Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 2 No 2 (2019): Volume 2 No.2 Tahun 2019

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Pengkajian Laporan Hasil Pengamatan Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa Kelas VI SDN Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo

Trimo Trimo (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan motivasi belajar melalui penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching, (2) meningkatkan hasil belajar tentang Mendeskripskan isi dan teknik pengkajian suatu laporan hasil pengamatan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus.Tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realita mampu meningkatkan hasil belajar Mendeskripskan isi dan teknik pengkajian suatu laporan hasil pengamatan. Hal ini didukung adanya peningkatan mean skor dalam setiap siklusnya yakni siklus I memperoleh 72,50, siklus II meningkat menjadi 81,25, dan siklus III meningkat lagi menjadi 87,50. Selain itu juga ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar tiap siklus yaitu siklus I sebanyak 62,50%, siklus II meningkat menjadi 87,50% dan siklus III mencapai maksimal peningkatan ketuntasan menjadi 100%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...