REZ PUBLICA
Rez Publica sebagai jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo mempublikasikan berbagai karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian sebagai penunjang bagi segenap civitas akademika dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu sosial. Hasil penelitian yang di publikasikan di fokuskan pada kajian ilmu administrasi negara (publik), manajemen dan kebijakan publik, politik dan pemerintahan, hubungan internasional, community development, serta kajian ilmu sosial yang secara umum mengarah pada pengembangan ilmu administrasi publik.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 4 (2023):"
:
11 Documents
clear
AKUNTABILITAS PENGADAAN ASET DAN BARANG INVENTARIS DI DESA SUMBER JAYA KECAMATAN LALEMBUU KABUPATEN KONAWE SELATAN
Rahmawati, Nisa;
Kadir, Abdul;
Gunawan, Gunawan
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47405
Akuntabilitas merupakan kewajiban seorang pemegang amanah untuk melaporkan dan dapat menyajikan serta mempertanggung jawabkan segala kegiatan agar dapat diketahui pertanggungjawabannya kepada pemberi amanah atau publik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui akuntabilitas dari pemerintah desa terhadap pengadaan aset dan barang inventaris di Desa Sumber Jaya. Penelitian ini dilakukan di Desa Sumber Jaya Kecamatan Lalembuu Kabupaten Konawe Selatan.yang dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2023. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan informan penelitian sebanyak 10 orang yaitu Kepala Desa Sumber Jaya, Sekretaris, Kaur Keuangan, Kaur Umum, Kaur Perencanaan, dan 5 anggota BPD Desa Sumber Jaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas pengadaan aset dan barang inventaris di Desa Sumber Jaya dapat dilihat dari 3 dimensi yaitu akuntabilitas proses, akuntabilitas program dan akuntabilitas finansial. Akuntabilitas proses telah terwujud karena dalam pengadaan aset dan barang inventaris telah melalui beberapa prosedur yang sudah sesuai dengan Peraturan Bupati Konawe Selatan Nomor 04 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa. Akuntabilitas program belum sebelumnya terwujud, walaupun program pengadaan aset dan barang inventaris telah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan akan tetapi pemerintah desa dalam membuat inventarisasi aset belum cukup rapi. Akuntabilitas finansial sudah terwujud karena pemerintah desa telah membuat laporan pengadaan aset dan barang inventaris sesuai dengan aturan yang ada di Desa Sumber Jaya dan dikumpulkan tepat waktu kepada BPD.
PELAKSANAAN MUTASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN BUTON UTARA
Sarvin, Sarvin;
Sahrun, Sahrun;
Manguntara, La
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.48650
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Implementasi Mutasi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Buton Utara. Wawancara dan tinjauan pustaka digunakan sebagai pendekatan pengumpulan data dalam metodologi penelitian ini. Sekretaris BKPSDM, kepala bidang mutasi, dan satu orang pejabat pemerintah yang dimutasi ke Kabupaten Buton Utara menjadi informan penelitian ini. Dalam penelitian ini, analisis kualitatif deskriptif digunakan sebagai pendekatan analisis data, dan data primer dan sekunder digunakan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan mutasi dalam meningkatkan kinerja PNS di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Buton Utara menggunakan pertimbangan prestasi kerja, namun belum sepenuhnya berdasarkan pada Sistem Merit karena pertimbangan lain seperti masih adanya penerapan Nepotisme karena masih melibatkan unsur suka atau tidak suka, faktor kedekatan dengan pimpinan, atau faktor kekerabatan.
EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM MENUNJANG KINERJA PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN KOTA KENDARI
Ridwan, Muhammad;
Sartono, Sartono;
Taufik, Taufik
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47399
Tujuan peneltian adalah: untuk mengetahui efektivitas kinerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari dalam menunjang efektivitas. Pengumpulan data kualitatif, mis. wawancara, observasi dan dokumentasi, digunakan sebagai metode penelitian. Menggali informasi dari informasi yang terbuka dan bebas yaitu dengan 6 (enam) orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi kinerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota (DLHK) Kendari mengalami kemajuan yang baik, ditunjukkan dengan sejauh mana pencapaian nilai keberhasilan yang memiliki tujuan tertentu, metrik mengalami kemajuan secara berkala. dan menghasilkan tugas dan fungsi inti yang berkualitas seperti yang ditentukan. Kinerja staf yang diinginkan dan ditingkatkan melalui metrik yang baik, kepuasan kerja, kualitas dan akuntabilitas
PENATAAN RUANG KANTOR DALAM MEWUJUDKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR BAHASA PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Akarir, Akarir;
Justawan, Justawan;
Amir, Muhammad
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47406
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana seharusnya Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara dikonfigurasikan untuk memaksimalkan produktivitas staf. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif, yaitu suatu bentuk penelitian yang memberikan hasil yang tidak dapat diperoleh melalui penggunaan statistik atau data-data (pengukuran). Teknik penelitian ini juga dapat lebih cermat dan jelas menunjukkan hubungan antara peneliti dan narasumber. Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan penelitian tentang bagaimana menata ruang kerja untuk memaksimalkan produktivitas pekerja. Penelitian ini menggunakan metode rinci, di mana kejadian-kejadian yang diteliti dideskripsikan atau digambarkan dalam hubungannya satu sama lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penataan ruang kantor. Tempat kerja telah diatur sesuai dengan protokol dan secara umum sangat baik, meskipun tidak ideal dan tanpa cela, dalam hal pekerjaan kantor, berbagai kegiatan, kesehatan, dan kebahagiaan kerja. Efisiensi kerja karyawan dapat dilihat dari efisien, hemat, dan dapat dipertanggungjawabkan dalam penerapannya. Namun, beberapa karyawan mungkin tidak sadar akan pentingnya bekerja secara efektif, sehingga pelaksanaan tugas-tugas mereka mungkin tidak ideal.
ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI DESA MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI DI DESA MATAHOALU
Cahyadi, Marcel Kristian;
Tawai, Adrian;
Yusuf, Muhammad
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47402
Pembangunan yang dasarnya adalah untuk membangun kemandirian, begitu pula dengan pembangunan di daerah pedesaan. Membangun daerah pedesaan merupakan sebuah misi pemerintah dimana hal ini dapat diraih dengan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan produktivitas dan berbagaimacam usaha pedesaan, membentuk dan melindungi lembaga yang menyokong arah produksi dan pemasaran, serta menjadikan sumber daya yang lebih baik sebagai dasar kemajuan ekonomi di daerah pedesaan. Diharapkan dengan adanya BUMdes (Badan Usaha Milik Desa), perekonomian desa yang dibangun sesuai kebutuhan dan potensi masyarakat akan diperkuat. Namun harapan tersebut masih belum terwujud. Berdasarkan sejumlah penelitian sebelumnya, kemajuan BUMdes tidak sejalan dengan tujuan pemerintah dikarenakan banyak alasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat Petani oleh BUMDES Pada Desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memakai teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan menunjukan BUMDes Permata Desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat sebagai upaya pengembangan ekonomi masyarakat desa matahoalu sudah berjalan dengan baik dimana melihat dari indikator pemberdayaan yaitu Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan dan Pemeliharaan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS SOROPIA KABUPATEN KONAWE
Irdayanti, Irdayanti;
Abdullah, Akhyar;
Jopang, Jopang
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47407
Maksud dari penelitian ini dilakukan adalah untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan. Sebanyak 50 individu yang melakukan rawat jalan di Puskesmas Soropia di Kabupaten Konawe menjadi populasi dan sampel. Metodologi kuantitatif merupakan jenis penelitian dengan memanfaatkan analisis linier dasar dengan menggunakan aplikasi SPSS 22, statistik deskriptif, dan prosedur analisis data. Berdasarkan hasil regresi nilai t-hitung yaitu 12.778 > 1,677 serta angka Sig. 0,000 < 0,05, yang serta hasil f-hitung 163,270 > 4,04 dan nilai Sig. 0.000 < 0.05, hasil tersebut membuktikan bahwa keduanya saling berpengaruh satu sama lain. Jadi, dapat dikatakan bahwa kualitas layanan mempunyai dampak bermakna pada kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Soropia Kab. Konawe
ANALISIS PENATAAN RUANG KANTOR DAN FASILITAS KANTOR PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA KENDARI
Agustina, Agustina;
Utha, Arifin;
Aminuddin, Aminuddin
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47403
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penataan ruang kantor dan fasilitas kantor dalam meningkatkan kinerja pegawai dan pada Dinas PUPR Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang diteliti. Informan dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa penataan ruang kantor dan fasilitas kantor pada Dinas PUPR Kota Kendari sudah berjalan dengan baik dalam hal mobilitas pegawai, cahaya penerangan, sirkulasi udara, dan warna dinding namun belum optimal dijalankan khususnya dari jenis tata ruang kantor, penempatan perabot dan tingkat kebisingan. Faktor yang menghambat penataan ruang kantor dan fasilitas kantor pada Dinas PUPR Kota Kendari ialah keterbatasan ruang kantor, penempatan perabot yang tidak tepat, dan kebisingan. Sehingga diharapkan bagi Dinas PUPR Kota Kendari dapat memperbaiki penataan ruang kantor dan fasilitas kantor dengan mempertimbangkan desain tata ruang terbuka, mengoptimalkan penempatan perabot dan menyediakan tempat yang tenang bagi pegawai untuk menghindari kebisingan agar dapat berkonsentrasi dalam menjalankan pekerjaan. Dinas PUPR Kota Kendari juga diharapkan untuk mengatasi faktor yang menghambat penataan ruang kantor dan fasilitas kantor agar tercipta ruangan yang nyaman dan mendukung pelaksanaan pekerjaan pegawai
INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI SISTEM APLIKASI LAYANAN DAN MANAJEMEN SULAWESI TENGGARA PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Ningsih Utami, Nyoman;
Kambolong, Makmur;
Nurjannah, Nurjannah;
Nurhayati, Siti
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47408
Penelitian ini bertujuan yaitu (1) untuk mengetahui bentuk inovasi yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melalui aplikasi SALAM Sultra. (2) untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dapat mendukung pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SALAM Sultra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk inovasi yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melalui aplikasi SALAM Sultra yaitu penciptaan aplikasi SALAM Sultra untuk meminimalisir sistem antrian pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta memberikan informasi yang akurat, pelaksanaan proses ditandai dengan pemantauan progres secara berkala terhadap aplikasi SALAM Sultra namun belum dapat diakses melalui google play store sehingga masyarakat luas belum dapat mengakses aplikasi tersebut, produk yaitu berupa aplikasi SALAM Sultra, Jasa dilakukan oleh berbagai pihak terkait, dan menerapkan metode penyampaian yang secara signifikan meningkatkan efektivitas, efisiensi atau kualitas hasil yaitu secara online melalui aplikasi SALAM Sultra. (2) Faktor-faktor yang dapat mendukung inovasi pelayanan publik melalui aplikasi SALAM Sultra mempunyai empat indikator yang sesuai dengan teori Borins Dwanto (2014: 110-111), yaitu: tujuan program harus sesuai dengan maksud dan tujuan program. organisasi, staf, pengguna terampil dan memberdayakan pemimpin, memperkenalkan atau mensosialisasikan program, menerapkan inovasi dengan cepat untuk mencegah hilangnya fokus dan momentum. Dan salah satu indikator yang tidak sesuai dengan teori Dhewanto dari Borins (2014: 110-111) adalah diperlukannya keterlibatan pihak swasta dan/atau sukarela
Koordinasi Aparat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dengan Pemerintahan Kelurahan Dalam Pelaksanaan Program Pembangunan (Studi Pada Kelurahan Laimpi Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna)
Hasana, Uswatun;
BB, Suriyani;
Said, La Ode Agus
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47293
Tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui Koordinasi Aparat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dengan Pemerintah Kelurahan dalam pelaksanaan program pembangunan di Kelurahan Laimpi Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna. (2) Untuk mengetahui Pembangunan Fisik dan Non-fisik Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Laimpi Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna.adapun jenis penelitian ini adalah kulitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dimensi koordinasi yang ada di Kelurahan Laimpi sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari Beberapa indicator seperti (a) Rantai perintah,terdiri sudah terlaksananya koordinasi antar bagian yang dilakukan oleh instansi, pimpinan sudah menjelaskan prosedur kerja dengan bawahan. (b) Informasi,terdiri dari pegawai dalam melaksanakan pekerjaan sudah mengikuti arahan dari pimpinan, sudah melaksanakan koordinasi dengan setiap bagian dalam melaksanakan pekerjaan dan setiap pimpinan melakukan mekanisme pertukaran informasi dengan pegawai dalam melaksanakan pekerjaan.(c) Wewenang, terlihat dari pegawai selalu melaksanakan konsultasi dengan pimpinan atau bagian lain dalam pekerjaan selalu bersunggu- sungguh dalam menyelesaikan pekerjaan dan selalu selalu melibatkan pimpinan dalam pengambilan keputusan dalam suatu masalah.(d) Tanggungjawab, tanggungjawab pegawai Kelurahan dapat dilihat dari penyelesaian tugas sudah sesuai dengan yang telah di terapkan. (2) Pembangunan fisik dan non fisik sudah terlaksana dan berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan fisik dengan adanya pembangunan deker dan bantuan sumur bor di Kelurahan laimpi dan pembangunan non fisik yaitu kerja bakti sosial yang di lakukan di Kelurahan laimpi.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT BONEGUNU KABUPATEN BUTON UTARA
Rahwani, Waode Ririn;
Basri, Muhammad;
Liwaul, Liwaul
REZ PUBLICA : Jurnal Administrasi Negara, Politik-Pemerintahan & Hubungan Internasional Vol 9, No 4 (2023):
Publisher : Universitas Halu Oleo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.33772/rzp.v9i4.47404
Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan pada puskesmas Bonegunu Kabupaten Buton Utara. (2) Untuk mengetahui kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kesehatan Puskesmas Bonegunu Kabupaten Buton Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan kesehatan puskesmas Bonegunu dikatakan masih kurang berkualitas. Pada indikator ketanggapan petugas dalam memenuhi kebutuhan pasien masih kurang sehingga perlu ditingkatkan. (2) Kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kesehatan Puskesmas Bonegunu cukup baik dengan menerapkan Indikator Nasional Mutu Puskesmas akan tetapi pasien atau masyarakat merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan beberapa informan ditemukan pernyataan bahwa petugas masih lambat dalam memberikan pelayanan, petugas terlambat berada ditempat sehingga membuang waktu pasien atau penerima layanan.