PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 3 Nomor 1 April 2019

Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi DWP SETDA Prov Sul-Sel

Hajerah, Hajerah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2019

Abstract

Penelitian ini  Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan penerapan metode bercerita dalam kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui kemampuan menyimak dan berbicara pada anak melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu penerapan metode bercerita, kemampuan menyimak dan berbicara anak. Subjek penelitian ini adalah kelompok B3 yang berjumlah 15 orang dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data yang diperoleh melalui instrumen observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita pada anak kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Makassar menggunakan metode bercerita dengan menggunakan alat peraga berupa buku cerita, audio visual (TV), boneka tangan, dan gambar berseri, dari ke empat alat peraga tersebut yang paling sering digunakan adalah bercerita dengan menggunakan alat peraga berbentuk audio visual (TV). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada semua guru Taman Kanak-kanak untuk menjadikan metode bercerita sebagai salah satu metode pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan menyimak dan berbicara anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...