Journal of Natural Science and Integration
Vol 2, No 1 (2019): JNSI

Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing dengan Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Alaniyah Syafaren (Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Riau)
Yustina Yustina (Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Riau)
Imam Mahadi (Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasiskan integrasi inkuiri terbimbing dengan Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dengan design penelitian non equivalen control grup design. Penelitian dilaksanakan pada bulan September-Desember tahun pelajaran 2018 dengan sampel kelas eksperimen berjumlah 40 siswa dan kelas kontrol berjumlah 40 siswa pada kelas VIII SMP N 21 Pekanbaru. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar. Motivasi belajar dalam penelitian ini terdiri atas: hasrat, dorongan, harapan, penghargaan dan menarik. Hasil penelitian ini ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata post test motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen sebesar 3.26 dibandingkan kelas kontrol sebesar 3.12 setelah dilaksanakan intervensi (P<0,05). Hal ini jelas bahwa penggunaan  integrasi inkuiri terbimbing dengan NHT dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan salah satu alternative proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...