cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
HUMANIS
Published by Universitas Udayana
ISSN : 25285076     EISSN : 2302920X     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal online Humanis adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana. Salah satu indikator kualitas perguruan tinggi ialah diukur dari seberapa banyak karya ilmiah yang dihasilkan dan telah dipublikasikan. Penulisan karya ilmiah harus mencerminkan budaya ilmiah seperti mengutamakan kebenaran obyektif, kejujuran, tidak memiliki unsur-unsur kecurangan atau plagiat. Penerbitan e-jurnal Humanis ini juga sesuai dengan kebijakan pimpinan Universitas Udayana (Surat Pembantu Rektor I Nomor 1915/UN14 1/DT/2012 tanggal 30 Mei 2012), yang mewajibkan mempublikasikan karya tulis ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa, yang mulai diberlakukan pada wisuda bulan November 2012.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Volume 13. No.2. Nopember 2015" : 15 Documents clear
AKTUALISASI DIRI TOKOH AKIKO DALAM NOVEL YURICHIKA E MAMA KARA NO DENGON KARYA AKIKO TERENIN Fitriana Mrs
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.182 KB)

Abstract

This thesis entitled Self actualization of Akiko’s figure in the novel Yurichika E Mama Kara no Dengon by Akiko Terenin. The purposes of this study are to know forms of self actualization of Akiko after suffer malignant tumors and to know moral message conveyed through Akiko Terenin’s view against self actualization of Akiko’s figure in the novel Yurichika E Mama Kara no Dengon by Akiko Terenin. This research used descriptive analysis and formal methods as methods and techniques of data analysis. The theories used in this study are a multilevel needs theory by Maslow and genetic structuralism theory by Goldmann. Based on the analysis, this research result  explains about Akiko who want to actualize herself to become a useful person for her daughter and others until she died later, also found 10 characteristics of self actualization in Akiko’s figure  in the novel Yurichika E Mama Kara no Dengon by Akiko Terenin, namely: (1) observed the reality efficiently; (2) Acceptance of self, others, and fate; (3) Focused on problem; (4) Independence of culture and environment; (5) Freshness and appreciation; (6) Social interest; (7) Interpersonal relationships; (8) Democratic character; (9) The difference between means and ends; (10) creativity. Furthermore,  there are three moral messages conveyed by Akiko Terenin through the novel, namely (1) receiving with sincerity; (2) not easily discouraged; (3) independent and responsible.
TERMS OF ADDRESS AND POLITENESS IN “LOVE IN THE AFTERNOON” Ni Wayan Swandewi
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.846 KB)

Abstract

Makalah ini berjudul  TERMS OF ADDRESS AND POLITENESS IN “LOVE IN THE AFTERNOON”. Di tulis oleh Lisa Kleypas tahun 2010. Pemilihan novel ini dikarenakan, di dalam novel ini terdapat banyak nya percakapan. Termasuk percakapan antara sesama pria, sesama wanita dan juga percakapan antara pria dan wanita. Novel ini sangat menarik untuk di analisis karena karakter di dalam percakapan  menampilkan dilemma dalam pemakaian teori address form yang berdasarkan dimensi dari politeness secara tepat. Data diambil secara langsung dari novel “Love in the Afternoon” karangan Lisa Kleypas. Data diperoleh dengan melakukan penelitian pustaka yaitu, membaca dan memilih pecakapan yang dapat dikatagorikan sesuai dengan teori. Dimana pemilihan data harus sistematik untuk mendapakan data yang akurat. Penelitian ini menjelaskan tentang metode-metode apa saja yang digunakan dalam pengumpulan data dan bagaimana data tersebut dikumpulkan.dimana data diperoleh dengan membaca novel secara seksama. Dan mengidentifikasi dengan mempertimbangkan kesopanan. Pengumpulan dan analisis data berdasarkan teori address terms and politeness (Braun, 1988). Adapun tujuan penulisan untuk memperlihatkan Noun of address terms dapat di klasifikasikan sebagai berikut: Name terms, Kinship terms, Title, Abstract noun, Occupational terms dan Terms of endearment. Diantara berbagaimacam address terms yang dipergunakan di dalam tulisan ini, Name terms, Kinship terms, Title, dan Terms of endearment adalah yang paling sering di muncul dari pada penggunaan Abstract noun dan occupational terms.  
A SEMANTIC STUDY OF SONG LYRICS OF FOSTER THE PEOPLE Komang Dian Permatajaya
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.423 KB)

Abstract

Studi ini difokuskan kepada analisis aspek semantik dari lirik-lirik lagu di album Torches dari band Foster the People. Tujuan dari studi ini dibagi menjadi dua. Pertama, studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi fitur-fitur semantik diantaranya hiperbola, personifikasi, dan simile yang ditemukan pada lirik-lirik lagu di album Torches dari band Foster the People. Kedua, studi ini bertujuan untuk menjelaskan makna kata dari fitur-fitur semantik diantaranya hiperbola, personifikasi, and simile yang digunakan di dalam lirik-lirik lagu tersebut. Metode yang digunakan untk memilih data pada studi ini adalah metode obervasi dan teknik pengambilan catatan. Studi ini menganalisis secara kualitatif berdasarkan teori figuratif dari Perrine (2005) dan teori makna kata dari Geoffrey Leech (1974). Hasil analisis dalam studi ini menunjukkan bahwa lirik-lirik lagu di album Torches mengandung fitur-fitur semantik diantaranya hiperbola, personifikasi, dan simile. Makna kata diantaranya makna konseptual, stylistik, and afektif juga dipresentasikan di dalam fitur-fitur semantik tersebut. Fitur-fitur semantik dan makna kata tersebut digunakan oleh penulis lagu dengan tujuan untuk menghibur pendengar dari lagu-lagu tersebut.
THE IMPACT OF USING PICTURES AS MEDIA OF TEACHING ENGLISH VOCABULARY FOR KINDERGARTEN STUDENTS AT KUMARA LOKA SCHOOL, DENPASAR Putu Deviana Eka Pratiwi
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.752 KB)

Abstract

Jurnal ilmiah yang berjudul “The Impact of Using Pictures as Media of Teaching English Vocabulary for Kindergarten Students at Kumara Loka School, Denpasar” bertujuan untuk menganalisis jenis gambar yang digunakan untuk memotivasi siswa TK untuk belajar kosa kata bahasa Inggris dan efektivitas penggunaan gambar dalam mengajar kosa kata bahasa Inggris . Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari siswa dari dua kelas di TK Kumara Lokaschool . Mereka dipilih karena mereka tidak pernah menggunakan gambar dalam pengajaran kosakatasebelumnya . Data diambil dengan menggunakan ujian tengah dan akhir , kemudian dianalisis sesuai dengan hasil tes di dua mata pelajaran bahasa Inggris . Analisis itu sendiri didasarkan pada PAP ( PolaAcuanPenilaian ) . Sementara itu, data dianalisis berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Harmer ( 2001) dan teori lain dibawa oleh Hill ( 1990) . Temuan menunjukkan bahwa jenis gambar yang digunakan adalah flashcard. Flashcard dibagi menjadi dua jenis , yaitu Big Picture Flashcard dan Small Picture Flashcard . Sedangkan dari pengujian menunjukkan bahwa siswa kelas A yang diajarkan dengan menggunakan gambar mendapat rata-rata yang lebih tinggi dalam dua mata pelajaran bahasa Inggris daripada siswa di kelas B yang tidak diajarkan dengan menggunakan gambar . Berdasarkan hasil penelitian , dapat dikatakan bahwa menggunakan gambar efektif dan cukup sukses dan juga berjalan dengan baik dalam situasi kelas . Dengan menggunakan gambar , siswa merasa lebih menarik dan menikmati melakukan kegiatan di kelas , juga dapat memberikan siswa kesempatan untuk actived dalam belajar kosa kata bahasa Inggris .
FRASA NOMINA JAWA KUNA DALAM TEKS ADIPARWA Ni Ketut Apriani
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.005 KB)

Abstract

Research " Clasic Javanese Noun Phrase In Text Adiparwa " aims to describe about understanding ,characteristics , structural and semantic relations of noun phrases in the text adiparwa Javanese . This study used structural linguistic theory put forward by Ferdinand de Saussure . The method in this study such as : include methods and techniques providing data , methods and data analysis techniques , methods and techniques of data presentation of results . The method of providing data using refer methods with library research methods . In analyzing the data using insert technique and substitution techniques while presentation  using informal and formal with inductive and deductive techniques . Noun phrase is an endocentric phrase that is main of nouns . Classification of noun phrases have seen from the syntactic structure intrafrasal , the noun phrase can differentce  into two noun phrases , the type of noun + noun and noun phrases , the type of non - noun + noun . Noun phrases clasic Javanese have a pattern N + N , N + Pron , Num + N , N + V, Pron + N, P + N. Noun semantic phrase relationif syntactic type noun + noun phrases compared to the type of noun phrase + non - nouns , then one thing that is very interesting is the relationship between the semantic are main noun and attributes noun with a noun in a noun + noun phrase type is flexible , compared to type phrases non - noun + noun .
VERBAL AND VISUAL SIGNS OF NIKE ADVERTISEMENT: A SEMIOTICS ANALYSIS I Gusti Bagus Ngurah Somashrawa
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.727 KB)

Abstract

Studi ini membahas tentang "Tanda Verbal dan Visual di iklan NIKE: Sebuah Analisis Semiotika", yang menggambarkan tanda-tanda verbal dan visual dalam iklan. Penelitian ini juga menganalisis tanda-tanda verbal dan visual yang mendukung iklan NIKE, dan fungsi dan makna dari tanda-tanda verbal dan visual yang ada di iklan. Ada empat teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tanda visual dan verbal yang diusulkan oleh Dyer (1993), teori makna dan fungsi yang diusulkan oleh Leech (1977), teori tanda yang diuraikan oleh Chandler (2001), dan teori warna diusulkan oleh Chapman (2010). Tanda-tanda verbal iklan menggunakan makna afektif untuk menarik orang tertarik pada produk. Fungsi ekspresif digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan sikap pencetus nya. Arti konseptual juga digunakan dalam memberikan informasi dari pesan agar pembaca menangkap pesan dari iklan. Informasi Fungsi cenderung yang paling penting, yang menyampaikan informasi dari pembicara / penulis pendengar / pembaca. Makna konseptual dominan dalam penggunaan informasi bahasa. Mengenai hasil, makna dan fungsi dari tanda-tanda telah ditemukan dalam iklan. Arti dan fungsi tanda-tanda dapat dideteksi dari pembuat iklan yang memberitahu informasi tentang NIKE dan membujuk pembaca atau orang untuk mengunjungi toko.
STRATEGI PEMILIHAN LOKASI PERMUKIMAN DI KAWASAN BUNTU PUNE KABUPATEN TORAJA UTARA SULAWESI SELATAN Rany Martha Rullah
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.695 KB)

Abstract

The cosmology of Toraja people who came from the trust of Aluk Todolo greatly affect the location and direction toward of each component contained in an area. Microcosms should be always in harmony with the macrocosm is a major concern in the division classification vertically or horizontally. Various ceremonies which performed must always be guided to the subdivision. Tongkonan considered as a single entity classifying indigenous microcosm as a replica of the macrocosm. Tongkonan as a symbol of the microcosms, where the ceremony was centered, persuaded to the tendency and types of ceremonies were held. Early settlement of Buntu Pune area was in Buntu Boro who makes access difficult to reach. The fort defenses protect overseers to protect settlements from enemy attack. Abundant natural resources becomes a major consideration for the founder of Buntu Boro to move to Buntu Pune. The results showed that the factor of local trust concept oriented to the wind directions effect on the layout of the eight components that are in a residential area in Buntu Pune. The eight components, namely; Tongkonan, Alang Sura’, fort defenses, Panglambaran, Kombong, Bubun, Rante, and Liang, which in every element has a relationship with each other.
ANALYSIS OF CONFLICTS IN LARKIN’S TIES OF LOVE AND HATE Ni Made Dwi Enggawati
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.554 KB)

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Analisis Pada Konflik Di Novel Karya Larkin yang berjudul Ties of Love and Hate bermaksud menganalisis konflik pada tokoh utama dan kedua. Analisis pada permasalahan mencakup konflik dari dalam dan dari luar. Sumber data penelitian in diambil dari novel Ties of Love and Hate (2011). Teori literature yang digunakan untuk menganalisis karakter dan karakterisasi dikemukakan oleh Wellek and Waren dalam buku Sukada (1986) dan Kenney (1966)  sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis konflik pada tokoh dikemukan oleh Deetz and Stevenson (1986). Akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa Maggie Pierce adalah pemeran utama pada novel. Dia mengalami dua jenis konflik yaitu konflik dari luar dan dalam. Konflik yang dialami Maggie dari luar termasuk konflik yang bersumber dari dirinya sendiri. Konflik dari dalam bersumber dari perbedaan pendapat dan tujuan hidup antara Maggie dengan orang tuanya.
LEXICAL COHESION IN FICTION STORIES WITH REFERENCE TO THE FROG PRINCE AND THE BULLY Rini Aziz Hakim
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (45.223 KB)

Abstract

Teks adalah cara berkomunikasi dalam bentuk tulisan. Didalam kesatuan teks terdapat koherensi dan kohesi. Kohesi memegang peran penting untuk pembuatan teks yang baik, dan melambangkan kesinambungan dari kata ke kata, klausa keklausa, dan kalimat kekalimat selanjutnya dengan menggunakan perlengkapan kohesi. Perlengkapan kohesi ada lima macam, yaitu konjungsi, referensi, substitusi, ellipsis, dan leksikal kohesi. Data yang dianalisis berasal dari dua cerita fiksi, yaitu cerita fiksi anak-anak berjudul The Frog Prince dan cerita fiksi dewasa berjudul The Bully. Karya tulis ini membahas tentang penggunaan leksikal kohesi yang secara detil dianalisis, dijelaskan, dan dihitung pada masing-masing teks
EKSISTENSI TOKOH UTAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT DALAM MANGA DOSHIRO DE GOZARU KARYA NISHIMORI HIROYUKI I Ketut Warsita Yasa
Humanis Volume 13. No.2. Nopember 2015
Publisher : Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.317 KB)

Abstract

The study analyzed existence of the main character and its influence in social life in comics Doshiro De Gozaru by Nishimori Hiroyuki. The Purpose of this study is to determine the exsistence of the character Doshiro and its influence on social life. The Analysis of exsistence of the main character of Doshiro is using the theory of existentialism of Sartre (2007). The results of this study indicate that exsitence of the main character of Doshiro arises because of the conflict and anxiety that occurs. In addition, the existence of which was found there that are authentic is acting on his own strength and willing to listen to the sound of his own conscience alone. And there are no authentic conscience. In comic Doshiro de gozaru existence Doshiro figures also affect the social life like, affect the consciousness of the thugs, the formation of groups who repent, and the influence of his own family.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 28 No 4 (2024) Vol 28 No 3 (2024) Vol 28 No 2 (2024) Vol 28 No 1 (2024) Vol 27 No 4 (2023) Vol 27 No 3 (2023) Vol 27 No 2 (2023) Vol 27 No 1 (2023) Vol 26 No 4 (2022) Vol 26 No 3 (2022) Vol 26 No 2 (2022) Vol 26 No 1 (2022) Vol 25 No 4 (2021) Vol 25 No 3 (2021) Vol 25 No 2 (2021) Vol 25 No 1 (2021) Vol 24 No 4 (2020) Vol 24 No 3 (2020) Vol 24 No 2 (2020) Vol 24 No 1 (2020) Vol 23 No 4 (2019) Vol 23 No 3 (2019) Vol 23 No 2 (2019) Vol 23 No 1 (2019) Vol 22 No 4 (2018) Vol 22 No 3 (2018) Vol 22 No 2 (2018) Vol 22 No 1 (2018) Vol 21 No 1 (2017) Vol 20 No 1 (2017) Vol 19 No 1 (2017) Vol 18 No 1 (2017) Vol 17 No 3 (2016) Volume 17. No. 2. Nopember 2016 Volume 17. No. 1. Oktober 2016 Volume 16. No. 3. September 2016 Volume 16. No. 2. Agustus 2016 Volume 16. No. 1. Juli 2016 Volume 15. No.3. Juni 2016 Volume 15. No.2. Mei 2016 Volume 15. No.1. April 2016 Volume 14. No.3. Maret 2016 Volume 14. No.2. Pebruari 2016 Volume 14. No.1. Januari 2016 Volume 13. No.3. Desember 2015 Volume 13. No.2. Nopember 2015 Volume 13. No.1. Oktober 2015 Volume 12. No.3. September 2015 Volume 12. No.2. Agustus 2015 Volume 12. No.1. Juli 2015 Volume 11. No3. Juni 2015 Volume 11. No2. Mei 2015 Volume 11. No 1. April 2015 Volume 10. No 3. Maret 2015 Volume 10. No 2. Februari 2015 Volume 10. No 1. Januari 2015 Volume 9. No. 3. Desember 2014 Volume 9. No. 2. November 2014 Volume 9. No. 1. Oktober 2014 Volume 8. No. 3. September 2014 Volume 8. No. 2. Agustus 2014 Volume 8. No. 1. Juli 2014 Volume 7. No. 3. Juni 2014 Volume 7. No. 2. Mei 2014 Volume 7. No. 1. April 2014 Volume 6. No. 3. Maret 2014 Volume 6. No. 2. Februari 2014 Volume 6. No. 1. Januari 2014 Volume 5. No. 3. Desember 2013 Volume 5. No. 2. November 2013 Volume 5. No. 1. Oktober 2013 Volume 4. No. 3. September 2013 Volume 4. No. 2. Agustus 2013 Volume 4. No. 1. Juli 2013 Volume 3. No. 3. Juni 2013 Volume 3. No. 2. Mei 2013 Volume 3. No. 1. April 2013 Volume 2. No. 3. Maret 2013 Volume 2. No. 2. Pebruari 2013 Volume 2. No. 1. Januari 2013 Volume 1. No. 2. Desember 2012 Volume 1. No. 1. November 2012 More Issue