Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini terdiri dari dua (2) siklus yang terbagi dalam empat (4) pertemuan. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi sedang prestasi belajar menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian memperoleh hasil bahwa penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kegiatan siswa dan guru selama proses pembelajaran. Hal ini ditandai dengan naiknya angka hasil observasi kegiatan siswa dan kegiatan guru dari siklus1 sampai siklus 2. Dan memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan nilai kognitif (rata-rata ulangan harian) yaitu siklus 1 (65,53 dan siklus 2 (74,61), nilai afektif (jumlah skor penilaian pada uji petik kerja) yaitu siklus 1 (164 dan siklus 2 (194) dan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus 1 (47,37%), dan siklus 2 (68,42%). Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas guru dan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2019