JURNAL SERAMBI ILMU
Vol 19, No 2 (2018): Jurnal Serambi Ilmu

PERANAN PEDAMPING WILAYAH DALAM PENINGKATAN KETRAMPILAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI PEMBELAJARAN

Zainuddin, Zainuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2018

Abstract

Rendahnya kompetensi kepala sekolah dalam mengindentifikasi berbagai masalah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran merupakan suatu masalah. Faktor penyebabnya adalah kepala sekolah tidak pernah terlibat langsung dalam pembelajaran di kelas, rendahnya kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, lemahnya kemampuan guru mengembangkan materi pembelajaran sesuai dengan tuntutan materi dan kebutuhan siswa, dan rendahnya kemampuan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang menyenangkan siswa belajar. Jumlah kepala sekolah binaan adalah 13 orang kepala SD. Penelitian yang dilaksanakan selama 3 bulan sejak Januari – Maret 2018, dalam 2 siklus, dengan prosedure perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Memperoleh hasil meningkatnya ketrampilan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran dengan melakukan pembinaan, pembekalan dan dorongan agar kepala sekolah rutin melaksanakan supervisi pembelajaran di sekolah. Melalui pendampingan dapat meningkatkan ketrampilan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran. Usaha meningkatkan ketrampilan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran memperoleh hasil yaitu pra siklus 1 nilai 65,45 pada katagori sedang (C), siklus 1 nilai 70,89 dengan katagori sedang (C), dan siklus 2 dengan nilai 80,08 dalam katagori baik (B).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

serambi-ilmu

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Serambi Ilmu is published since 2003, consistence to publishing the orginil manuscript of educational sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals ...