sumber Daya Manusia belum dilaksanakan secara optimal karena keberadaan sekretariat sebagai supporting system dalam dinas ini belum berjalan dengan maksimal, sementara dari aspek penataan tata laksana, maka pelaksanaan reformasi birokrasi telah dijalankan namun masih terkendala dana dalam pemanfaatan teknologi informasi dan pengelolaan sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, dari aspek penataan kelembagan dan akuntabilitas, reformasi birokrasi telah dilakukan dengan visi dan misi yang telah dirincikan dalam rencana strategis dan respon yang cepat terhadap perubahan peraturan dalam penyederhanaan kelembagaan, serta dilakukan dengan keterlibatan pimpinan dalam perencanaan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi untuk mencapai visi dan misi organisasi serta ditunjukkan pula dengan ketersediaan laporan-laporan Kinerja dan Pertanggungjawaban. 2). Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Kota Kendari telah memberikan pelayanan publik yang berkualitas bila dilihat dari aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dimana dari sisi pemohon ijin kelima aspek ini sebagian besar telah terpenuhi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10