cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Published by Universitas Udayana
ISSN : 14111292     EISSN : 25415484     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (p-ISSN: 1411-1292; e-ISSN: 2541-5484) is an online periodical journal of science that is published twice a year, in January and July by Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Udayana University. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil is a media to publish the results of scientific research students, academics, practitioners and observers in the field of civil engineering including structure, construction management, water resource management, transportation, geotechnical and environmental engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 403 Documents
PENELITIAN DAYA DUKUNG PELAT PADA LIMESTONE BERDASARKAN PERCOBAAN DI LABORATORIUM I Nyoman Aribudiman; AAKN Tjerita; Anissa Maria Hidayati
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 10, No. 2 Juli 2006
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.743 KB)

Abstract

Konstruksi angker dipakai pada permasalahan dinding turap sampai ketinggian 20 ft. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung pondasi plat angker pada limestone dengan berbagai macam kepadatan yaitu 48.50% dari ?d mak, 68.60% ?d mak, dan 84.60% ?d mak. Penelitian ini berdasarkan percobaan di Laboratorium, dengan plat angker berbentuk persegi empat sedangkan beban yang bekerja adalah berupa beban vertikal, bersudut (berinklinasi) dan beban kearah horisontal dengan kedalaman D/B = 1, 2, dan 3. Penelitian ini menggunakan box dari plat baja dengan ukuran 1.00 meter x 1.00 meter x 1.00 meter dengan tebal plat t= 3 mm. Limestone yang dipakai mempunyai kadar air (w) awal 13.26% dengan berat jenis (Gs) 2.625, dimasukan kedalaman box lapis demi lapis. Peningkatan beban diberikan sebesar 0.50 kg dengan interval waktu setiap 3 menit. Untuk masing-masing kepadatan dilakukan percobaan dengan kedalaman (D/B) 1, 2, dan 3, dengan variasi pembebanan (?) = 00 , 32.400 , 61.200 dan 900 . Dari hasil analisis didapat besarnya daya dukung tarik suatu plat angker dipengaruhi oleh dimensi, sifat-sifat tanah, posisi penempatan dan letak tertanamnya plat angker. Beban maksimum yang terjadi pada penarikan suatu plat angker dapat ditunjukan dalam bentuk faktor cabut/break out factor (Nq) besarnya sesuai dengan kenaikan ratio kedalaman (D/B) rata-rata. Besarnya kenaikan beban cabut akibat bertambahnya inklinasi (96.8%), Perpindahan (61.10%). Kemudian akibat pertambahan kepadatan beban cabut bertambah sekitar 110%. Akibat pertambahan ratio kedalaman (D/B) beban cabut bertambah sebesar 96.80%, serta faktor cabut bertambah sebesar 10.44% untuk setiap pertambahan ratio kedalaman (D/B).
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONTRAKTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PELELANGAN PEMERINTAH DENGAN SISTEM E-PROCUREMENT I Gusti Ketut Sudipta; G.A.P Candra Dharmayanti; I Gst Ag Pt Surya Oscardinata
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 19, No. 2, Juli 2015
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.189 KB)

Abstract

Menurut Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012, Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah merupakan kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa oleh Kementrian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/Institusi yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa. Prinsip dasar pelelangan adalah e sien, efektif, terbuka dan bersaing, transparan, adil, dan akuntabel. Proses lelang juga diharapkan bebas dari praktek korupsi, kolusi, nepotisme (KKN). Pemerintah dalam upaya penekanan terhadap praktek KKN melakukan proses pelelangan secara elektronik (e-procurement), yang mana pelelangan tersebut dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan diselenggarakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Pada sistem ini, kontraktor dapat melakukan pelelangan dimana saja, tanpa terhambat oleh dimensi ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kontraktor untuk ikut dalam pelelangan pemerintah dan untuk mengetahui faktor apa yang dominan mempengaruhi kontraktor untuk ikut dalam pelelangan pemerintah dengan sistem e-procurement. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 sampel yang pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportionate stratified Random Sampling dengan perbandingan strata usaha kecil dengan usaha non kecil yaitu sebesar 54%: 46%. Analisis data dilakukan dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 faktor yang mempengaruhi kontraktor untuk ikut dalam pelelangan pemerintah dengan sistem e-procurement dengan Commulative of Variance 82,025 persen, yang terbentuk dari 14 variabel. Faktor yang pengaruhnya paling dominan adalah faktor I. Faktor ini dibentuk oleh 6 variabel, Faktor selanjutnya disusul oleh faktor II dibentuk oleh 5 variabel, dan faktor III yang dibentuk oleh 3 variabel.
EVALUASI INVESTASI PEMBANGUNAN TAMAN SAFARI DI KABUPATEN GIANYAR Mayun Nadiasa; Maha Diana; Sukada Wenten
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15, No. 1 Januari 2011
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.54 KB)

Abstract

Evaluation is an assessment of an object; in this case it is the nationalattractions, ranging from operations to current conditions. The evaluation aims todetermine how far the tourist object proceeds financially, so there should bemonitoring of costs and revenues. The object of this study is the Safari Park whichis initiated by PT. Taman Safari Indonesia and has been operationalized partly. Thepurpose of this evaluation is to determine the investment condition of Safari Parkdevelopment which is located on Bypass road of Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Theinvestment parameters are the Net Present Value (NPV) and Benefit Cost Ratio(BCR). Financial values used in the study is based on incurred costs and currentlyoperational costs, while profits are projected based on the number of tourists arrivalfrom opening until now using the linear regression method. The number of touristarrivals showed an increase in visits since opening until now. This evaluationresults in Net Present Value (NPV) of Rp102.220.288.002, 35 and the Benefit CostRatio (BCR) value of 2.254. The results of sensitivity analysis with the possibilityof all components of revenue decreased by 10% and costs increased by 10% gaveNPV of Rp49.162.950.085, 32 and BCR value of 1.600, so this investment isconcluded feasible.
PENGARUH PERAWATAN (CURING) PERENDAMAN AIR LAUT DAN AIR TAWAR TERHADAP KUAT TEKAN BETON Hakas Prayuda; As’at Pujianto
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 22, No. 2, Juli 2018
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.664 KB) | DOI: 10.24843/JITS.2018.v22.i02.p07

Abstract

Penelitian ini membuat benda uji berupa beton berbentuk silinder dengan variasi 3 merk semen yang dilakukan perawatan (curing) selama 28 hari, dimana pengujian dilakukan setiap beton berumur 7 hati, 14 hari dan 28 hari. Merk semen yang digunakan dalam penelitian ini adalah semen holcim, semen gresik dan semen tiga roda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari jenis air yang digunakan dalam proses perawatan beton terhadap kuat tekannya sesuai dengan merk semen. Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, kuat tekan beton dengan menggunakan semen holcim pada perendaman air tawar berdasarkan umur nya adalah 18,80 MPa, 23,40 MPa dan 23,85 MPa sedangkan dengan perendaman air laut menghasilkan kuat tekan sebesar 21,60 MPa, 22,20 MPa dan 29,70 MPa. Hasil pengujian kuat tekan beton dengan menggunakan semen gresik pada perendaman air tawar dari umr 7, 14 hingga 28 hari adalah 12,10 MPa, 15,70 MPa dan 23,70 MPa, sedangkan hasil kuat tekan beton dengan perendaman air laut berturut-turut sebesar 19,20 MPa, 19,80 MPa dan pada umur 28 hari sebesar 26,70 MPa. Dengan menggunakan semen tiga roda menghasil kan kuat tekan sebesar 23,70 MPa, 22,70 MPa dan29,50 MPa dengan perawatan beton menggunakan air tawar, sedangkan dengan perawatan beton menggunakan air laut menghasilkan kuat tekan sebesar 26,00 MPa, 22,90 MPa dan 28,00 MPa. Pengaruh jenis air dalam perendaman beton dapat disimpulkan bahwa kuat tekan dengan perendaman air laut lebih besar dibandingkan dengan kuat tekan dengan perendaman air tawar. Semen yang paling baik digunakan pada perendaman air tawar pada umur perendaman 28 hari yaitu merk semen Tiga Roda. Sedangkan semen yang paling baik pada perendaman air laut pada umur perendaman 28 hari yaitu merk semen Holcim.
KUAT TARIK BELAH DAN LENTUR BETON DENGAN PENAMBAHAN STYROFOAM (STYROCON) I.B. Dharma Giri; I Ketut Sudarsana; N.L.P. Eka Agustiningsih
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 12, No. 2 Juli 2008
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.97 KB)

Abstract

Application of lightweight material as former structure will reduce total weight of a building. Lightweight concrete is one of the lightweight structural former materials. In making of lightweight concrete, one of alternative material that used is styrofoam. Styrofoam generally used as materials that covering electronic things. Styrofoam use in lightweight concrete can be as air voids. The advantages of styrofoam than air void in lightweight concrete are that styrofoam have tensile strength. According to those, the aims of this research were to obtain the influence of adding styrofoam to volume of weight, splitting tension and modulus of rupture. The specimens for splitting test were cylinders with dimension of 150 mm in diameter and 300 mm in height and specimens for modulus of rupture were beam with dimension of 150 x 150 x 600 mm. Seven specimens were used for splitting test and 3 for modulus rupture test for any variation of percentage increased of styrofoam. Concrete was made by weight comparison of 1 : 2 : 3. The amount of cement in 1 m3 concrete mixture was 400 kg. Variation of percentage increased styrofoam were 0%, 10%, 20%, 30%, 40% to volume of mixture. The range diameter granular styrofoam are 3 – 10 mm with volume of weight of 22,89 kg/m3. Slump test is done to fresh concrete, volume of weight measurement, splitting and modulus rupture test were done after 28 days. Result showed that increased of styrofoam increased the slump value. Volume of weight and splitting tension decreased linearly. The adding of 10% granular styrofoam decreased the volume of weight and splitting tension by 81,08 kg/m3 (4,01%) and 0,34 MPa (12,19%), respectively. The change of modulus rupture value at 10% adding of styrofoam was 22,67% and at 20% adding of styrofoam was 29,62% to concrete without adding of Styrofoam. However at 30% adding of Styrofoam, modulus rupture increased by 1,21% to concrete with 20% adding of styrofoam.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMILIKAN RUMAH DI PERUMAHAN PERMATA ARSANDI DENPASAR TIMUR Putu Indra Permana; A.A. Wiranata; Ngurah Purbawijaya
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 20, No. 2, Juli 2016
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.826 KB) | DOI: 10.24843/JITS.2016.v20.i02.p06

Abstract

Rumah merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia. Seiring berjalannya waktu, fungsi rumah pun semakin berkembang. Khususnya pada kota Denpasar jumlah penduduk tiap tahun semakin meningkat, sehingga kebutuhan akan tempat tinggal pun semakin bertambah. PT. Arsandi Bangun Persada selaku developer mengembangkan sebuah perumahan yaitu Perumahan Permata Arsandi yang terletak di Jalan Nangka Utara Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Seluruh unit rumah pada perumahan ini sudah laku terjual semua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepemilikan rumah pada perumahan tersebut. Untuk mencapai hasil penelitian sampel diambil secara keseluruhan menggunakan teknik survey yaitu penduduk yang tinggal pada Perumahan Permata Arsandi sebanyak 76 orang. Analisis dilakukan secara deksriptif kualitatif dengan menggunakan program SPSS. Penelitian ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik seperti uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas serta uji normalitas, analisis regresi linier berganda, uji signifikansi koefisien secara simultan, uji signifikansi koefisien secara parsial, serta uji koefisien determinasi. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian bahwa faktor lokasi dan harga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepemilikan rumah, serta berpengaruh secara parsial terhadap kepemilikan rumah.
ANALISIS POLA PENEMPATAN DAN JUMLAH STASIUN HUJAN BERDASARKAN PERSAMAAN KAGAN PADA DAS KEDUANG WADUK WONOGIRI Putu Gustave Suriantara Pariarta
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16, No. 1 Januari 2012
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2068.888 KB)

Abstract

Abstract : Precipitation measurement accuration is affected by the amount of rainfall stations and the network pattern within basin area. The precise placement of rainfall stations considering location, amount of rainfall stations, network pattern will contribute to the data accuration of rainfall depth, spreads and rainfall intensity. There is no standard yet for the number of rainfall stations that can represent rainfall variability in watershed, so to obtain the optimal number and network pattern of rainfall stations must based on calculation. The measurement for network density of rainfall stations is calculated using Kagan method because using this method the optimal number and network pattern can be obtained. The calculation begins with determining the correlation coeffitient between rainfall stations as an input to monthly rainfall. In this stage, the complete dry days were not counted, but only wet days or months with high rainfall intensity. The evaluation of Kagan method produced first output which is the correlation between number of the required rainfall station with certain level of error (average error and interpolation error) and the second which is the location of rainfall station refers to a certain pattern. The output from Kagan method is the optimal number and network pattern of rainfall station. The analysis shows that there is lacks of rainfall station both by adjustment error of 5 % using 68 rainfall stations with 2,591 km bond length and adjustment error of 10 % using 17 rainfall stations 17 with 5,319 km bond length.
KELAKUAN TANAH DENGAN SIFAT KEMBANG-SUSUT YANG TINGGI PADA STABILISASI TANAH DENGAN BAHAN SERBUK MARMER DAN BAHAN STABILIA I Gusti Ngurah Wardana
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 13, No. 2 Juli 2009
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.163 KB)

Abstract

Soil stabilization by adding limestone as admixture, was one of the mostpopular methods of chemical stabilization in Indonesia. However, with thedevelopment of soil stabilization method, stabilization using limestone has startedto become unfeasible due to the increase of limestone price. Cheaper methods ofchemical stabilization should be sought after. This alternative is apparent in theuse of powdered marble, a waste from marble product processing factories whichis relatively very cheap, and a new product called Stabilia as the only made-in Indonesia product of chemical stabilizer for soil with a price less than a third ofthat of the similar imported products.Research on the effectiveness of both powdered marble and Stabila as soilstabilizers is very limited. Therefore, in this study both of materials were tested onclay soil from Pejaten, Tabanan, in order to identify the changes of soil plasticity,the increase of the soil strength, the changes of soil swelling when the soil wassubmerged under water, the thickness of soil layer affected by water as a functionof the submersion time, the effect of soil initial water content when beingcompacted toward its swelling and its compressive strength, and the optimummaterial. The specimens were made by adding powdered marble that ranges from3% to 12% and the Stabilia content ranges form 0,3% to 3,0% of the total soilweight.From the test it was obtained that both materials caused reduction of soil swellingand increase of soil strength. In general, admixture with Stabilia presented betterresults in terms of free swelling and compressive strength of the samples.Apparently, Stabilia gave the performance almost similar to limestonestabilization. This study also gives a recommendation on the thickness of the soillayer to be stabilized and the optimum admixture content. It is also suggested thatevaluation of the performance of stabilizing agent should not be based on thechanges of soil plasticity alone, but it has to be determined according to theamount of allowable swelling, so that after the soil expands it is still able tosupport the load of foundation or vehicle tires. The influence of water submersionon the surface of the soil sample is merely felt at the relatively thin layer on the topof the sample.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS INVENTARISASI RUAS JALAN DAN JEMBATAN DI KOTA DENPASAR A.A.K. Oka Sudana; Daniel Hadi
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 11, No. 2 Juli 2007
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.852 KB)

Abstract

Denpasar as a rapidly growing city needs good traffic (road ways, bridges and traffic lights) inventory. However, in actual fact, at present the goverment agents in charge are still using graphical data in the form of maps and manual information data (blueprints and paper) which results in various problems. Some of the problems include problems in data storage since the map and information data available at present are saved using paper media which would not last very long and easily damaged, problems in planning the maintenance of road ways, bridges and traffic lights because of the relatively long time spent to check the condition, last maintenance time, and associating acquired data with the maps, which could take half a day (according to the amount of data searched) since the checking of data is done manually and separately (disintegrated) from the information data in the maps. Furthermore, manual data checking has a low level of accuracy, since there could be data skipped in the checking process. To overcome the problem of traffic inventory (road ways, bridges and traffic lights) in Denpasar, a GIS-based System (Geographical Information System) is designed and made in this final project, which could deliver information on road ways, bridges and traffic lights in Denpasar in detail. This system would give solutions to the problems such as digital (softcopy) and integrated map data and information data storage so that the map data will last longer and not easily damaged (not including the condition of force majeure), decision making in planning the maintenance of road ways, bridges and traffic lights could be made faster since the checking of the condition, last maintenance time and map marking is done by the system to the integrated data and takes just a few seconds to complete. Moreover, data checking done by the system will have relatively high accuracy, as there would be no data skipped in the checking process.
ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN PARKIR DI KABUPATEN JEMBRANA (Studi Kasus : Parkir Tepi Jalan Pasar Umum Negara) Putu Eka Putri Lestari; I Nyoman Karnata Mataram; I Gusti Raka Purbanto
Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 20, No. 1, Januari 2016
Publisher : Department of Civil Engineering, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.269 KB) | DOI: 10.24843/JITS.2016.v20.i01.p07

Abstract

Pasar Umum Negara berlokasi di Jalan Ngurah Rai, Kabupaten Jembrana. Sebagai salah satu pusat perdagangan di Kota Negara, kawasan Pasar Umum Negara merupakan salah satu aset berharga yaitu sebagai sumber pendapatan daerah baik pendapatan dari retribusi pasar maupun dari pendapatan parkirnya. Pendapatan ini tentunya akan sangat berperan dalam peningkatan taraf perekonomian di daerah Jembrana, sehingga penataan dan penyediaan fasilitas-fasilitas yang menunjang aktivitas di kawasan Pasar Umum Negara perlu dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja dari kawasan itu sendiri salah satunya adalah fasilitas parkir. Oleh sebab itu perlu diadakan suatu penelitian terhadap fasilitas parkir ini untuk mengetahui kondisi perparkiran di Pasar Umum Negara. Dari hasil analisis diperoleh karakteristik on street parkir di Pasar Umum Negara adalah sebagai berikut : untuk sepeda motor volume parkir selama 10 jam survai adalah 1442 kendaraan di Jalan Ngurah Rai dan 197 kendaraan di Jalan Pahlawan, rata-rata lamanya parkir adalah 1,057 kend/jam di Jalan Ngurah Rai dan 1,651 kend/jam di Jalan Pahlawan, akumulasi tertinggi sebesar 185 kendaraan di Jalan Ngurah Rai dan 29 kendaraan di Jalan Pahlawan, kapasitas parkir sebesar 166  di Jalan Ngurah Rai dan 19  di Jalan Pahlawan, indeks parkir tertinggi adalah 1,11 di Jalan Ngurah Rai dan 1,37 di Jalan Pahlawan, tingkat pergantian parkir adalah sebesar 0,87 kend/SRP/jam di Jalan Ngurah Rai dan 0,62 kend/SRP/jam di Jalan Pahlawan. Sementara untuk kendaraan ringan volume parkir selama 10 jam survai adalah 70 kendaraan di Jalan Ngurah Rai dan 53 kendaraan di Jalan Pahlawan, rata-rata lamanya parkir adalah 1,571 kend/jam di Jalan Ngurah Rai dan 2,113 kend/jam di Jalan Pahlawan, akumulasi tertinggi sebesar 14 kendaraan di Jalan Ngurah Rai dan 13 kendaraan di Jalan Pahlawan, kapasitas parkir sebesar 5  di Jalan Ngurah Rai dan 3  di Jalan Pahlawan, indeks parkir tertinggi adalah 2,8 di Jalan Ngurah Rai dan 4,33 di Jalan Pahlawan sedangkan tingkat pergantian parkir adalah sebesar 0,86 kend/SRP/jam di Jalan Ngurah Rai dan 0,88 kend/SRP/jam di Jalan Pahlawan.

Page 1 of 41 | Total Record : 403


Filter by Year

2005 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 27 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 27 No. 1, Maret 20230 Vol 27 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 27 No. 2, September 2023 Vol 27 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 27 No. 1, Maret 2023 Vol 26 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 26 No. 2, Juli 2022 Vol 26 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 26 No. 1, Januari 2022 Vol 25 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 25 No. 2, Juli 2021 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 25, No. 1, Januari 2021 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 24, No. 2, Juli 2020 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 24, No. 1, Januari 2020 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 23, No. 2, Juli 2019 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 23, No. 1, Januari 2019 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 22, No. 2, Juli 2018 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 22, No. 1, Januari 2018 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 21, No. 2, Juli 2017 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 21, No. 1, Januari 2017 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 20, No. 2, Juli 2016 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 20, No. 1, Januari 2016 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 19, No. 2, Juli 2015 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 19, No. 1, Januari 2015 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 18, No. 2, Juli 2014 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 18, No. 1, Januari 2014 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 17, No. 2, Juli 2013 Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 17, No. 1, Januari 2013 Vol. 16, No. 2 Juli 2012 Vol. 16, No. 1 Januari 2012 Vol. 15, No. 2 Juli 2011 Vol. 15, No. 1 Januari 2011 Vol. 14, No. 2 Juli 2010 Vol. 14, No. 1 Januari 2010 Vol. 13, No. 2 Juli 2009 Vol. 13, No. 1 Januari 2009 Vol. 12, No. 2 Juli 2008 Vol. 12, No. 1 Januari 2008 Vol. 11, No. 2 Juli 2007 Vol. 11, No. 1 Januari 2007 Vol. 10, No. 2 Juli 2006 Vol. 10, No. 1 Januari 2006 Vol. 9, No. 2 Juli 2005 Vol. 9, No. 1 Januari 2005 More Issue