JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
Vol 5, No 1 (2013): JUPIIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Ilmu Sosial) JUNI

PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PETA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP INTERAKSI KERUANGAN PADA SISWA SMA NEGERI DI KOTA MEDAN

Nurmala Berutu (Dosen Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan)
Asnidar Asnidar (Dosen Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan)
Ali Nurman (Dosen Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: kemampuan membaca peta, penguasaan konsep interaksi keruangan, dan besar hubungan antara kemampuan membaca peta dengan penguasaan konsep interaksi keruangan pada siswa SMA Negeri kota Medan. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Mei 2012.    Jumlah responden sebanyak 243 orang siswa yang diambil secara acak  sederhana  Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan   membaca peta dan  penguasaan konsep interaksi keruangan  kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi dan korelasi sederhana.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca peta pada siswa SMA Negeri kota Medan  masing rendah (39,51%) dan demikian juga dengan penguasaan konsep interaksi keruangan (55,97%)  dan  terdapat hubungan positif dan berarti antara kemampuan membaca peta dengan penguasaan konsep interaksi keruangan sebesar    (r = 0,402) dengan persamaan regresi linear Ŷ = 3,04 + 0,28 X. koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar 0,1616, artinya bahwa sebesar 16,16% variasi penguasaan konsep interaksi keruangan dapat dijelaskan oleh kemampuan membaca peta.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jupiis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JUPIIS is a Journal of Social Science Education for information and communication resources for academics, and observers of Educational Social Sciences, Social Sciences, Political Sciences, Methodology of Social Sciences and Social Work. The published paper is the result of research, reflection, and ...